Sunday, May 20, 2018

author photo
Tempat wisata di Lombok memang cukup banyak, ada wisata pantai, wisata alam, wisata budaya, dll. Yang menarik dari pulau ini, sekaligus menjadikan pulau ini sebagai salah satu destinasi wisata favorit selain Bali adalah, tempat-temapt wisatanya yang masih rapi, alami, dan pastinya asri. Ini juga yang membuat para wistawan merasa betah dan ingin kembali mengunjungi pulau yang satu ini.

Salah satu aset wisata di pulau Lombok ini adalah wisata pantai. Ada banyak sekali pantai yang dapat Anda kunjungi di kawasan ini. Berikut ini adalah beberapa pantai yang dapat Anda kunjungi ketika berada di Lombok :

Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok via guiedelombok.com
Jika mendengar nama pantai Kuta, maka ingatan Anda akan langsung menuju pulau Bali. Namun jangan salah, ternyata pulau Lombok juga mempunyai pantai yang bernama pantai Kuta. Disebut dengan pantai Kuta, karena pantai ini, berada di sebuah desa yang bernama sama, yaitu Desa Kuta. Lokasinya memang tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Jika Anda berangkat dari Senggigi, jarak tempuhnya sekitar 1,5 jam perjalanan.

Disini Anda akan menikmati, keindahan pantai yang masih asri, debur ombak yang bersaut-sautan, pastinya sangat indah untuk dipandang. Karena deburan ombaknya yang menarik inilah yang membuat para surver mengunjungi pantai ini untuk melakukan surving, Tidak hanya itu, pasir pantai di kawasan ini cukup unik, ukurannya seperti butiran merica, itu juga yang membuat penduduk menyebut pantai ini sebagai pantai merica.

Desert point / Bangko-Bangko Lombok
Desert point / Bangko-Bangko Lombok
Desert point / Bangko-Bangko Lombok via myguidelombokandgilis..com
Bagi Anda pecinta Surving, tentu tidak boleh melewatkan destinasi yang satu ini. Namanya adalah Desert point, atau masyarakat lokal menyebutnya dengan Bangko-Bangko. Destinasi wisata yang satu ini, dinobatkan oleh Internasional Surving Association, sebagai salah satu dari 10 tempat surving yang mempunyai obak terganas.

Tentunya menaklukan ombak di tempat ini, akan menjadi tantangan tersendiri untuk Anda. Untuk mencapai lokasi tidak terlalu sulit. Jika Anda berada di pelabuhan Lembar Lombok, Anda dapat menggunakan travel sewaan atau mobil rental, ke arah barat daya pesisir Lombok. Lama perjalanan dari pelabuhan hingga ke Bangko-Bangko ini sekitar 2 jam. Di tempat ini telah tersedia aneka penginapan sederhana dan bebrapa fasilitas lainnya yang cukup nyaman untuk para peselancar beristirahat.

Pantai Senggigi Lombok
Pantai Senggigi Lombok
Pantai Senggigi Lombok via fotowisata.com
Jika Anda mengunjungi Lombok, tentu kurang puas, jika tidak mengunjungi pantai Senggigi, ini menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang wajib untuk Anda kunjungi. Di tempat ini, Anda akan menikmati gradasi warna pasir pantai yang jelas dan menarik, dari pasir pantai yang berwarna hitam, hingga ke pasir pantai yang berwarna putih. Deburan ombaknya bersih, jernih, dan juga tidak terlalu besar, tentunya pas jika melakukan jalan-jalan di sepanjang garis pantai. Banyak sekali wistawan asing yang mengunjungi  pantai ini, dan untuk Anda yang menyukai wisata alam bawah laut, tidak ada salahnya untuk melakukan snorkling di tempat ini.

Gili Trawangan Lombok
Gili Trawangan Lombok
Gili Trawangan Lombok via guidelombok.com
Anda tentu tidak asing mendengar nama tempat wisata di Lombok yang satu ini. Gili Trawangan, adalah salah satu nama pulau yang ada di Lombok. Ada 3 pulau yang cukup terkenal, dengan nama depan Gili, yaitu Gili Air, Gili Meno dan terakhir adalah Gili Trawangan. Ke-3 tempat ini lokasinya cukup berdekatan, dan masing-masing mempunyai destinasi wista yang sangat menarik, namun yang paling disukai oleh para wisatawan adalah Gili Trawangan.

Yang unik dari Gili Trawangan adalah tidak adanya kendaraan bermobil, terutama di dalam kota. Yang ada hanya kendaraan ramah lingkungan, seperti becak, andong / dokar, dll. Fasilitas wisata di kawasan Gili Trawangan ini cukup komplit, seperti aneka restoran, aneka Hotel, resort, cafe, diskotik, dan juga fasilitas lainnya. Kegiatan wisata yang dapat Anda lakukan di tempat ini, antara lain adalah snorkling, diving, jalan-jalan di pesisir pantai, dll.

Pantai Tanjung Aan Lombok
Pantai Tanjung Aan Lombok
Pantai Tanjung Aan Lombok via villasforrentguide.com
Lokasi pantai Tanjung Aan ini tidak jauh dari pantai Kuta Lombok, jaraknya hanya sekitar 3 km. Ini adalah salah satu destinasi wisata pantai lain, yang ada di pulau Lombok. Keindahan alam yang ada di kawasan ini tidak kalah menarik dengan wista pantai yang ada di sekitaran Lombok. Yang unik dari kawasan ini adalah garis pantainya cukup pendek, dan pantai Aan ini langsung menghadap ke samudra Hindia. Ini juga yang menyebabkan butiran pasir putih yang ada di kawasan ini terbagi menjadi 2 macam, ada yang besarnya sekuran merica, ada juga yang halus. Kedua ukuran pasir ini, dipisahkan dengan sebuah batu karang yang ukurannya cukup besar.

Untuk mencapai lokasi pantai ini, juga tidak terlalu sulit, Jika Anda berada di kota Mataran. Arahkan kendaran Anda menuju pantai Kuta, lama perjalanan yang harus Anda tempuh sekitar 1,5 jam. Adapun kegiatan yang dapat dilakukan di tempat ini adalah snorkling, dan juga berselancar.

Pantai Tanjung Bloam Lombok
Pantai Tanjung Bloam Lombok
Pantai Tanjung Bloam Lombok via guidelombok.com
Nama tanjung Bloam Lombok ini memang belum begitu terkenal, hal ini disebabkan, karena akses menuju lokasi pantai yang belum terawat. Jika Anda ingin menuju lokasi tersebut, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam. Namun semua rasa lelah Anda akan terbayar, ketika melihat keindahan alam dan pantai yang ada di tanjung Bloam ini.

Pantai Selong Belanak Lombok
Pantai Selong Belanak Lombok
Pantai Selong Belanak Lombok via beritadaerah.co.id
Bagi sebagian orang, nama pantai ini cukup menarik dan unik, pantai Selong Belanak. Lokasi pantai ini berada di sebuah desa yang sama dengan nama pantai yatu, desa Selong Belanak, di Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. Bentuk garis pantai ini cukup unik jika dilihat dari kejauhan, seperti bulan sabit. Objek wisata yang satu ini memang belum banyak dikunjungi wisatawan. Pantainya bersih, asri, dengan pemandangan alam yang sangat menarik. Di tempat ini, Anda juga dapat menyaksikan matahari terbenam. Jika merasa lapar, cicipi saja aneka hidangan kuliner laut yang ada di beberapa rumah makan sepanjang pantai.

Pantai Pink Lombok
Pantai Pink Lombok
Pantai Pink Lombok via ekalomboktour.com
Salah satu pantai unik yang ada di Lombok adalah Pantai Pink. Nama Pantai ini sebenarnya pantai Tangsi, disebut dengan pantai Pink, karena pasir pantai yang ada di kawasan ini terlihat seperti pink atau merah muda. Warna merah muda atau pink, ini karena hasil perpaduan serpihan terumbu karang yang warnanya kemerahan.

Lokasi pantai ini berada di desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Di tempat ini, Anda akan menikmati keindahan alam yang indah, gradasi warna ombak yang berwarna putih, warna laut yang biru cerah dan biru gelap, ditambah adanya bukit yang bentuknya unik, membuat pemandangan di kawasan ini semakin menarik. Ombak di kawasan ini relatif tenang, sehingga Anda dapat membawa anak-anak untuk bermain di pinggir pantai.

Pantai Sire Medana Lombok
Pantai Sire Medana Lombok
Pantai Sire Medana Lombok via wisatalombokaja.blogspot.com
Pantai yang satu ini berada di Lombok Utara, jaraknya sekitar 35 km dari Kota Mataram. Keindahan alam di lokasi ini memang tidak boleh Anda sangsikan. Jika cuaca sedang cerah, Anda dapat menyaksikan gunung Rinjani yang menjulang tinggi. Garis pantainya sekitar 4 km, di tempat wisata di Lombok ini Anda dapat melakukan berbagai aktifitas, seperti berenang, snorkling, berkano, bahkan kegiatan memacing.

Next article Next Post
Previous article Previous Post