Tuesday, April 24, 2018

author photo
Tempat wisata di Solo ada banyak dan beragam jenisnya. Kota yang resminya bernama Surakarta ini kental akan tradisi budaya Jawa. Hal ini tidak mengherankan karena di masa lalu, Solo pernah menjadi pusat Kerajaan Mataram. Meskipun begitu, Solo juga memiliki banyak daya tarik wisata selain budaya. Bahkan, saat ini kota Solo berhasil memadukan budaya tradisional dengan sentuhan kreatif dan modern.

Orang bilang, Solo mirip dengan Jogja. Kedua kota itu memang bisa dikatakan “kakak beradik”. Hanya saja, kalau Anda sudah pernah ke Jogja, tetapi belum sekalipun menginjakkan kaki di Solo, rugi besar. Sebab, selain menjual budaya, Solo juga menawarkan tempat wisata dengan konsep unik dan berbeda dibanding daerah-daerah lain. Penasaran? Simak satu per satu di artikel ini, yuk!

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat via surakarta.go.id
Anda belum dikatakan pernah ke Solo jika belum mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Di masa lampau, keraton ini merupakan pusat Kerajaan Mataram. Namun, karena faktor politis, Kerajaan Mataram kemudian pecah menjadi Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Hingga kini, Keraton Surakarta masih berdiri kokoh di bawah kepemimpinan Sunan Paku Buwono secara turun-temurun. Di dalam keratin ini, tersimpan berbagai peninggalan para raja. Selain itu, Keraton Surakarta juga selalu mengadakan upacara adat pada momen tertentu setiap tahun, seperti Sekaten dan arak-arakan kerbau Kyai Slamet.

Keraton Surakarta menjadi tempat wisata unggulan sekaligus kebanggaan masyarakat Solo. Bangunan keraton memadukan arsitektur Jawa dengan sentuhan Barat. Hal ini menjadikan istana raja tersebut terlihat megah tanpa kehilangan ciri budaya Jawa. Karena Solo termasuk kota budaya dan bersejarah, Keraton Surakarta wajib Anda kunjungi. Apalagi, lokasinya berdekatan dengan tempat-tempat menarik lainnya, seperti balai kota, Pasar Klewer, dan alun-alun.

Museum Radya Pustaka
Museum Radya Pustaka
Museum Radya Pustaka via solo.tribunnews.com
Museum Radya Pustaka termasuk salah satu museum tertua di Indonesia. Di museum yang terletak di dekat Taman Sriwedari ini, tersimpan benda-benda bersejarah Kota Solo dan peninggalan Kerajaan Mataram. Salah satu koleksi paling berharga ialah porselen hadiah Napoleon Bonaparte kepada Paku Buwono IV. Selain itu, terdapat buku-buku kuno, senjata tradisional, wayang kulit, maupun arca peninggalan peradaban Hindu-Buddha. Museum ini juga dilengkapi perpustakaan yang menyimpan beragam buku budaya, sejarah, serta kesusastraan Jawa.

Kampung Batik Laweyan
Kampung Batik Laweyan
Kampung Batik Laweyan via bonvoyagejogja.com
Anda pasti tahu bahwa Solo juga terkenal akan kerajinan batik. Oleh sebab itu, Anda perlu mengunjungi kampung batik Laweyan yang termasyhur itu. Di Kampung Batik Laweyan, Anda dapat melihat proses pembuatan batik sekaligus membeli batik khas Solo, baik berupa kain maupun pakaian jadi. Batik yang ditawarkan dijamin berkualitas karena dihasilkan oleh tangan-tangan terampil warga Solo.

Bukan hanya itu, menyusuri kampung batik Laweyan akan memberi sensasi tersendiri. Rumah-rumah di kampung ini kebanyakan tergolong megah dan berukuran besar karena digunakan untuk memproduksi batik. Rumah-rumah tersebut juga memiliki arsitektur khas dan masih dijaga keasliannya. Suasana khas kampung semakin melengkapi wisata Anda di tempat ini.

Ngarsopuro Night Market
Ngarsopuro Night Market
Ngarsopuro Night Market via petatempatwisata.com
Ngarsopuro merupakan kawasan di Kota Solo yang disulap menjadi tempat nyaman untuk berkumpul. Kawasan ini berada di Jalan Diponegoro atau sebelah selatan Pura Mangkunegaran yang merupakan pusat kebudayaan di Solo selain Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Setiap malam, tempat ini ramai dikunjungi kaum muda untuk sekadar bercengkerama. Khusus setiap Sabtu dan Minggu malam, tempat ini dipenuhi banyak pedagang yang menawarkan beragam kerajinan, benda-benda antik, serta cenderamata. Selain itu, jajanan dan oleh-oleh khas Solo juga dapat dengan mudah Anda peroleh di tempat ini.

Galabo
Galabo
Galabo via psychoparadiso.com
Buat Anda yang senang kuliner, di sinilah tempatnya, Galabo. Galabo merupakan kepanjangan dari Gladak Langen Bogan. Tempat ini semacam pusat kuliner yang buka setiap malam hari. Di lokasi ini, beragam makanan dan jajanan siap memanjakan lidah Anda. Di sini, para pedagang diberi ruang khusus untuk membuka warung pada malam hari. Jadi, para pengunjung dapat menikmati berbagai jenis makanan dalam satu lokasi, di antaranya bistik, sate, bandeng  bakar, soto, timlo, gudeg, dan sebagainya. Anda juga bisa menemukan tempat unik ini di kawasan Gladak, yakni di depan Pasar Grosir Surakarta.

Taman Satwa Taru Jurug
Taman Satwa Taru Jurug
Taman Satwa Taru Jurug via lihat.co.id
Tempat wisata yang satu ini berwujud kebun binatang. Taman Satwa Taru Jurug merupakan lokasi wisata keluarga favorit masyarakat Solo. Berlokasi di tepi Sungai Bengawan Solo atau berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar, kebun binatang ini tidak pernah sepi di hari libur. Keunggulan Taman Satwa Taru Jurug adalah memiliki koleksi binatang lengkap serta suasana yang sejuk dan nyaman. Kebun binatang ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah, berbagai wahana permainan anak, tempat duduk untuk bersantai, dan masih banyak lagi.

Museum Manusia Purba Sangiran
Museum Manusia Purba Sangiran
Museum Manusia Purba Sangiran via geosiar.com
Mau tahu bentuk manusia purba? Di sinilah tempatnya. Museum yang terletak 21 kilometer di utara kota Solo ini menjadi tempat untuk menyimpan koleksi fosil manusia purba. Fosil tersebut ada yang berumur hingga lebih dari 2 juta tahun. Dengan koleksi mencapai 13.000 fosil manusia dan artefak purba, menjadikan Museum Manusia Purba Sangiran sebagai museum terlengkap se-Asia. Bahkan, Sangiran telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Hal ini disebabkan kawasan Sangiran yang mencakup empat kecamatan, yakni Gemolong, Kalijambe, dan Plupuh (Kabupaten Sragen), serta Gondangrejo (Kabupaten Karanganyar) merupakan lokasi tempat ditemukan banyak fosil.

Pandawa Water World Solo Baru
Pandawa Water World Solo Baru
Pandawa Water World Solo Baru via hargatiketmasuk.co
Pandawa Water World adalah sebuah wahana wisata air yang terkenal di Solo dan sekitarnya. Lokasinya berada di Solo Baru, yakni hanya 4 kilometer sebelah selatan Kota Solo. Pandawa Water World menawarkan wahana permainan air yang menyenangkan dengan fasilitas lengkap. Di tempat ini, Anda bisa menikmati sedikitnya 27 wahana air, salah satunya kolam air berombak dengan sensasi layaknya berenang di pantai. Pandawa Water World juga menyediakan tempat bermain air khusus anak.

Air Terjun Jumog Karanganyar
Air Terjun Jumog Karanganyar
Air Terjun Jumog Karanganyar via jejakpiknik.com
Jika Kamu menyukai wisata alam, Air Terjun Jumog di Karanganyar harus dikunjungi. Air terjun ini tidak kalah indah dengan Grojogan Sewu Tawangmangu yang sudah terkenal sejak lama. Tempat ini berlokasi sekitar 38 kilometer di sebelah timur kota Solo. Air Terjun Jumog menawarkan wisata alam dengan panorama indah dan alami. Tempat ini dapat Anda jadikan alternatif selain objek wisata Tawangmangu yang selalu ramai oleh pengunjung. Selain itu, Air Terjun Jumog juga dikelilingi banyak daya tarik wisata lain, seperti Kebun Teh Kemuning, Telaga Madirdo, serta Air Terjun Parang Ijo.

Menarik, bukan? Itulah beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Kota Solo. Rugi rasanya jika sudah sampai di Solo, namun tidak mengunjungi salah satunya. So, segera luangkan waktu liburan Anda menyambangi salah satu atau beberapa tempat wisata di Solo ini.
Next article Next Post
Previous article Previous Post