Saturday, June 9, 2018

author photo
Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur sekaligus kota terbesar nomor dua di Indonesia. Sebagai kota besar, tentu saja Surabaya menjadi pusatnya berbagai kegiatan, mulai dari pusat kegiatan pendidikan, pusat industri, bisnis dan banyak lagi. Selain itu surabaya juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Nah, ingin tahu mana saja tempat wisata terbaik di kota Surabaya yang menarik untuk dikunjungi? Berikut beberapa referensi untuk anda.

List Tempat Wisata Surabaya
  1. Ciputra Water Park
  2. Monumen Kapal Selam Pasopati
  3. Kebun Binatang Surabaya
  4. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo
  5. Taman Bungkul
  6. Pantai Kenjeran Baru
  7. Tugu Pahlawan
  8. Gwalk Pusatnya Kuliner

1. Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark via hargatiketmasuk.info
Ciputra waterpark merupakan arena unuk bermain aneka wahana air terbesar di Surabaya dengan luas sekitar 5 ha. Tema yang diusung taman ini adalah dongeng petualangan Sinbad. 

Semua wahana air di tempat ini adalah aman karena yang paling dalam saja hanya 1 meter, jadi Anda yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir akan tenggelam. 

Ada banyak wahana yang bisa Anda nikmati di waterpark ini, antara lain seperti Marina Lagoo, sebuah kolam renang anak-anak dengan kedalaman 40 cm, Roc Thunder Light, sebuah seluncuran dengan tinggi 15 meter dengan kecepatan tinggi, dan Syracuse Beach, sebuah wahana pantai dengan ombak buatan.

Sesuai dengan tema yang diusung waterpark ini, terdapat wahana yang bernama Sinbad Playground, sebuah wahana yang dirancang menjadi berbagai menara yang saling menyambung satu dengan lainnya. 

Ciputra Waterpark berlokasi di kawasan waterpark Boulevard Citraland, Sambikerep, Made, Surabaya. Untuk tiket masuknya saat weekday, Anda harus membayar sebesar 110 ribu dan weekend sebesar 130 ribu. Jam operasi mulai pukul 09.00-19.00.

2. Monumen Kapal Selam Pasopati
Monumen Kapal Selam Pasopati
Monumen Kapal Selam Pasopati via wikipedia.org
Monumen kapal Selam ini terletak di pusat kota Surabaya. Monumen kapal ini berhubungan dengan peristiwa KRI Pasopati 410 yang digunakan dalam pertempuran melawan Belanda sebagai upaya pembebasan Irian Barat.

Pengunjung diperbolehkan untuk masuk ke dalam perut kapal selam dan berkeliling melihat interior dalam kapal. Kapal selam ini berukuran kecil. Anda juga bisa melihat videodrama dengan durasi 15 menitan tentang sejarah kapal selam Pasopati dan sejarah berdirinya monumen tersebu. 

Bagi Anda yang berasal dari luar kota dan ingin mengunjungi museum kapal selam ini, alamat lengkapnya yaitu di jalan Pemuda No. 39, Embong Kaliasin, Genteng Surabaya. 

3. Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya via my-jurney89.blogspot.com
Kebun Binatang Surabaya merupakan satu-satunya kebun binatang yang ada di Surabaya sekalis menjadi salah satu kebun binatang terfavorit di Indonesia. Tempat konservasi hewan ini sudah menjadi ikon pariwisata yang tersohor di kota Surabaya, meskipun sudah bukan merupakan kebun binatang terlengkap se Asia Tenggara.

Kebun binatang ini memiliki banyak koleksi satwa, kurang lebih ada sekitar 350 spesies hewan mulai dari mamalia, aves, reptile, dan pisces. Setiap hewan di kebun binatang ini dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Seperti kategori unggas ada burung pelikan, jarak bali, merak dan berbagai macam burung yang ada di Nusantara. 

Koleksi hewan buasnya juga ada seperti harimau Sumatera, harimau putih, macan tutul, singa, dan beruang. Di bagian belakang Anda bisa melihat kandang untuk primata. Dan masih banyak sawa-satwa lain yang bisa Anda lihat di kebun binatang ini.

Kebun binatang Surabaya berlokasi di jalan Seail No. 1, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Untuk tiket masuk kebun adalah sebesar 15 ribu per orang dan dibuka setiap hari. 

4. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo
Wisata Hutan Mangrove Wonorejo
Wisata Hutan Mangrove Wonorejo via surabdja.blogspot.com
Hutan mangrove ini terletak di jalan Raya Wonorejo No. 1 Wonorejo, Rungkut, Surabaya. Wisata ini menyuguhkan pemandangan hijau yang indah dari jejeran pohon mangrove yang tumbuh rimbun. Lokasi wisata ini memiliki luas wilayah sekitar 200 hektar. Dengan lebih dari 145 burung berbagai jenis yang hidup di tempat ini. ada juga beberapa binatang yang dilindungi.

Anda dapat menaiki perahu yang telah disediakan untuk berkeliling mengitari hutan mangrove, dengan panjang sungai sekitar 5 km. Fasilitas lain yang dapat Anda nikmati adalah resto, gazebo untuk bersantai, jogging track, dan sentra oleh-oleh khas Surabaya. 

Jam operasional wisata hutan mangrove ini adalah setiap hari mulai pukul 08.00-16.00, dengan biaya tiket masuk dewasa 25 ribu dan anak-anak 15 ribu. 

5. Taman Bungkul
Taman Bungkul
Taman Bungkul via lihat.co.id
Surabaya memiliki banyak taman bermain yang indah, salah satunya ya taman Bungkul ini. taman ini mendapat predikat aman terbaik oleh PBB hal itulah yang membuat taman ini lebih istimewa dari taman-taman lain di Suranaya.

Dulu taman ini digunakan sebagai tempat berziarah ke Sunan Bungkul, ulama penyebar agama Islam di Surabaya. Lambat laun taman ini diubah menjadi tempa bermain yang mengasikkan bagi warga Surabaya dan sekitarnya. 

Fasilita yang terdapat di taman ini antara lain seperti wifi gratis yang dapat diakses oleh umum, tempat bermain anak-anak seperti area skate board, jogging track, dan air minum gratis bagi pengunjung. 

Selain bermain-main di aman ini, Anda juga bisa berziarah di makam Sunan Bungkul. Taman ini juga menjadi sentra PKL yang menjajakan berbagai makanan dan minuman. Taman ini berlokasikan di jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya. 

6. Pantai Kenjeran Baru
Pantai Kenjeran Baru
Pantai Kenjeran Baru via hotelmurahindonesia.com
Pantai Kenjeran lama yang telah terbengkalai kini mulai dibangun ulang berbagai fasilias penunjang agar tempat wisata ini dapat hidup kembali. Pantai Kenjeran baru juga disebut sebagai Kenpark atau Panta Ria Kenjeran. 

Terdapat berbagai fasilitas penunjang yang terdapat di pantai ini seperti wahana permainan anak, oilet umum dan kamar mandi, lapak-lapak yang menjual ikan-ikan segar, warung-warung makan dan kios-kios penjual pernak-pernik lucu. 

Pengunjung bisa menyewa perahu nelayan untuk berlayar berkeliling pantai, pengunjung akan dibawa untuk melihat Jembatan Suramadu yang lokasinya cukup dekat dengan pantai Kenjeran. 

Lokasi pantai Ria Kenjeran berada di jalan Sukolilo No. 100, Sukolilo, Bulak, Surabaya. Pantai ini buka setiap hari 24 jam. 

7. Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan via ngetren.co.id
Monumen Tugu Pahlawan Surabaya merupakan tempat wisata bersejarah yang patut Anda kunjungi ketika berada di Surabaya. Monumen berupa tugu pahlawan ini dibangun sebagai wujud penghargaan kepada jasa para pahlawan yang membantu meemrdekakan negara Indonesia di kota Surabaya. 

Peristiwa heroik ini terjadi pada tanggal 10 November 1945. Inilah mengapa pada setipa tanggal 10 November diperingai sebagai hari Pahlawan. Di area bawah tanah monumen tugu Pahlawan ini terdapat museum Tugu Pahlawan, di dalam monumen ini terdapat beberapa kisah-kisah sejarah Republik Indonesia dan dokumentasi pembangunan tugu ini. 

Tiket untuk bisa memasuki tugu Pahlawan ini adalah sebesar 5 ribu rupiah pada pintu masuk museumnya. Monumen Tugu Pahlawan ini berlokasikan di Alun-alun Contong, Bubutan, kota Surabaya. 

8. Gwalk Pusatnya Kuliner 
Gwalk Pusatnya Kuliner
Gwalk Pusatnya Kuliner  via adindanellaw.wordpress.com
Berwisata tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Ada tempat kulineran yang asik dan selalu ramai pengunjung di Surabaya, ya, G Walk tempatnya. G-Walk berlokasi di ruko taman Gapura G Walk Citraland, tepatnya di jalan Niaga Gapura No. 14, Lontar, Sambikerep, Surabaya. 

Segala jenis makanan yang Anda cari ada di tempat ini. mulai dari Indonesian Food, Chinese Food, Western Food, Japanese Food dan makanan lain yang pasti dapat memanjakan lidah Anda. 

Rekomendasi kuliner yang sayang untuk Anda lewatkan di G Walk antara lain sate taichan Nyot-nyot, sate ini memiliki bumbu khas yang memiliki rasa asin, gurih dan pedas, ada juga tteokbokki queen, makanan ini wajib dicoba bagi pecinta masakan korea, sensasi kenyal-kenyal dari kue beras dan pedas manis bumbunya menambah nikmat hidangan satu ini.

Selain itu ada pula seblak Jeletot Mpok Adek yang selalu ramai pembeli yang pastinya para pecinta makanan pedas ya. Makanan khas bandung ini memang sangat fenomenal dengan rasa pedas yang nampol. Yang unik dari seblak jeletot mpok Adek ini adalah toping lobsternya, dengan harga 30 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati seporsi seblak pedas yang nikma. 

G Walk sendiri sengaja dibangun untuk memfasilitasi Citraraya yang merupakan tempat hunian lengkap. Nama G Walk sendiri berasal dari kata Gapura Walk. Dan perlu diketahui, sedikitnya terdapat 98 cafe dan resto yang berjajar di area G Walk ini. Banyaknya menu yang di tawarkan membuat pusat kulineran ini tidak pernah sepi pembeli/pengunjung. 

Waktu yang paling pas untuk berwisata kuliner di G Walk ini adalah malam hari. Selain dapat menikmati aneka makanan yang lezat, pengunjung juga bisa menikmati indahnya kota Surabaya di malam hari, yang penuh gemerlap.

Itu dia beberapa tempat wisata terbaik di Surabaya Jawa Timur yang kami rekomendasikan sebagai tujuan berlibur mengasyikkan bersama keluarga.
Next article Next Post
Previous article Previous Post