10 Tempat Wisata Menarik di Lembang Bandung Barat

Tempat wisata di Lembang menjadi salah satu magnet wisata di Indonesia selain Pulau Dewata Bali yang sangat terkenal itu. Lembang adalah nama sebuah kecamatan di Bandung Barat yang berada pada ketiggian 1.312 mdpl . Titik tertinggi dari kecamatan ini adalah Gunung Tangkuban Perahu yang berbeda dengan gunung-gunung lain. Meski hanya berstatus sebagai kecamatan dengan luas wilayah yang sangat terbatas, di Lembang kita akan menemukan puluhan tempat wisata menarik dengan sentuhan suasana pegunungan yang menyegarkan. Tidak hanya itu, jika Anda berkunjung ke tempat wisata di Lembang, Anda akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas penginapan yang super nyaman.

Lembang menjadi daerah favorit wisatawan di area sekitar Jakarta yang memang secara jarak cukup dekat. Lembang menjadi pilihan tempat wisata yang dikunjungi oleh para turis domestic pada akhir pekan. Anda akan banyak menemui kendaraan berplat B memenuhi rute menuju Lembang dari kota Jakarta saat liburan pekan tiba. Mereka ingin melepas penat sejenak di kota ini dengan mengunjungi beberapa tempat wisata di Lembang berikut ini.

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu via inovasee.com
Gunung Tangkuban Perahu adalah tempat wisata yang paling diminati di kota Lembang. Tempat wisata ini identik dengan mitos yang melekat padanya dan banyak diceritakan dalam buku referensi sekolah. Gunung Tangkuban Perahu secara tampilan mirip dengan perahu terbalik. Berlokasi 20 km di sebelah utara Bandung dengan ketinggian mencapai 2.000 mdpl. Sudah bisa dibayangkan bukan betapa dinginnya lokasi ini? Untuk itu, persiapkan kostum yang tepat seperti jaket, syal, boot, dan juga gloves agar Anda merasa lebih nyaman saat berada disini.

De Ranch
De Ranch
De Ranch via ngetrip.net
Masih ingat film cowboy Amerika dengan kuda dan kostum uniknya? Film tersebut banyak diproduksi di Amerika dengan setting tempat yang panas dan sedikit tandus. Di Lembang, suasana yang mirip dengan gambaran tersebut bisa Anda temukan di De Ranch. Tempat wisata ini adalah tempat wisata buatan yang di setting kental dengan suasana ala cowboy Amerika. Disini, Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain berbagai wahana. Selain itu, jika Anda tertarik dengan aksi menunggang kuda, Anda bisa  mencoba olahraga ekstrim tersebut disini baik di dalam maupun di luar kawasan  De Ranch. Kawasannya yang luas membuat Anda lebih leluasa mengeksplore bakat berkuda Anda.

Maribaya
Maribaya
Maribaya via ulinulin.com
Kombinasi air terjun yang memercik dari ketinggian, air panas yang kaya sulfur yang menyehatkan, serta taman penuh bunga yang indah bisa Anda saksikan hanya di Maribaya. Di akhir pekan, tempat wisata yang berjarak 22 KM dari Bandung ini akan dipadati pengunjung khususnya untuk pemandian air panasnya. Para pengunjung ingin merasakan sensasi berendam air panas yang menyehatkan. Menariknya lagi, jika Anda sekelurga memiliki hobby tracking, Anda bisa mencobanya disini.

Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha via pergidulu.com
Tempat wisata yang kental dengan unsur ilmiah dan pengetahuan juga ada di kota Lembang, namanya adalah Observatorum Bosscha. Tempat wisata ini adalah satu-satunya tempat wisata unik di Indonesia. Disini para pengunjung bisa menggunakan teropong bintang yang ada di Bosscha untuk menyaksikan secara langsung kerlap-kerlip bintang di kejauhan. Lakukan konfirmasi terlebih dahulu jika akan mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Pada akhir pekan, Observatorium Bosscha akan ramai pelajar dan juga mahasiswa baik yang ingin memenuhi tugas sekolahnya atau yang “kepo” ingin melihat bintang dengan teropong tersebut.

Sapu Lidi
Sapu Lidi
Sapu Lidi via wisatadankulinernusantara.com
Tempat wisata yang satu ini cukup unik, namanya Sapu Lidi. Biasanya sapu lidi akan digunakan oleh penduduk pedesaan dengan bahan terbuat dari tulang daun kelapa yang panjang lalu diikat dengan rafia. Nama Sapu Lidi disini digunakan untuk merepresentasikan kesan tempat wisata ini yang cenderung “ndeso” dan banyak dicari oleh mereka yang ingin merasakan sentuhan pedesaan di setiap sudutnya. Sentuhan pedesaan itu berupa suasana yang asri, tenang, dengan sawah di sekelilingnya. Disini pula Anda berkesempatan mengarungi danau dan juga mencicipi tempat wisata kuliner khas pedesaan. Jika Anda ingin bermalam disini, Sapu Lidi menyediakan tempat penginapan dengan suasana yang nyaman dan fasilitas yang lengkap.

Air Panas Ciater
Air Panas Ciater
Air Panas Ciater via awalinfo.blogspot.com
Lokasi tempat wisata Air Panas Ciater adalah di Subang, dekat dengan Lembang. Kelebihan dari tempat wisata ini adalah adanya pemandian air panas yang ramai dikunjungi oleh para pengunjung di akhir pekan. Air panas Ciater sangat istimewa dibandingkan sumber air panas lain. Sumber airnya berasal dari kawah gunung Tangkuban Perahu yang kaya akan berbagai macam mineral yang menyehatkan. Pemandian tersebut dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga membuat tampilan Anda lebih cantik dan tampan. Jika ingin mendapatkan kedua manfaat tersebut sekaligus, Anda bisa meluangkan waktu bertandang ke Air Panas Ciater di akhir pekan.

Kampung Daun
Kampung Daun
Kampung Daun via blog.eriknerum.com
Muda-mudi yang menginginkan suasana asri dan romantic, bisa mengunjungi Kampung Daun di Lembang, Bandung Barat. Ini adalah lokasi yang khas tampilan pedesaan Sunda dengan sentuhan air terjun alami yang menyegarkan. Di malam hari, Kampung Daun berasa sangat romantic karena kerlip lampu dan juga desain bangunan pedesaan yang dimilikinya. Untuk mendapatkan menu makanan yang lezat, Kampung Daun menyajikan makanan khas Indonesia dan juga menu barat kontemporer dengan berbagai rasa. Menu kuliner inilah yang menjadi magnet tersendiri bagi Kampung Daun.

Floating Market
Floating Market
Floating Market via sheratonbandung.com
Hampir mirip dengan pasar tradisional yang ada di Kalimantan, di Lembang Anda akan menemukan pasar dengan penjual di atas perahu. Uniknya, yang dijual bukanlah bumbu dapur atau baju, melainkan makanan khas Bandung yang bisa juga Anda jadikan oleh-oleh.

Kampung Gajah
Kampung Gajah
Kampung Gajah via visitwisatabahari.blogspot.com
Kampung Gajah tepatnya berlokasi di sebelah utara kota Bandung. Ini adalah tempat wisata  terpadu yang justru Anda tidak akan menemukan gajah sama sekali di dalamnya. Disini ada lebih dari 30 wahana permainan yang bisa Anda coba dengan luas mencapai 60 hektar. Jika Anda ingin bermain water boom dan juga ingin menikmati kuliner khas Bandung di restoran yang super nyaman, Kampung Gajah akan menjadi pilihan yang paling tepat.

Jendela Alam
Jendela Alam
Jendela Alam via pergidulu.com
Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Sersan Bajuri. Ini adalah tempat wisata yang paling cocok bagi Anda untuk mengenalkan hewan dan tumbuhan pada si kecil. Disini pihak Jendela Alam akan mengajarkan bagaimana cara merawat hewan, membuat kandang yang sesuai, cara memberi makan dan lain sebagainnya. Begitu juga dengan tumbuhan, pihak Jendela Alam akan mengajarkan cara menanam pohon yang baik, cara pemupukan yang benar, dan juga cara perawatan yang tepat.

Mengingat begitu banyaknya tempat wisata di Lembang yang bisa Anda kunjungi, Anda bisa menyeleksi tempat wisata mana yang akan Anda sekeluarga datangi pada liburan kali ini. Siapkan perlengkapan liburan yang Anda butuhkan dan juga booking fasilitas yang Anda perlukan jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan begitu, liburan akan menjadi sangat menyenangkan jika Anda berkunjung ke tempat wisata di Lembang.