Tempat Wisata Terbaik di Banjar Jawa Barat Yang Harus Kamu Kunjungi

Banjar adalah salah satu kota di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Kota Banjar sendiri lebih terkenal dengan sebutan Banjar Patroman atau Banjar Pataruman. Kota ini menawarkan berbagai destinasi wisata yang eksotis dan indah. Nah, untuk anda yang sedang berkunjung kesana, dan bingung mencari tempat berlibur yang asyik, maka beberapa obyek wisata dibawah ini layak untuk dipertimbangkan. Rekomendasi Obyek Wisata Terfavorit Di Banjar Jawa Barat

1. Situ Mustika
Situ Mustika
Situ Mustika via disparbud.jabarprov.go.id
Situ Mustika merupakan objek wisata di kota Banjar yang menyuguhkan keindahan wisata air dengan dikelilingi hutan jati. Situ sendiri memiliki arti telaga, di tengah-tengah telaga ini terdapat sebuah pulau kecil.

Daya tarik Situ Mustika tidak hanya dari pesona alam yang begitu menawan, terdapat pula jembatan gantung. Jembatan gantung ini merupakan spot keren untuk dijadikan background foto Anda. 

Dulunya, Situ Mustika dibangun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan air bersih Rumah Sakit Umum Banjar dan juga masyarakat setempat. Telaga buatan ini dibangun pada tahun 1950an. Situ Mustika beralamatkan di desa Karang Panimbal, Purwaharja, Banjar. 

Aktifitas yang dapat Anda lakukan di tempat ini misalnya bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah untuk menghilangkan penat aktivitas, berjalan-jalan mengelilingi telaga, berpiknik bersama keluarga, memancing bagi yang hobi, dan berkeliling danau menggunakan perahu. Kawasan ini juga cocok dijadikan tempat outbond.

Fasilitas yang tersedia di Situ Mustika antara lain area parkir yang luas, mushola, toilet umum, dan rumah makan. Untuk dapat memasuki kawasan wisata ini, Anda hanya dikenai biaya 5 ribu rupiah saja. 

2. Situ Leutik
Situ Leutik
Situ Leutik via wisatakotabanjar.com
Daya tarik dari Situ Leutik adalah area jogging tracknya, selain pemandangan yang indah dan asri tentunya. Situ Leutik terletak di desa Cibeureum Kecamatan Banjar. 

Awalnya, Situ Leutik ini hanya berupa danau dengan ukuran kecil yang kemudian dikembangkan lagi pada tahun 2006. Aktivitas yang dapat Anda lakukan di tempat ini seperti piknik bersama keluarga, kegiatan outbond, memancing ria, berkemah dan dapat pula digunakan untuk kegiatan pendidikan. Spot wisata ini memiliki nuansa mistik yang kental, sehingga Anda dilarang berbicara kalimat kotor di wilayah ini. Penting untuk bertingkah laku sopan. 

3. Lembah Pajamben
Lembah Pajamben
Lembah Pajamben via youtube.com
Letak Lembah Pajamben cukup dekat dengan Alun-alun kota Bajar yaitu sekitar 4,5 kilometer. Ada dapat menikmati pemandangan dan suasana yang indah dari atas bukit. 

Ditambah dengan adanya Swafoto Lembah Pajamben menambah daya tarik tempat ini, jadi tak heran jika wisatawan yang berkunjung tiap harinya terus bertambah. 

Pengunjung dapat merasakan suasan yang romantis dari atas bukit Pajamben yang langsung disambut dengan pemandangan yang alami. Sejumlah fasilitas umum juga sudah tersedia seperti toilet, rumah makan, tempat parkir, dan area flying fox. 

Agenda setiap hari Minggu pagi biasanya diadakan senam aerobic, pertunjukan live music, dan pameran hewan eksotik. Tempat wisata ini tidak memungut biaya masuk, alias gratis. Anda hanya perlu menjaga kebersihan dan ketertiban selama berada dilokasi wisata. 

4. Puncak Pagerbatu
Puncak Pagerbatu
Puncak Pagerbatu via batulawang1901.blogspot.com
Dari puncak ini Anda dapat menikmati keindahan kota Banjar dari kejauhan. Wisata Puncak Pagerbatu terletak di dusun Pagerbatu desa Batulawang, Pataruman Banjar. Puncak ini memiliki ketinggian sekitar 240 meter di atas permukaan air laut.

Pemandangan kota Banjar dapat Anda nikmati dari ketinggian ini, ada pula spot-spot foto lucu yang sayang banget jika dilewatkan. Untuk dapat sampai di puncak ini, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 600 meter dari area parkir kendaraan dan untuk tiket masuknya, Anda hanya perlu membayar 2 ribu rupiah. Sangat murah bukan. 

5. Curug Cibonte
Curug Cibonte
Curug Cibonte via nyero.id
Anda akan disambut dengan hijaunya pepohonan dan gemercik air tejun yang jatuh dari ketinggian 30 meter setelah tiba di tempat wisata Curug Cibonte. Curug ini berlokasi di dusun Cijambu desa Cibeureum, Banjar. 

Pemandangan yang indah dan suasana yang masih sangat asri sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan menyegarkan pikiran dari beban rutinitas sehari-hari. 

Akses jalan menuju lokasi air terjun juga masih sangat menantang, Anda harus berjalan kaki sejenak karena kendaraan belum bisa masuk ke area wisata. Bagi para pecinta alam, hal tersebut bukanlah halangan, malah akan menambah kenikmatan perjalanan wisata ini. 

Sesampainya di lokasi air terjun, Anda bisa bersantai dengan berendam di air curug yang segar. Ada baiknya untuk membawa perbekalan makanan da minuman sendiri. Tapi ingat jagan buang sampah sembarangan. Simpan dan bawa pulang sampah Anda agar lokasi curug terjaga kebersihannya. 

6. Kolam Alami Tanpa Nama Mandalare
Kolam Alami Tanpa Nama Mandalare
Kolam Alami Tanpa Nama Mandalare via jalantraveller.blogspot.com
Mandalere merupaka kawasan berbatu yang berada di kota Banjar. Di tempat ini sering dijumpai para penambang batu , tambang batu adalah salah satu mata pencaharian warga Mandalare. 

Salah satu objek wisata yang dapat Anda kunjungi di Mandalare ini adalah kolam alami dengan kondisi air yang jernih dan dikelilingi oleh gunung batu yang menawan. Kolam air ini masih berada di wilayah penambangan batu. 

Pesona kolam alami dengan diapit bebatuan besar yang menjulang dapat Anda saksikan di tempat ini. Anda dapat mengelilingi kolam alami ini dengan menaiki rakit. Tapi ingat, rakita yang tersedia hanya muat untuk tiga orang saja. Perbukitan, hutan dan persawahan juga menjadi daya tarik lain daritempat ini. 

Akses menuju wisata ini cukup mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum trayek Banjar-Menganti yang mangkal di terminal Banjar. Setelah tiba di Mandalare kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1 km menuju daerah pertambangan batu. 

7. Banjar Water Park
Banjar Water Park
Banjar Water Park via wisatajabar.com
Banjar Water Park merupakan salah satu tempat wisata andalan di kota Banjar. Objek wisata ini terletak di jalan Didi Kartasasmita, Banjar, Jawa Barat.

Anda dapat mencoba berbagai wahana air yang telah disediakan di lokasi wisata ini. Ada wahan Boomerang yang berupa seluncuran air dengan ketinggian 12 meter, wahana ini dikhususkan untuk orang dewasa. Ada juga wahan ekstrim Superbowl, Anda akan merasakan sensasi meluncur dari ketinggian 12 meter dengan kecepatan tinggi. 

Terdapat pula wahana bukan permainan air, seperti Bombom car yang dapat dinikmati oleh anak usia 9 tahunan, kemudian wahana flying fox bagi Anda yang menyukai tantangan, panjang lintasan flying fox sekitar 90 meter dengan ketinggian mencapai 9 meter. 

Jangan khawatir, di sini juga disediakan wahana khusus anak-anak yaitu Kiddy Pool. Kolam berenang dan bermain dengan kedalaman hanya 40 cm yang dilengkapi 2 papan luncur. Dan berbagai wahan yang menarik yang dapat Anda jelajahi. 

Untuk harga tiket masuk Banjar Water Park setiap hari Senin hingga Jumat sebesar 12 ribu dewasa dan 10 ribu bagi anak-anak. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu tiket masuknya 17 ribu dewasa dan 15 ribu untuk anak-anak. 

8. Dinding Sumanding, Tembok Hijau Khas Banjar Patroman
Dinding Sumanding, Tembok Hijau Khas Banjar Patroman
Dinding Sumanding, Tembok Hijau Khas Banjar Patroman via hipwee.com
Wisata hits selanjutnya yang terdapat di kota Banjar adalah tembok hijau yang ditumbuhi tanaman merambat hijau yang menutupi seluruh permukaan temboknya. 

Tempat ini sangat cocok sebagi background foto hits Anda. Mengusung tema spot foto yang kekinian seperti yang ada di Kota Gede, Jogjakarta, membuat tempat ini selalu ramai pengunjung yang ingin mengabadikan gambar di tembok ini. 

Tembok hijau ini berlokasi di wilayah Sumanding, kelurahan Mekarsari, Banjar. Anda tidak dipungut biaya untuk berfoto di tempat ini. 

9. Rest Area Banjar Atas
Rest Area Banjar Atas
Rest Area Banjar Atas via nyero.id
Selain digunakan sebagai rest area, tempat ini ternyata juga bisa dijadikan tempat rekreasi yang murah meriah. Rest Area Banjar Atas terletak di sisi jalan Brigjen M. Iasya. 

Tempat ini dipilih warga sekitar sebagai sarana rekreasi dengan memanfaatkannya untuk tempat nongkrong dan bersantai. Disekitar rest area terdapat banyak warug yang menjual makanan khas Bnajar. 

10. Alun-alun Kota Banjar
Alun-alun Kota Banjar
Alun-alun Kota Banjar via wisatakotabanjar.com
Biasanya mengunjungi suatu daerah tidak lengkap rasanya bila tidak pergi ke Alun-alunnya. Alun-alun kota Banjar terletak di pusat kota. Sehingga selalu ramai pengunjung, entah warga sekitar atau wisatawan yang datang. 

Alun-alun selain sebagai pusat kota, juga digunakan untuk rekreasi murah meriah. Anda bisa nongkrong dan bersantai dengan keluarga, teman, atau pun pacar. Menikmati keindahan kota Banjar di malam hari merupakan pilihan yang tepat. Saat malam hari, suasana Alun-alun semakin ramai dan semakin indah dengan sorotan lampu-lampu taman. 

Anda juga berwisata kuliner di sana. Banyk pedagang yang berjualan di area luar Alun-alun. Sembari duduk santai Anda bisa menikmati kudapan khas kota Banjar Patroman. 

Nah, itulah beberapa tempat wisata terbaik di kota Banjar Jawa Barat, yang layak untuk anda kunjungi. Semoga rekomendasi diatas bisa menjadi referensi tempat berlibur yang menarik.