PLARIUSMODIFIKASI101

Destinasi Daerah Wisata Favorit di Bandar Lampung

Wednesday, May 30, 2018
Bandar Lampung, kota yang terletak di selatan pulau Sumatera ini ternyata memiliki banyak tempat wisata yang tak kalah dengan propinsi lain di Indonesia. Ada banyak tempat indah nan eksotis yang layak dijadikan tujuan berlibur, mulau dari pulau, pantai, taman nasional, air terjun dan sebagainya.
Nah, tidak usah panjang lebar lagi, langsung saja berikut kami bagikan beberapa rekomendasi destinasi wisata favorit yang ada di Bandar Lampung. Apa saja?

1. Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas via kupastuntas.co
Taman Nasional Way Kambas termasuk salah satu dari beberapa taman nasional tertua di Indonesia. Taman ini identik dengan gajah, mulai dari perlindungan, pelatihan, hingga pelestarian gajah-gajah Sumatera yang keberadaannya sudah semakin langka.

Selain gajah, ada beberapa hewan yang dilindungi di taman ini yaitu harimau Sumatera, mentok rimba, tapir, anjing hutan, monyet siamang, buaya sepit dan Badak Sumatera yang habitatnya juga hampir punah. 

Selain itu, taman nasional Way Kambas juga merupakan rumah berbagai flora eksotis seperti api-api, pidada, nipah, gelam, cemara laut, meranti, dan pandan. 

Anda dapat menikmati atraksi gajah setiap sore, setiap akhir pekan akan diadakan pertandingan sepak bola gajah yang tentu saja menarik untuk ditonton. Di taman ini juga disediakan motor boat sekaligus driver yang bisa mengantar Anda berjalan-jalan ke pantai, terdapat pula tempat penyewaan sampan jika Anda berminat untuk potter area sekitar. Pengunjung juga bisa menaiki gajah dan berkeliling di taman. 

Taman Nasional Waya Kambas beralamatkan di jalan Labuan Ratu , provinsi Lampung Timur. Jarak dari kota Bandar Lampung sekitar 112 km. Harga tiket masuk untuk satu orang adalah 7000 rupiah, jika Anda membawa kendaraan roda empat, maka dikenai biaya tambahan sebesar 10.000 rupiah. 

2. Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih via wisatapriangan.co.id
Pantai pasir putih berjarak sekitar 20 km dari kota Bandar Lampung, tepatnya di jalan Trans Sumatera, Tarahan, Lampung Selatan. Karena lokasinya yang dekat dengan pusat kota, pantai ini selalu ramai pengunjung dan menjadi tempat wisata favorit untuk menghabiskan waktu liburan.

Sesuai dengan namanya, ketika Anda datang di pantai ini, Anda akan disambut dengan hamparan pasir pantai yang putih nan indah. Anda dapat menikmati indahnya pantai pasir putih ini dengan bersantai di pinggiran pantai, berenang, menyewa perahu untuk pergi ke pulau Condong. Anda juga bisa menikmati indahnya sun set di pantai ini. 

Fasilitas umum yang disediakan lumayan lengkap. Ada toilet, ruang bilas, rumah makan dan toko-toko souvenir pun ada. Harga tiket masuk pantai adalah 20.000 rupiah per orang. Cukup terjangkau bukan. 

3. Pulau Pahawang
Pulau Pahawang
Pulau Pahawang via pesonaindo.com
Pulau Pahawang dapat dikatakan sebagai surganya snorkling di Lampung. Kekayaan dan keragaman biota lautnya mampu menarik para wisatawan lokal maupun manca negara untuk bersnorkling di perairan pulau Pahawang. 

Pulau ini terletak di kecamatan Punduh Pidada, kabupaten Pesawaran Lampung. Luasnya sekitar 1.048 ha dan terbagi menjadi 2 yaitu Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. 

Anda bisa menyewa agen wisata untuk trip keliling pulau, tarifnya sekitar 200-250 ribu, jika Anda ingin melakukan trip lebih lama misalnya 2 hari, maka tarif akan disesuaikan. 

Terdapat empat spot recomended di pulai ini yaitu Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Tanjung Putus, dan kelagian. Anda dapat menyewa peralatan snorkling dengan biaya 75 ribu hingga 100 ribu. 

4. Air Terjun Curup Tujuh
Air Terjun Curup Tujuh
Air Terjun Curup Tujuh via wisatajalan.com
Lokasi air terjun Curup Tujuh berjarak sekitar 135 km dari Bandara Radin Intan. Alamat lengkapnya yaitu desa Margajaya, Kecamatan Padang Ratu. Air terjun ini berada di tengah hutan dengan panorama alam yang menawan. 

Untuk dapat mencapai lokasi Curup Tujuh, Anda harus melakukan perjalanan jungle track kira-kira 15 menit dari Curug Satu. Anda akan disambut dengan curahan air dengan tinggi hingga 30 meter. 

Sarana yang disediakan di sana adalah lokasi perkemahan dan aktivitas pecinta alam lainnya. Sejumlah fasilitas juga tersedia seperti toilet, penginapan, tempat makan, dan mushola. Jangan lupa bawa peralatan dan perlengkapan yang Anda butuhkan selama trip, seperti obat-obatan dan minuman. 

5. Teluk Kiluan
Teluk Kiluan
Teluk Kiluan via yopiefranz.com
Teluk kiluan merupakan tempat bagi lumba-lumba yang alami yang muncul dengan sendirinya. Sama halnya dengan pantai Lovina yang ada di Bali. Di objek wisata ini, Anda dapat menyaksikan lumba-lumba liar yang hidup bebas di perairan ini, Anda akan merasakan sensai yang berbeda, tidak seperti saat menyaksikan lumba-lumba yang ada di kolam. 

Jenis lumba-lumba yang melintas di teluk kiluan adalah lumba-lumba hidung botol, jika sedang beruntung, Anda juga bisa melihat paus secara langsung. Kemunculan lumba-lumba ini juga dipengaruhi oleh cuaca, biasanya bulan April hingga September adalah waktu yang pas agar dapat menyaksikan lumba-lumba melintas. 

Teluk Kiluan terletak di desa Pekon Kiluan Negeri , kabupaten Tanggamus, Lampung. Tempat ini juga merupakan surga bagi para mancing mania. Terdapat even tahunan yang diselenggarakan untuk para pemancing mania di seluruh nusantara. 

Di teluk Kiluan juga terdapat kolam renang alami yang disebut Laguna Gayau, berbentuk cekung yang dikelilingi dinding batu karang, airnya begitu jernih berwarna biru kehijauan.Laguna Gayau terletak dibelakang teluk Kiluan, untuk dapat sampai ke sana dibutuhkan waktu 30 menit. Tarif masuk Laguna Gayau sebesar 5000 rupiah per orang. 

6. Menara Siger
Menara Siger
Menara Siger via kotakalianda.blogspot.com
Menara Siger merupakan landmark provinsi Lampung dan menjadi titik kilometer nol selatan Sumatera. Menara ini diresmikan pada 30 April 2008. Tinggi bangunannya mencapai 110 meter diatas permukaan laut dengan posisi menghadap gerbang masuk pelabuhanBakauheni. 

Menara Siger merupakan simbol kebanggan warga Lampung. Atap siger yang berwarna kuning disebut dengan mahkota Siger yang melambangkan mahkota pengantin perempuan Lampung, bedanya mmahkota Siger memiliki 7 buah tanduk. 

Jika telah memasuki pelabuhan Bakauheni, Anda dapat melihat menara ini dari kejauhan, ini pertanda Anda akan segera tiba di tanah Lampung. Untuk dapat masuk dan berkeliling menara ini, Anda dikenai tarif 5000 per orang. Pada musim liburan tarif bisa naik dua kali lipat dari tarif biasa. 

7. Laguna Dodo
Laguna Dodo
Laguna Dodo via lampung.tribunnews.com
Laguna dodo merupakan wisata kolam renang alami selain Laguna Gayau. Pesona tempat ini dapat memikat hati para pecinta alam. Kolam renang alami Laguna Dodo berdindingkan karang-karang besar yang menjaga air di dalamnya tetap tenang. 

Laguna Dodo terletak di dusun Bandung Jaya, Pekon Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tanggamus. Jaraknya hanya 3 km dari pulai Kiluan. Berenang di sini akan memberikan pengalaman tek terlupakan, ditemani dengan deburan ombak yang terhalang karang dan suasana yang masih asri menambah pesona tempat wisata ini. 

Jika ingin berkunjung  ke tempat ini, disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri, karena memang tidak ada warung yang berjualan. 

8. Pulau Tangkil dan Pantai Mutun 
Pulau Tangkil dan Pantai Mutun
Pulau Tangkil dan Pantai Mutun  via indonesiawow.com
Salah satu spot wisata yang wajib Anda kunjungi di Lampung adalah Pulau Tangkil. Banyak wahana air yang dapat dicoba di sini antara lain jetski, bana boat, snorkeling, kano, flying fish, dan parasailing. 

Lokasi wisata ini sangat dekat dengan Bandar Lampung, yaitu sekitar 30 menit perjalanan. Untuk dapat ke pulau Tangkil Anda harus melewati pantai mutun terlebih dahulu, bisa dikatakan pulau Tangkil dan pantai Mutun ini berpasangan.

Biaya yang harus Anda keluarka adalah 10 ribu untuk dapat masuk ke pantai Mutun, kenudian 10-15 ribu untuk biaya menumpang perahu nelayan. Setelah sampai di pulau Tangkin Anda dikenai tarif masuk pulau sebesar 5 ribu. 

Jika Anda ingin bersantai dengan duduk-duduk manis sembari menikmati pemandangan, telah disediakan pondokan dari bambu dengan tarif sewa 100 ribu. 

Tapi bukan berlibur namanya jika hanya duduk santai saja, Anda bisa mencoba berbagai wahana air yang telah disediakan. Salah satunya mungkin dengan parasailing. Parasailing di pulau Tangkil ini adalah parasailing pertama di kota Lampung.

Anda hanya membutuhkan biaya 150 ribu untuk dapat merasakan keindahan pulau Tangkil dari ketinggian. Ini merupakan wahan yang patut dicoba bukan. Jika ingin berkeliling pulau, Anda bisa menyewa kano seharga 50 ribu atau menggunakan perahu nelayan dengan tarif 15 ribu per orang dengan peserta minimal 10 orang. Pulau ini cocok sekali bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan keluarga. 

Ternyata banyak sekali ya tempat-tempat wisata yang ada di Bandar Lampung. Semoga informasi di atas bisa membantu anda dalam menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi, saat berlibur ke Lampung.