Tuesday, May 29, 2018

author photo
Sebagimana yang kita tahu, Balikpapan merupakan kota penghasil minyak yang saat ini terus berkembang dan termasuk salah satu kota termaju di indonesia. Selain kaya akan potensi minyak, Balikpapan juga kaya akan obyek wisata alam mempesona. Banyak objek wisata yang keren, mulai dari air terjun, pantai, hutan wisata, penangkaran buaya, dan lain sebagainya, yang tentunya semua obyek wisata tersebut memiliki tampilan yang kece dan instagramable. Nah, bicara mengenai obyek wisata terbaik Balikpapan, berikut beberapa diantaranya:

1. Hutan Bakau Margomulyo
Hutan Bakau Margomulyo
Hutan Bakau Margomulyo via harnas.co
Salah satu destinasi wajib yang harus Anda kunjungi ketika berada di Balikpapan adalah hutan bakau Margomulyo. Hutan bakau ini akan memanjakan Anda dengan pemandangan hijau yang cantik, selain itu hutan bakau ini juga dihuni oleh berbagai macam jenis burung dan hewan lainnya. 

Luas kawasan ini sekitar 16,8 hektar dan telah dibebaskan oleh pemerintah kota Balikpapan untuk dijadikan kawasan konservasi tanaman bakau. Hutan bakau ini dijadikan sebagai taman wisata, taman kota, tempat melestarikan habitat flora dan fauna dan sebagai tempat pendidikan lingkungan. 

Vegetasi yang tumbuh di hutan ini antara lain seperti berbagai jenis bakau, tumbuhan api-api hitam, pohon nipah dan pidada, bintaro dan tumbuhan lain. Vegetasi ini tumbuh dengan subur. 

Selain itu ada beberapa hewan yang dapat Anda temui seperti bekantan yang menjadi fauna khas di hutan ini, kepiting rawa dengan berbagai warna yang cantik, berbagai macam burung, dan ikan yang dapat memanjat pohon atau disebut ikan tempakul. 

Fasilitas penunjang yang disediakan tempat ini adalah jembatan kayu sepanjang 800 meter sebagai sarana bagi Anda yang ingin berjalan-jalan dan menikmati keindahan hutan bakau. Selain itu terdapat menara intai  yang dapat Anda gunakan untuk melihat beraneka ragam burung yang menghuni kawasan hutan ini. 

Hutang Bakau Margomulya ini terletak di belakang SMU Negeri 8, di jalan AMD Gunung Empat, RT 42, kelurahan Margomulyo Balikpapan Barat, Kalimantan Timur. Buka mulai pukul 08.00 hingga 17.30 WIT. Untuk dapat masuk kawasan ini tidak dipungut biaya sepeser pun, alias gratis. 

2. Pantai Kemala
Pantai Kemala
Pantai Kemala via nissan360.com
Salah satu lokasi wisata yang haram untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke balikpapan adalah pantai Kemala. Pantai ini terletak di pusat kota, oleh sebab itu tidak pernah sepi pengunjung, apa lagi jika musim liburan telah tiba. 

Anda dapat menghabiskan waktu dengan berenang atau hanya sekedar bersantai di tepi pantai dengan beralaskan pasir pantai. Wahana yang disediakan di pantai ini ada dua yaitu banan boats dan jet ski. Tarif untuk bermain bana boats adalah 25 ribu rupiah untuk satu orang dan 800 ribu rupiah untuk meneywa jet ski selama satu jam. 

Di sana sudah banyak warung makan dan restoran yang menjual berbagai macam masakan olahan seafood segar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika kelaparan. Menu yang disajikan juga beragam tidak terbatas hanya seafood saja, ada juga masakan Eropa yang siap memanjakan lidah Anda. 

Pantai Kemala berada di pusat koat Balikpapan, tepatnya di jalan Sudirman. Anda dapat menggunakan kendaraan umum angkot bernomor 03 dengan tarif 3000 rupiah atau bisa menggunakan kendaraan pribadi Anda. Tiket masuk pantai sangat murah yaitu 500 perak per orang. Jika membawa kendaraan, akan dikenai terif tambahan sebesar 1000 untuk motor dan 2000 untuk mobil. Sangat murah bukan. 

3. Taman Bekapai
Taman Bekapai Balikpapan
Taman Bekapai Balikpapan via tempatwisatadaerah.blogspot.com
Taman Bekapai terletak di pusat kota dan menjadi tempat bersantai gratis yang bisa Anda kunjungi. Bagi para Wifi Hunter, di dinilah tempatnya. Di taman ini disediakan wifi gratis 24 jam. Anda juga bisa menikmati wisata kuliner yang ada di sisi luar taman. 

Saat malam hari, Anda dapat menikmati keindahan kota Balikpapan yang disinari lampu berwarna-warni. Bekapai sendiri artinya santai, jadi tujuan utama dibangunnya taman ini adalah menyediakan tempat bersantai bag siapa saja. 

4. Caribbean Island Waterpark
Caribbean Island Waterpark
Caribbean Island Waterpark via waterboom201.blogspot.com
Caribbean Island Waterpark adalah wisata air tebesar di Balikpapan. Objek wisata satu ini paling banyak dikunjungi wisatawan saat liburan setiap tahunnya. Berbagai wahana permainan air dapat Anda coba.

Wahana air yang bisa Anda coba antara lain seperti kolam renang adventure, monkey slide, fun free slide, octopus tower, kolam renang dewasa, caribbean castle, dan masih banyak lagi. Selain itu Anda juga bisa menikmati pertunjukan onstage terbuka dan bermain flying fox. 

Caribbean Island Waterpark terletak di jalan Kol. Syarifuddin Yoes II (Ring Road II) Balikpapan. Untuk tarif tiket masuknya sendiri terdiri atas bebrapa kategori. Kategori umum harga tiketnya sebesar 50 ribu rupiah dan untuk pelajar 30 ribu rupiah untuk hari biasa Senin hingga Jumat. Pada saat weekend dan hari libur harga tiket akan naik menjadi 70 ribu rupiah. Jam operasional Caribbean Island Waterpark mulai pukul 09.00-19.00 WITA. 

5. Hutan Lindung Sungai Wain
Hutan Lindung Sungai Wain
Hutan Lindung Sungai Wain via triptrus.com
Tempat wisata alam yang dapat Anda kunjungi selanjutnya adalah Hutan Lindung Sungai Wain. Hutan ini merupakan tempat untuk menjaga dan melestarikan flora dan fauna langka seperti beruang madu yang menjadi maskot kota Balikpapan, bekantan, orang utan, tanaman kantong semar dan flora endemik Balikpapan yaitu jahe Balikpapan. 

Selain untuk menangkarkan flora dan fauna langka, Hutan Lindung Sungai Wain juga dimanfaatkan untuk menampung air bersih, pusat pendidikan lingkungan dan yang terkenal adalah Borneo Orang Utan Survival Foundations (BSOF). BSOF adalah suatu wadah untuk merehabilitasi orang utan agar dapat dikembalikan ke habitatnya. 

Terdapat beberapa pilihan yang bisa dinikmati para wisatawan di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain. Anda bisa menikmati aliran sungai Wain yang jernih dengan pemandangan hutan bakau disekelilingnya. Anda juga bisa melakukan treking di atas lintasan kayu sepanjang 400 meter atau terking 3 km-8 km untuk dapat melihat kantong semar dan beruang madu, tapi tentunya Anda harus memperoleh izin terlebih dahulu dari pihak pengelola. 

Hutan ini terletak di Karang Joang, di km 23 jalan Balikpapan-Samarinda. Harga tiket masuknya disesuaikan dengan jumlah porang setiap rombongan. Untuk paket A yang terdiri hingga 6 orang dikenai tarif 350 ribu. Anda juga bisa memilih untuk mengikuti tour Track-Eko-PLH-Kebun Raya atau Mangrove dan Selok Puda. 

6. Pasar Kebun Sayur
Pasar Kebun Sayur
Pasar Kebun Sayur via traveltodayindonesia.com
Pasar Kebun Sayur merupakan tempat oleh-oleh khas dari Balikpapan. Di tempat ini Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Ada berbagai jenis cinderamata seperti kerajinan manik-manik, betu permata, mandau, batik, dan senjata tradisional Balikpapan. Selain itu juga ada Amplang, makanan khas Kalimantan. 

Tempat ini memang bisa memanjakan mata kaum hawa dengan berbagai macam kerajinan berbentuk kalung, gelang, dan cincin. Banyak pula dompet, tas, dan kain songket berbagai motif. Pasar ini terletak di jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan. Buka setiap pukul 08.00-18.00 WITA. 

7. Penangkaran Buaya Teritip
Penangkaran Buaya Teritip
Penangkaran Buaya Teritip via gadingmoore.blogspot.com
Bagi Anda yang sudah bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, Anda dapat mencoba mengunjungi penangkaran buaya Teritip. Lokasinya terletak di jalan Mulawarman No. 66 RT 029 Teritip, 25 km dari pusat kota. 

Di penangkaran ini terdapat sekitar 1.450 ekor buaya dari berbagai jenis buaya, seperti buaya muara, buaya supit dan buaya air tawar. Anda dapat melihat buaya diberi makan, untuk setiap ekor ayam Anda dikenai biaya Rp10.000. selain itu Anda bisa menaiki gajah Lampung dan menikmati hidangan sate buaya. 

Sebelum pulang, Anda bisa membeli cinderamata serba buaya, seperti pernak-pernik berbentuk buaya, sabuk, dompet dan tas. Tempat ini buka pukul 08.00-17.00 dengan tiket masuk Rp10.000. 

8. Kampung Atas Air Margasari
Kampung Atas Air Margasari
Kampung Atas Air Margasari via foto.kompas.com
Wisata kampung atas air atau kampung apung Margasari terletak di belakang Unit Pengolahan V Pertamina di jalan Sepaku, Baru tengah, balikpapan. Di tempat ini Anda akan benar-benar menikmati sensasi hidup di atas air, mirip dengan kehidupan di Venice, Eropa. 

Meskipun letaknya mengapung di atas air, kampung ini masih memiliki ruang terbuak hijau. Terdapat pula jembatan beton di belakang kampung, dari jembatan ini, Anda dapat melihat lokasi konservasi mangrove. 

Pengunjung dapat menikmati suasana sekitar kampung dan juga berinteraksi langsung dengan warga. Selain itu, Anda juga bisa memancing dengan alat pancing yang telah disediakan. 

Wahh, banyak sekali ya ternyata spot-spot wisata keren di Balikpapan. Nah, semoga informasi yang kami bagikan diatas, bisa menjadi referensi yang bermanfaat, khususnya bagi anda yang akan mengarungi kota minyak di pulau Kalimantan ini.
Next article Next Post
Previous article Previous Post