Obyek Wisata Alam Harus Didatangin Saat di Pariaman Sumatera Barat

Bagi Anda  yang belum tau, Pariaman merupakan wilayah dataran rendah yang terletak di pantai barat Provinsi Sumatera Barat. Daerah ini, berjarak sekitar 25 KM dari Bandara Internasional Minangkabau atau sekitar 56 KM jika ditempuh dari Padang. Kota Pariaman memiliki pesona alam yang indah dan layak untuk dikunjungi saat liburan. Nah, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik yang wajib dikunjungi saat ke Pariaman. Obyek Wisata Terbaik yang Wajib Dikunjungi Saat Berada di Pariaman Sumatera Barat

1. Pantai Gandoriah
Pantai Gandoriah
Pantai Gandoriah via indonesiakaya.com
Kalau Anda sedang berada di pusat kota Pariaman, maka tempat wisata yang wajib Anda datangi adalah Pantai Gandoriah. Letaknya hanya 100 meter saja dari pusat kota. Pantai ini yang paling populer diantara pantai lainnya yang berada di daerah Pariaman. Yang menarik, Anda bisa naik kereta api dari pusat kota dimana Anda berada dan turun langsung didepan gerbang Pantai Gandoriah, karena terdapat stasiun kereta api didepan pintu masuknya. Jadi tidak perlu susah payah mencapai tempat ini.

Setelah turun dari kereta dan masuk kedalam gerbang, Anda akan disuguhi dengan panorama laut yang sangat indah dan mempesona. Dari lepas pantai gandoriah ini kita bisa melihat beberapa pulau kecil yang menghiasi lautan. Pulau tersebut adalah Pulau Kasiak, Pulau Angso Duo, Pulau tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosong dan Pulau Bando. Cukup dengan waktu 20 menit perjalanan menggunakan speedboat, pulau pulau tersebut bisa kita singgahi.

Selain menyuguhkan keindahan alam, Pantai Gandoriah juga menyediakan berbagai aktivitas rekreasi laut yang bisa kita pilih. Mulai dari selancar, berenang, olah raga pantai seperti voli dan masih banyak lagi. Jika Anda beruntung, Anda bisa juga melihat lautan manusia memenuhi Pantai Gandoriah ketika event Festival Tabuik diadakan.

2. Pulau Angso Duo
Pulau Angso Duo
Pulau Angso Duo via wisatatrend.com
Jika Anda punya hobi snorkling, Pulau Angso Duo merupaka tempat yang tepat untuk Anda kunjungi. Disini Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan, karena airnya sangat jernih. Untuk bisa singgah ke pulau ini Anda perlu menempuh perjalanan dari Pantai Gandoriah selama 15 menit menggunakan kapal motor.

Setelah tiba di Pulau Angso Duo Anda akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang lembut serta ombak yang tenang. Anda bisa memilih berbagai wahana pemicu adrenalin yang ditawarkan disini seperti banana boat dan donat boat dengan tarif sekitar 25.000 rupiah. Selain itu, Anda juga bisa snorkling dan menyelam untuk melihat beraneka terumbu karang yang masih terjaga serta ikan ikan kecil yang menghiasi karang tersebut.

Jika bosan dengan permainannya, Anda bisa memilih untuk menyusuri hutan yang berada di pulau ini. Dikawasan hutan, akan Anda temui kompleks makam Syaikh Katik Sangko yaitu ulama penyebar islam di Minangkabau. Tidak perlu khawatir akan tersesat, karena sudah ada jalur pejalan kaki yang memudahkan wisatawan melewatinya.

Setelah puas bermain, pengunjung bisa menikmati indahnya matahari terbenam di sore hari. Biasanya momen ini bisa diperoleh ketika pulang menuju Pantai Gandoriah atau bisa juga saat mendirikan kemah untuk menikmati malam di pulau ini.

3. Pulau Kasiak
Pulau Kasiak
Pulau Kasiak via pelangiholiday.com
Pulau lain yang bisa kita singgahi di daerah Pariaman adalah Pulau Kasiak. Sama dengan Pulau Angso Duo, untuk sampai ke Pulau Kasiak juga harus melalu Pantai Gandoriah dan menempuh perjalanan dengan kapal motor selama 20 menit.

Bagi pengunjung yang suka berswafoto atau selfie, tempat menarik yang menjadi favorit adalah  mercusuar yang ada disana. Karena menara mercusuar ini tinggi, dibutuhkan fisik yang kuat untuk menaiki tangganya agar sampai di puncak menara. Setelah berada diatas, pengunjung bisa leluasa melihat pemandangan laut yang indah atau sekedar mengambil foto untuk kenang kenangan.

Pulau Kasiak merupakan habitat para penyu belimbing dan penyu sisik, jadi tidak heran kalau ada tempat konservasi penyu milik Pemerintah Pariaman disini. Di tempat penangkaran inilah pengunjung sering melihat penyu penyu yang naik ke permukaan dan berjalan beriringan menuju laut lepas.

4. Pulau Ujung
Pulau Ujung
Pulau Ujung via visitpariaman.com
Selain Pulau Angso Duo dan Pulau Kasiak, di perairan Pariaman ini wisatawan juga bisa berekreasi di Pantai Ujung. Pulau ini diberi nama Pulau Ujung karena letaknya yang paling pinggir diantara pulau lainnya. Untuk sampai kesana membutuhkan waktu lebih lama yaitu sekitar 30 menit dari Pantai Gandoriah. 

Yang berbeda dari pulau ini adalah, banyaknya jenis ikan berbagai ukuran yang tumbuh dan berkembang biak. Sehingga menjadikan Pulau Ujung sebagai tempat menyenangkan bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing. Daya tarik lain dari Pulau ini adalah kerang kerang kecil yang bertaburan diatas hamparan pasir putih serta banyaknya pohon kelapa yang tumbuh.

5. Pantai Cermin
Pantai Cermin
Pantai Cermin via blog.airyrooms.com
Terletak di Kelurahan Karan Aur kurang lebih 1,5 Km keselatan kota Pariaman, Pantai Cermin menyuguhkan potensi alam yang menarik serta wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Untuk sampai ketempat ini aksesnya mudah dan jalannya terawat, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti angkot dan taksi.

Setelah sampai di pantai ini, pengunjung akan melihat pantai dengan pasir berwarna kuning gading namun tidak disertai dengan lumpur. Fasilitas dipantai ini cukup baik karena telah berdiri beraneka taman dan tempat bermain. Dilengkapi juga dengan sebuah restoran seafood yang menyediakan kuliner seperti cumi goreng, gulai kepala ikan, serta aneka olahan ikan laut lainnya.

Dikawasan ini terdapat Taman Anas malik yang didalamnya dibangun banyak bungalo serta rumah pohon untuk beristirahat serta menikmati angin sepoi dan indahnya pantai. Anak anak juga bebas bermain dengan berbagai wahana dan aktivitas outbound yang sudah disediakan. Selain Taman Anas Malik, ada juga Taman Skatepark yang langsung berhadapan dengan Pantai. Tempat ini biasa diguankan untuk berlatih para olahragawan inline skate seperti sepatu roda dan skateboard.

6. Hutan Pinus Pantai Kata
Hutan Pinus Pantai Kata
Hutan Pinus Pantai Kata via antarafoto.com
Menuju ke bagian paling selatan Kota Pariaman yaitu Desa Taluak, Karan Aur, kita akan menjumpai lebatnya hutan pinus Pantai Kata. Rindang dan hijaunya pohon pinus berpadu dengan pasir putih serta jernihnya air laut menambah elok pemandangan di pantai ini.

Hutan pinus Pantai Kata Pariaman berjarak sekitar 1,5 Km dari pusat kota. Cukup mudah untuk menemukan tempat ini karena ada tulisan di gerbang pintu masuknya. Disini pengunjung bisa melakukan kegiatan olahraga air maupun berfoto dengan pohon pohon pinus. Fasilitas di tempat ini termasuk lengkap dengan adanya toilet, kafe, mushola, serta beberapa warung penjual makanan dan minuman.

7. Air Terjun Nyarai
Air Terjun Nyarai
Air Terjun Nyarai via lubbuk-aluang.blogspot.com
Indahnya Air Terjun Nyarai membuat wisatawan rela menempuh perjalanan hingga ke pelosok daerah Pariaman. Untuk sampai ke tempat wisata ini kita harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam mendaki dari Hutam Gumaran, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Pariaman.

Namun ketika sampai di tempat tujuan, perjalanan berat tadi serasa terobati setelah melihat pesona Air Terjun setinggi 8 meter ini. Tepat berada didepan air terjun terdapat bebatuan yang membentuk kolam dengan airnya yang berwarna kehijauan. Menambah asri wisata alam yang tergolong baru ini. Disini pengunjung bisa berenang, memancing serta bermain air bersama ikan ikan yang menjadi penghuni kolam air terjun. 

Ketika musim hujan tiba, aliran air terjun bisa sangat deras, warnanya cenderung keruh serta relatif tidak aman. Sehingga wisatawan dihimbau untuk datang mengunjungi Air Terjun Nyarai ini pada musim panas atau musim kemarau.

8. Air Terjun Baburai
Air Terjun Baburai
Air Terjun Baburai via pasangmata.detik.com
Air terjun yang paling populer di Pariaman Sumatera Barat adalah Air Terjun Baburai. Wisata alam ini terletak di nagari Sikucur, Kecamatan V Koto kampung dalam, Pariaman.  Disini tidak hanya wisatawan lokal saja yang datang berkunjung namun wisatawan asing juga ikut menikmati keindahan alam yang disuguhkan air terjun ini.

Di kawasan air terjun ini sudah dibangun saranan penunjang seperti tangga yang memudahkan pengunjung berjalan jalan, ada juga PLTA dan bendungan PDAM yang dimanfaatkan warga sekitar. Selain itu, telah dilakukan perbaikan jalan seperti pengaspalan untuk menuju lokasi wisata ini sehingga aksesnya menjadi lebih mudah.

9. Tirta Alami Malibo Anai
Tirta Alami Malibo Anai
Tirta Alami Malibo Anai via fhiaft.blogspot.com
Untuk melepas lelah setelah melakukan perjalan panjang, tidak ada salahnya mampir ke tempat pemandian alam milik Anai Resort yang terletak di Malibo Anai, Kecamatan Kayu Tanam, Pariaman ini. Cukup menempuh jarak sekitar 60 KM dari Kota Padang selama kurang lebih 2 jam. Kita akan merasa segar kembali setelah menikmati wisata di tempat ini.

Pemandian alam ini memiliki air yang jernih serta desain kolam yang unik dengan batu batuan kali yang tersusun rapisecara alami. Kolam kolamnyapun sudah dibedakan menurut kedalamannya, sehingga anak anak juga bisa bermain air disini. Ada juga air terjun buatan yang bisa kita jadikan tempat mengambil foto bersama keluarga. Serta kegiatan outbound agar pengunjung tidak bosan

Tirta Alami Malibo Anai termasuk destinasi wisata yang memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari penginapan, resort, lapangan golf, serta banyak warung warung yang menjajakan makanan dan minuman. Kita juga bisa membawa sendiri makanan dari rumah dan memilih piknik di tempat sejuk ini.

Nah, itulah diatas beberapa tempat wisata alam terbaik yang bisa Anda datangi ketika berencana liburan di Pariaman, Sumatera Barat. Selamat berlibur.