Friday, May 25, 2018

author photo
Wisata kuliner Manado merupakan salah satu daya tarik yang mana dimiliki oleh kepariwisataan Provinsi Sulawesi Utara. Ada beberapa kuliner di Manado yang merupakan makanan khas dari daerah tersebut sehingga tak heran jika wisatawan yang berkunjung ke Manado tak lupa mencicipi masakan khas Manado yang terkenal akan penggunaan bumbu dan juga rempah – rempahnya. Racikan dari bumbu – bumbu yang melimpah dan juga memiliki cita rasa yang tinggi serta dipadukan dengan sentuhan rasa pedas pada hampir setiap masakannya, tak heran jika wisata kuliner di Manado ini merupakan salah satu destinasi kuliner yang menjadi favorit di nusantara, terlebih lagi jika dipadukan dengan popularitas Taman Laut Bunaken yang memang sudah mendunia. Di Manado sendiri terdapat banyak sekali makanan khas yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata kuliner, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Nasi Kuning Saroja
Nasi Kuning Saroja
Nasi Kuning Saroja via exploremanado.com
Yang pertama adalah nasi kuning Saroja yang merupakan salah satu makanan yang memiliki warna kuning dan rasa yang gurih. Makanan ini juga akan lebih nikmat jika dikombinasikan dengan abon yang terbuat dari ikan cakalang, kemudian keripik ubi yang dibuat mirip seperti kentang, sambal goreng dan juga semur daging. Untuk harga dari kuliner ini juga bisa dibilang sangat terjangkau karena harganya dipatok mulai dari 10ribuan.

Bubur Tinutuan
Bubur Tinutuan
Bubur Tinutuan via wikipedia.org
Kemudian yang kedua adalah bubur tinutuan yang merupakan sebuah bubur yang dicampur dengan labu kuning, kemudian ubi kuning, daun melinjo, singkong, kangkung, bayam, gedi, kemangi dan juga jagung. Dengan adanya beberapa isian tersebut, tentu saja makanan ini memiliki gizi yang cukup tinggi. Kemudian untuk bumbu – bumbu yang ada di dalamnya sendiri adalah bawang putih, kemudian daun salam, batang serai yang sudah dimemarkan, garam, jahe dan yang lainnya. Harga yang ditawarkan dari satu porsi bubur tinutuan ini sendiri juga terjangkau karena harganya hanya 10ribuan.

Pisang Goreng Manado
Pisang Goreng Manado
Pisang Goreng Manado via pinterest.com
Lalu yang ketiga adalah pisang goreng sambal, di Manado memang pisang goreng tersebut tidak langsung dimakan ataupun menggunakan beberapa pelengkap seperti mayonnaise, cokelat ataupun madu. Yang menarik sekaligus unik dari makanan ini adalah pisang goreng tersebut dimakan dengan dicocol sambal terlebih dahulu. Anda bisa membayangkannya? Tentu saja sangat unik bukan. Pisang goreng ini juga sering kali disantap dengan pelengkap yang lainnya seperti es kelapa muda yang diberi gula merah.

Sambal Dabu – Dabu
Sambal Dabu – Dabu
Sambal Dabu – Dabu via foody.id
Makanan khas yang bisa dijadikan sebagai salah satu wisata kuliner Manado selanjutnya adalah sambal dabu – dabu. Sambal ini pada dasarnya memang asli dari Manado, jenis sambal ini tidak diulek, melainkan diiris. Semua bumbu yang digunakan diiris secara tipis, kemudian disaram dengan menggunakan air jeruk nipis dan juga sedikit minyak goreng. Sambal dabu – dabu ini juga biasanya selalu ada di berbagai rumah makan yang ada di Manado, rasanya sendiri sangat nikmat, terlebih lagi jika dimakan bersama dengan nasi hangat dan juga ikan goreng.

Ikan Woku Belanga
Ikan Woku Belanga
Ikan Woku Belanga via resepdanmasakan.com
Wisata kuliner Manado yang perlu dicoba saat berada di Manado adalah ikan woku belanga, masakan ini merupakan ikan yang dimasak di dalam sebuah wadah yang terbuat dari tanah liat, kemudian ikan tersebut dimasak dengan beberapa tambahan bumbu lain seperti daun jeruk, cabe rawit, daun bawang, serai, daun kemangi dan juga beberapa bumbu dapaur yang khas lainnya. Biasanya untuk bisa menikmati kuliner ini, dibandrol dengan harga 25ribuan lengkap dengan nasinya.

Nasi Jaha
Nasi Jaha
Nasi Jaha via ksmtour.com
Nasi jaha juga perlu Anda jadikan sebagai wisata kuliner khas Manado karena rasanya yang lezat dan menjadi makanan khas Manado. Nasi jaha sendiri merupakan nasi ketan yang dimasak menggunakan bambu, setelah nasi ketan tersebut dimasukkan ke dalam bambu, maka bambu tersebut dibakar sampai nasinya matang. Nasi jaha ini tersedia hampir di semua rumah makan ataupun restoran yang ada di daerah Manado.

Paniki
Paniki
Paniki via wikipedia.org
Paniki juga bisa menjadi referensi Anda untuk berwisata kuliner di Manado, paniki sendiri merupakan kelelawar besar yang mana banyak ditemukan di daerah Manado. Makanan khas dari Manado ini memang tergolong makanan ekstrim. Paniki ini disajikan dengan menggunakan kuah yang dibuat dari santan kental dan ditambahkan dengan berbagai bumbu rempah serta jahe khas Manado.

Tuturaga
Tuturaga
Tuturaga via resepkoki.co
Ada juga makanan tuturuga yang merupakan makanan dari bahan dasar kura – kura, makanan ini sendiri disajikan dengan beberapa tambahan lain seperti daging sapi, kambing ataupun ayam. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau yaitu mulai dari 25ribuan. Namun karena pemerintah sudah melarang penangkapan kura – kura secara illegal, maka makanan ini menjadi sangat langka.

Kawok
Kawok
Kawok via bobo.grid.id
Lalu kawok juga menjadi makanan khas dari Manado, kawok ini memang bisa dibilang makanan kuliner ekstrim, namun tetap diminati oleh beberapa wisatawan. Kawok sendiri merupakan tikus hutan yang memiliki ekor putih yang tinggal di pohon saguer. Daging tikus ini dimasak dengan campuran bumbu seperti serai, cabe, kemangi, lemon, kunyit, bawang dan juga garoka, setelah itu campur dengan menggunakan santan kental. Rasa makanan dari kawok ini memang gurih, dan untuk bisa mencicipi makanan khas Manado ini, dibandrol dengan harga mulai dari 10 ribuan.

Es Manado
Es Manado
Es Manado via kedaiannisa.blogspot.com
Lalu es Manado juga bisa menjadi pilihan Anda untuk berwisata kuliner, terlebih lagi saat cuaca sedang panas, es Manado ini dibuat dari buah sirsak dicampur dengan beberapa isian lain seperti alpukat, jelly, mutiara dan juga sari kelapa. Campuran tersebut menjadikan es ini terasa sangat segar yang memiliki rasa asam, manis dan juga dingin. Kemudian tambahan dari susu kental manis, kemudian gula dan juga es serutnya membuat minuman khas Manado ini semakin nikmat. Untuk mencicipi es Manado ini Anda perlu mengeluarkan kocek mulai dari 5ribuan perporsi, namun juga tergantung dari campuran yang diinginkan sehingga harganya memang bervariasi.

Es Tji Mei
Es Tji Mei
Es Tji Mei via sukawisatakuliner.blogspot.com
Selain itu ada juga es tji mei, es ini pada dasarnya merupakan minuman khas dari Manado yang mana terbuat dari kacang merah. Paduan dari kacang merah, kemudian gula dan juga susu ini membuat minuman ini mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Selain itu tambahan kayu manisnya membuat cita rasa dari es tji mei ini semakin nikmat. Untuk harga dari es ini sendiri kurang lebih 8 ribuan perporsinya.

Jadi bagaimana makanan dan minuman khas dari Manado tersebut memiliki cita rasa yang nikmat bukan? Selain harganya yang ramah di kantong, keunikan dari kuliner tersebut membuat para wisatawan penasaran ingin melakukan wisata kuliner Manado.

Next article Next Post
Previous article Previous Post