PLARIUSMODIFIKASI101

12 Tempat Wisata di Serang Banten Buat Liburanmu Makin Berkesan

Thursday, May 24, 2018
Salah satu sisi positifnya pemekaran Banten dari Jawa Barat adalah pembangunan yang semakin cepat dan terkonsentrasi. Begitu juga dengan pembangunan pariwisata di Serang, sebagai ibukota Provinsi Banten tentu saja daerah ini lebih diprioritaskan dalam penataan pariwisatanya.

Kini kamu bisa melihat sejumlah pariwisata di Serang mulai bermunculan dan menjadi idaman baru bagi warga Banten dan sekitarnya. Apa saja pariwisata yang ada di Serang itu? Ini dia daftarnya.

Pantai Anyer
Pantai Anyer
Pantai Anyer via wisatatempat.com
Bicara soal pariwisata di Serang dan Banten, tak akan lepas dari Pantai Anyer yang jadi ikon wisata terpenting di sana. Wajar aja, daerah yang menjadi titik awal dibangunnya Jalan Daendels ini memang sudah dikenal masyarakat luas sejak lama.

Bahkan semenjak abad 19 sudah banyak orang Belanda yang kagum dengan keindahan pantai Anyer dan menuangkannya dalam lukisan. Walau begitu, Pantai Anyer baru diperkenalkan dan dikomersilkan sebagai tempat wisata mulai tahun 1980-an.

Terkenalnya Pantai Anyer juga tak lepas dari serbuan warga Jakarta yang mencari tempat liburan menarik namun tak jauh dari Ibukota. Sampai dengan saat ini Anyer masih jadi pantai idaman bagi masyarakat Banten, Jakarta, dan Jawa Barat.

Seperti pada pantai terkenal lainnya, pantai Anyer juga punya keindahan tersendiri. Dengan ombak landainya kamu dan keluarga bisa berenang dengan aman dan nyaman. Kamu bisa bermain water sport, bermain pasir, melakukan snorkling, Surfing, dan juga menikmati sunset dan sunrise.

Sebagai tempat wisata yang sudah eksis lama, Pantai Anyer punya keunggulan dalam hal fasilitas dan akomodasi yang memadai. Jangan khawatir soal transportasi dan tempat menginap di sana, sudah pasti banyak pilihan yang sesuai dengan selera dan isi kantongmu.

Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong via bantenwisata.com
Tak jauh dari Anyer, Pantai Karang Bolong kini tengah menjadi primadona baru khususnya bagi yang jenuh dengan keramaian Pantai Anyer. Pantai ini punya nama unik Karang Bolong, karena ada sebuah karang yang punya lubang besar di sana. Dari lubang itu akan terlihat pemandangan laut yang eksotis dan cantik.

Lubang dari karang itu terjadi karena ada hempasan ombak yang terus menerus mengenainya. Jadi di pantai ini harus hati-hati saat berenang dan menyelam, karena dimungkinkan ada ombak besar yang bisa muncul kapan saja. Di sini paling cocok buat kamu menikmati pemandangan dan ber-selfie ria bersama kawan-kawan.

Pantai Carita
Pantai Carita
Pantai Carita via wikipedia.org
Dari Pantai Karang Bolong kita bergerak ke selatan. Ada Pantai Carita yang kini nggak kalah tenar dari Pantai Anyer. Boleh dibilang populernya pantai ini karena Pantai Anyer juga. Makannya namanya sering disebut Pantai Carita Anyer.

Padahal aslinya pantai ini berada di  luar kecamatan Anyer dan Kabupaten Serang, yaitu di kabupaten Pandeglang. Namun karena letaknya berbatasan dan tak jauh dari Serang, maka Pantai Carita sering jadi satu paket saat liburan ke Serang dan Anyer.

Pantai Carita punya tepian yang landai dan ombak yang kecil dan lembut, dipadu dengan pemandangan indah laut dan Gunung Krakatau. Soal fasilitas dan akomodasi jangan ditanya lagi, bahkan lebih banyak tempat mewah dibanding dengan Anyer.

Napak Tilas Sejarah di Banten Lama
Napak Tilas Sejarah di Banten Lama
Napak Tilas Sejarah di Banten Lama via weekendescape.co.id
Dari pinggiran pantai menuju ke pusat kota Serang, kamu bisa mengunjungi kawasan Banten Lama. Khususnya buat kamu yang penasaran dengan peninggalan sejarah Kesultanan Banten, kamu bisa melihat sisa bangunan Keraton Kaibon, Keraton Surosowan, dan Benteng Spellwijk. Bisa juga dengan mengunjungi Museum Kepurbakalaan Banten kalau mau tahu sejarah lebih mendalam.

Wisata Religi di Masjid Agung Banten dan Vihara Avalokitesvara
Wisata Religi di Masjid Agung Banten dan Vihara Avalokitesvara
Wisata Religi di Masjid Agung Banten dan Vihara Avalokitesvara via gardanasional.id
Ini tempat yang cocok buat memupuk rasa kerohanian kita, khususnya bagi pemeluk agama Islam dan Buddha. Uniknya letak masjid dan vihara ini tidak terlalu berjauhan, masih di kawasan Banten Lama. Menunjukkan kerukunan dan toleransi agama sudah berlangsung lama dan merupakan jatidiri bangsa.

Walau temanya religi, pemeluk agama lain juga bisa berkunjung kok asal tidak mengganggu peribadatan. Soalnya unsur sejarah kedua tempat ini juga banyak yang bisa kita pelajari.

Pantai Lontar
Pantai Lontar
Pantai Lontar via bayangtirta.blogspot.com
Jangan anggap pantai di Serang hanya di tepi barat saja. Di Serang Utara tepatnya di Kecamatan Tirtayasa ada pantai yang juga punya banyak spot menarik, namanya Pantai Lontar.

Jadi bagi warga ibukota Jakarta bisa jadi alternatif nih kalau ke Anyer kejauhan. Pantainya juga nggak kalah indah, apalagi ditambah pemandangan nelayan yang lalu lalang.

Di Pantai Lontar juga merupakan tempat bersejarah karena ada Pelabuhan Karanganatu yang merupakan pelabuban bersejarah. Terdapat juga Pulau Panjang dan Pulau Tunda yang tak jauh dari Pantai Lontar.

Pulau Tunda
Pulau Tunda
Pulau Tunda via tarvellie.com
Setelah ke Pantai Lontar, jadi menu wajib untuk datang ke Pulau Tunda. Pulau seluas 300 hektar ini bisa kunjungi dalam waktu 30 menit saja dari dermaga. Pulau ini punya spot yang bagus buat yang suka menyelam snorkeling dan diving. Kamu akan melihat pemandangan indah taman bawah laut yang cantik.

Pulau Lima
Pulau Lima
Pulau Lima via maydaypack.com
Di Serang memang banyak pulau-pulau kecil, dan pulau lain yang dikembangkan menjadi tempat wisata adalah Pulau Lima. Sebagai pengembangan dari wisata pantai, tak lengkap kalau ke pantai tapi tak mengunjungi tempat ini.

Letaknya tak sejauh Pulau Tunda. Perjalanan ke sana hanya memakan waktu 15 menit saja. Karena luasnya tak sebesar Pulau Tunda, kamu bisa berkeliling pulau sekaligus menikmati alam. Kegiatan lain yang umum di pulau seperti snorkeling, naik banana boat, dan memancing di dermaga.

Rumah Hutan
Rumah Hutan
Rumah Hutan via gbmsjakarta.wordpress.com
Siapa bilang kita tak bisa merasakan sejuknya wisata alam di kota? Rumah Hutan yang ada di Kota Serang kamu bisa menikmati alam serasa di hutan sungguhan. Rumah Hutan tepatnya ada di kampung Bojong, desa Cidampit, kecamatan Taktakan. Walau kawasan ini sebetulnya milik pribadi, namun tempat ini dibuka untuk umum khususnya di waktu liburan.

Tempat ini recommended banget buat camping dan rekreasi keluarga. Kamu bisa bersantai ria ditemani kicauan burung dan hembusan angin sepoi-sepoi. Bermain bersama anak-anak juga aman dan mengasyikkan. Disebut Rumah Hutan juga karena ada rumah-rumah panggung dan gardu yang terbuat dari kayu. Jadi gak usah khawatir saat hujan datang, karena sudah ada tempat berteduh.

Pulau Sangiang
Pulau Sangiang
Pulau Sangiang via hoteldiindonesia.net
Pulau Sangiang juga dapat diakses dari Anyer dengan mudah. Kamu harus menempuh perjalanan selama 45-60 menit untuk sampai ke sana. Menariknya Pulau Sangiang bukan hanya menawarkan keindahan alam saja, tapi juga ada flora dan fauna yang banyak. Petualanganmu pasti bakal asyik saat mengijakkan kaki ke ekosistem alami ini.

Danau Tasikardi
Danau Tasikardi
Danau Tasikardi via bantenwisata.com
Di Kota Serang memang unik, selain kaya akan wisata budaya, wisata alam banyak di sana. Selain Pantai dan Rumah Hutan, kamu bisa menemukan sebuah danau buatan di utara kota.

Diceritakan bahwa danau ini dibuat pada masa Kesultanan Banten abad ke 16, yakni pada masa kekuasaan Panembahan Maulana Yusuf. Tujuan dibuatnya danau ini adalah sebagai tempat bersantai dan beristirahat para keluarga kerajaan zaman dulu.

Curug Leuwi Bumi
Curug Leuwi Bumi
Curug Leuwi Bumi via wisatabantensite.wordpress.com
Airnya memang tidak tinggi seperti air terjun di tempat lain. Tapi air dalam kolamnya begitu jernih dan segar buat mandi atau bermain cliff diving. Walau tempatnya agak tersembunyi dan susah ditemukan, tapi tempat ini sedang ngehits di kalangan anak muda. Jadi jangan khawatir akan susah ke sana, karena saat liburan akan banyak anak muda ke Curug Bumi.