Wednesday, May 23, 2018

author photo
Siapa yang tidak tahu Semarang? Pusat kota Jawa Tengah ini sudah terkenal dari zaman Belanda sebagai kota perdagangan dan pelabuhan. Selain maju dalam Ekonomi, Semarang juga punya destinasi wisata yang tak kalah dengan daerah lain.

Semarang yang menjadi titik pertukaran budaya beragam etnis, akhirnya mewariskan sejumlah destinasi wisata yang menarik. Belum lagi wisata alam dan taman hiburan yang ada diseputaran Semarang, jadi sangat sayang kalau kamu tak menyempatkan diri untuk berkunjung ke daerah yang satu ini. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Semarang yang bisa jadi prioritas saat berlibur ke sana.

Lawang Sewu
Lawang Sewu
Lawang Sewu via pegipegi.com
Boleh dibilang Lawang Sewu adalah ikon wisata yang amat melekat dengan Kota Semarang. Destinasi wisata yang enggak bakal dilewatkan para wisatawan. Unik ornamen bangunannya, tinggi nilai historisnya, apalagi letaknya di tengah kota hingga bisa diakses dengan mudah.

Lawang Sewu yang berarti pintu seribu adalah perkantoran milik pemerintahan Belanda yang dibangun pada tahun 1903. Ya, Kota Semarang memang menjadi jantung pemerintahan Belanda di Jawa, karena letaknya yang strategis. Maka wajar jika banyak bangunan peninggalan Belanda di kota lumpia ini.

Pantai Marina
Pantai Marina
Pantai Marina via plukme.com
Sebagai kota pelabuhan yang berada di pantai utara Jawa, Semarang juga memiliki pantai yang dijadikan sebagai tempat pariwisata. Yang paling popular adalah Pantai Marina yang berada di Jalan Yos Sudarso, bersebelahan dengan Puri Mareokoco.

Pantai ini menjadi tempat rekreasi keluarga favorit bagi warga Semarang dan sekitarnya. Kamu bisa datang setiap saat karena Marina dibuka untuk pengunjung 24 jam. Walau pantainya tidak terlalu luas, tapi udaranya cukup segar untuk berolahraga pagi atau menikmati tenggelamnya matahari.

Menurut penuturan warga, Pantai Marina adalah pantai buatan hasil proyek reklamasi Pemerintah Belanda. Dulunya daerah sekitar Marina hanya diselimuti hutan bakau dan tambak saja. Kini pemerintah Semarang juga melaksanakan reklamasi tambahan dan menata Pantai Marina jadi lebih menarik lagi.

Masjid Agung Semarang
Masjid Agung Semarang
Masjid Agung Semarang via satujam.com
Saat masuk ke dalam masjid ini, kamu akan melihat kemegahan Masjid Agung Semarang. Perpaduan antara arsitektur klasik Jawa dengan ornamen modern. Masjid ini salah satu masjid yang tertua di Jawa Tengah, sehingga punya nilai histori yang tinggi walau bangunannya sudah banyak mengalami perubahan.

Tertulis di dalam gerbang Masjid dalam bahasa Belanda, bahwa Masjid Agung Semarang didirikan pada tahun 1750. Dalam pembangunan terbarunya, Masjid ini semakin unik dengan dibuatnya payung raksasa di pelataran Masjid.

Di area Masjid Agung juga terdapat museum yang menyimpan sejumlah koleksi peninggalan Islam, seperti benda-benda milik pemimpin Islam di Jawa, pakaian para wali dan ulama, dan yang paling menarik adalah mushaf Al Qur’an kuno yang berukuran besar.

Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong
vlenteng Sam Poo Kong via betulcerita.blogspot.co.id
Menurut penuturan klenteng ini sudah berdiri dari tahun 1724, yang dibangun oleh masyarakat Tionghoa. Klenteng ini juga dibangun untuk menghormati jasa Laksamana Zheng He atau yang umat muslim kenal dengan nama Cheng Ho.

Keberadaan masyarakat Tionghoa di Semarang memang sudah ada sejak berabad-abad lalu, efek dari masifnya perdagangan di sana. Klenteng Sam Poo Kong sekarang lebih cantik semenjak rehab besar-besaran pada tahun 2002. Walau labelnya adalah klenteng, tapi lokasi ini lebih dianggap sebagai tempat wisata ketimbang tempat ibadah.

Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang via 
Kalau kamu ingin merasakan Kota Semarang seperti di zaman pendudukan Belanda abad 19, datang saja ke Kota Lama. Kawasan ini memang sengaja dibiarkan dan dikemas dalam suasana bangunan lampau.

Kita akan disuguhi kemegahan arsitektur dan ornamen klasik Eropa. Ada kanal-kanal kecil di pinggir jalan. Ada juga gereja Blenduk yang cukup bersejarah bagi warga Semarang.

Pagoda Watugong
Pagoda Watugong
Pagoda Watugong via phinemo.com
Masih inget dengan permen Pagoda Pastiles? Bangunan aslinya ternyata ada lho di Kota Semarang. Buktikan aja langsung dengan berkunjung ke Pagoda Watugong ini. Pagoda ini adalah pagoda tertinggi di Indonesia dengan 7 lantainya yang mencapai ketinggian 45 meter.

Pagoda yang diresmikan pada tahun oleh YM Narada ini tak hanya menjadi tempat ibadah saja, tapi banyak wisatawan yang datang untuk melihat kecantikan dan keindahan bangunan ini.

Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo via ngobrolsemarang.blogspot.com
Bukan hanya bangunan warisan Belanda dan Tionghoa saja, di Semarang juga ada beberapa candi peninggalan Umat Hindu. Paling terkenal adalah yakni Candi Gedong Songo. Lokasinya ada di Ungaran Kabupaten Semarang, cukup mudah diakses dari kota. Sesuai namanya, ada 9 candi yang tersebar di kompleks Gedong Songo.

Ke Gedong Songo paling cocok buat kamu yang ingin berwisata sejarah sekaligus menikmati pemandangan alam yang masih asri. Kita juga bisa mandi air panas dan hiking di seputar candi.

Air Terjun Kali Pancur
Air Terjun Kali Pancur
Air Terjun Kali Pancur via ksmtour.com
Berbeda dengan Kotanya, Kabupaten Semarang lebih kaya akan wisata alam karena berada di daerah ketinggian. Salah satu yang terkenal adalan Air Terjun Kali Pancur. Saat berjalan menuruni anak tangga kamu akan melihat pemandangan yang eksotik.

Menikmati relief bebatuan dan tebing yang diiringi gemericik air yang terjun dari ketinggian 150 meter. Sayangnya akses kendaraan umum agak sulit menuju ke lokasi. Jadi buat kamu yang ingin ke sana, siap-siap aja memacu kendaraan sendiri.

Taman Lele
Taman Lele
Taman Lele via semarangplus.com
Berkunjung ke Semarang bersama keluarga, jangan lupa untuk mampir ke Taman Lele. Anak-anak bisa berkunjung ke kebun binatang mini, bermain di taman permainan, atau sekedar bersantai di dekat danau buatan.

Taman seluas 2 hektar ini memang dibuat pemerintah Kota Semarang sebagai tempat rekreasi keluarga yang lengkap, atau sekedar tempat rehat bagi wisatawan luar. Maka itu disediakan juga tempat menginap yang memadai di lokasi ini.

Taman Rekreasi Wonderia
Taman Rekreasi Wonderia
Taman Rekreasi Wonderia via lastrisulas.blogspot.com
Alternatif rekreasi keluarga di Semarang yang lebih mengasyikan dalam permainan, tidak ada yang lain selain Taman Wonderia. Pastinya anak-anak bakalan suka bermain di banyak wahana permainan.

Ada wahana Merry Go Round, Kiddy Boat, Super Rally, Typhoon Coaster, Boom Boom Car, dan Space Gyro. Buat orang dewasa ada wahana buat nguji nyali, yaitu Rumah Hantu yang menyeramkan.

Curug Lawe dan Curug Benowo
Curug Lawe dan Curug Benowo
Curug Lawe dan Curug Benowo via berwisata.info
Selain air terjun Pancur, Curug Lawe dan Benowo menarik juga untuk dikunjungi. Bagusnya keduanya tidak terlalu jauh dan bisa dikunjungi dalam waktu bersamaan.

Suasana alam hijau dan pegunungan sangat kental terasa di sana. Trek menuju curug cukup panjang dan berliku, jadi siapkan fisik yang prima sebelum ke sana. Namun rasa lelah perjalanan akan terobati dengan kesejukan udara dan view yang alami.

Next article Next Post
Previous article Previous Post