Sembilan Tips Wisata Hemat tanpa Travel Agent

Tips wisata hemat tanpa travel agent, bagaimana, ya kira-kira? Berlibur merupakan kebutuhan setiap manusia setelah menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas keseharian yang padat dan menjenuhkan. Ada banyak tempat wisata seru di setiap sudut tempat di Indonesia, akan tetapi tidak semua orang bisa atau bahkan mengetahui berbagai tempat wisata seru tersebut. Sehingga secara tidak langsung, ketidaktahuan ini juga menghambat eksplorasi wisata pada orang-orang tersebut.

Dewasa ini sudah semakin mudah untuk mencari tahu tentang apa pun yang sebelumnya tidak diketahui, ialah melalui internet. Bukan kendala berarti sebenarnya ketika beberapa orang tidak banyak mengetahui berbagai tempat wisata seru di berbagai belahan Indonesia. Sebab melalui internet, siapa pun bisa mencari tahu mengenai berbagai tempat wisata seru di Indonesia.

Terdapat pula banyak agen travel yang akan menawarkan jasanya untuk orang-orang yang tidak menguasai banyak tempat wisata. Hal ini baik dan sangat bermanfaat, memang. Namun, di luar dari berbagai segi positif yang diberikan oleh agen travel itu, ada juga segi kurang positif yang ditimbulkannya. Misal, dana yang berlebih untuk membayar agen travel dan destinasi wisata yang tidak bisa bebas karena harus mengikuti jadwal dari agen travel.

Jadwal yang terorganisir memang amat baik untuk beberapa orang yang terbiasa dengan rencana. Namun, tidak demikian halnya untuk sebagian lain orang yang lebih menyukai eksplorasi secara mendalam. Oleh sebab itu, setidaknya di bawah ini ada sembilan poin penting sebagai tips wisata hemat tanpa travel agent:

1. Jika bermaksud untuk berwisata di luar negeri, ada baiknya untuk mencari tahu secara mendalam mengenai apa saja destinasi wisata yang ada. Melalui internet, tentu semuanya akan lebih memudahkan. Pastikan bahwa lokasi destinasi wisata tersebut letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi menginap dan bisa dijangkau dengan kendaraan umum. Serta yang lebih terpenting adalah pastikan destinasi wisata tersebut memang menawarkan sesuatu yang menyenangkan dan tidak akan terlupakan dalam jangka waktu yang lama.
berwisata di luar negeri
berwisata di luar negeriberwisata di luar negeri via blog.vakamo.com
2. Rajin memeriksa promo tiket pesawat. Sekarang ini sudah banyak maskapai penerbangan yang menawarkan berbagai promosi untuk penerbangan ke berbagai tempat. Jika ingin liburan dengan dana yang seminim mungkin maka salah satunya adalah dengan memanfaatkan tiket promo pesawat. Usahakan juga untuk mendapatkan tiket promo pulang dan pergi. Saat keberangkatan mungkin tidak akan terlalu menimbulkan perasaan khawatir karena berangkat dari negeri sendiri (jika hendak berlibur ke negeri orang), namun saat kepulangan, rasa khawatir itu harus ditekan dengan mempersiapkan tiket kepulangan lebih awal. Hal ini juga menghindari keadaan jika sewaktu-waktu tiket pesawat melonjak naik atau uang saku habis di negara orang lain.
Rajin memeriksa promo tiket pesawat
Rajin memeriksa promo tiket pesawat via bto.co.id
3. Ajak teman yang seirama saat berlibur. Untuk menikmati liburan yang menyenangkan, tentu dibutuhkan berbagai faktor, salah satunya adalah teman berlibur yang asyik. Saat berlibur, seringkali terjadi perbedaan pendapat antara satu dengan lain orang dalam hal cara menikmatinya. Namun, hal tersebut tentu tidak akan terjadi jika teman yang diajak berlibur memiliki karakter kepribadian seragam. Rasanya akan sangat menyebalkan, pasti, jika ketika berlibur, ada salah satu teman yang tidak menikmati liburan tersebut.
Ajak teman yang seirama saat berlibur
Ajak teman yang seirama saat berlibur via travelnatic.com
4. Mencari penginapan yang sesuai dana. Tujuan dari berlibur adalah untuk melepaskan penat dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata. Jika diperlukan menginap maka berusahalah untuk mencari penginapan yang cukup nyaman, fasilitasnya baik dan cukup, strategis ke tempat wisata dan angkutan umum, serta yang terlebih penting adalah harga yang ditawarkannya masuk ke anggaran dana atau bahkan kurang. Pun demikian, tetaplah pertimbangkan kenyamanan saat beristirahat. Meskipun hanya akan menggunakan penginapan beberapa waktu saja, akan tetapi kenyamanan dalam segala aspek tentu harus diperhatikan dengan baik saat berlibur.
Mencari penginapan yang sesuai dana
Mencari penginapan yang sesuai dana via pegipegi.com
5. Siapkan dana yang berlebih. Meskipun niatnya adalah berlibur hemat, akan tetapi segala kemungkinan harus dipersiapkan juga. Itulah mengapa di atas disebutkan untuk mencari penginapan murah, tiket promo, dan lain-lain. Semua itu untuk mendukung tidak terjadinya pengeluaran akan dana yang berlebihan. Jika sudah berhasil untuk menekan dana tersebut, bukan berarti sisa uang yang dimiliki bisa dialihkan untuk hal lain. Setidaknya ketika masa liburan masih berlangsung, dana tersebut bisa disimpan untuk berbagai keperluan mendadak nantinya.
Siapkan dana yang berlebih
Siapkan dana yang berlebih via infomudikgratis.blogspot.com
6.  Memilih tempat makan yang ramah dompet. Berlibur tentu butuh makan dan minum. Salah satu kendala saat berlibur adalah tidak mengetahui lokasi mana saja yang menyediakan menu makanan enak, tetapi ramah dompet. Oleh sebab itu, jika berlibur bersama teman-teman, carilah tempat makan yang menyediakan menu paket untuk banyak orang. Selain makanannya akan lebih mengenyangkan, harga yang ditawarkan juga bisa dibagi-bagi dengan teman sehingga cenderung lebih ramah di dompet. Namun, jika berlibur hanya dengan satu atau dua teman saja maka usahakan untuk menghindari makan di kafe atau restoran. Makan di pinggir jalan pun tidak akan mengurangi serunya berlibur karena yang terpenting adalah kunjungan ke beberapa destinasi wisata, bukan menu makanan apa yang dipilih.
Memilih tempat makan yang ramah dompet
Memilih tempat makan yang ramah dompet via mivecblog.com
7. Siapkan dana untuk berbagai kemungkinan pengeluaran. Selain destinasi wisata yang harus terlebih dahulu dipikirkan maka dana juga sama pentingnya untuk lebih dulu direncanakan. Sedari awal akan berangkat atau jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, pastikan bahwa setiap aktivitas yang dilakukan saat berlibur terhitung dananya. Lakukan perhitungan tersebut sedetail mungkin, dari mulai dana untuk keberangkatan, penginapan, makan sekian kali, biaya ke destinasi wisata yang akan dikunjungi, ongkos kendaraan, dana kepulangan, bahkan sampai hal terkecil; membeli air mineral di perjalanan atau membeli makanan ringan. Hal ini juga menghindari terpakainya dana cadangan yang disiapkan.
Siapkan dana untuk berbagai kemungkinan pengeluaran
Siapkan dana untuk berbagai kemungkinan pengeluaran via economy.okezone.com
8. Hindari bepergian saat akhir pekan atau pekan liburan. Akhir pekan dan pekan liburan tentu menjadi prioritas berlibur untuk banyak pekerja dan pelajar. Ada banyak resiko yang ditimbulkan, ialah kemacetan, ramainya lokasi wisata, naiknya harga penginapan, susahnya mencari penginapan, dan lain-lain. Ada baiknya untuk mengambil cuti beberapa hari untuk berlibur. Dengan demikian, pencarian kendaraan pun tidak akan begitu melelahkan karena kondisi lalu lintas yang otomatis tidak seramai saat libur. Harga penginapan juga lebih bersahabat saat hari biasa. Serta tentunya lokasi wisata juga tidak akan begitu ramai seperti hari-hari libur.
Hindari bepergian saat akhir pekan atau pekan liburan
Hindari bepergian saat akhir pekan atau pekan liburan via ilmuwisata.web.id
9.  Tips wisata hemat tanpa travel agent terakhir adalah beli oleh-oleh murah meriah. Setelah berlibur, tentu salah satu yang dinantikan orang lain adalah oleh-oleh atau buah tangan. memlilih oleh-oleh, tidak perlu yang mahal agar mengesankan liburan yang seru. Namun, pilihlah oleh-oleh paling khas dari daerah kunjungan dan pilihlah harga yang paling efisien agar bisa membeli dalam jumlah lebih banyak.
Tips wisata hemat tanpa travel agent terakhir adalah beli oleh-oleh murah meriah
Tips wisata hemat tanpa travel agent terakhir adalah beli oleh-oleh murah meriah via travel.kompas.com
Inti dari liburan adalah bersenang-senang, bukan berfoya-foya. Jadi, selama bisa menekan dana sehemat mungkin, kenapa tidak untuk mengaplikasikan tips wisata hemat tanpa travel agent di atas.