Friday, June 8, 2018

author photo
Sungai Penuh merupakan salah satu kota madya yang ada di Jambi. Kota ini dikelilingi oleh bukit hijau serta lembah kerinci yang subur, yang sekaligus menjadi daya tarik kota ini. Namun bukan itu saja, terdapat beberapa tempat wisata lain yang ada di Sungai Penuh Jambi yang juga menarik untuk. dikunjungi. Apa saja tempat-tempat wisata tersebut, simak ulasan beriku ini. Daftar Obyek Wisata Terbaik di Sungai Penuh Jambi

1. Pesona Bukit Khayangan
Pesona Bukit Khayangan
Pesona Bukit Khayangan via sumatranesia.com
Bukit Khayangan merupakan tempat wisata alam yang menyajikan rangkaian bukit barisan dengan pesona alam yang indah. Lokasi bukit Khayangan ini terbilang sangat jauh dari kota Jambi, meskipun begitu banyak wisatawan yang berkunjung ke bukit ini untuk sekedar menikmati keindahan alamnya. 

Nama Khayangan sendiri menggambarkan suasana bukit ini yang sejuk, dengan banyak kabut yang menyelimuti pemandangan alam di bawahnya seakan-akan berada di atas khayangan. 

Suhu di bukit ini cukup dingin yaitu sekitar 20 derajat celcius dengan ketinggian bukit mencapai 2 ribu meter di atas permukaan air laut. Letak bukit ini berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). 

Pengunjung dapa menyaksikan keindahan alam dari atas bukit yang sejuk dan cantik dengan diselimuti kabut tipis. Anda bisa mengabadikan momen indah ini dengan berfoto di spot-spot yang Anda inginkan. Bukit Khayangan berlokasi di desa Binakarya, kota Sungai Penuh Jambi. 

Fasilitas yang disediakan di tempat ini antara lain gazebo, saung, tempat istirahat, toilet, dan area parkir yang luas. Anda dapat berkunjung ke bukit ini di saat liburan tiba. 

2. Bukit Sentiong
Bukit Sentiong
Bukit Sentiong via dananwahyu.com
Bukit Sentiong merupakan tempa yang cocok untuk menikmati pemandangan kota Sungai Penuh dari ketinggian benar benar bak surga. A[pa lagi di malam hari, gemerlap lampu-lampu kota akan terlihat begitu indah dari kejauhan.

Tempat ini akan semakin ramai di kunjungi wisatawan pada sore hari hingga malam hari. Pemandangan yang indah membuat pengunjung beah berlama-lama di bukit ini. anda bisa duduk-duduk santai atau berfoto di spot-spot yang bagus dengan pemandangan kota Sungai Penuh sebagai background. 

Bukit Sentiong berada di pinggir kota Sungai Penuh jaraknya sangat deka dengan pusat kota Sungai penuh, kra-kira hanya 5 menit perjalanan. Perpaduan antara suasana alam dan suasana kota membuat tempat ini lebih menarik untuk dikunjungi. 

3. Bukit Simancik
Bukit Simancik
Bukit Simancik via jambi.tribunnews.com
Bukit Simancik terletak di dusun Sungai Jeruang, desa Sungai Jernih, kota Sungai Penuh, Jambi. Tempat wisata bukit Simancik ini tergolong baru di kota Sungi Penuh, tempat wisata ini telah dikelola cukup baik oleh organisasi kepemudaan dusun Sungai Jeruang. 

Pemandangan yang indah dari atas bukit menjadi daya tarik tempat ini. udara yang sejuk dan suasana yang tenang dan nyaman cocok digunakan untuk melepas penat dari aktivtas sehari-hari. 

Namun tempat wisata satu ini masih menim akan fasilitas, serta jalan menuju bukit ini belum bisa dilalu kendaraan mobil maupun motor. Sehingga pengunjung harus berjalan untuk dapat sampai ke lokasi bukit Simincak. 

4. Kebun Teh dan Aroma Pecco yang Hijau
Kebun Teh dan Aroma Pecco yang Hijau
Kebun Teh dan Aroma Pecco yang Hijau via gemakerinci.com
Kebun teh ini terletak di desa Bedeng Delapan Kayu Aro, sekitar 50 km dari kota Sungai Penuh. Setelah Anda tiba di desa Bedeng Delapan, akan terlihat gerbang dengan papan nama yang bertuliskan selamta datang di Aroma Pecco. 

Di tempat perkebunan teh ini, Anda bisa menikmati pemandangan kebun teh yang luas membentang seperti karpet hijau, dari tempat ini nampak jelas gagahnya gunung Kerinci yang berdiri kokoh. 

Terdapat pula danau dengan ikan yang banyak yang berada di tengah taman. Fungsi danau ini dahulu saat masa penjajahan Belanda adalah sebagai wadah penampung  air hujan yang digunakan untuk mengairi perkebunan.

Tempat ini juga dilengkapi fasilitas pendukung lain seperti dermaga, pondokan, toilet dan lain sebagainya. Yang tentunya semakin menambah nyaman tempat wisata kebun teh ini. 

5. Air Panas Semurup
Air Panas Semurup
Air Panas Semurup via yotube.com
Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang wajib Anda kunjungi jika Anda berkunjung ke kabupaten Kerinci. Lokasi wisata ini terletak di desa Air Panas Baru, kecamatan air hangat, sekitar 11 km dari kota Sungai Penuh. 

Air panas Semurup ini berasal dari kegiatan vulkanik gunung Kerinci, gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. sebenarnya ada banyak tempat yang mengeluarkan air panas di sekitar gunung Kerinci, namun yang menjadi favorit adalah sumber air panas Semurup. 

Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini, apa lagi jika musim libur tiba. Bahkan pengunjung luar kota pun rela melakukan perjalanan jauh demi bisa melihat secara langsung sumber air panas Semurup ini. 

6. Danau Kaca yang Indah
Danau Kaca yang Indah
Danau Kaca yang Indah via ksmtour.com
Danau Kaca merupakan danau yang indah dengan keadaan perairan yang hijau kebiru-biruan dan sangat jernih. Danau ini memiliki luas kira-kira 900 meter persegi dan cukup dalam. Walaupun kedalaman airnya tidak bisa diukur dan diperkirakan, namun anehnya dasar danau ini bisa terlihat jelas dari permukaan air. 

Berdasarkan kisah dari warga sekitar, ikan di danau ini hanya bisa diambil menggunkan kail saja, alaalat lain tidak akan bisa digunakan. Hal ini tentunya menjadikan danau tersebut terasa lebih misterius lagi. 

Meskipun banyak cerita-cerita misterius mengenai danau tersebut, tetap saja danau kaca tidak pernah sepi pengunjung, apa lagi para pecinta alam yang sering menjelajahi lokasi danau ini. 

Danau ini memiliki cerita legenda yaitu bahwa setiap bulan purnama, danau ini mengeluarkan cahaya yang terang. Pengunjung bahkan tidak memerlukan alat penerangan apa pun karena cahaya hang dikeluarkan danau ini. 

Danau kaca terletak di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Untuk sampai ke wilayah danau, pengunjung harus berjalan sekitar 2 jam dari desa Lempur, kecamatan gunung Raya dan melintasi kawasan TNKS. 

7. Air Terjun Pendung
Air Terjun Pendung
Air Terjun Pendung via kerincitraveling.wordpress.com
Nama Pendung diambil dari nama lokais tempat air terjun ini berada. Alamat lengkap danau ini adalah desa Pendung, kecamaan Air Hangat, kabupaten kerinci. Sekitar 10 km dari kota Sungai Penuh. 

Air terjun ini tidak pernah sepi pengujung, baik pengunjung lokal maupun luar daerah. Akan lebih ramai pada hari Sabtu dan Minggu, terlebih lagi jika musim liburan elah tiba. Waktu yang paling tepat ketika mengunjungi wisata air terjun ini adalah pagi hari dan kembali pada sore hari. 

Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda di rumah warga sekitar lokasi air terjun. Dari pintu masuk air terjun Anda harus melakukan perjalanan sekitar satu jam. Di sepanjang perjalanan Anda akan melewati perkebunan masyarakat setempat, hutan dan beberapa sungai kecil yang harus disebrangi. 

Lelah karena menempuh perjalanan yang cukup panjang akan terobati dengan indahnya air yang meluncur dari ketinggan 16 meter dengan pemandangan sekeliling yang  masih sanga asri. Anda bisa berenndam atay sekedar merendam kaki yang lelah setelah berjalan lama. 

8. Danau gunung Tujuh
Danau gunung Tujuh
Danau gunung Tujuh via aeronusantara.blogspot.com
Danau gunung tujuh merupakan wisata yang indah sekaligus unik. Karena letak danau ini yang berada di puncak gunung Tujuh yang melewati hutan belanara dan jauh dari perkampunagn penduduk. Lokasi danau ini sekitar 5 km dari kota Sungai Penuh atau sekitar 1,5 jam perjalanan.

Danau ini terletak di tengah-tengah gunung tujuh dengan ketinggian danau sekitar 1.950 meter dari atas permukaan air laut.danau ini juga menjadi satu-satunya danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara. Keunikan lain dari danau ini adalah hanya terdapat satu jenis ikan yang dapat hidup di perairan ini yaitu ikan kapereh,tidak ada ikan lain selain ikan ini. 

Tujuh gunung yang ada di sekeliling danau ini yaitu gunung hulu Tebo, gunung Hulu Sangir, gunung Madura Besi, gunung Lumut, gunung Selasih, gunung Jar Panggang, dan gunung Tujuh. 

Meskipun lokasinya yang jauh dari jangkauan dan pemukiman penduduk, namun jalur yang harus dilalui menuju danau ini lebih mudah dar pada track menuju gunung Kerinci. Air di danau ini juga sangat dingin, udaranya pun demikian. 

Rasa lelah setelah perjalanan yang cukup panjang akan terbayar lunas dengan pemandangan yang mempesona, lingkungan danau yang masih asri menambah pesona yang ada di tempa ini. 

Demikian diatas beberapa obyek wisata terbaik di Sungai Penuh Jambi yang kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi. Selamat berlibur. 
Next article Next Post
Previous article Previous Post