PLARIUSMODIFIKASI101

Daerah Wisata Terbaik di Semarang Jawa Tengah Untuk Liburan Keluarga

Saturday, June 16, 2018
Semarang merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Tengah. Kota yang dikenal sebagai kota lumpia ini memiliki objek wisata keren, mulai dari wisata budaya, kuliner, aneka wahana permainan anak dan keluarga, wisata alam, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan banyaknya hal menarik disana, tak heran bila Semarang menjadi  salah satu tujuan destinasi wisata favorit bagi para wisatawan daerah Jawa Tengah ataupun dari luar daerah di Indonesia. Walaupun tidak seterkenal kota wisata lain, Semarang juga memiliki banyak tempat wisata terbaik yang wajib dikunjungi. Diantaranya adalah:

1. Lawang Sewu
Lawang Sewu
Lawang Sewu via dagelan.co
Lawang Sewu bisa menjadi persinggahan paling terkenal di Kota Semarang. Sering disebut sebagai bangunan tua nan angker, Lawang Sewu merupakan gedung yang dulunya berfungsi sebagai kantor pusat dari NIS atau Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij. NIS sendiri merupakan sebuah perusahaan yang dulunya membangun jalur kereta antara Semarang dengan Solo dan Jogja.

Gedung ini dibangun pada tahun 1904 dan memiliki bentuk yang sangat unik dengan ciri khas memiliki banyak pintu dan jendela. Karena jumlahnya yang banyak, masyarakat setempat pun menyebut bangunan tersebut sebagai Lawang Sewu (seribu pintu). Walaupun demikian bangunan yang berada di Jalan Pemuda, Sekayu ini memiliki jumlah pintu tidak mencapai angka 1.000, melainkan hanya mempunyai 429 pintu.

2. Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong
Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong
Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong via flickr.com
Dikenal juga sebagai kota multietnis, Semarang memiliki tempat yang menarik untuk melihat keanekaragaman suku tersebut. Salah satu tempat wisata di Semarangyang terkenalselanjutnya untuk kegiatan tersebut adalah Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong. Vihara yang terletak di  Jalan Perintis Kemerdekaan Pudakpayung, Banyumanik, Semarang ini dinyatakan MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.Pagoda Avalokitesvara atau lebih dikenal dengan Pagoda Metakaruna memiliki arti pagoda cinta dan kasih sayang.

Vihara Buddhagaya Watugong ini memiliki bentuk yang unik, tidak jauh berbeda dengan pagoda yang ada di negeri Tiongkok yaitu memiliki ketinggian 45 meter dan terdapat 7 lantai. Pada masing-masing tingkat, terdapat patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru mata angin. Selain untuk beribadah, para wisatawan yang datang ke tempat wisata di Semarang ini seringkali menghabiskan waktunya untuk mengambil foto-foto dengan latar belakang pagoda. Para wisatawandapat mengikuti ritual tjiam shi. Ritual yang bertujuan untuk meramal nasib ini sering dilakukan oleh umat Budha yang sedang beribadah di kompleks vihara.

3. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah via traveltodayindonesia.com
Masjid Agung Jawa Tengah (AJT) berlokasi di Jalan Gajah Raya. Salah satu masjid termegah di Indonesia ini banyak dikunjungi untuk beribadah saja dan kegiatan wisata juga. Masjid yang diresmikan pada tahun 2006 ini memiliki luas lebih dari 7,500 meter persegi dan mampu menampung sekitar 16,000 jamaah. Bangunan dari masjid AJTmirip seperti bangunan Masjid Nabawi yaitu memiliki ciri khas berbentuk enam payung elektrik di serambi dengan diameter 14 meter. Payung-payung tersebut biasanya dibuka saat penyelenggaraan Salat Idulfitri dan Iduladha. Kemudian terdapat 25 pilar yang didesain mirip dengan Coloseum yang berada di Kota Roma, Italia. Jumlah pilar tersebut merupakan representasi jumlah nabi dan rasul dalam Agama Islam. 

Di pintu gerbang, pengunjung dapat melihat sebuah tulisan ‘Sucining Guno Gapuraning Gusti’ dalam huruf Arab Melayu beserta dua kalimat syahadat. Masjid AJT ini memiliki menara Asmaul Husna dengan tinggi 99 meter yang tidak boleh dilewatkan saat masuk ke dalam. Para pengunjung dapat naik ke puncak menara tersebut untuk melihat pemandangan Kota Semarang dari ketinggian dengan dikenakan biaya sebesar Rp7.500,-. Selain bangunan utama masjid yang sudah disebutkan di atas, Masjid Agung Jawa Tengah juga memiliki beberapafasilitas lainnya seperti museum budaya Islam, perpustakaan, auditorium, penginapan, kafe, toko cenderamata, kereta kelinci, tempat bermain anak-anak, ruang untuk akad nikah, dan lain-lain.

4. Taman Lele
Taman Lele
Taman Lele via semarangplus.com
Lokasi selanjutnya untuk menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga yaitu Taman Lele. Taman yang berada di Jalan Tambakaji, Ngaliyan inimerupakan objek wisata keluarga andalan Kota Semarang. Dengan luas lebih dari 2 hektar, wisata Taman ini mempunyai berbagai macam fasilitas penunjang rekreasi keluarga. Fasiltias yang dimiliki diantaranya adalah kolam renang, kebun binatang kecil, taman bermain anak, penginapan, gazebo, tempat pertunjukan serta danau buatan. Harga tiket masuk wisata ini pada hari Senin sampai dengan Sabtu adalah Rp 2,000,- sedangkan pada hari minggu adalah Rp 3,500,-.

5. Taman Rekreasi Wonderia
Taman Rekreasi Wonderia
Taman Rekreasi Wonderia via alimustikasari.com
Taman yang berlokasi di Jalan Sriwijaya ini adalah sebuah tempat wisata di Semarang yang dibuka pada tahun 2007. Taman Rekreasi Wonderia sendiri memiliki banyak permainan seperti Boom Boom Car, Super Rally, Kiddy Boat, Space Gyro, Merry Go Round,Ghost House, dan Typhoon Coaster. Dengan demikian, tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan libuaran atau sekedar mengisi akhir pekan bersama keluarga. Harga tiket masuk Taman Rekreasi Wonderia sendiri sangat murah, hanyaRp 5,000,- saja.

6. Kampung Pelangi
Kampung Pelangi
Kampung Pelangi via brilio.net
Kampung yang terletak di Jalan DR. Sutomo Nomor 89, Randusari ini menjadi pilihan tempat wisata terbaru di Kota Semarang. Keberadaannya mampu menyaingi Kampung Jodipan yang berada di Kota Malang. Seperti halnya kampung Jodipan, kampung yang sebelumnya bernama Kampung Gunung Brintik ini dikenal sebagai kampung kumuh. 

Saat ini keberadaan Kampung Pelangi sendiri berhasil menarik perhatian dunia. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa pengguna media sosial memajang foto mereka dengan latar belakang warna-warni dariKampung Pelangi ini. Tidak heran jika para wisatawan pun banyak berdatangan. Keberadaan kampung ini tentunya jugamemberikan dampak yang sangat positif terhadap perekonomian warga sekitar dan mereka menyadari keuntungan yang diperoleh jika menjaga kebersihan lingkungan.

7. Old City 3D Trick Art Museum Semarang
Old City 3D Trick Art Museum Semarang
Old City 3D Trick Art Museum Semarang via travelingmuseum.org
Selain Kampung Pelangi, Old City 3D Trick Art Museum Semarang merupakan tmpat wisata baru di kota Semarang. Old City 3D Trick Art Museum Semarang ini dikenal oleh warga wisata Omah Kwalik Semarang. Salah satu keistimewaan museum ini adalah banyaknya foto dengan gambar tiga dimensi (3D) yang bisa dijadikan tempat selfie atau berfoto.

Semua pengunjung yang datang ke Omah Kwalik Semarang bebas berjalan-jalan di sekitar area museum dan berfoto dengan karya seni gambar 3D yang berada di Old City. Hampir semua gambar akan membuat Anda terkecoh jika melihatnya dari kamera ponsel. Museum yang berada di Jalan Letjen Suprapto Nomor 26, Tanjung Masini memiliki koleksi sekitar 108 tema gambar 3D yang berbeda-beda, mulai dari suasana Vennice hingga tema jembatan gantung yang sangat menakutkan karena dibawahnya seolah-olah terdapat jurang yang dalam.

Saat ini, Old City 3D Trick Art Museum terbilang cukup sukses menarik traveler baik di dalam kota hingga dari luar daerah. Museum yang dibuka sejak Mei 2016 ini menjadi salah satu destinasi wajib bagi wisatawan yang sedang liburan di Kota Semarang.

8. Eling Bening Ambarawa
Eling Bening Ambarawa
Eling Bening Ambarawa via pengendolan.com
Mencari tempat wisata dengan fasilitas paket lengkap? Jika iya, Anda dapat memilih berkunjung ke Eling Bening Ambarawa. Tempat wisata yang berlokasi diJalan Sarjono, Bawen ini memiliki pemandangan indah. Beberapa fasilitas seperti kolam renang, restoran, outbond, area berkemah, kafe, serta ruang pertemuan menjadi pilihan untuk liburan keluarga atau liburan bersama rekan kantor.
Selain itu, kawasan wisata Eling Bening ini memiliki pemandangan yang sangat mengagumkan. Anda dapat menyaksikan deretan pemandangan delapan gunung dan keindahan sekitararea Rawa Pening, seperti persawahan dan perkebunan kopi. Pemandangan pun akan semakin menakjubkan jika Anda datang ke tempat ini pada sore haridengan ditemani suasana matahari terbenam. 

9. Hutan Pinus Kayon
Hutan Pinus Kayon
Hutan Pinus Kayon via reresepan.com
Hutan yang berada di lereng Gunung Batur, tepatnya diwilayah Desa Batur, Kecamatan Getasan ini sangat cocok bagi para pengunjung yang mencintai alam. Para pengunjungsering menghabiskan waktunya untuk berkemah di Hutan Pinus Kayon ini. Deretan pohon pinus membuat tempat ini memiliki suasana yang sama dengan Hutan Pinus Mangunanyang berada di Jogja dan Gunung Pancar di Bogor. Para pengunjung dapat memilih berbagai lokasi sebagai sarana untuk mengambil gambar. Selain itu, terdapat pohon pinus yang memiliki bentuk batang unik, melengkung seperti sebuah kursi alami. Pohon inilah yang biasanya menjadi lokasi favorit tempat berfoto bagi para pengunjung.

10.Pantai Marina 
Pantai Marina
Pantai Marina  via jejakpiknik.com
Pantai yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso sebelah utara kota Semarang ini merupakan sebuah pantai kecil. Pantai ini adalah tempat wisata di Semarang yang paling disukai warga sekitar untuk kegiatan lari pagi. Pantai yang terletak di sebuah perumahan ini mempunyai beberapa fasilitas unggulan seperti kolam renang, ski air, speed boat, dan taman bermain untuk anak-anak. Selain itu, bersepeda di sekitar Pantai Marina juga sangat menyenangkan karena suasananya yang sepi dan sejuk.

11. Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo via jejakpiknik.com
Setelah berkunjung ke hutan dan pantai, wisata Candi Gedong Songo dapat menjadi persinggahan berikutnya. Berada di lereng Gunung Ungaran tepatnya di Kecamatan Bandungan ini tidak hanya menjadi tempat wisata bersejarah namun juga dikenal sebagai tempat wisata yang menawarkan pemandangan memukau. Selain itu, Anda akan menjumpai kolam pemandian air panas alami di kompleks candi ini.

Candi ini terdiri dari sembilan bangunan candi. Uniknya, candi ini dulu pernah dinamai dengan nama Candi Gedong Pitu, karena pada saat itu hanya ditemukan sebanyak tujuh candi. Sekitar tahun 1908-1911 baru ditemukan kembali dua candi di area yang sama sehingga namanya pun berubah menjadi Candi Gedong Songo. Candi-candi tersebut merupakan peninggalan dari Wangsa Syailendra yang berkuasa pada abad ke-9 Masehi.

12. Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang via datawisata.com
Berkunjung ke Semarang tidak akan terasa lengkap kalau tidak datang ke kawasan Kota Lama Semarang. Tempat wisata yang berada di lokasi Jalan Letjen Suprapto Nomor 22, Tanjung Masini sangat dikenal sebagai lokasi wisata paling populer di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah tersebut. Deretan bangunan tua bergaya Eropa klasikdisinisering menjadi incaran para fotografer.

Gereja Blenduk dengan atap berbentuk kubah menjadi pilihan favorit pertama para pengunjung untuk singgah. Suasananya sangat asyik dengan dilengkapi Taman Srigunting yang terletak di depan gereja. Selain itu, Anda dapat menyewa sepeda tua sembari berfoto dengan latar belakang Gereja Blenduk.Ada pula Kafe yang menawarkan tempat kuliner unik dengan suasana bangunan klasik, seperti kafe Spiegel, Kafe Nuris, Tekodeko, serta Retro Cafe.

Saat berkunjung ke Kota Lama, Anda juga dapat menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Kampung Batik Semarang pada pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.Tempat wisata ini berada tidak terlalu jauh dari kawasan Kota Lama, yaitu di Kelurahan Rejamulya, Semarang Timur. Anda dapat menuju ke Kampung Batik dengan melewati gang masuk yang terletak di samping Hotel Horison. Kemudian terdapat pintu gerbang bertuliskan Kampung Batik di sana.

Sesuai namanya, tempat wisata ini merupakan surga belanja bagi wisatawan yang tertarik dengan kerajinan batik asal Semarang. Batik Semarang sangat khas dengan warna terang dan pola seperti Lawang Sewu, Tugu Muda, burung blekok, pohon asem, dan sebagainya. Harga batik di Kampung Batik Semarang tidak mahal. Anda dapat membeli ragam batik mulai dari Rp 50.000,-. Selain itu, para wisatawan dapat pula menyempatkan waktu untuk belajar cara membatik serta melihat proses pembuatan batik khas Semarang. 

Nah itu dia 12 obyek wisata terbaik di Semarang Jawa tengah yang bisa dipertimbangkan untuk dijadikan tujuan berlibur keluarga.