PLARIUSMODIFIKASI101

8 Tempat Wisata Paling Populer di Pulau Bangka Babel

Friday, May 11, 2018
Sebetulnya di Provinsi  Bangka Belitung punya potensi yang sangat besar kalau serius dalam pengelolaannya. Kini pasca pemekaran daerah Babel dari Sumatera Selatan semenjak tahun 2000 lalu, potensi wisata itu terus digarap dengan baik oleh pemerintah daerah Babel.

Seperti namanya, Bangka Belitung terdiri dari Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Namun nama Belitung lebih melejit dalam pariwisata semenjak diangkat dalam film Laskar Pelangi. Padahal Pulau Bangka sendiri tak kalah bagus tempat wisatanya dibanding Belitung. Berikut ini adalah lokasi wisata paling favorit di Pulau Bangka itu.

Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri via sengpaku.blogspot.com
Banyak yang bilang, belum dianggap wisata ke Bangka kalau belum menginjakkan kaki di Pantai Parai Tenggiri. Itu karena saking bagus dan terkenalnya pantai ini di Bangka. Pantai Parai Tenggiri berlokasi di Desa Sinar Batu, Kota Sungailiat.

Dengan pantai yang landai dan bersih, ombak yang tenang, dan bebatuan granit yang eksotik, buat pantai ini punya panorama yang menarik. Apalagi kalau mau menunggu sampai matahari terbenam, pasti bakal memanjakan mata kita. Spot berfoto paling favorit adalah latar belakang bebatuan.

Selain melihat pemandangan, kamu juga bisa berenang, bermain banana boat, dan juga parasailing. Kami sarankan untuk datang di pagi atau sore hari, karena di siang hari matahari cukup menyengat.

Pantai Matras
Pantai Matras
Pantai Matras via melancongtrus.wordpress.com
Kota Sungailiat memang paling top soal pantainya, setelah Parai Tenggiri, Pantai Matras adalah salah satu yang terbaik. Jaraknya tidak jauh dari Parai Tenggiri, keindahannya pun tak jauh berbeda.

Pantai Matras punya kontur yang landai, hamparan pasir putih, dan laut biru yang indah. Yang paling menarik dan jadi pembeda, di sana terdapat air tawar yang berasal dari aliran sungai alami. Kamu cukup menyewa bungalow sederhana dan bersantai nyaman di sana.

Pantai Pasir Padi
Pantai Pasir Padi
Pantai Pasir Padi via pinterst.com
Kalau ini adalah pantainya perkotaan. Berlokasi di Bukit Intan, Pangkal Pinang, kamu dengan cepat bisa datang ke sana karena jaraknya hanya 10 km dari pusat kota dan bandar udara.

Pantainya unik karena punya pasir yang menyerupai bulir-bulir padi, itu sebabnya dinamai Pasir Padi. Karena berada di perkotaan, tentu saja fasilitas di Pantai Pasir Padi sangat lengkap dan banyak pilihan.

Danau Kaolin
Danau Kaolin
Danau Kaolin via twitter.com
Ini adalah destinasi wisata yang sedang ngehits di banyak media sosial. Itu karena banyak pengunjung yang berfoto di sana, dan pemandangannya terlihat seperti danau es di Islandia.

Padahal sebetulnya tidak ada es di Danau Kaolin. Danau dan kawah yang ada di sana terbentuk dari sisa pertambangan timah di masa lalu. Uniknya pinggiran danau sangat putih seperti salju, dan air yang menggenang di tengah benar-benar biru jernih, betul-betul indah.

Tidak seperti kawah putih Cideway yang berbau belerang, Danau Kaolin tidak berbau, sehingga kamu akan betah berlama-lama di sana. Danau ini berada di Desa Air Bara, perbatasan Bangka Selatan dan Bangka Tengah

Pantai Tikus
Pantai Tikus
Pantai Tikus via youtube.com
Jangan geli dulu dengan namanya ya. Dinamakan pantai tikus karena di sana banyak terdapat jalan setapak atau yang akrab dengan sebutan jalan tikus. Jalan tikus itu dulunya dibuat oleh para pencari timah ilegal.

Pantainya relatif masih asri dan alami, karena belum banyak dirusak manusia. Keindahan panorama pantai berasal dari bukit terjal dengan bebatuan granit, lalu berharmoni dengan laut biru yang indah.

Yang istimewa di dekat Pantai TIkus terdapat Vihara indah dan megah yang masih digunakan ibadah umat Budha, masyarakat setempat sering menamainnya dengan kuil shaolin. Kamu bisa datang ke Pantai Tikus di Desa Rebo, Kelurahan Kenanga, Sungailiat.

Pulau Ketawai
Pulau Ketawai
Pulau Ketawai via babarentcar.com
Pulau kecil di Bangka yang sering disebut Surganya Bangka Tengah. Sebutan itu tak berlebihan mengingat keindahan dan keasrian pulau ini. Kamu akan menemukan pantai yang berpasir putih jernih dan laut biru yang tenang. Pulau Ketawai juga dikenal punya terumbu karang yang menawan.

Lokasinya berada di Desa Kurau Kabupaten Bangka Tengah. Kamu bisa mengakses Pulau Ketawai dari Pangkalpinang sekitar 1 jam saja. Untuk menyebrang kamu bisa menyewa perahun nelayan dengan mudah.

Pantai Tanjung Pesona
Pantai Tanjung Pesona
Pantai Tanjung Pesona via papinkavacation.wordpress.com
Seperti namanya, pantai ini punya pesona keindahan yang menjadi magnet bagi wisatawan. Ada pantai yang landai, ada juga tebing-tebing bukit batu, membuat kita tidak bosan untuk menyusuri pantai.

Berada di Desa Rambak, Kota Sungailiat, Pantai Tanjung Pesona bisa dengan mudah kamu kunjungi dengan 45 menit saja dari Pangkalpinang. Pantai ini juga menyediak sejumlah permainan air seperti banana boat, jetski, permainan kano, dll.

Hutan Pelawan
Hutan Pelawan
Hutan Pelawan via mongabay.co.id
Tidak hanya memiliki pantai indah yang banyak, di Pulau Bangka juga terdapat hutan yang cukup lebat dan sangat sejuk, namanya Taman Hayati Hutan Pelawan. Sesuai dengan namanya, di hutan ini banyak tumbuh pohon pelawan dan jamur pelawan.

Yang harus kamu tahu harga jamur ini dipasaran sangat mahal lho, sampai 2 juta perkilonya. Soalnya jamur itu hanya bisa tumbuh saat ada petir menyambar, itu yang dipercaya masyarakat sekitar. Selain jamur pelawan, ada juga madu pahit yang bisa kamu dapatkan di sana.