8 Tempat Wisata Paling Menawan di Lombok

Tidak kalah dengan pulau tetangganya, Pulau Bali, Pulau Lombok juga tidak kalah indah dan punya banyak tempat wisata yang menawan. Deretan pantai-pantai yang indah dengan ombaknya yang menantang sampai gunung api aktif yang menjulang tinggi bisa kita semua jumpai saat mengunjungi Pulau Lombok. Di mana saja tempatnya? Berikut adalah 8 tempat wisata paling menawan di Lombok.

Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok via iklantravel.com
Pantai ini memang sama namanya dengan pantai ternama yang ada di Pulau Bali, tapi Pantai Kuta yang indah ini milik Pulau Lombok. Pantai indah yang terletak di sebelah selatan Pulau Lombok ini wajib Anda kunjungi saat menjamahi Pulau Lombok.

Kawasan Pantai Kuta Lombok dikelilingi oleh perbukitan dengan hamparan pasir pantai yang putih dan jauh lebih tenang jika dibandingkan Pantai Kuta Bali. Pantai menawan ini secara administratif berada di Desa Kuta dan lokasinya cukup dekat dari dari Bandara Internasional Lombok. Jika ditempuh dari Senggigi, waktu tempuh untuk ke Pantai Kuta akan memakan waktu sekitar 1.5 jam saja. Selama perjalan, Anda akan melewati Kota Mataram jika menyusuri rute perjalanan Senggigi–Pantai Kuta.

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi
Pantai Senggigi via gayamamahmuda.top
Salah satu tempat wisata paling menawan di Lombok yang ini bisa dibilang sebagai yang paling dikenal oleh para wisatawan. Pantai ini punya yang menawan hati dan karena itulah tidak sedikit wisatawan luar negeri yang datang ke pantai ini. Pantai Senggigi sudah lama menjelma menjadi salah satu tempat menarik di Lombok karena memiliki pemandangan garis pantainya yang panjang dan sungguh mempesona bila dipandang dari ketinggian.

Anda bisa menyaksikan gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih karena pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dan tegas. Anda pasti tidak tahan untuk bermain air di pantai dengan air lautnya yang tenang, jernih, dan bersih ini.

Karena terbilang tenang dan ombaknya tidak terlalu besar, wisatawan yang datang ke pantai ini lebih senang menghabiskan waktunya dengan berjemur, berenang, snorkeling, atau sekedar bermain-main di tepi pantainya.

Bangko-Bangko (Desert Point)
Bangko-Bangko (Desert Point)
Bangko-Bangko (Desert Point) via youtube.com
Di salah satu tempat wisata menawan di Lombok inilah Anda yang punya hobi surfing bisa menyalurkan hobi. Bahkan salah satu tempat surfing terpopuler Indonesia ini ternyata sudah dinobatkan sebagai salah satu dari 10 tempat surfing dengan ombak paling ganas  versi International surfing Association.

Tertantang? Maka Anda bisa memulai perjalanan dengan menaiki kapal Ferry dari Pulau Bali kepelabuhan Lembar di Lombok. Desert Point atau masyarakat lokal menyebutnya sebagai Bangko-Bangko ini terletak di Barat Daya Pesisir Lombok. Sesampainya di Pelabuhan Lembar, perjalanan ke Desert Point dilanjutkan dengan memakai kendaraan travel atau mobil sewaan dan perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani via antarkita.com
Gunung ini merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang sudah resmi ditetapkan sebagai taman nasional (sebuah ekosistem yang dilindungi pemerintah Indonesia). Taman Nasional ini memiliki karakter hutan hujan pegunungan dan savana. Taman Nasional Rinani memiliki luas sekitar 40 ribu hekta dan terletak di Pulau Lombok sebelah Utara. Gunungnya memiliki ketinggian 3,726 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi nomor dua di Indonesia setelah Gunung Kerinci. Gunung ini punya kawah yang luas dan ada juga sebuah danau kawah bernama Danau Segara Anak. Menurut keyakinan warga lokal jika kita melihat Danau Segara Anak luas, maka itu  pertanda bahwa usia orang yang melihatnya masih panjang.

Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan
Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan
Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan via hasanlombok.blogspot.com
Tiga pulau eksotis di Lombok ini sudah lama menjadi tujuan favorit wisatawan lokal dan mancanegara. Gili Trawangan letaknya di bagian barat Lombok dan punya air laut yang sangat jernih, pasir putih yang bersih, dan terumbu karang yang lengkap dengan aneka ikan karang warna-warni yang menawan.

Menikmati keindahan pantai dengan berenang, snorkeling, dan berjemur adalah kegiatan-kegiatan yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Gili Trawangan sudah punya banyak fasilitas publik yang lengkap, seperti hotel/penginapan, restoran, cafe, diskotik, dan juga tempat ibadah.

Sementara itu, karena lebih sunyi, Gili Meno menjadi tempat relaks yang tepat untuk wisatawan yang ingin mencari ketenangan dan menikmati suasana pantai yang tenang. Gili Meno ini letaknya di tengah-tengah diantara ketiga gili.

Terakhir, Gili Air merupakan pulau yang paling dekat dengan Pulau Lombok. Selain paling dekat, Gili Air juga memiliki jumlah penduduk lokal yang lebih banyak ketimbang gili lainnya.

Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak via wisataterindah.net
Selain Pantai Senggigi, Pantai Selong Belanak merupakan salah satu wisata pantai di Lombok yang memiliki pesona alam memukau. Pantai yang letaknya di Kabupaten Lombok Tengah ini punya hamparan pasir pantai yang putih dan bersih.

Yang unik, butiran pasir di pantai ini memang halus, tapi ketika terkena air laut pasirnya akan mengeras. Itulah sebabnya kita bisa melihat sejumlah kendaraan yang bisa lalu lalang melewati bibir pantai.

Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan via guidelombok.com
Untuk bisa sampai ke salah satu tempat wisata menawan di Lombok ini kita akan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari pusat Kota Mataram. Hamparan pasir putih yang bersih ditambah lagi dengan air laut yang kebiruan dan jernih pasti akan membuat wisatawan yang berkunjung terpana akan keindahannya.

Secara geografis, posisi Pantai menawan ini berada tidak jauh dengan Pantai Kuta Lombok. Perjalanan ke Pantai Tanjung Aan dijamin berjalan lancar dan nyaman karena jalanan beraspal mulus siap mengantarkan Anda dengan cepat ke Pantai Tanjung Aan.

Tanjung Bloam
Tanjung Bloam
Tanjung Bloam via guidelombok.com
Tempat wisata menawan di Lombok yang satu ini memang masih kalah populer dengan tempat wisata lain. Bukan karena tidak indah, tapi karena akses jalan menuju Tanjung Bloam yang belum baik. Jalan menuju Tanjung Bloam belum beraspal selama perjalanan kita akan disajikan pemandangan gersang dan tandus.

Tanjung Bloam berlokasi di bagian selatan Lombok dan secara administratif masuk dalam  Kabupaten Lombok Barat. Perjalanan ke Tanjung Bloam akan memakan waktu 2,5 jam jika ditempuh dari Kota Mataram. Yang paling menarik dari Tanjung Bloam adalah pemandangan pantai yang super indah .

Di Tanjung Bloam, wisatawan juga bisa menyaksikan konservasi penyu yang habitatnya berada di sepanjang garis pantai yang terbentang dari ujung utara hingga selatan dan sekitar tebingnya.

Selain 8 tempat wisata menawan di atas, masih banyak tempat wisata yang tidak kalah menawan di Lombok. Bagaimana, kapan kira-kira Anda akan menyambangi keindahan dan pesona alam Lombok yang tidak kalah dengan keindahan pulau tetangganya, Pulau Bali? Sebelum berangkat, ingatlah untuk selalu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang agar perjalanan Anda menjamahi keindahan Pulau Lombok menjadi sebuah pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup.