PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Wisata di Lampung yang Paling Memikat Wisatawan

Saturday, May 19, 2018
Semenjak dicanangkannya tahun kunjungan wisata pada 2009 lalu oleh Pemprov Lampung, pariwisata di daerah ini semakin berkembang. Dengan letaknya yang berada di ujung selatan Sumatera dan bersebelahan dengan Pulau Jawa, Lampung menjadi daerah strategis untuk pariwisata.

Selain itu pariwisata di Lampung juga ditopang oleh alamnya yang luas, serta kebudayaan masyarakatnya yang khas. Buat kamu yang mencari referensi wisata di waktu liburan nanti, traveling ke Lampung menarik untuk kamu coba. Selain karena biayanya tak terlampau mahal, Lampung juga memiliki segudang destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi.   Berikut ini adalah beberapa tempat wisata terbaik di Lampung yang kita rekomendasikan buat kamu kunjungi.

Teluk Kiluan
Teluk Kiluan
Teluk Kiluan via ksmtour.com
Kalau cuma lihat lumba-lumba di kolam atau akuarium besar pastinya sudah biasa, tapi kalau melihat langsung di habitatnya, pasti jauh lebih seru dan berkesan. Bayangkan saja, bagaimana rasanya saat melihat banyak lumba-lumba berlompatan di samping perahu yang kamu naiki, tentunya sangat menyenangkan bukan?

Nah, kamu bisa mengalami itu semua jika kamu berkunjung ke Teluk Kiluan yang ada Kabupaten Tanggamus, Lampung. Jadi tak perlu jauh-jauh sampai ke Pantai Lovina Bali kalau hanya mau lihat lumba-lumba liar secara langsung.

Luar biasanya lumba-lumba yang berada di Teluk Kiluan ini bisa sampai ribuan ekor, bahkan lebih banyak lagi saat musim migrasi lumba-lumba. Ada dua jenis lumba-lumba yang bisa kamu jumpai, lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang.

Bertemu langsung dengan kawanan lumba-lumba, pasti kamu bakal gemes melihat lumba-lumba yang senang mendekati kapal manusia. Mereka akan berlompatan seraya memanggil dan menyapa kita.

Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih via wisatapriangan.co.id
Lampung yang dikenal sebagai kota pelabuhan utama dari zaman dulu, memang memiliki banyak pantai dan pulau yang indah. Salah satu pantai yang menjadi unggulan pariwisata adalah Pantai Pasir Putih.

Pantai Pasir Putih menjadi favorit banyak wisatawan karena panoramanya yang mengagumkan. Kamu akan melihat pasir putih membentang luas di sepanjang bibir pantai, bercampur dengan lautan membentuk warna hijau kebiruan. Pohon-pohon rindang dipinggir pantai melambai-lambai tertiup angin, membawamu semakin hanyut dalam kedamaian.

Selain karena keindahannya, pantai ini menjadi destinasi wisata alam favorit karena letaknya yang tak terlalu jauh dari ibukota Bandar Lampung. Hanya butuh 20 menit saja untuk sampai ke Pantai Pasir Putih.

Pulau Pahawang
Pulau Pahawang
Pulau Pahawang via pesonaindo.com
Kalau pantai terfavorit di Lampung adalah Pasir Putih, maka pulau terfavoritnya adalah Pulau Pahawang. Pulau Pahawang punya panorama seindah Pantai Pasir Putih, namun kelebihannya adalah taman bawah lautnya yang super cantik. Ya, Pulau Pahawang menjadi surga bagi penggemar snorkeling, dengan kekayaan taman bawah laut yang siap menyambut dan membuatmu kagum.

Menuju Pulau Pahawang dari Bandar Lampung juga tidak terlalu lama jarak tempuhnya, sekitar 1,5 jam perjalanan. Ada dua pulau di Pahawang, yakni Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Di Pahawang kecil ada sebuah jembatan alami yang disebut Tanjung Putus. Jembatan tersebut akan muncul saat laut sedang surut.

Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas via yopiefranz.com
Jika ditanya hewan apa yang identik dengan Lampung? Tentu gajah jawabannya. Jadi kalau wisata ke Lampung tapi belum lihat gajah lampung, akan menjadi ganjil rasanya. Cukup 2 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung, kamu bisa menemui hewan besar itu di Taman Nasional Way Kambas.

Taman Nasional Way Kambas adalah tempat konservasi gajah terbesar di Indonesia. Ada ratusan ekor gajah di sana. Pengunjung bisa melihat kawanan gajah liar atau gajah jinak yang terlatih. Mereka yang sudah terlatih bisa melakukan sejumlah atraksi dan juga dapat berinteraksi dengan pengunjung.

Selain hewan gajah, di Taman Nasioanl Way Kambas juga mengonservasi hewan dilindungi lain seperti Harimau Sumatera dan Badak Sumatera.

Menara Siger
Menara Siger
Menara Siger via youtube
Menara Siger yang diresmikan pada tahun 2008 lalu kini menjadi ikon penting daerah Lampung. Menara ini berada di titik nol dari Jalan Lintas Sumatera, menjadi bangunan simbolik dari ujung selatan Sumatera. Keindahan Menara Siger dengan arsitektur tradisionalnya yang dibalut warna kuning cantik, menjadi magnet bagi wisatawan.

Wisatawan yang datang dari luar melalui pelabuhan, pasti akan singgah terlebih dahulu di Menara Siger untuk sekedar beristirahat atau mengabadikannya dalam kamera. Menara Siger yang berdiri tinggi di atas bukit juga difungsikan sebagai mercusuar dan petunjuk bagi para traveler.

Gunung Krakatau
Gunung Krakatau
Gunung Krakatau via travelinganbebarengan.blogspot.com
Siapa yang tidak tahu gunung yang satu ini, namanya bahkan sudah mendunia sebagai gunung yang pernah menggetarkan dan menggelapkan langit Eropa. Gunung Krakatau yang bersejarah itu tentu saja begitu memikat banyak wisatawan luar dan dalam negeri.

Gunung Krakatau berada di antara pulau Jawa dan Sumatera. Jaraknya memang cukup jauh sekitar 41 mil dari Kota Bandar Lampung. Namun lamanya perjalanan akan terbayarkan setelah merasakan eksotisme paling istimewa yang dimiliki gunung ini.

Perlu diingat bahwa status gunung ini masih aktif dan dalam pengawasan Balai Konservasi Lampung, jadi kamu harus memiliki ijin dulu untuk mengunjunginya. Paling aman adalah dengan menggunakan jasa travel, karena mereka sudah biasa berkordinasi dengan petugas.

Air Terjun Putri Malu
Air Terjun Putri Malu
Air Terjun Putri Malu via kelilinglampung.com
Kekayaan wisata alam Lampung juga menghadirkan Air Terjun indah di Way Kanan. Namanya adalah Air Terjun Putri Malu, punya ketinggian sekitar 80 meter dengan lingkungan yang masih asri dan sejuk. Airnya turun mengikuti tebing yang berkelok-kelok, terkesan seperti malu-malu. Dari situ masyarakat menamainya Air Terjun Putri Malu.

Wisata ini hanya cocok bagi kamu yang suka trekking dan berpetualang di alam luas. Rasa lelah dalam perjalanan akan hilang setelah melihat air terjun dan berenang di bawahnya. Selain berenang, buat kamu pecinta alam juga bisa melakukan panjat tebing dan berkemah di sana.

Pulau Condong
Pulau Condong
Pulau Condong via ksmtour.com
Alternatif pulau menarik lainnya selain Pulau Pawahang adalah Pulau Condong. Pulau ini masih alami dan belum banyak dijamah banyak pengunjung. Sangat cocok buat kamu yang ingin mencari ketenangan.

Bentuk pulau sangat unik dengan bentuk kerucut mirip kubah. Pulau ini hampir seluruhnya diselimuti oleh vegetasi pantai seperti pohon merbau, waru dan pohon ketapang.

Para pengunjung Pulau Condong banyak dari kalangan pecinta alam yang ingin melakukan pendakian atau rock climbing. Lautnya juga cocok untuk berlatih renang dan diving.