5 Tempat Wisata di Surabaya yang Murah Meriah

Tempat wisata di Surabaya sangatlah beragam, mulai dari tempat wisata bersejarah hingga tempat wisata buatan untuk keluarga. Meskipun Surabaya lebih dikenal sebagai kota Pahlawan, tapi tempat-tempat wisatanya tak kalah elok dengan kota-kota besar lain di Indonesia lho. Bahkan, ada beberapa tempat wisata yang menduduki peringkat teratas sedunia atau se-Asia Tenggara. Hebat, bukan? Rugi jika Anda tidak memasukkan salah satu destinasi Surabaya tersebut dalam jadwal wisata Anda. Mau tahu tempat wisata mana saja itu? Simak artikel ini sampai selesai ya.

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu via nyero.id
Siapa saat ini yang tidak kenal dengan Jembatan Suramadu? Hampir seluruh rakyat Indonesia mengenalnya. Bahkan, jembatan yang sangat megah tersebut telah menjadi maskot kota Surabaya Sendiri. Surabaya, ya Suramadu.

Jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dengan Pulau Madura (di Bangkalan) tersebut memang memberikan pemandangan eksotis yang tiada duanya. Terlebih jika Anda menyaksikannya pada malam hari. Wow…, jembatan megah penuh kerlip lampu akan menghiasi perjalanan Anda selama melintasi jembatan tersebut. Bisa dibilang, saat ini, jembatan tersebut menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Jembatan Suramadu mempunyai tiga bagian, yaitu jembatan penghubung, jelan layang, dan jembatan utama. Pada dasarnya, jembatan ini merupakan jalan tol, namun bisa dilalui kendaraan roda dua. Karena merupakan jalan tol, setiap yang melewatinya dikenai biaya masuk. Namun, jangan khawatir. Biaya masuk jembatan ini tidaklah mahal, hanya berkisar Rp30.000,00 hingga Rp60.000,00 tergantung dari jenis kendaraan Anda. Bahkan, jika Anda menggunakan sepeda motor, Anda dapat melenggang di atasnya secara gratis. Menarik, bukan?

Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya via jejakbocah.com
Kebun binatang memang menjadi favorit banyak orang, terutama anak-anak. Tak heran jika kebun binatang selalu banyak pengunjungnya di setiap liburan sekolah. Tak terkecuali Kebun Binatang Surabaya (KBS). Bahkan, KBS pernah menjadi kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara. Hebat, bukan? Di KBS ini terdapat 351 spesies binatang, termasuk binatang langka di Indonesia maupun dunia.

Meskipun menjadi salah satu kebun binatang terpopuler di Indonesia, perkembangan KBS mengalami pasang surut. Bahkan, pada tahun 2010, Kementerian Kehutanan mencabut izin KBS dikarenakan banyaknya hewan yang mati dan terserang penyakit karena tidak terurus dengan baik. Namun kini, setahap demi setahap, pihak pengelola terus melakukan perbaikan.

Untuk masuk ke kebun binatang terluas di Asia Tenggara dan menikmati semua satwa yang ada di dalamnya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Setiap orang hanya dikenakan biayan Rp15.000,00. KBS layak untuk Anda kunjungi bersama keluarga karena bisa menjadi tempat pendidikan sekaligus laboratorium hidup yang menyegarkan. Pokoknya, rugi kalau anak Anda belum pernah melihat semua satwa di KBS ini.

Museum House of Sampoerna
Museum House of Sampoerna
Museum House of Sampoerna via sampoerna.com
Surabaya merupakan gudangnya tempat wisata sejarah. Salah satunya House of Sampoerna. Tempat ini merupakan sebuah museum bergaya kolonial Belanda. Di bagian depan gedung utama museum terdapat empat buah pilar besar, semakin mengukuhkan kemegahan dari gedung ini.

Museum ini terdiri dari tiga bagian, yaitu gedung utama yang diapit dua gedung di kanan dan kirinya. Sebelah kanan gedung utama merupakan tempat tinggal Keluarga Sampoerna, sedangkan gedung sebelah kiri gedung utama merupakan kafe dan galeri seni. Sementara itu, gedung utama merupakan tempat disimpannya berbagai informasi tentang Keluarga Sampoerna, sekaligus sebagai tempat produksi pembuatan salah satu rokok terkenal di Indonesia. Sejarah jatuh bangun Keluarga Sampoerna dalam menjalankan usaha tersebut.

Tak heran, begitu masuk gedung utama, Anda akan disambut dengan aroma tembakau yang khas dan senyuman ramah petugas wanita museum. Berbagai alat kuno hingga modern untuk membuat rokok juga terpampang di tempat ini. Anda juga bisa membeli berbagai souvenir khas Surabaya di lantai 2. Berbagai kegiatan sering diselenggarakan di tempat ini, dan bisa Anda nikmati secara gratis. Oke punya, bukan?

Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark via youtube.com

Buat Anda yang mempunyai hobi berenang, di sinilah tempat yang paling pas buat Anda. Ciputra Waterpark merupakan wahana wisata air terbesar di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Terinspirasi dari dongeng Petualangan Sinbad, di dalam tempat wisata ini, tersedia berbagai wahana seperti Sirens River, Marina Lagoon, Roc Tower, Chimera Pool, Syracuse Beach, dan Sinbad Playground. Di setiap wahana selalu ditampilkan  berbagai atraksi menarik dengan menggunakan teknologi canggih, sehingga diharap mampu menarik pengunjung. Untuk masalah keamanan, jangan khawatir, dijamin aman.

Waterpark ini buka setipa hari Selasa hingga Jumat, mulai pukul 14.00–19.00. Namun, jika akhir pekan dan hari libur, buka mulai pukul 08.00–20.00. Untuk tiket masuk, tidaklah mahal. Setiap orang hanya dipatok biaya Rp60.000,00. Bahkan, bagi anak yang mempunyai tinggi di bawah 80 cm dan lansia berusia di atas 60 tahun tanpa biaya alias gratis. Nah, untuk semkain menjamin kepuasan Anda di tempat wisata ini, ada tips khusus yang bisa Anda persiapkan sebelum masuk.

a.  Akan lebih hemat jika membeli tiket di pinggir jalan (biasanya menggunakan mobil). Sebab, selisihnya bisa mencapai Rp5.000,00. Anda tidak perlu khawatir tiketnya palsu, sebab yang ngeluarin sendiri dari pihak pengelola tempat wisata untuk mengurangi antrean panjang di loket utama. Hal ini terlihat dari mobilnya yang mempunyai gambar Ciputra Watepark.

b.  Tidak usah membawa makanan, karena di pintu loket ada petugas yang akan memeriksa barang bawaan Anda. Anda hanya bisa mengonsumsi makanan dengan membeli di dalam tempat wahana. Memang sih harganya lebih mahal, tapi enak kok.

c.  Saat masuk, Anda akan diberi kartu kecil untuk membeli apa pun di dalam wahana. Namun, Anda harus mengisinya (top up) terlebih dahulu. Jangan khawatir, uang sisa akan dikembalikan di pintu keluar, meskipun hanya tinggal 1.000 rupiah.

d.  Dalam promosi memang dikatakan free makanan dan minuman. Namun, jangan membayangkan dapat makan kardus dan softdrink, ya. Sebab, Anda hanya akan mendapat 1 mi cup dan 1 gelas air minum 229 ml. Jadi, Anda memang harus menyediakan banyak uang di dalam kartu kecil tersebut untuk membeli makanan dan minuman di sana. Kecuali, jika Anda puasa selama di sana. Hehehe….

e.  Gunakan selalu sunblock, karena panas di sana cukup terik. Apalagi jika Anda berenang di tengah hari.

Pantai Kenjeran
Pantai Kenjeran
Pantai Kenjeran via medium.com
Buat Anda yang senang dengan wisata alam, bisa mengunjungi tempat ini. Sesuai namanya, Pantai Kenjeran terletak di Kecamatan Kenjeran, Surabaya. Pemandangan alam yang eksotis dipadukan dengan deburan ombak yang menghantam bibir pantai akan memanjakan Anda. Uniknya lagi, selain memberikan keindahan alam khas pantai dengan batu-batu karangnya, di tempat ini juga disediakan sarana bermain anak, tempat olahraga air, dan taman yang asri. Pemandangan ini semakin lengkap dengan pesona Jembatan Suramadu yang tampak dari bibir pantai.

Untuk mendapatkan berbagai keindahan dan kenikmatan berwisata di sini, Anda tidak perlu merogoh kantong dalam. Sebab, setiap orang hanya dikenakan biaya Rp4.000,00. Plus parkir motor Rp8.000,00 dan parkir mobil Rp10.000,00. Cukup murah, bukan? Tak rugi deh jika Anda mengisi liburan Anda dengan mengunjungi salah satu tempat wisata di Surabaya.