PLARIUSMODIFIKASI101

Daftar Tempat Wisata Terbaik di Ambon Maluku Harus Dikunjungi

Sunday, May 27, 2018
Sebutan Ambon Manise sangat lekat dengan kota Ambon yang memiliki kota yang cantik dan banyak destinasi wisata yang begitu indah. Meskipun wisata Ambon belum begitu populer, namun keindahan alamnya tidak diragukan lagi. Selain wisata alam, ada beberapa peninggalan sejarah pula yang bisa dinimakti di kota Ambon. Tak heran bila wisata Ambon banyak menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Nah, penasaran apa saja kira-kira obyek wisata terbaik di kota Ambon ini? Langsung saja yuk, simak berikut ini: Daftar Obyek wisata terbaik di Ambon Maluku

Pulau Pombo
Pulau Pombo
Pulau Pombo via lihat.co.id
Pulau Pombo atau biasa disebut Nusa Pombo merupakan pulau indah yang masih sangat asri dan alami dan belum banyak mendapat sentuhan tangan manusia. Luas pulau ini kira-kira 4 kilometer persegi dengan lautnya yang masih sangat jernih dan tentu saja ga ada sampah ya. Selain itu, keadaan bawah air seperti biota laut dan terumbu karang masih terjaga dengan indah. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pulau ini, misalnya berenang, diving, snorkling, atau sekedar berjalan keliling pulau. 

Nusa Pombo berada di Kecamatan Salahhutu Maluku Tengah, kira-kira 20 menit dari kota Ambon. Untuk dapat sampai ke nusa pombo, Anda bisa menggunakan speed boat dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam dari pelabuhan Ambon, tarif sewanya sekitar 500 ribu. 

Karena tidak ada yang tinggal di Nusa pombo alias tidak berpenghuni, maka Anda tidak akan menemukan penjual makanan atau minumun. Jadi, pastikan anda bawa bekal sendiri ya, dan jangan lupa, tetap buang sampah pada tempatnya, agar keindahan pulau ini tetap terjaga . 

Pantai Natsepa
Pantai Natsepa
Pantai Natsepa via indonesiakaya.com
Maluku terkenal dengan daya tarik wisata pantai yang indah. Dan pantai Natsepa salah satunya. Pantai ini terletak di wilayah Suli, Maluku Tengah. Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menitan menggunakan kendaraan bermotor dari kota Ambon. 

Air laut yang jernih dan hamparan pasir putih terbentang luas, ditambah dengan pepohonan yang menambah sejuk pantai satu ini. Terdapat pula toko-toko yang menjual kudapan khas kota Ambon, selain berwisata alam, Anda juga bisa berwisata kuliner. 

Anda dapat menyewa perahu untuk berkeliling menyaksikan keindahan pantai Natsepa atau hanya berenang di sekitar bibir pantai saja. Tidak afdol jika tidak mencicipi kudapan yang satu ini, yap, rujak buah segar khas racikan pantai Natsepa. 

Pantai Namasua
Pantai Namasua
Pantai Namasua via ngetrip.net
Pantai Namasua ini cocok bagi Anda yang ingin bersantai dengan suasana yang sepi dan nyaman seperti pantai privat Anda sendiri. Anda akan dimanjakan dengan air yang biru jernih dan hamparan pasir putih yang menawan. Dengan suasana yang tenang Anda dapat melepas penat dari rutinitas sehari-hari. 

Aktivitas yang dapat Anda lakukan di pantai ini adalah snorkling untuk melihat keindahan biota bawah laut yang menawan. Pantai ini terletak di desa Naku, sekitar 30 menit dari kota Ambon melalui jalur Leitimur. 

Pantai Namalatu
Pantai Namalatu
Pantai Namalatu via phinemo.com
Daya tarik dari pantai Namalatu adalah gugusan karang alami yang indah. Latu sendiri memiliki arti raja, oleh masayarakat setempat, keindahan pantai ini dianggap sebagai rajanya pantai di Ambon. Anda dapat melihat langsung pemandanagan laut Banda, laut terdalam di Indonesia. 

Pantai ini terletak di negeri Latulahat dengan jarak sekitar 15 kilo meter atau 30 menit perjalanan dari kota Ambon. Memang belum banyak informasi yang mengulas pantai satu ini, sehingga kalah populer dengan [pantai-pantai lain di Ambon. Tapi jangan salah, keindahan pantai Namalatu tiada duanya. 

Pantai ini dikelola baik oleh masyarakat setempat, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika lapar atau haus. Deretan tempat makan dan istirahat sudah tersedia di sana. Bahkan jika Anda berniat untuk bermalam di sana juga bisa, warga telah menyediakan rumah penginapan yang bisa Anda sewa. 

Benteng Ferangi
Benteng Ferangi
Benteng Ferangi via hello-pet.com
Benteng Ferangi adalahm benteng yang didirikan pada masa penjajahan bangsa Portugis di tahun 1575. Sebutan lain benteng ini adalah benteng Kota Laha atau benteng Victoria. Fungsi benteng ini pada zaman dahulu adalah sebagai pusat pemerintahan dan lumbung untuk menyimpan rempah-rempah yang berasal dari Indonesia bagian Timur. 

Benteng bersejarah ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Terdapat beberapa meriam dengan ukuran besar di pintu masuk benteng. Di dalam benteng terdapat benda-benda peninggalan Portugis dan Belanda. Benteng ini menjadi saksi sejarah perkembangan kota Ambon lepas dari jajahan bangsa barat.

Lokasi benteng Ferangi sangat dekat dengan pusat kota Ambon, yaitu sekitar 300 meter Anda bisa langsung mengunjungi wisata bersejarah ini. Jangan khawatir, tiket masuknya gratis kok. Jadi siapa saja dapat masuk ke benteng ini ketika berkunjung ke kota Ambon. 

Museum Siwalima
Museum Siwalima
Museum Siwalima via ksmtour.com
Koleksi benda-benda yang memiliki nilai sejarah dan nilai seni budaya di kota Ambon disimpan di Museum Siwalima. Bangunan museum ini terdiri dari dua bagian, yaitu bangunan museum etnografi dan bangunan museum kelautan. 

Bangunan pertama berisikan koleksi etnografi. Anda dapat berkeliling dan melihat-lihat berbagai macam benda seni budaya peninggalan suku asli Maluku, seperti peralatan rumah tangga, miniatur rumah adat, pakaian tradisional, dan keramik atau guci peninggalan bangsa Jepang di Maluku.

Bangunan museum kedua yang jaraknya hanya 500 meter, berisikan benda-benda koleksi kelautan. Tidak hanya terdapat benda-benda peninggalan berupa peralatan kelautan masyarakat Maluku zaman dahulu, tapi juga ada tiga kerangka ikan laut raksasa. Ukuran kerangka ini sangat besar yaitu 7, 17, dan 19 meter. 

Museum Siwalima berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota Ambon. Anda dapat mengunjungi museum ini setiap hari Senin hingga jumat pukul 09.00-16.00. untuk hari Sabtu dan minggu buka pukul 10 pagi dan tutup pukul 4 sore. Anda hanya membutuhkan 3 ribu rupiah saja untuk dapat masuk dan melihat-lihat koleksi museum ini. 

Masjid Wapauwe
Masjid Wapauwe
Masjid Wapauwe via sportourism.id
Masjid Wapauwe merupakan masjid yang paling unik di Maluku, bahkan bisa jadi terunik di seluruh Indonesia. Pasalnya, tidak terdapat satu pun paku pada bangunan masjid ini. Bengunan masjid ini sebagian besar terbuat dari pelepah sagu. Masjid ini juga masih menyimpan Al-Quran tulisan tangan dan timbangan kuno yang digunakan untuk menimbang beras zakat.

Masjid ini dibangun pada tahun 1414 Masehi yang sampai sekarang masih kokoh berdiri. Masjin ini menjadi bukti sejarah masuknya dan berkembangnya agama Islam di Maluku. Awalnya masjid ini terletak di lereng gunung Wawahene, tapi karena adanya gangguan dari Belanda, masjid ini berpindah ke desa Kaitetu. Menurut warga setempat, masjid ini tiba-tiba berpindah sendiri saat menjelang waktu subuh. 

Masjid Wapauwe dapat Anda jadikan sebagai destinasi wisata religi jika sedang berkunjung ke Ambon, Maluku. 

Air Panas Hatuasa
Air Panas Hatuasa
Air Panas Hatuasa via lihat.co.id
Pemandian air panas Hatuasa di negeri Tulehu berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Ambon, tepatnya berada di desa Tulehu, kecamatan Salahutu, kabupaten Maluku Tengah, Ambon. Lokasi air panas ini berada di kawasan perbukitan. Objek wisata ini sangat pas buat Anda yang ingin menyegarkan tubuh kembali. 

Terdapat pilihan dua buah kolam dengan suhu air yang berbeda. Air panas di Hatuasa bersumber langsung dari perbukitan disekitarnya dengan suhu berkisar antara 57-70 derajat celcius. 

Ada berbagai manfaat yang didapat tubuh dengan berendam di air panas, seperti menghilangkan rasa lelah dan penat, membuat tubuh segar kembali dan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Selain itu, air panas Hatuasa dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit dan rematik.

Fasilitas yang disediakan di pemandian air panas Hatuasa antara lain seperti ruang ganti, gazebo untuk bersantai, dan ruang karaoke yang murah meriah, cukup dengan membayar 2500 rupiah untuk setiap lagunya. Pengunjung juga dapat memilih list lagu apa yang ingin mereka nyanyikan. 

Untuk tiket masuk pemandian, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10.000 rupiah untuk dewasa dan 5.000 rupiah untuk anak-anak. Tidak ada salahnya Anda menyempatkan diri untuk mampir ke tempat wisata pemandian air panas ini ketika berkunjung ke kota Ambon. Anda juga dapat menikmati suasana desa yang cantik di malam hari.

Ternyata banyak kan, tempat-tempat wisata yang kece parah di Ambon yang belum pernah Anda dengar sebelumnya dan belum pernah Anda kunjungi. Selamat berlibur.