PLARIUSMODIFIKASI101

Ini Dia Daerah Wisata Terbaik di Batu Malang Jawa Timur

Wednesday, June 6, 2018
Kota Batu merupakan salah satu kota wisata terfavorit yang ada propinsi di Jawa Timur. Kondisi alamnya yang eksotis, karena banyaknya gunung yang mengelilingi, menjadikan kota ini, memiliki tampilan yang cantik, udara yang sejuk khas pegunungan, serta suasananya yang nyaman. Di kota ini, terdapat berbagai obyek wisata menarik, mulai dari objek wisata alam, obyek wisata buatan, berbagai situs budaya, spot foto keren, situs sejarah, dan masih banyak lagi. Nah, bila anda sedang ke kota Batu, berikut beberapa obyek wisata yang wajib dikunjungi. Penasaran?

1. Taman Wisata Selecta
Taman Wisata Selecta
Taman Wisata Selecta via malang-guidance.com
Taman wisata Selecta menyuguhkan keindahan beragam tanaman bunga beraneka warna. Taman ini beralamatkan di jalan Raya Selecta No. 1, desa Tulung Rejo, kecamatan Bumiaji, Batu. 

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana antara lain yaiu bermain wahana sky bike, flying fox, perahu ayun, dan sepeda air. Terdapat pula wahana yang disediakan khusus untuk bermain anak-anak seperti water boom dan playground. 

Tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang lain. area parkir yang luas dan aman dengan biaya retribusi sebesar 5 ribu untuk mobil dan 2 ribu untuk motor, toilet dan kamar mandi, mushola serta rumah makan dan food court yang menggelar lapaknya di beberapa area yang telah disediakan. Anda juga bisa bermalam di sini dengan menyewa hotel atau penginapan. 

Tarif tiket masuk taman ini sebesar 25 ribi per orang dengan jam buka mulai pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore. 

2. Museum Angkut
Museum Angkut
Museum Angkut via sharetempatwisata.com
Museum Angkut Batu Malang merupakan museum transportasi. Ada berbagai sarana transportasi yang di pamerkan di museum ini, baik transportasi dalam negeri maupun luar negeri. Dari yang kuno hingga transportasi modern ada lo di tempat ini. 

Dalam museum ini terdapat kurang lebih 300 alat transportasi mobil yang dipajang. Museum ini juga tercatat sebagai museum transportasi pertama yang ada di Asia. Hebat bukan pencipta ide museum ini. 

Terdapat beberapa zona di museum ini antara lain ruangan utama, ruangan ini berisikan alat transportasi sepeda hingga mobil dari berbagai negara, kemudian zona edukasi anak dengan suasana yang ceria dipenuhi warna-warni agar anak mudah memahami informasi yang ada.

Selain itu ada zona Sunda Kelapa dan Batavia, Uni Eropa, Hollywood, gangster dab Broadway, dan Las Vegas. Banyak sekali bukan zona-zona yang dapat Anda nikmati. 

Jika Anda ingin berkungjung ke museum ini menggunakan kendaraan umum, Anda harus pergi ke terminal Batu dan naik angkutan jingga menuju kawasan wisata Batu. Untuk weekday harga tiketnya sebesar 70 ribu, sedangkan weekend harga tiket sebesar 10 ribu. Buka mulai pukul 12.00-20.00 setiap hari. 

3. Wisata Coban Talun
Wisata Coban Talun
Wisata Coban Talun via malang-news.com
Tempat wisata ini terletak di dusun Wonorejo, desa Tulungrejo, Bumiaji, kota Batu. Coban Talun merupakan wisata air terjun yang sangat indah, ketinggian air terjun sendiri sekitar 75 meter dan berada 950 meter di atas permukaan air laut. Suhu dikawasan ini cukup dingin sekitar 18-23 derajat celcius. 

Coabn Talun ini dikelilingi oleh hutan pinus yang hijau menambah kesehgaran dan keasrian tempat wisata ini. Hal tersebut mengundang banyak wisatawan unuk datang melepaskan kejenuhan dari aktivitas sehari-hari. 

Akses jalan utama menuju lokasi air terjun ini sudah cukup bagus, namun belum mendapat sentuhan aspal. Sehingga cukup menyulitkan untuk dilalui jika musim hujan. Stelah tiba di area parkir kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki menuju pintu masuk wisata Coban Talun. 

Pengunjung akan dikenai biaya 10 ribu untuk tiket masuk. Kawasan wisata ini dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Pengunjung yang telah puas bermain di air terjun dapat mengunjungi taman bunga dengan berbagai jenis dan bermacam warna. Terdapat pula fasilitas Apache Camp dan Rumah Pagupon. 

4. Batu Night Spectacular
Batu Night Spectacular
Batu Night Spectacular via ilarizky.com
Batu Night Spectacular merupakan tempat wisata yang cocok bagi Anda yang suka berjalan-jalan pada malam hari. Banyak hiburan dan wahana yang dapat Anda coba di tempat ini antara lain galeri hanu, sepeda udara tertinggi, trampoline, lampion garden, drag race, mouse coaster dan masih banyak lagi. 

Terdapat pula atraksi-atraksi menarik seperti laser show, air mancur menari, dan mulimedia show, selain itu Anda bisa menikmati sajian live music kesenian nusantara. 

Tiket masuk are wisata ini untuk weekday dibandrol sebesar 30 ribu dan weekend 40 ribu, ada pula tiket terusan seharga 100 ribu. Jam buka mulai dari jam 3 sore hingga 12 malam. 

5. Omah Kayu Batu Malang
Omah Kayu Batu Malang
Omah Kayu Batu Malang via stayhello.com
Omah Kayu Btu Malang ini beralamakan di jalan Gn Banyak, Gunubgsari, Bumiaji, kota Batu. Lokasi omah kayu ini bersebelahan dengan wisata paralayang di Gunung Banyak. 

Daya tarik dari omah kayu ini adalah letaknya yang berada di lereng bukit dan diantara pepohonan ini membuatnya semakin unik. Pemandangan yang terlihat dari omah kayu ini menjadi daya tarik tersemdiri bagi wisatawan yang berkunjung. Pada malam hari, akan terlihat gemerlapnya kota Batu dari kejauhan. 

Ada sekitar 6 unit bangunan oamh kayu yang dapat Anda sewa. Fasilitas yang tersedia di dalam kamar berupa 1 unit tempa tidur lengkap dengan bantal dan selimut dan perlengkapan makan dan minum. Untuk tempat mandinya berada di luar sejumlah 2 unit. 

Di tempat wisata ini banyak sekali spot foto yang indah dan menarik. Bagus untuk koleksi foto instagram Anda. Harga sewa omah kayu sendiri ada 2 harga, 350 ribu untuk hari biasa per malamnya dan 450 ribu saat liburan. 

6. Kusuma Agrowisata
Kusuma Agrowisata
Kusuma Agrowisata via vidio.com
Kusuma agrowisata adalah surganya apel Malang. Tempat wisata ini merupakan wisata petik buah apel yang cocok unyuk keluarga. Selain apel terdapat pula buah-buahan lain seperti jeruk, buah naga, jambu merah, strawberi, dan macam-macam sayuran hidroponik. Luas area ini sekitar 70 ha dengan ketinggian 1000 MDPL.

Tiket masuknya juga cukup terjangkau, mulai dari 34-54 ribu rupiah Anda sudah bisa menikmati manis dan segarnya buah apel di sana, kecuali jika Anda ingin membawa pulang apel akan dikenai biaya tambahan per kilonya. Agrowisata ini buka mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore setiap hari. 

Fasilitas yang disediakan Kusuma agrowisata antara lain penginapan, rumah makan, dan toilet. Terdapat pula area bermain tembakan yang disebut war game, Anda juga bisa mencoba bermain flying fox. 

7. Eco Green Park
Eco Green Park
Eco Green Park via wisatajatim.info
Eco Green Park merupakan tempat wisata yang menggabungkan beberapa elemen seperi budaya, lingkungan, seni, dan pendidikan. Sehingga selain bisa bermain, anak-anak bisa belajar mengenai ekosistem dan lingkungan. 

Tempat wisata ini terletak tidak jauh dari kota Malang, hanya sekitar 45 menit perjalanan atau sekitar 30 km. Alamat epatnya adalah jalan Oro OmboNo. 9A koa Batu. 

Beberapa wahan yang dapat Anda kunjungi antara lain insectarium yang berisikan beberapa serangga yang diawetkan, petualangan di hutan, di wahana ini Anda akan diajak berkeliling hutan buatan dengan menaiki kereta. Kemudian ada pula area hidroponik empat perkembangan strawberi, jamur, paprika dan tomat.

Kemudian ada wahan rumah terbalik, area pasar burung, wisata eco, dan sepeda electric. Anda dapa menjelajahi setiap wahana di kawasan ersebut. Menarik bukan. 

8. Wisata Pujon Kidul
Wisata Pujon Kidul
Wisata Pujon Kidul via uangteman.com
Tempat wisata satu ini bisa menjadi alternatif liburan Anda. Berwisata ke desa wisata Pujon kidul. Di tempat ini Anda bisa menikmati hijuanya hamparan persawahan dengan pemandangan landscape pegunungan yang cantik. 

Terdapat gazebo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sambil menikmai pemandangan alam yang asri dan udara yang sejuk. Anda dapat menuju lokasi ini dengan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari kota malang. 

Tempat wisata ini sangat terawa dan bersih. Terdapat banyak spot foto yang instagramable. Aktivitas yang dapat Anda lakukan tempat ini sangat banyak, misalnya outbond, camping, memetik sayuran, melihat pembuatan biogas dan mencobanya langsung. 

Anda juga bisa mencoba sensasi makan di tengah sawah di cafe-cafe yang telah tersedia. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 9 malam. 
Bagaimana, banyak bukan obyek wisata menarik dikota ini? Tak heran bila tiap harinya, terlebih saat akhir pekan atau saat liburan, kota Batu dibanjiri wisatawan luar daerah, bahkan wisatawan mancanegara.