Obyek Wisata Terbaik di Tanjung Balai Sumatera Utara

Perlu diketahui, Tanjung Balai merupakan sebuah kota di Sumatera Utara yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Dan sebagaimana yang kita tahu, selat Malaka sendiri merupakan wilayah transportasi air yang sangat strategis dan juga ramai.

Setelah pecah dari kota Asahan, kota Tanjung Balai mulai berdiri sendiri menjadi kota berkembang dengan banyak potensi atau daya tarik yang dimiliki. Salah satunya tentu potensi wisatanya yang sangat mempesona. Bicara tentang obyek wisata, tentu saja di daerah ini terdapat banyak sekali. Beberapa diantaranya, adalah sebagai berikut:

1. Sungai Asahan
Sungai Asahan
Sungai Asahan via jadiberita.com
Sungai Asahan menjadi sungai terpanjang di Sumatera Utara yang melintasi 5 wilayah kabupaten yang juga menjadi ikon wisata dari Tanjung Balai. Sungai ini mengalir dari Danau Toba dan berakhir di teluk Nibung. Panjang sungai ini sekitar 150 km. 

Kegiatan yang dapat Anda lakukan di aliran sungai ini adalah arum jeram. Selain itu Anda juga bisa menyewa sampan kecil untuk berkeliling sungai hingga puas. Anda akan melihat banyak nelayan yang sedang melakukan aktivitasnya masing-masing untuk mendapatkan ikan. 

Sambil mendayung sampan Anda bisa menikmati pemandangan alam yang begitu indah dan alami. Hijau pepohonan dan deretan kapal-kapal besar yang sedang berlabuh. 

Lelah mendayung sampan Anda bisa beristirahat sejenak dengan minum kopi dan makan gorengan yang di jual di warung-warung dekat sungai ini. Bisa dibilang, berlibur disini sangat murah meriah namun tetap mengasikkan. 
2. Taman Pesona Asri
Taman Pesona Asri
Taman Pesona Asri via id.fourquare.com
Taman Pesona Asri terletak di kecamatan Datuk Bandar, Tanjung Balai, Sumatera Utara ini menjadi pusat hiburan bagi masyarakat Tanjung Balai, karena di wilayah ini masih sedikit sekali destinasi-destinasi wisata yang dapat dikunjungi di saat liburan. 

Taman ini selalu ramai pengunjung setiap harinya, apa lagi jika mulai memasuki musim liburan. Pengunjung taman semakin membludak saja. Terlebih lagi setelah dibangun wahana bermain water boom sebagai salah satu daya tarik dari taman ini.

Tempat bermain dengan wahana permainan ini sangat memudahkan warga dalam hal rekreasi, karena biasanya msyarakat Tanjung Balai harus pergi ke Medan jika ingin merasakan bermain wahana air. 

Wahana yang dapat pengunjung nikmati antara lain kolam renang dan wisata kulinernya yang tidak bisa dilewatkan. Selain itu Anda juga bisa bermain flying fox, time zone, karaoke keluarga dan kolam sepeda air. Cukup lengkap bukan. 

3. Vihara Tri Ratna
Vihara Tri Ratna
Vihara Tri Ratna via beritagar.id
Salah satu Vihara terkenal di kota Tanjung Balai ini adalah Vihara Tri Ratna. Lokasi vihara ini berada di jalan H. Agus Salim No. 99, P. Selesai Kab Langkat, Tanjung Balai Selatan. Vihara ini menyuguhkan keindahan dari arsitektur bangunannya. Vihara ini telah berdiri dari tahun 1980-an.

Bangunan vihara terdiri atas enam lantai yang memiliki fiungsi berbeda-beda. Ada bangunan ruang khusus meditasi, ruang kebaktian, tempat tinggal Bikkhu dan Bikkhuni, dan aula umum. 

Di atas atap vihara terdapat patung Amithaba yang besar, tingginya saja mencapai 6 meter. Di saat hari-hari besar umat Buddha, lokasi vihara ini akan rami dan dihiasi dengan berbagai pernik untuk menyambut hari besar tesebut. Ada berbagai lomba dan bazar yang diselenggarakan sehingga suasan bertambah meriah.  

Anda dapat mengunjungi tempat wisata religi ini dan berkeliling melihat indahnya bangunan vihara yang sudah cukup lama berdiri ini. 

4. Jembatan Tabayang
Jembatan Tabayang
Jembatan Tabayang via kampungpagahjember.blogspot.com
Jembatan Tabayang merupakan sarana transportasi sebagai sara penghubung antar kota dan antar kabupaten, selain itu jembatan ini juga menjadi objek wisata Tanjung Balai. 

Jembatan ini dibangun pada tahun 2008 dengan panjang jembatan mencapai 600 meter. Jembatan ini berdiri kokh di atas sungai Asahan, sungai terpanjang di wilayah Sumatera Utara. 

Nama jembatan ini diambil dari bahasa lokal Melayu Pesisir yaitu Tabayang yang memiliki arti terbang. Selain iu, warga sekitar mengatakan bahwa Tabayang memiliki kepanjangan kata Tanjung Balai dan desa Sei Kepayang. 

Anda bisa menikmati indahnya sungai Asahan dari atas jembatan ini, dengan pemandangan hijau pepohonan menambah asri suasana. Apa lagi ketika malam tiba, sorot dari lampu-lampu yang berada di jembatan menambah keromantisan malam. Anda juga bisa menikmati berbagai makanan yang dijual disekitar jembatan tersebut. 

5. Teluk Nibung
Teluk Nibung
Teluk Nibung via aceh.tribunnews.com
Pelabuhan yang terdapat di tanjung balai merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengang Tanjung Balai. Teluk Nibung menjadi jalur transportasi laut yang sangat penting di Sumatera Utara, banyak kapal-kapal besar yang beroperasi di wilayah ini.

Teluk yang menjadi pusat transportasi laut Sumatera Utara ini juga dijadikan pusat distribusi barang-barang oleh masyarakat Labuhan Batu dan Kepulauan Riau. Selain itu, teluk ini juga merupakan jalur ekspor impor hasil bumi maupun hasil laut ke negara tetangga, Malaysia dan Singapura.

Oleh sebab itu pelabuhan di teluk Nibung ini selalu ramai. Anda dapat berkunjung ke tempat ini dan menikmati aktivitas-aktivitas masyarakat setempat. Selain itu juga bisa melihat kapal yang berlalu-lalang di perairan ini. Anda juga bisa berbelanja ikan hasil tangkapan nelayan yang tentunya masih segar. 

6. Pulau Besusen
Pulau Besusen
Pulau Besusen via taslabnews.com
Pulau Besusen merupakan pulau terluas yang berada di perairan sungai Asahan. Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 25 hektar. Keindahan yang ada disekitar pulau Besusen yakni sungai Asahan akan menambah indah lokasi wisata ini. 

Anda dapat menikmati indahnya sunset dari pulau ini di sore hari. Meskipun tergolong tempat wisata yang sangat baru sekali dan masih dalam tahap pembangunan fasilitas pendukung objek wisata, namun tempat ini memiliki keindahan panorama alam yang tidak kalah cantik dari tempat-tempat wisata alam lainnya. 

Pulau Besusen ini juga memiliki riwayat sejarah yang unik, dari cerita warga setempat, dikatakan bahwa di pulau ini terdapat Patung Sigale-gale. Patung inilah yang bisa dijadikan ikon wisata pulau Besusen. 

7. Pajak Ikan Bosar
Pajak Ikan Bosar
Pajak Ikan Bosar via apakabarsidimpuan.com
Tentu saja di wilayah wisata bahari seperti Tanjung Balai ini terdapat banyak sekali hasil laut yang diperjual belikan. Salah satu tempat pelelangan ikan atau bisa disebut pasar ikan di Tanjung Balai yang terkenal dan yang paling ramai pengunjung adalah Pajak Ikan Bosar. 

Pasar ikan ini menjual berbagai hasil tangkap laut yang pastinya masih segar karena baru ditangkap dari laut. Dagangan yang dijual antara lain seperti aneka jenis ikan, cumi-cumi, kerang daguk atau kerang batu, kerang bulu, dan sotong.

Tempat ini juga merupakan lokasi ikan-ikan berkualitas ekspor. Pasar ikan ini buka dua kali setiap harinya yaiu pagi hari dan sore hari. Pasar ikan ini terletak di jalan Asahan tepat di samping pos Polisi Perairan dan di samping pasar ini terdapa pula pasar dengan nama Pajak Kawat.

Anda bisa menjumpai beraneka jenis ikan asin yang tidak terdapat di daerah lain seperti ikan asin Mayung yang sangat terkenal. Ada juga ikan teri medan, udang asin dan terasi udang. 

Anda bisa berbelanja ikan sepuasnya di pasar ikan ini untuk oleh-oleh keluarga dan teman di rumah. 

8. Lapangan Pasir Tanjung Balai
Lapangan Pasir Tanjung Balai
Lapangan Pasir Tanjung Balai via tanjungbalaiasahan.wordpress.com
Lapangan Pasir Tanjung Balai atau Lapangan Sultan Abdul Jalil merupakan Lapangan Merdeka yang terdapat di kota ini. Jika malam tiba, lapangan ini akan menyuguhkan pemandangan kota Tanjung Balai yang indah dengan siraman cahaya lampu kota di sekeliling lokasi lapangan ini

Tepat di tengah-tengah lapangan terdapat sebuah bangunan podium ber relief cangkang kerang besar, seperti julukan yang diberikan pada kota ini, yaitu kota kerang. 

Kota Tanjung Balai ini memang penghasil kerang terbesar di wilayah Sumatera Utara. Lapangan ini juga multifungsi. Di tempa ini sering diadakan event-event tahunan seperti lomba-lomba perayaang 17 Agustus, kemudian tempat pengajian akbar, dan pagelaran seni budaya.

Selain itu lapangan ini juga digunakan oleh pemerintah kota untuk menyelenggarakan upacara bendera kemerdekaan Indonesia, Festival kota Kerang, pasar malam untuk hiburan rakyat dan kegiatan-kegiatan lain yang mengikut sertakan masyarakat secara keselruhan. 

Ketika akhir pekan tiba, lapangan iniakan ramai pengunjung untuk menikmati tempat hiburan yang murah meriah atau sekedar jalan-jalan santai dan menikmati pemandangan. 

Pada malam hari juga biasanya ramai dikunjungi anak-anak kecil yang bermain odong-odong, mandi bola, main kereta-keretaan, dan bermain mobil remote control. 
Itulah beberapa tempat wisata terbaik di Tanjung Balai Sumatera Utara yang kami rekomendasikan untuk anda.