PLARIUSMODIFIKASI101

Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Banda Aceh yang Tak Terlupakan

Wednesday, May 30, 2018
Banda Aceh merupakan kota yang terletak di ujung barat Indonesia. Nama lain kota ini adalah Serambi Mekah. Banyak sekali spot-spot wisata keren di kota ini, baik itu wisata alam, wisata budaya, wisata religi, wisata sejarah dan lainnya. Anda tidak perlu bingung untuk mencari referensi destinasi wisata terbaik di Banda Aceh, langsung saja simak rekomendasi kami dibawah ini:

1. Museum Tsunami Aceh
Museum Tsunami Aceh
Museum Tsunami Aceh via abulyatana.ac.id
Museum Tsunami Aceh dibangun sebagai wujud penghormatan bagi orang-rang yang meninggal dalam peristiwa tersebut. Pada tahun 2004, tsunami melanda Aceh dan meluluh lantakan semua bangunan rumah dan bangunan lain dan menelan banyak korban jiwa. Tsunami meninggalkan duka mendalam karena kehilangan anggota keluarganya. 

Diperkirakan ada 170 ribu orang meninggal dunia dan 500 ribu kehilangan tempat tinggalnya. Untuk itu dibangunlah museum Tsunami Aceh yang diresmikan pada tahun 2009 sebagai monumen bahwa pernah terjadi bencana yang sangat luar biasa. 

Di dalam museum terbagi menjadi beberapa ruangan seperti lorong tsunami, ruang kenangan, sumur doa, lorong cerobpng dan jembatan harapan. Museum ini beralamatkan di jalan Sultan Iskandar Muda No. 3, Sukaramai, Baiturrahman Banda Aceh. Anda dapat mengunjungi museum ini setiap hari pukul 09.00-12.00 WIB dan 14.00-16.30 WIB kecuali hari Jumat, tutup. Untuk masuknya gratis, tidak dipungut biaya. 

2. Pulau Rubiah
Pulau Rubiah
Pulau Rubiah via sportourism.id
Pulau Rubiah terletak di Sabang dekat dengan pulau Weh. Pulai Rubiah dikelilingi oleh laut yang indah dengan air yang jernih. Luas wilayahnya sekitar 2.600 hektar. Daya tarik pulau ini adalah pemandangan bawah laut yang masih alami dengan beragam biota laut yang menghiasi menambah indah dan asri pulau ini. Terdapat sekitar 15 biota laut yang dilindungi di perairan pulau Rubiah. 

Di pulau ini Anda dapat melakukan aktivitas diving dan snorkling. Anda akan disuguhi pemandangan aneka ragam ikan tropis dan warna-warni terumbu karang yang begitu menawan. Anda juga bisa berkeliling pulau menggunakan perahu sewaan. 

Pengunjung dapat memilih rute dari Banda Aceh menuju Sabang dengan  kapal ferry atau speedboat. Untuk kapal ferry tarifnya sebesar 30 ribu per orang dengan lama perjalanan sekitar 90 menit. Sedangkan akan lebih cepat dengan menggunakan speedboat, tapi tarifnya lebih mahal yaitu 50 ribu per orang dengan waktu tempuh 45 menit. 

3. Danau Laut Tawar
Danau Laut Tawar
Danau Laut Tawar via yopiefranz.com
Pernahkah Anda mendengar nama Wisata Danau laut Tawar? Danau ini terletak di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Luas danau ini sekitar 5.472 ha dengan panjang mencapai 3.219 km. 

Nama Danau Laut Tawar sendiri diberikan karena danau tersebut memiliki luas seperti laut dengan air yang tawar. Danau ini merupakan salah satu spot hunting foto yang digemari wisatawan. Kombinasi danau, perbukitan dan daratan menyajikan suguhan pemandangan indah nan asri. 

Akses menuju danau ini bisa melewati kota Bireun, terdapat terminal tempat angkutan elf yang khusus menuju daerah Takengon. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 5 jam dengan biaya 25 ribuan. Untuk masuk ke kawasan danau Laut Tawar adalah gratis. 

4. Air Terjun Kuta Malaka
Air Terjun Kuta Malaka
Air Terjun Kuta Malaka via youtube.com
Banyak wisata air terjun yang dapat Anda temui di Banda Aceh, salah satunya air terjun Kuta Malaka. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 600 mdpl dan juga memiliki tingkatan berbeda-beda sebanyak 17 tingkatan. 

Akses menuju lokasi ari terjun masih terbilang agak sulit dengan jalanan yang belum terjamah aspal. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi hijaunya bentangan persawahan dan di sisi kiri jalan terdapat gunung Seulawah Agam. Jalanan yang berkelok-kelok dan menanjak menjadi tantangan tersendiri bagi para traveler. Disarankan untuk mengendarai motor atau mobil dua gardan. Jarak yang ditempuh sekitar 45 km dari kota Banda Aceh. 

Untuk masuk ke wilayah air terjun, pengunjung harus melewati hutan sekitar 200 meter dan menaiki anak tangga berjumlah 412 buah. Perjalanan yang cukup panjang tersebut akan terbayar dengan keindahan air terjun Kuta Malaka. Suara gemercik air yang diiringi kicauan burung menambah adem suasana. Air terjun yang mengalir berasal langsun dari mata air pegunungan, sehingga air tampak jernih dan terasa dingin. 

Kawasan wisata ini masih terbilang minim fasilitas umum, jadi bekali diri Anda dengan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan selama di sana. Jangan lupa bawa snack sendiri dan air minum. Untuk harga tiket masuk, pengunjung hanya dikenai tarif sebesar 5000 rupiah. Sedangkan untuk parkir kendaraan, pengunjung dikenai tarif seikhlasnya saja. 

5. Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan
Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan
Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan via acehnews.net
Destinasi menarik selanjutnya adalah taman hutan raya pocut Meurah Intan. Nama taman hutan raya ini diambil dari nama pejuang wanita Aceh yang berasal dari bangsawan keturunan kesultanan Aceh yang berani berjuang melawan Belanda pada saat itu. 

Terdapat banyak daya tarik yang disuguhkan taman hutan raya ini, antara lain yaitu objek wisata air tejun panas, kawah belerang, tebing batu bersusun, lantai gunung berbatu, gunung gajah, batu monyet, dan bendungan peningglan bangsa Belanda. Wahh, banyak juga ya objek wisata yang bisa dikunjungi. 

Selain itu banyak tanaman yang dapat dijumpai di kawasan ini seperti pohon akasia dan padang alang-alang. Unutk jenis hewan yang bisa Anda jumpai adalah rusa, babi hutan, landak, kera ekor panjang, lutung, gajah, burung sri gunting dan kancil. 

Disediakan pula wahan outbond, flying fox, dan jembatan tanmbang. Terdapat pula rumah pohon di hutan pinus yang unik dan menarik. Di dalam hutan pinus terdapat beberapa gazebo yang dapat Anda gunakan untuk bersantai sembari menikmati pemandangan. Jika merasa lapar dan haus, Anda tinggal memesan menu di cafe yang telah disediakan.

Untuk dapat sampai ke taman hutan raya ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 70 km dari puasat kota Banda. Taman hutan ini terletak di antara kaki gunung seulawah agam dan seulawah inong. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa masuk taman hutan raya ini, namun perlu izin di pos penjagaan. 

6. Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman via id.wikipedia.org
Wisata religi yang wajib Anda datangi ketika berkunjung di Aceh adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masijid ini terletak di Kp. Baru, Baiturrahman, kota Banda Aceh dan merupakan ikon wisata di kota Aceh. Bangunan Masjid ini menjadi saksi bisu ketika dahsyatnya gelombang tsunami menyapu kota Aceh, namun Masjid ini tetap berdiri kokoh dan tidak ikut hancur seperti bangunan lainnya. 

Masjid ini menjadi simbol betapa besar kekuasaan Allah Yang Maha Esa. Bangunan pada Masjid ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bangunan utama dan kubah warna hitam. Bangunan utama  Masjid dikelilingi 7 menara yang berkubah hitam, di depan Masjid terdapat sebuah kolam besar dengan pancuran yang menambah megah Masjid ini. 

Masjid ini terletak di tengah-tengah kota Aceh, sehingga akses menuju Masjid juga akan mudah. 

7. Pantai Iboih
Pantai Iboih
Pantai Iboih via pedomawisata.com
Daya tarik pantai Iboih adalah airnya yang jernih berwarna hijau toska dan pasir pantainya yang berwarna putih halus. Pantai Iboih ini merupakan pelabuhan menuju pulau Rubiah, namun keindahannya tidak bisa diragukan. 

Gelombang air laut yang tenang dapat Anda manfaatkan untuk diving dan snorkling. Anda akan disuguhi pemandangan bawah laut yang menawan, keanekaragaman biota laut seperti ikan dan terumbu karang siap menemani Anda. Selain itu Anda juga memiliki kesempatan untuk melihat keindahan gunung berapi dibawah permukaan laut. 

Untuk dapat berkunjung ke pantai ini, dari pelabuhan Ulee Lheue Anda bisa menaiki kapal ferry menuju pelabuhan Balohan di sabang, di sana terdapat transportasi umum yang dapat Anda gunakan menuju pantai Iboih. Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti tempat menginap, tempat ibadah, dan fasilitas penunjang lain. 

8. Ujong Seukee
Ujong Seukee
Ujong Seukee via bobocantik.com
Tempat wisata satu ini memang paling hits sebagai lokasi foto. Ujung Seukee merupakan bukit karang yang terletak di barat pantai Momong, kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. 

Selain sebagai spot foto yang instragamable, tempat ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk memancing karena populasi ikan masih banyak. Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai Momong dari atas bukit ini. Pemandangan sunset sore hari juga tidak bisa terlewatkan. Pemandangan yang indah dan menawan dapat memberikan kenyamanan bagi Anda. 

Nah itulah dia beberapa spot-spot wisata terbaik di Banda Aceh. Gak bingung lagi kan pastinya sekarang jika ingin berlibur ke Banda Aceh. Selamat berlibur ya.