PLARIUSMODIFIKASI101

9 Lokasi Wisata Alam Terbaik yang Tersebar di Sumatera Selatan

Thursday, May 17, 2018
Sumatera Selatan merupakan daerah yang luas dengan anugerah alam yang cukup kaya. Karena itu Sumatera Selatan punya potensi wisata alam yang bagus jika dikelola dengan baik. Jika bicara wisata alam di Sumatera Selatan, maka yang akan muncul adalah kontur pegunungan yang membentang luas, bukit-bukit indah, serta air terjun di banyak tempat. Tanpa berpanjang lebar, buat kamu yang ingin tahun wisata alam apa saja yang terbaik di Sumatera Selatan, ini dia daftarnya.

Gunung Dempo
Gunung Dempo
Gunung Dempo via viapendaki.com
Gunung Dempo adalah bagian dari pegunungan Bukit Barisan yang memisahkan provinsi Sumatera Selatan dengan Provinsi Bengkulu. Gunung Dempo punya ketinggian 3195 meter dari permukaan laut. Paling khas dari gunung ini karena terdapat kawasan hutan dipterokarp, hutan Montane serta Hutan Ericaceous atau yang sering dinamai hutan gunung.

Gunung Dempo adalah wisata andalan di Kota Pagar Alam. Kamu bisa datang bersama keluarga, untuk menyaksikan hamparan kebun teh, merasakan kesejukan gunung, melihat air terjun mangkuk dan air terjun embun, serta menginap di villa. Untuk dapat ke Kota Pagar Alam dari Palembang, kamu bisa naik bus dengan waktu 7 jam perjalanan. Mendaki sampi puncak Merapi Gunung Dempo kira-kira memakan waktu 10 jam.

Air Terjun Lematang
Air Terjun Lematang
Air Terjun Lematang via panduanwisata.id
Masih di Kota Pagar Alam, ini adalah air terjun paling populer di Sumatera Selatan. Kamu akan melihat panorama indah dan pemandangan yang masih asri, serta yang paling utama adalah air terjun deras setinggi 40 meter kurang lebihnya.

Harga tiket masuknya sangat murah, dibanding dengan alam indah yang bisa kita nikmati. Selama perjalanan menunju air terjun kamu juga akan disuguhkan pemandangan yang akan memanjakan mata kita. Namun kamu perlu hati-hati karena jalan tanah akan relatif lebih licin di musim hujan.

Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari via panduanwisata.com
Tak salah jika masyarakat menamai tempat ini dengan istilah bidadari, karena panoramanya memang secantik bidadari. Air terjun indah ini punya 7 puncak dan tiga kolam. Yang paling tinggi mencapai 30 meter dan lebarnya sampai 10 meter. Di dekat Air Terjun Bidadari juga terdapat air terjun lain, yakni Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Naga, dan Air Terjun Sumbing.

Berada di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, air terjun ini aslinya bernama Air Terjun Ayek Asam. Bahkan sebelum sampai ke lokasi utama, kamu sudah dimanjakan dengan pepohonan yang membentuk seperti gua di perjalanan. Pohon yang tumbuh kebanyakan adalah pohon mahoni dan pohon bambu.

Air Terjun Temam
Air Terjun Temam
Air Terjun Temam via afaflah.blogspot.com
Disebut Air Terjun Temam karena alirannya berasal dari Sungai Temam. Karena sungainya masih bersih, maka air terjun dan kolamnya pun terlihat jernih dan bebas sampah. Berbeda dari air terjun umumnya yang memanjang, Air Terjun Temam terlihat indah karena bentuknya melebar sampai 25 meter.

Pemandangannya sangat cocok untuk jadi background swafoto, bahkan jika berani kamu bisa mengambil foto langsung di dekat air terjun. Air Terjun Temam berada di Kelurahan Rahma, 11 km dari Kota Lubuk Linggau. Walau ada di Sumatera Selatan, jaraknya lebih dekat dari Bengkulu ketimbang dari Palembang.

Air Terjun Curup Maung
Air Terjun Curup Maung
Air Terjun Curup Maung via ksmtour.com
Lahat memang terkenal dengan alamnya yang kaya, seperti banyaknya air terjun di sana. Selain Air Terjun Bidadari, yang sedang ngehits lainnya ada Air Terjun Curug Maung. Air terjun ini indah ini baru ditemukan warga di tahun 2014 lalu, menunjukkan banyak potensi wisata alam yang sebetulnya masih tersembunyi di Sumatera Selatan.

Sempat menjadi trending topic setelah dimunculkan kalangan pecinta alam, Air Terjun Curug Maung punya keunikan tersendiri. Kamu akan melihat aliran air setinggi 80 meter yang harmoni bersama tumbuhan-tumbuhan dan bebatuan di tengah-tengahnya.

Air terjun Curug Maung ini terletak di Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu, sekitar 25 km dari perkotaan Lahat. Untuk dapat sampai ke lokasi, kamu akan melewati kebun kopi yang indah. Namun karena jalannya masih alami, maka jalannya masih licin dan perluh hati-hati.

Air Terjun Gunung Nyawe
Air Terjun Gunung Nyawe
Air Terjun Gunung Nyawe via bintangbejalan.blogspot.com
Satu lagi air terjun di Lahat yang cukup populer, yakni Air Terjun Gunung Nyawe. Air Terjun ini tepatnya ada di Desa Talang Sejemput, Kecamatan Pulau Pinang, kabupaten Lahat. Berbeda dari yang lain, Air Terjun ini cukup ramai pengunjung, karena aksesnya jalannya yang bagus dari Lahat.

Begitu sampai ke lokasi kamu akan langsung merasakan butiran air dingin yang terpental deras dari air terjun. Air terjun ini begitu deras karena tebingnya cukup tinggi sampai 100 meter. Rerumputan yang tumbuh di balik bebatuan air terjun juga membuat kita tidak sabar untuk mengabadikan dalam gambar.

Arung Jeram Sungai Manna
Arung Jeram Sungai Manna
Arung Jeram Sungai Manna via outbounducation.com
Seperti aliran Arung Jeram lain, Aliran di Sungai Manna ini semakin menyempit dan banyak menghempas bebatuan sehingga membentuk arus yang cukup deras dan bergemuruh. Buat kamu yang hobi arung jeram di tempat yang masih alami, Sungai Manna perlu kamu coba. Aliran sungai yang cukup jeram dengan cekungan dan arus memutar, berbaur dengan dinding batuan padas di pinggir sungai.

Arung Jeram di Sungai Manna ini punya tingkat kesulitan yang beragam, bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan dan keberanian kamu. Kamu bisa mengunjungi Arung Jeram ini di Kecamatan Tanjungsakti, kira-kira 40 km dari kota Pagar Alam.

Bukit Serelo
Bukit Serelo
Bukit Serelo via pariwisata.lahatkab.go.id
Tidak hanya banyak Air Terjun saja, di Kabupaten Lahat juga terdapat bukit hijau yang amat menarik, yakni Bukit Serelo. Jika kamu mendaki sampai ke pucak Bukit Serelo, akan terlihat pemandangan yang cukup indah. Tapi yang menarik lainnya di kaki bukitnya terdapat penangkaran gajah atau sekolah gajah.

Bukit ini sering disebut dengan bukit jempol, karena bentuknya seperti jempol jika dilihat dari kota Muara Enim. Tapi uniknya, berubah menjadi seperti telunjuk tangan jika dilihat dari Kota Lahat. Bukit Serelo bisa kamu kunjungi di Desa Perangai, Kabupaten Lahat.

Goa Putri
Goa Putri
Goa Putri via guaputripadangpindu.blogspot.com
Walau banyak cerita legenda yang mewarnai Gua ini, namun ketika kamu menginjakkan kaki sampai lokasi, kesan seram akan berganti dengan kekaguman akan kecantikan Gua Putri. Gua yang punya nama lain Goa Selabe ini berada di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semindang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (Baturaja).

Gua Putri punya kedalam sekitar 150 meter, ketinggian sekitar 20 meter, dan lebar 20-30 meter. Di dalam gua banyak terdapat stalaktit dan stalagmit yang terlihat cantik dengan hiasan lampu warna-warni. Suara aliran air sungai juga makin membuat penyusuran gua makin istimewa.