11 Tempat Wisata Idaman di Makassar Sulawesi Selatan

Indonesia memang punya potensi wisata yang luar biasa, terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau We sampai ke Pulau Rote. Tidak hanya di Bali dan Jawa saja, semua kawasan punya keunggulan masing-masing. Salah satu kawasan terbaik itu ada di Sulawesi selatan.

Alamnya bagus dengan sejumlah pantai, pulau dan pegunungan. Budayanya juga kaya. Didukung juga dengan ragam kuliner khas yang lezat. Buat kamu yang tertarik untuk berkunjung Ke Sulsel, ini dia tempat-tempat unggulan yang kita rekomendasikan.

Pantai Losari
Pantai Losari
Pantai Losari via ceritaeka.com
Nggak selamanya pantai terkenal itu identik dengan pasir yang indah, contohnya adalah pantai yang satu ini. Ya, Pantai Losari adalah pantai yang populer di Sulawesi Selatan, namun uniknya tepian pantai bukan pasir tapi beton.

Walau tak memiliki pasir, bukan berarti Pantai Losari tak indah. Pantai ini punya laut yang bagus, pemandangan laut yang mempesona, apalagi saat matahari terbenam di petang hari. Karenanya Pantai Losari sering dikunjungi keluarga untuk berekreasi. Di sana kamu dan keluarga bisa bermain banana boat, sepeda air, berlayar dengan kapal, atau sekedar memancing dan jogging.

Taman Nasional Bantimurung
Taman Nasional Bantimurung
Taman Nasional Bantimurung via anekawisatanusantara.blogspot.com
Tempat wisata alam yang komplit ini ada di Kabupaten Maros. Di Taman Nasional Bantimurung yang luasnya sampai 43.750 hektar ini terdapat banyak bukit kapur, air terjun, dan gua. Namun yang paling spesial dan menjadi maskot utama taman ini adalah keberadaan berbagai jenis kupu-kupu.

Buat kamu yang suka dengan hewan terbang bersayap indah ini,  Taman Nasional Bantimurung memeiliki 250 jenis kupu-kupu yang berbeda. Karena itu taman ini dinamakan kerajaan kupu-kupu. Sebutan kerajaan ini datang langsung dari ahli Botani dari inggris bernama Alfred Russel Wallace.

Taman Laut Takabonerate
Taman Laut Takabonerate
Taman Laut Takabonerate via home.co.id
Bicara tentang taman laut di Sulawesi, semua orang akan tertuju pada Taman Laut Bunaken. Padahal di Sulawesi juga banyak taman laut yang tak kalah indahnya dengan Bunaken, seperti Taman Laut Taka Bonerate.

Taman Laut terbaik di Sulawesi Selatan ini tepatnya ada di Kepulauan Selayar. Tentu saja keragaman taman bawah lautnya menjadi surga bagi para penggemar snorkeling dan diving.

Berenang bersama ratusan ikan, penyu, dan terumbu karang pasti bakal menyenangkan. Asyiknya lagi tarif masuk ke sana cukup murah, hanya 25.000 saja bagi wisatawan domestik. Kamu juga tidak perlu repot-repot bawa peralatan menyelam, karena sudah ada penyewaan yang cukup murah juga.

Trans Studio Makassar
Trans Studio Makassar
Trans Studio Makassar via wisnuwidiarta.com
Dari wisata alam, tidak lengkap jika ke Sulawesi Selatan tak mengunjungi salah satu wahana permainan terbesar di Indonesia. Trans Studio Makassar yang menempati lahan seluas 2,7 hektar dan memiliki 22 wahana permainan ini tercatat sebagai taman hiburan indoor terbesar kedua di Indonesia setelah Trans Studio Bandung.

Trans Studio Makassar yang mulai dioperasikan pada tahun 2009 ini terbagi menjadi 4 kawasan, Studio Central, Lost City, Cartoon City dan Magic Corner. Liburan bagi keluarga pasti akan menyenangkan ke sana, terutama anak-anak yang suka dengan permainan seperti Ayun Ombak, Kids Studio, Angin Beliung, Safari Track, dll.

Malino
Malino
Malino via panduanwisata.id
Siapa orang Sulawesi yang tak tahu Malino? Namanya juga cukup terkenal secara nasional. Malino menghadirkan panorama alam pegunungan yang sangat indah dan luas. Kemanapun mata memandang, kecantikan alam yang kita lihat, kesejukan khas pegunungan.

Malino berada di Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Wisata alam yang komplet mulai dari hutan pinus, batuan kapur, perkebunan teh, lembah biru, serta ada juga bunker peninggalan jepang yang bersejarah.

Pantai Tanjung Bira
Pantai Tanjung Bira
Pantai Tanjung Bira via ksmtour.com
Kembali ke wisata pantai, kali ini wisata pantai yang punya pasir putih yang indah di Kabupaten Bulukamba. Pantai Bira punya panorama yang indah, lautan biru jernih berpadu dengan pasir halus dan putih. Bukit karang serta rindang tanaman pinggir pantai juga semakin mempercantik pantai.

Yang paling disukai pengunjung adalah melihat matahari terbit di pagi hari, serta pemandangan dua pulau indah yang terlihat mengapung di lautan. Asyiknya di Pantai Tanjung Bira sudah banyak menyediakan fasilitas hotel, villa, bungalow, dan restoran.

Ke’te Kesu
Ke’te Kesu
Ke’te Kesu via diobara07.wordpress.com
Kamu pasti pernah lihat model rumah adat seperti di atas ini. Ya, ternyata rumah adat Suku Toraja itu disebut Tongkonan dan masih dilestarikan di Kabupaten Toraja Utara. Kamu bisa melihat rumah adat Tongkonan di Ke’te Kesu.

Di sana kamu akan melihat rumah adat itu bederet seperti perkampungan. Kamu juga akan melihat bangunan khas tradisional seperti lumbung padi dan megalith di sekitar Ke’te Kesu. Para pengunjung juga banyak tertarik dengan perkuburan di belakang perkampungan, dimana ada tau-tau yang merupakan kuburan bergantung.

Museum Balla Lompoa
Museum Balla Lompoa
 Museum Balla Lompoa via sumber.com
Balla Lompoa adalah wisata budaya lainnya selain Ke’te Kesu. Berupa rekonstruksi dari bangunan Istana Kerajaan Gowa, dengan arsitektur khas masyarakat bugis. Di dalam bangunan menyimpan sejumlah benda-benda sejarah peninggaln kerajaan Gowa.

Mengunjungi Balla Lompoa kamu bisa napak tilas bagaimana kehidupan raja, mulai dari ruangannya, benda-bendanya, serta catatan sejarahnya. Museum ini bisa kamu kunjungi di Jalan Sultan Hasanuddin No. 48 Sungguminasa, Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Pulau Bulupoloe
Pulau Bulupoloe
Pulau Bulupoloe via makasar.tribunnew.com
Menikmati alam pegunungan, lautan, pantai, juga bawah laut, bisa kamu nikmati sekaligus di Pulau Bulupoloe. Pulau yang berada di Luwu Selatan ini terkenal sebagai wisata bahari unggulan karena masih asri.

Pantainya masih alami tanpa polusi, air lautnya jernih, serta punya terumbu karang dan biota laut lain yang indah. Bosan di bibir pantai dan laut, kamu bisa berpetualang di pegunungan hijau, mencari sumber mata air alami. Pulau Bulupoloe juga menyajikan makanan khas tradisional masyarakat sekitar.

Pemandian Air Panas Alami Lejja
Pemandian Air Panas Alami Lejja
Pemandian Air Panas Alami Lejja via kandangsyukur.blogspot.com
Lelah berwisata, paling enak untuk berendam di pemandian air panas alami Lejja. Pemandian yang berada di Desa Bulu, Kecamatan Marioriwa, Kota Watansoppeng ini punya air panas mencapai 60 derajat celcius. Jadi sangat bagus untuk terapi penyakit seperti gatal-gatal dan rematik.

Pusat Kerajinan Perahu Pinisi
Pusat Kerajinan Perahu Pinisi
Pusat Kerajinan Perahu Pinisi via ngetren.co.id
Kalau ingin tahu seperti apa kapal besar yang dulu dinaiki nenek moyang kita dan bagaimana dahulu mereka membuatnya, datang aja ke pusat kerajinan Perahu Phinisi. Kamu akan menemukan para pengrajin yang membuat kapal tradisional Phinisi dengan alat-alat tradisional pula.

Kamu pasti akan kagum dengan kepiawaian mereka, bagaiamana mereka membuat perahu besar dengan menggunakan pengalaman dan pengetahuan turun temurun dari nenek moyang, tanpa menggunakan ilmu arsitektur modern dengan gambar-gambar rumit.