PLARIUSMODIFIKASI101

10 Rekomendasi Wisata Kuliner Jogja yang Akan Memanjakan Lidahmu

Sunday, May 6, 2018
Wisata kuliner Jogja menjadi buruan bagi mereka yang yang berkunjung ke wilayah ini. Tak bisa dipungkiri bahwa kota Jogja merupakan salah satu kota destinasi wisata favorit bagi para wisatawan asing maupun lokal. Kota Jokjakarta adalah salah satu kota terbesar di Indonesia yang sering disebut dengan kota eksotis. Perpaduan antara kebudayaan tradisional dan modern melebur jadi satu di Jogjakarta. Kota Jogjakarta juga dikenal sebgai kota pelajar, hal itu didukung oleh jumlah kampus yang terdapat di kota ini lebih banyak dari kota-kota lainnya. Tidak hanya itu, fasilitas di setiap kampusnya memadai dan kualitas lulusannyapun tidak bisa diremehkan.

Keadaan di kota besar ini cukup nyaman dan penduduknya terkenal dengan keramahan mereka. Tidak hanya itu, biaya hidup di kota Jogjakarta terbilang sangat murah. Cukup hanya dengan berbekal uang sebesar Rp 500.000,- kamu sudah dapat hidup enak di Jogjakarta. Selain keadaan kotanya yang ramah dan nyaman untuk liburan, wisata kuliner dikawasan inipun tidak kalah menarik dan mampu memanjakan lidah anda. Bagi anda yang hendak berburu wisata kuliner Jogja tapi belum tahu wisata kuliner Jogja apa saja yang harus kamu cobain, berikut kami ulas beberapa rekomendasi wisata kuliner Jogja yang dapat kamu masukkan kedalam daftar kuliner yang wajib kamu coba.

1.   Jadah Tempe
Jadah Tempe
Jadah Tempe via ksmtour.com
Wisata kuliner Jogja yang pertama yang harus kamu cobain adalah jadah tempe.  Jadah tempe adalah salah satu makanan khas Jogjakarta yang berasal dari kawasan lereng gunung merapi Kaliurang. Jadah tempe merupakan perpaduan dari dua jenis makanan yaitu jadah yang terbuat dari ketan yang dicapur dengan parutan kelapa dan tempe yang diolah dengan cara dibacem. Kombinasi kedua makanan ini akan memberikan sensasi gurih, manis dan pedas di lidah anda. Cara penyajiannya yang dibungkus dengan daun pisang akan memberikan aroma khas yang mampu membuat anda meneteskan air liur. Wisata kuliner yang satu ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- saja. Salah satu rekomendasi tempat unutuk kuliner jadah tempe adalah jadah tempe mbah carik di kawasan Kaliurang.

2.   Gudeg Pawon
Gudeg Pawon
Gudeg Pawon via blog.davestpay.com
Kota Jogja sangat terkenal dengan sebutan kota gudeg. Gudek merupakan makanan tradisional kota jugja yang diolah dari nangka muda dan dimasak menggunakan santan di dalam kendi yang terbuat dari tanah liat selam berjam-jam. Gudek biasanya disajikan dengan tempe, tahu sambal goreng krecek dan kuah areh. Sajian Gudeg tersebut mampu memanjakan lidah anda dengan rasa gurihnya. Selain terbuat dari nangka muda ada juga gudek yang diolah dari bunga kelapa yang tidak kalah sedapnya. Gudeg Pawon merupakan tempat jual gudeg yang paling istimewa di kota Jogja. Bagaimana tidak, ditempat ini para pembeli dapat melihat langsung proses pembuatan gudeknya.

3.   Belalang Goreng
Belalang Goreng
Belalang Goreng via belalanggoreng.com
Kota Jogja memang terkenal akan kebudayaan dan masakan khasnya yang beraneka ragam. Salah satu wisata kuliner Jogja yang harus kamu cobain ketika kamu berkunjung kemari adalah kuliner belalang goreng. Pasti anda penasanan bukan untuk mencicipi jenis kuliner yang satu ini. Jika anda ingin mencoba wisata kuliner Jogja yang satu ini anda cukup berkunjung ke kawasan Gunung Kidul. Di sepajang kawasan tersebut sangat banyak di jajakan kuliner belalang goreng. Bagi mereka yang telah mencicipinya pasti ketagihan dengan rasa gurih dan renyahnya kuliner ini. Menurut mereka rasa belalang goreng sama seperti rasa udang.

4.   Brongkos
Brongkos
Brongkos via resepkoki.id
Brongkos merupakan masakan makanan favorit Sri Sultan Hamengkubowono X. Brongkos terbuat dari tahu, tempe dan kacang tolo yang dikombinasikan dengan kuah santan yang kental serta kaldu dari daging segar. Kuah brongkos biasanya bewarna hitam. Warna tersebut berasal dari penggunaan keluwak di dalam masakan tersebut. Meskipun demikian, rasa brongkos yang manis, gurih dan pedas terlebih lagi dipadukan dengan apik akan menghasilkan cita rasa yang sangat nikmat. Salah satu tempat terkenal yang menjual brongkos adalah brongkos bu Padmo di kawasan Sleman.

5.   Sego Pecel Bu Wiryo
Sego Pecel Bu Wiryo
Sego Pecel Bu Wiryo via traveltodayindonesia.com
Wisata kuliner Jogja selanjutnya yang dapat memanjakan lidah anda adalah sego pecel. Sego pecel merupakan sebutan lain untuk nasi pecel.  Campuran dari olehan sayur-sayuran seperti kangkung, tauge, bayam, kacang panjang dan lain-lain diriram dengan bumbu pecel yang diolah dari kacang mampu membuat lidah ketagihan. Jadi jika kamu ingin berlibur ke daerah Jogja luangkan waktu anda untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Sego pecer bu Wiryo ada di Jl. Selokan Mataram.

6.   Sate Klathak Pak Pong
 Sate Klathak Pak Pong
 Sate Klathak Pak Pong via weetadicky.wordpress.com
Sate klatak merupakan sate yang dibuat dari daging kambing muda. Sate klatak merupakan kuliner khas jogja yang berbeda dengan sate di kota lainnya. Tidak seperti ukuran sate pada umumnya, ukuran sate klatak 3 kali lebih besar. Pembumbuan sate ini hanya menggunakan garam dan merica saja. Namun kalau soal rasa, sate klatak tidak kalah nikmat dengan sate lainnya, ditambah lagi dengan ukurannya yang besar akan menambah kenikmatannya. Sate klatak pak Pong dipanggang dengan menggunakan jeruji besi.

7.   Jenang Gempol
Jenang Gempol
Jenang Gempol via dapurbundaelyza.com
Wisata Kuliner Jogja lainnya adalah jenang gempol. Jajanan tradisional yang satu ini berbentuk seperti bubur yang diolah dari tepung beras dan kuah santan. Makanan legendaris ini bisa anda temukan di kawasan Pasar Lempuyangan.

8.   Sego Godog
Sego Godog
Sego Godog via ksmtour.com
Sego Godog merupakan wisata kuliner yang wajib kamu cobain di Jogja. Sego godok (nasi rebus) memiliki rasa yang sangat nikmat. Perpaduan antara rasa kaldu yang gurih dan nasi yang lembut akan mampu memanjakan lidah anda. Sego Godok yang sangat terkenal dikawasan Jogja adalah Sego Godok pak Mantho yang ada di Lapangan Karang kota Gede. Harga satu porsi sego godog hanya dipatok 8 ribu saja,

9.   Oseng-Oseng Mercon
Oseng-Oseng Mercon
Oseng-Oseng Mercon via resepkoki.com
Kuliner khas Jogja lainnya yang wajib kamu cobain adalah Oseng-oseng mercon. Makanan berkuah yang satu ini terkenal karena tingkat kepedasannya yang mempu membuat wajah anda memerah. Oseng-oseng mercon terbuat dari tetelan daging sapi yang diimasak dengan cara di oseng dan di campur dengan cabai rawit. Oseng-oseng mecon dapat kamu dapati di wilayah barat dari Benteng Vredeburg. Satu porsi oseng-oseng mercon dibandrol dengan harga yang cukup murah, yaitu hanya Rp 20.000,- saja.

10. Bakpia Pathok
Bakpia Pathok
Bakpia Pathok via jpswisata.com
Makanan yang berasal dari olahan kacang ijo dan coklat ini mempu membuat siapa saja yang mencicipinya menjadi ketagihan. Wisata kuliner Jogja yang satu ini serikali dijadikan oleh-oleh oleh para wisatawan. Untuk mendapatkan kuliner bakpia pathuk ini anda hanya perlu mencarinya diseputaran Malioboro.

Selain jenis-jenis kuliner yang telah di bahas di atas, masih ada begitu banyak lagi tempat wisata kuliner Jogja yang dapat memanjakan lidahmu ketika berkunjung ke sana.