PLARIUSMODIFIKASI101

Daerah Wisata Alam Sejarah dan Religi Terkenal di Tangerang Banten

Monday, June 18, 2018
Tangerang, yang merupakan Ibu Kota Provinsi Banten ini, termasuk salah satu kota industri terbesar di Indonesia. Namun meski berjuluk kota Industri, tak serta merta membuat kota ini kehilangan pesona alamnya.  Nyatanya, banyak sekali obyek wisata menarik di kota ini, bukan hanya wisata alam, namun juga wisata sejarah, religi dan banyak lagi. Diantaranya adalah deretan obyek wisata terbaik di  Tangerang Banten yang telah kami rangkum dibawah ini. Daftar Obyek Wisata Terbaik di Tangerang Banten

1. Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga
Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga
Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga via pantainesia.com
Obyek wisata terbaik Tangerang yang pertama adalah Pantai Tanjung Pasir. Pantai ini berlokasikan di tanjung Pasir, Teluk Naga, Tangerang.  Keindahan pantai ini terlihat dari warna air pantainya yang bersih dan jernih serta butiran-butiran halus pasir pantai berwarna putih, yang pastinya dijamin akan memanjakan mata Anda. 

Tak hanya itu, di pantai ini juga dikelilingi pepohonan yang hijau, yang pestinya membuat sejuk suasana pantai. Dan menariknya lagi, pantai ini sangat cocok untuk mereka yang hobi berenang, karena keadaan ombaknya yang cukup tenang. Atau mungkin sekedar bersantai beralaskan pasir putih yang halus. 

Anda bisa bermain wahana air yang tersedia, salah satunya banana boat, dimana anda akan diajak berputar-putar sembari menikmati pemandangan sekitar yang sangat indah. 

Selain itu, yang terkenal di tempat ini adalah wisata kulinernya. Berbagai hidangan olahan laut tersedia di sini. Anda tinggal memilih tempat yang Anda suka dan memesan masakan favorit Anda. 

Fasilitas pendukung lain yang ada di pantai ini antara lain seperti mushola, toilet, penyewaan payung, penyewaan tikar, toilet, tempat parkir dan lainnya. Panta ini berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Tangerang. Biaya masuk pantai cukup murah hanya 5 ribu rupiah, namun biaya parkirnya yang agak mahal yaitu untuk mobil sebesar 20 ribu dan motor 10 ribu. 

2. Pulau Cangkir
Pulau Cangkir
Pulau Cangkir via wisatahore.wordpress.com
Jika Anda sedang berada di Tangerang, pastikan untuk mengunjungi tempat wisata pulau Cangkir. Pemandangan hutan mangrove menjadi pemanis disepanjang jalur menuju pulau Cangkir. 

Di pulau ini terdapat makam ulama besar Banten, jadi Anda bisa berziarah ke makam wali sekaligus bermain-main di pulau ini. Anda juga bisa melihat aktivitas sehari-hari warga lokal yang bermata pencarian sebagai nelayan. Bagaimana para nelayan ini merawat kapal, mengolah hasil tangkapannya, serta melakukan aktivitas lainnya.

Pengunjung juga bisa berenang di perairan sekitar pulau. Airnya yang masih jernih dan segar membuat siapapun betah dan enggan untuk pulang. Jika ingin membeli oleh-oleh untuk kerabat, Anda bisa membeli ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Selain itu, ada juga toko souvenir yang menjual berbagai pernak-pernik. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, area parkir, dan tempat beristirahat. 

3. Situ Cipondoh
Situ Cipondoh
Situ Cipondoh via tangerangonline.id
Situ Cipondoh merupakan tempat wisata alam yang menyuguhkan indahnya suasana alam yang asri dengan pemandangan danau yang jernih dan keadaan air yang tenang. Membuat siapa saja yang berada di tempat ini mampu melepaskan beban pikiran sejenak dan menikmati pesona yang ada. 

Lokasi danau ini hanya berjarak sekitar 13 kilometer dari kota Jakarta. Tepatnya di jalan Hasyim Ashari, Tangerang Banten. Jadi, tempat wisata danau ini sangat mudah diakses oleh pengunjung. 

Terdapat beberapa wisata yang dapat Anda pilih di danau yang luasnya sekitar 50 ha ini. Wisata pertama adalah Formasi yaitu Forum Masyarakat untuk Pelestarian dan Pengembangan Situ Cipondoh. Di tempat ini terdapat banyak wahana khusus anak-anak. Anda juga bisa memancing di tempat ini dengan peralatan sendiri. 

Selain itu di sebelah barat, pengunjung dapat menikmati pemandangan danau dari belakang rumah makan Hj Kokom dan Restoran Jagarawa. Terdapat puluhan saung cantik yang menghiasi rimbunnya pepohonan.

Tempat wisata ini dapat dikunjungi setiap hari dengan tiket masuk hanya 2 ribu hingga 3 ribu rupiah saja. Wahana seperti flying fox, perahu bebek, bisa Anda nikmati dengan tarif 15 ribu rupiah saja. Cukup terjuangkau bukan?

4. Vihara Nimmala (Boen San Bio)
Vihara Nimmala (Boen San Bio)
Vihara Nimmala (Boen San Bio) via jakarta.panduanwisata.id
Klenteng ini merupakan tempat beribadah Tri Dharma para penganut agama Kong Hu Cu, Tao dan Buddha. Klenteng ini berdiri sejak 1689 oleh Lim Tau Koen yang merupakan seorang pedagang dari Tiongkok. Klenteng ini terletak di jalan Ks Tubun No. 43, Pasar Baru, Tangerang. 

Klenteng ini telah mengalami banyak pemugaran pada bangunannya hingga terlihat indah seperti sekarang ini. Dulunya klenteng ini berukuran kecil dan dindingnya terbuat dari anyaman bambu serta atapnya terbuat dari daun rumbia. 

Pada halaman samping klenteng terdapat area kosong yang luas, area ini dipergunakan untuk mengadakan acara saat event-event tertentu dan dapat pula sebabagai tempat parkir kendaraan bagi pengunjung klenteng ini. 

Setiap bagian pada bangunan klenteng ini menjadi tempat pemujaan. Bagian depan digunakan untuk pemujaan dewa Bumi, sisi kanan dan kiri sebagai pemujaan dewa dan leluhur. Tepat di belakang klenteng terdapat taman yang cantik, tempat inilah yang sering digunakan sebagai spot foto para pengunjung yang datang. 

5. Museum Benteng Heritage
Museum Benteng Heritage
Museum Benteng Heritage via riyardiarisman.com
Museum Benteng Heritage merupakan museum peranakan Tionghoa di Indonesia, dan juga menjadi satu-satunya di Indonesia. Lokasi museum ini terletak di jalan Cilame No. 18 & 20, Sukasari, Tangerang. 

Kota Tangerang memiliki julukan sebagai kota Benteng, warga etnis Tionghoa juga memiliki sebutan sebagai Cina Benteng. Museum Benteng merupakan museum pribadi milik Udaya Halim yang menjadi bukti perkembangan peradaban Tionghoa di Tangerang. 

Museum ini terbagi menjadi 2 lantai, di lantai ke 2 Anda bisa menemukan berbagai koleksi barang bersejarah seperti timbangan opium, koleksi botol kecap dan label-label kecap Benteng yang dulu terkenal. Selain itu ada beberapa pecahan keramik dan kerang-kerang. 

Museum ini buka mulai jam 1 siang hingga 6 sore, dengan guide tour selama 45 menit. Tiket masuk museum ini sebesar 20 ribu hingga 50 ribu rupiah.

6. Aladin Aquaplay Karawaci
Aladin Aquaplay Karawaci
Aladin Aquaplay Karawaci via rumahtangerang.id
Aladin Aquaplay Karawaci merupakan tempat wisata keluarga yang sangat mengasikkan. Banyak wahana permainan air mulai dari kusus anak-anak hingga dewasa ada. Lokasi wisata air ini berada di perumahan Grand View Karawaci, jalan Raya Binong Curug, Tangerang.

Anda dapat berenang, bermain air, berseluncur, dan berfoto ria di tempat ini. Tempat ini juga sering digunakan untuk merayakan ulang tahun. Suasana yang ada akan menambah meriah pesta ulang tahun anak Anda. 

Untuk dapat menikmati kolam renang aladin ini Anda hanya dikenai tiket masuk sebesar 20 ribu hingga 30 ribu saja. Tempat ini buka setiap hari Senin hingga Minggu. 

7. Danau Cikokol
Danau Cikokol
Danau Cikokol via danaucikokol.blogspot.com
Danau Cikokol merupakan tempat wisata alam sekaligus cocok untuk area memancing ikan. Tempat satu ini selalu banyak pengunjung setiap harinya apa lagi jika menjelang sore hari, banyak wisatawan yang datang untuk sekedar menikmati pemandangan atau memancing.

Danau dengan luas sekitar 25.000 meter persegi itu selalu ramai dikunjungi para pemancing. Untuk dapat memancing di danau ini, pengunjung hanya dikenai biaya 5 ribu rupiah saja dan bisa memancing sepuasnya. 

Lokasi danau ini terletak di jalan Jenderal Sudirman, Cikokol, Tangerang. Situ ini bersebelahan dengan Metropolis Mall, itu sebabnya kawasan ini ramai pengunjung. 

8. Danau Biru Cisoka
Danau Biru Cisoka
Danau Biru Cisoka via medium.com
Danau Biru Cisoka terletak di dusun Cigaru, desa Cisoka, Tangerang Banten. Tempat ini beru populer pada tahun 2016 yang lalu. Setelah ddilakukan perbaikan dan dibangun beberapa fasilitas pendukung, danau ini mulai ramai dikunjungi para wisatawan.

Warna air danau ini sangat indah, yaitu biru muda yang jernih. Itu juga yang menjadi alasan danau ini diberi nama danau Biru Cisoka. Warna air danau inilah yang menjadi daya tarik lokasi wisata ini, sehingga banyak pengunjung yang ingin berfoto di tepian danau yang cantik ini.

Terdapat perahu kecil yang bisa Anda sewa seharga 20 ribu untuk mengelilingi danau. Jika ingin bersantai Anda bisa memanfaatkan gazebo-gazebo yang telah disediakan. 

Untuk dapat menikmati indahnya tempat wisata ini, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis. Pengunjung cukup membayar biaya retribusi parkir saja, untuk mobil 10 ribu dan motor 2 ribu rupiah saja. Cukup murah bukan. 

Wahana lain yang bisa digunakan adalah ayunan, jungkat-jungkit, dan pondok mengambang di tengah danau yang selalu rame sebagai spot foto yang unik. 

Nah, itulah diatas beberapa tempat wisata terbaik di Tangerang Banten. Pilih mana tempat wisata favorit anda dan kunjungi ramai-ramai bersama seluruh keluarga.