Thursday, May 17, 2018

author photo
Bicara tentang pariwisata di Nusa Tenggara Barat, mungkin kita akan langsung berpikiran tentang Pulau Lombok. Padahal di luar Lombok masih banyak tempat wisata yang tak kalah menariknya din NTB. Pulau Sumbawa punya potensi wisata yang amat menjanjikan.

Terutama di Kabupaten Sumbawa yang dikaruniai kekayaan dan keindahan alam yang besar. Maka wisata alam di sana juga layak untuk kita rekomendasikan. Apa saja wisata alam terfavorit yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat? Ini dia daftarnya.

Pulau Moyo
Pulau Moyo
Pulau Moyo via pemudafm.com
Soal seberapa menariknya Pulau Moyo ini, enggak perlu dipertanyakan lagi deh. Jika wanita sekaliber Lady Diana saja pernah berwisata ke sana, pastinya pulau seluas 350 km ini punya daya tarik wisata yang luar biasa. Jarak Pulau Moyo dengan daratan Sumbawa Besar adalah 20 km atau sekitar 30 menit perjalanan menaiki kapal boat.

Pulau Moyo kini menjelma jadi destinasi andalan bagi warga NTB dan terkhusus masyarakat Sumbawa. Kekayaan alam terpapar di semua tempat, mulai dari kecantikan taman bawah laut, keindahan pantai, pesona air terjunnya, serta flora dan faunanya yang sangat kaya.

Pantai Tanjung Pasir
Pantai Tanjung Pasir
Pantai Tanjung Pasir via anakpapabandy.blogspot.com
Ini adalah salah satu pantai terkenal di Pulau Moyo, surganya para penyelam. Taman bawah lautnya menawarkan keindahan biota laut yang beragam. Pantainya membentang amat panjang dan indah, menampilkan ketenangan air laut kebiruan dan hamparan pasir putih. Gugusan bukit dan pepohonan di dalam pulau juga turut mewarnai panorama di Tanjung Pasir.

Aktivitas utama pengunjungnya lebih banyak menghabiskan waktu untuk snorkeling atau diving. Warna-warni karang bertebaran di mana-mana, berbaur dengan ikan-ikan kecil yang menawan di bawah laut. Dari situlah para penggemar diving dan snorkeling banyak membincangkan Tanjung Pasir di media sosial.

Dari Sumbawa Besar untuk sampai langsung ke Tanjung Pasir butuh waktu 1,5 jam perjalanan dengan menaiki kapal nelayan. Desa terdekat untuk sampai ke sana adalah desa Ai Bari.

Pantai Ai Manis
Pantai Ai Manis
Pantai Ai Manis via blogunik.com
Tidak jauh berbeda soal keindahannya juga tak terlalu jauh jaraknya dari Pantai Tanjung Pasir, Pantai Ai Mani menjadi alternatif pantai terbaik di Pulau Moyo. Pantai Ai Mani juga tempat favorit bagi penyelam, mereka melakukan snorkeling dan diving dengan aman karena pantainya cukup tenang.

Sama seperti Tanjung Pasir, hamparan terumbu karang juga tersebar indah dengan beragam coraknya. Ikan-ikan kecil berwarana-warni menghiasi taman bawah laut di sana. Namun ada kelebihan lain Pantai Ai Mani, yakni hutan tropisnya yang menarik. Buat kamu yang tertantang berpetualang, menyusuri hutan dan melihat langsung berbagai flora dan fauna liar bisa kamu lakukan.

Air Terjun Mata Jitu (Queen Waterfall)
Air Terjun Mata Jitu (Queen Waterfall)
Air Terjun Mata Jitu (Queen Waterfall) via thelangkahtravel.com
Air terjun ini berada dalam pedalaman Pulau Moyo, jadi untuk dapat ke sana kamu harus trekking selama 2 jam. Namun jangan khawatir, sekarang juga banyak yang menawarkan jasa ojek agar lebih cepat.

Walaupun jaraknya agak jauh dari pantai, rasa lelahmu akan terbayarkan setelah melihat panorama yang mengaggumkan. Keindahan itu yang menarik seorang Pesohor seperti Lady Diana mau mengunjungi Air Terjun Mata Jitu. Setelah dikunjungi seorang putri Kerajaan Inggris, masyarakat lalu menamai air terjun ini dengan nama Queen Waterfall.

Pantai Kencana
Pantai Kencana
Pantai Kencana via youtube.com
Hanya berjarak 11 km atau 15 menit perjalanan dari Kota Sumbawa Besar, Pantai Kencana menawarkan keindahan panorama yang menawan. Pantai ini memanjang membentuk lengkungan yang unik, dimana kedua ujung lengkungan punya warna yang berbeda. Warna biru pada lautnya teramat jelas terlihat. Fasilitas di Pantai Kencana cukup memadai dengan adanya hotel dan banyak cottege yang di sana.

Liang Petang
Liang Petang
Liang Petang via indonesiakaya.com
Ini wisata alam yang pas buat menguji nyalimu. Sesuai namanya Liang Petang yang berarti gua malam, kamu akan menyusuri gua dalam keadaan gelap. Jadi siapkan penerangan sendiri sebelum masuk ke dalamnya.

Di dalam gua ada stalaktik dan stalakmik cantik yang sudah terbentuk ratusan tahun yang lalu. Ada juga batu-batu besar yang bentuknya unik, seperti berbentuk manusia dan berbentuk makam.

Gili Bedil dan Gili Keramat
Gili Bedil dan Gili Keramat
Gili Bedil dan Gili Keramat via edyraguapo.blogspot.com
Jika di Lombok ada Gili Trawangan dan Gili Meno yang populer, maka di Sumbawa juga ada Gili yang tak kalah indahnya, yaitu Gili Bedil dan Gili Keramat. Kedua Gili tersebut berada desa di Labuhan Padi Kabupaten Sumbawa. Akses perjalanan ke sana juga cukup mudah dari Pelabuhan Poto Tano.

Keunggulan kedua Gili yang tek berpenghuni itu adalah keindahan taman bawah lautnya yang setara dengan yang ada di Pulau Moyo. Namun sayangnya fasilitas penyewaan peralatan selam masih jarang di sana, karenanya bagi yang ingin snorkeling dan diving harus membawa sendiri dari luar.

Air Terjun Agal
Air Terjun Agal
Air Terjun Agal via sites.google.com
Ke Sumbawa tapi tak mampir ke Air Terjun Agal, rugi banget deh. Kamu akan melewatkan kesempatan untuk melihat langsung salah satu Air terjun tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian lebih dari 100 meter, kamu akan merasakan begitu derasnya air yang turun dari tebing.

Perjalanan ke sana tak terlalu lama karena jaraknya hanya 23 meter dari pelabuhan utama Poto Tano. Yang unik dari air terjun ini adalah bentuknya yang punya 10 tingkatan air terjun. Di tiga tingkatan yang terakhir tidak terlalu tinggi air terjunnya, sehingga kamu bisa berendam dan mandi di sana.

Pantai Sili Maci
Pantai Sili Maci
Pantai Sili Maci via takwasajidin.blogspot.com
Jangan dikiran pantai di Sumbawa hanya ada di utara saja, di pantai selatan ada Pantai Sili Maci yang amat disukai oleh para peselancar. Berada di Laut Selatan membuat pantai ini memiliki gulungan ombak yang besar dan panjang. Kabarnya ombak untuk surfing di Pantai Sili Maci adalah yang terbaik ketiga setelah Hawai dan Tahiti.

Sayangnya karena letaknya yang berada di selatan dan jauh dari kota Sumbawa Besar, membuat akses ke sana jadi sulit. Butuh 6 jam perjalanan darat untuk bisa sampai ke Sili Maci.

Kawasan Lindung Poto Jarum
Kawasan Lindung Poto Jarum
Kawasan Lindung Poto Jarum via aliefwisata.blogspot.com
Kembali ke Pulau Moyo, di pulau itu masih ada satu tempat yang bagus untuk kamu datangi, yaitu adalah Poto Jarum. Disebut kawasan lindung karena tempat ini memang di tujukan untuk perlindungan flora dan fauna di Pulau Moyo. Jadi kamu gak akan menemukan bangunan apapun di sana. Ke Poto Jarum sangat cocok bagi kamu yang punya jiwa petualang.

Next article Next Post
Previous article Previous Post