PLARIUSMODIFIKASI101

Destinasi Wisata Terbaik di Medan Sumatera Utara Paling Terkenal

Wednesday, June 13, 2018
Medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, dan layaknya kota besar lainnya, tentu saja tak heran bila Medan memiliki banyak sekali hal menarik, salah satunya terkait obyek wisatanya. Nah, penasaran kira-kira apa saja tempat wisata terbaik di Medan?

1. Danau Toba Dan Pulau Samosir
Danau Toba Dan Pulau Samosir
Danau Toba Dan Pulau Samosir via wisatadankulinernusantara.com
Salah satu tempat wisata terbaik di medan sumatera utara yang populer adalah danau toba. Anda pasti tidak asing lagi kan dengan  legenda danau toba yang menceritakan seorang petani bernama toba dan istrinya yang jelmaan ikan kemudian melahirkan anak yang diberi nama samosir.

Danau toba menawarkan banyak keindahan dari mulai destinasi alam, kuliner hingga atraksi yang bermacam-macam.  Danau ini merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas dalam kampanye wonderful indonesia. 

Danau ini merupakan danau terluas di asia tenggara dan termasuk danau terdalam di dunia yakni dengan kedalaman 450 meter. Lokasi wisata ini tentunya banyak menyajikan keindahan alam 
Baru-baru ini,  kemenhub mulai mengembangkan danau toba sebagai destinasi wisata dunia dengan membangun sejumlah infrastruktur seperti mengembangkan bandara, kapal laut, dan dermaga untuk menunjang pariwisata ini.

Terletak di tengah danau toba, terdapat pulau samosir. Untuk menikmati keindahan danau toba dan pulau samosir anda dapat menginap disana. Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan danau toba saja, tapi anda juga bisa melihat keunikan lain yakni rumah adat asli suku batak

Untuk sampau ke pulau samosir, anda dapat menyeberang dengan kapal feri KMP SUMUT II selama 40-60 menit atau melalui pelabuhan ajibata di kota parapat. Dari ajibata anda bisa menggunakan kapal feri atau kapal cepat. Anda bisa juga menggunakan kapal motor lopo parindo dengan tarif rp. 8000 dan akan menempuh waktu sekitar 30 menit.

Tiap tempat wisata yang dikunjungi di pulau samosir punya banyak sejarah yang menarik untuk di gali seperti peninggalan megalithikum kursi baru persidangan di ambarita yang menjadi tempat pengadilan dan eksekusi hukuman pancung pada masa raja siallagan. Terdapat pula makam raja sidabutar di desa tomok. Anda juga bisa menikmati pertunjukan tarian adat sigale-gale dengan membayar rp. 90.000. 

Anda juga bisa berkeliling pulau samosir dengan berkunjung ke museum huta balon, pantai sibolazi dan menara pandang simandino. Bagi anda yang ingin lebih lama mengeksplor keindahan danau toba dan pulau samosir, anda bisa bermalam di daerah tomok atau simanindo. Terdapat banyak pilihan homestay disana. 

2. Istana Maimun
Istana Maimun
Istana Maimun via ksmtour.com
Istana ini beralamatkan di jalan brigjen katamso, kelurahan sukaraja medan . Istana maimun didirikan oleh oleh sultan maimun al rasyid perkasa alamsyah dari kerajaan deli yang dibangun pada tahun 1888 . Merupakan satu dari banyak istana paling indah yang berada di indonesia. disebut demikian, karena memiliki bangunan arsitektur yang unik dengan perpaduan beberapa unsur kebudayaan yakni melayu islam atau timur tengah , spanyol, india dan italia.

Anda bisa memasuki areal dalam istana ini dengan membayar rp 5000 saja.  Terdapat bangunan kecil yang menjadi lokasi disimpannya meriam puntung. Menurut cerita legenda yang beredar, meriam puntung  merupakan penjelmaan dari  Mambang Khayali,  adik putri hijau dari kerajaan deli tua yang kemudian berubah jadi meriam dalam mempertahankan istana dari serbuan raja aceh yang ditolak pinanganya.

3. Bukit Lawang
Bukit Lawang
Bukit Lawang via info-indoku.blogspot.com
bukit lawang berlokasi di kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat. Lokasi bukit ini yang berada pada kawasan dekat dekat dengan taman nasional gunung leuser pasti sangat seru untuk anda jelajahi. Perjalanan menuju bukit lawang akan melewati kota binjai dan ada 7 jembatan yang harus kamu lewati. 

Bukit lawang terkenal dengan titik lokasi pengamatan habitat orang hutan sumatera. Bukit lawang awalnya merupakan penangkaran primata tersebut namun pada akhirnya ditutup karena alasan tertentu. 

Beberapa aktvitas yang bisa anda lakukan di bukit lawang antara lain trekking. Karena kondisi alamnya yang masih berada dalam kawasan nasional gunung leuser, trekking anda akan lebih memacu adrenalin. Perjalanan anda akan ditemani dengan hutan yang masih hijau dan asri. Selain trekking anda juga bisa melakukan tubbing, caving , menikmati air terjun atau sekedar melihat satwa liar seperti beruang madu, orang utan, harimau sumatera dan badak sumetera di taman nasional.

Jika ingin bermalam, sudah sangat banyak penginapan dan hotel yang tersedia di sekitar bukit lawang. Jika anda suka melakukan aktivitas yang menantang di dalam terbuka, bukit lawang merupakan tempat wisata terbaik di medan sumatera utara yang harus kamu kunjungi 

4. Taman Alam Lumbini
Taman Alam Lumbini
Taman Alam Lumbini via medan.panduanwisata.id
taman ini memiliki beberapa keistimewaan yang menarik wisatawan untuk berkunjung.  Yang paling mencolok adalah keberadaan replika pagoda shwedagon yang berada di Myanmar. Untuk sampai ke pagoda ini, anda harus melewati jembatan gantung sebagai jalur penyebrangan yang dipadukan dengan puluhan lentera yang bergantungan. Jembatan ini dikenal dengan nama tri lumbini. 

Di bawah jembatan, terdapat taman indah yang tertata rapi dan menawan. Setelah sampai area pagoda, anda akan di sambut kemegahan pagoda yang bercat emas. Relief dan patung-patung buddha mewarnai bangunan utama pagoda. Di bagian puncak pagoda, terdapat puluhan lonceng yang akan berbunyi jika tertiup angin.

 Di dalam pagoda, terdapat sebanyak 30 rupang arahat dan 108 relik suci serta 2.958 rupang buddha dan yang dibawa langsung dari Myanmar. Berada di areal pagoda ini, anda serasa berada di luar negeri. Taman lumbini berlokasi di Barus Jahe, Brastagi, Dolat Rakyat, Kabanjahe, Kabupaten Karo.

5. Museum TB Silalahi
Museum TB Silalahi
Museum TB Silalahi via pecintawisata.wordpress.com
Museum ini merupakan museum batak yang dibangun oleh T.b silalahi. Isi museum selain menceritakan perjalanan hidup T.B silalahi yang merupakan seorang jendral yang dulunya hidup sebagai anak penggembala, terdapat pula berbagai sejarah dan budaya batak di sumatera utara. Museum ini berlokasi di jalan pagar batu no.88 , desa silalahi, kecamatan balige, kabupaten toba samosir

Bagi anda yang ingin mengetahi sejarah batak dan berbagai kebudayaan batak, museum TB silalahi merupakan tempat wisata terbaik di medan sumatera utara yang wajib anda kunjungi. Terdapat beragam koleksi budaya batak yang ditampilkan disini, seperti budaya batak karo, toba, mandaling, angkola dan simalungun. 

Benda-benda bersejarah yang dipamerkan disana seperti pakaian, senjata, dan replika perkampungan batak menarik untuk anda nikmati.  Bangunan museum ini terdiri dari tiga lantai. Sedangkan replika bangunan batak berada di tempat yang berada huta Batak, bertempat di luar gedung utama museum. Disekeliling museum, anda akan dimanjakan pemandangan indah danau toba.

6. Hillpark Sibolangit
Hillpark Sibolangit
Hillpark Sibolangit via hilparksibolangit.co.id
hillpark sibolangit merupakan tempat wisata terbaik di medan sumatera utara yang wajib anda kunjungi.  hillpark sibolangit merupakan taman bermain terbesar di sumatera utara . terbagi atas 3 tema besar yaitu lost city, toon town dan heritage. The herritage mempunyai konsep kastil yang megah, wahana yang ada dalam the herritage antara lain  camelot shop, floor protection games, komedi putar, ombang ambing, bom-bom, bumper boat, disini anda juga bisa menonton film dengan teknologi 4D. 

The lost city berkonsep arsitektur purba bebatuan dengan krangka dinosaurus. Dizona ini terdapat permainan seru seperti Roller coaster, Ferries wheel, telecombat, ulang-alik, kereta hillpark, dan lost city food court. Sedangkan di zona toon town bernuansa anak kecil atau kartun. Terdapat berbagai wahana disini seperti baling-baling, mini bombom, battery car, dan sebagainya. 

Untuk tiket masuk dikenakan tarif sebesar rp. 10.000 dan tiket terusan rp. 45.000 dengan 15x bermain di wahana permainan. Dinamakan hillpark karena lokasinya berada di pegunungan sibolangit. Dapat ditempuh selama perjalanan 1 jam dari medan. 

7. Air Terjun Sigura-Gura
Air Terjun Sigura-Gura
Air Terjun Sigura-Gura via ksmtour.com
Air terjun ini terletak tidak jauh dari danau toba tepatnya berada di dusun sigura-gura, desa pintu pohon dolok, kecamatan pintu pohan meranti, kabupaten toba samosir.

air terjun sigura-gura dengan ketinggian mencapai 250 meter ini dinobatkan menjadi objek wisata air terjun tertinggi di indonesia. air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai salah satu PLTA dan sumber irigasi dengan dibangunnya bendungan sigura-gura. 

Banyak wisatawan datang kesiini untuk menghabiskan waktu dengan berfoto-foto. Anda juga bisa menaklukan arus sungai sekitar air terjun dengan rafting. Anda juga bisa mencoba panjat tebing disini. Tetapi harus didampingi dengan seseorang yang profesional dibidangnya.

Air terjun ini berada tak jauh dari danau toba tepatnya berada di dusun sigura-gura, desa pintu pohon dolok, kecamatan pintu pohan meranti, kabupaten toba samosir.

8. Taman Labirin Simalem Resort
Taman Labirin Simalem Resort
Taman Labirin Simalem Resort via meciko.blogspot.com
Kawasan ini dibangun menjadi daerah tujuan wisata di medan yang meggabungkan konsep agrowisata dengan kegiatan ekowisata dalam satu kawasan terpadu. bagi anda yang suka dengan teka teki  dan jungle track, taman labirin wajib kamu datangi. Resort ini juga menyediakan agro farm track sekaligus minum kopi atau teh segar.

Jika anda menginap, maka seluruh fasilitas tersebut bisa anda nikmati gratis, namun jangan khawatir bagi anda pengunjung non-tamu resort bisa menikmati beragam fasilitas mulai dari rp 25.000- rp. 200.000/kegiatan. Taman ini  berada di jalan raya merek-sidikalang kilometer 9, kabupaten Simangulung, Berastagi.

Nah, itulah diatas deretan obyek wisata terbaik di Medan Sumatera utara. Keren-keren bukan?