10 Tempat Wisata Kuliner Ambon Yang Recommended Banget!

Sesuai yang kita kenal, Kota Ambon adalah pusat pariwisata, pelabuhan dan juga pendidikan bagi wilayah Kepulauan Maluku. Yang menjadi pelabuhan utama kota dan provinsi ini adalah Pelabuhan Yos Sudarso. Selain wisata alam yang memukau, kota ini juga menyediakan wisata budaya, bahari hingga kuliner yang juga tidak kalah menggiurkan. 

Kota Ambon memang sudah terkenal sebagai kota yang memiliki banyak macam variasi kuliner menarik. Salah satu kuliner Ambon yang paling sering diburu adalah Papeda dengan ikan kuah kuning, waah, mendengarnya saja sudah menggetarkan selera, ya. Makanan khas ini memang sering disediakan bersama ikan dan juga kuah kuning yang mempunyai cita rasa berbeda. Tapi, ternyata masih banyak makanan khas lainnya yang tidak kalah enak dan telah dijajakan di banyak Rumah makan Ambon Maluku.

1. Resto Pantai Netsepa
Resto Pantai Netsepa
Resto Pantai Netsepa via harianpost.co.id
Jika Anda ingin menjajal kuliner khas Ambon Maluku bernama Rwbi, maka sangat cocok untuk berkunjung ke sini. Pemandangan pantai yang indah serta udara segar tentunya akan menambah selera Anda untuk mengantar menu ini. Jika diibaratkan, rasanya seperti masakan Minang. Rwbia ini berbahan dasar kerang atau bia. Kerang yang digunakan untuk membuatnya biasanya tidak hanya terdiri dari satu jenis, melainkan beragam. Dan itu tergantung stok jenis kerang yang ada, yang ditemukan oleh masyarakat sekitar.

Sebelumnya, bia akan dimasak dengan bermacam jenis rempah yang bisa terbilang lengkap, seperti bawang, santan, gula aren, kelapa sangrai, jintan, kunyit dan masih banyak lagi. Karena rempah yang lengkap itulah Rwbia dapat menciptakan rasa yang luar biasa lezatnya, juga gurih dan pedas.

Kuliner ini biasa dinikmati dengan kue talam atau ubi. Anda cukup datang ke pantai Netsepa, Salahutu Kab. Maluku Tengah untuk mencicipi makanan ini dan anda hanya perlu menyiapkan kocek sebesar Rp 15.000 saja.

2. Cafe Sibu-sibu
Cafe Sibu-sibu
Cafe Sibu-sibu via maartenbrante.com
Anda pencinta kopi, cocok sekali untuk mencoba kopi tradisional yang khas dari Ambon ini dengan mengunjungi  Kafe Sibu-sibu  yang terletak di Jalan Said Perintah dengan harga hanya Rp 19.000 per cangkirnya.

Mungkin sekilas terlihat aneh karena kopi ini terdapat biji kenari di dalamnya. Karena memang inilah ciri khas kopi Rarobang yang memadukan biji kenari dalam racikannya. Bukan hanya biji kenari saja, namun jahe putih dan madu juga dicampurkan ke dalam kopi ini. Jenis kopi yang digunakan adalah kopi robusta.

Anda juga bisa memilih banyak menu lain yang cocok untuk disantap bersama kopi. Cafe ini sangat nyaman untuk bersantai bersama keluarga.

3. Pasar Mardika
Pasar Mardika
Pasar Mardika via kompasiana.com
Di Pasar Mardika di Pantai, Sirimau, Kel. Rijali kota Ambon, anda bisa menemukan Kuliner Ambon menarik karena bentuknya yang mirip dadar sagu sebab cara memasaknya memang sama seperti saat masak telur dadar, yaitu ditekan-tekan di atas wajan sampai pipih seperti telur dadar.

Memang untuk kategori kepopuleran, Sinoli bisa dibilang jarang terekspos karena masuk kategori camilan. Camilan ini juga biasa disebut ‘Karu-karu’ karena mirip dadar gulung dengan warna kecokelatan dilengkapi lelehan gula aren.

Sinoli ini terbuat dari sagu yang dicampuri parutan kenari,  bubuk, parutan kelapa dan gula aren yang akan memberikan cita rasa gurih. Wisatawan yang datang juga bisa memilih jenis camilan lainnya seperti kue tumbu, halua kenari, bagea, sarut kenari dan sirup khas Ambon tersedia banyak di sana.

4. RM Ratu Gurih
RM Ratu Gurih
RM Ratu Gurih via malukuhebat.blogspot.com
Jika Anda suka maka ikan, maka boleh berkunjung ke RM Ratu Gurih yang beralamat di Jl. Diponegoro no. 26 Ambon. Kelezatan menu di RM ini juga terletak dari adanya sambal colo-colo khas Ambon.

Setiap pengunjung yang datang memang punya selera masing-masing. Namun, biasanya banyak pengunjung yang akan memesan ikan garopa yang dibakar lalu disirami rica-rica mentah, bisa juga diganti dengan udang. Ada juga ikan bakar yang lebih khas dengan sebutan ikan rahaju dengan kulit yang bergaris-garis. Untuk ikan kuah kuning, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 35.000 per porsi, Rp 20.000 untuk seporsi ikan bakar, Rp 25.000 untuk sayur bunga pepaya dan Rp 15.000 untuk aneka jus. Harga ini mungkin bisa beruba sewaktu-waktu.

5. Rumah Kopi 
Rumah kopi
Rumah kopi via travel.kompas.com
Jika Anda memang benar-benar pencinta kopi, maka bersyukurlah karena banyak sekali Rumah Kopi yang terletak di sudut-sudut kota. Bahkan anda juga bisa menikmatinya sambil duduk santai dan berbincang dengan penduduk lokal. Hal ini sangat wajar karena Ambon Maluku memang daerah penghasil kopi.

6. RM Rumah Beta
RM Rumah Beta
RM Rumah Beta via food.detik.com
Sangat indah dan menawan, karena RM Rumah Beta di Ambon Maluku yang terletak di Jln. Said Parintah No. 51 (Samping Rumah Kopi Sibu-sibu) ini dikelilingi oleh pantai. Menu yang disediakan pun juga sangat beragam, mulai dari ikan hingga bia, juga tumis yang merupakan sajian khas Ambon.

Jika mendengar kata Ambon, pasti yang ada di pikiran anda adalah Papeda. Padahal, selain itu masih banyak makanan dan jajanan khas lain yang bisa anda temukan di Ambon, salah satunya tumis bia yang merupakan menu di RM ini. Bia (kerang) sangat mudah ditemukan di kawasan yang banyak ditumbuhi pohon mangrove.

7. Cafe Dermaga
Cafe Dermaga
Cafe Dermaga via americanindonesian.com
Cafe ini terletak di pinggiran kota Ambon, lebih tepatnya di Desa Poka. Namun, berkat jembatan merah putih, desa ini tidak layak lagi untuk disebut pinggiran keran waktu tempuh dari pusat kota Ambon hanya memakan belasan menit saja.

Cefe Dermaga ini memang belum lama dibuka, jam operasinya mulai dari jam 6 sore hingga 12 malam, bahkan Cafe ini pun sangat menyenangkan karena menyediakan luve music. Teluk Ambon pun akan Anda nikmati jika berhasil berkunjung sebelum senja, dan saat malam. Maka, pemandangan lampu di kedua sisi pulau Ambon pun akan memanjakan mata anda.

Areal Cafe Dermaga juga cukup luas serta terdapat beberapa tanaman yang menambah kesan sejuk di wisata kuliner ini. Inilah alasan mengapa sangat dianjurkan bagi para wisatawan untuk makan di sini, karena bukan hanya perut saja yang kenyang, namun mata anda akan disuguhkan dengan banyak pemandangan indah alami, bukan keramaian kota.

Menu di sini juga seperti menu cafe pada umumnya, namun tidak ada jajanan pasar seperti layaknya di Cafe Sibu-sibu.

8. Mister Kopitiam
Mister Kopitiam
Mister Kopitiam via youtube.com
Mister Kopitiam tergolong sebagai Cafe, dan terletak di Kota Ambon, tepatnya Jl Diponegiro, kawasan Urimessing. Anda bisa datang pada saat pagi hari hingga pukul 2 malam. Jika ada yang ingin nongkrong, maka Cafe ini juga bisa saja memberikan bonus buka hingga jam 3 pagi,  sangat cocok untuk begadang, ya, hehe. Menu di sini juga bervariasi, tidak terbatas seperti menu cafe saja.

Memang sedikit sulit menemukan parkiran ketika membawa roda 4, padahal Cafe ini terletak di depan jalan raya. Tempat ini terdiri dari 2 lantai dengan sirkulasi udara yang baik dan juga tersedia ruangan ber-AC bagi anda yang tidak ingin terkena asap rokok.

9. Joas Baru
Joas Baru
Joas Baru via minumkopi.com
Joas Baru merupakan cabang dari Rumah Kopi Joas yang sudah melegenda di Ambon, dan juga merupakan bagian integral dari Hotel Biz yang akhir-akhir ini beroperasi di kota Ambon.

Anda akan langsung jatuh hati saat memasuki cafe ini, sebab, meski banyak pengunjung yang merokok, telah tersedia banyak jendela untuk memaksimalkan sirkukali udara.

Layaknya Rumah Kopi, menu disini tidak terlalu bervariasi. Tapi, roti panggang di sini sangat lezat!
Joas Baru beroperasi daru pagi hingga jam 9 malam.  Joas Baru ini terletak di jalan yang sama dengan Sibu-sibu, jadi bisa sekalian mampir ya. 

10. Agniya Cafe and Resto
Agniya Cafe and Resto
Agniya Cafe and Resto via catatanamanda.com
Agniya Cafe and Resto merupakan pilihan spot terfavorit kekinian di Ambon. Letaknya di bilangan Pohon Mannga. Jam operasinya sampai 12 malam, jadi, sangat cocok dijadikan tempat nongkrong segala usia. Kelebihan lain adalah jus mangga dan jus jeruk yang sangat enak dan segar, berbeda dengan lain tempat. Jadi, kebanyakan dari pengunjung memang betah nongkrong karena hidangan jus yang benar-benar menggugah selera, cocok untuk dijadikan teman ngobrol bersama teman dan keluarga, atau setelah lelah seharian penuh.

Tempat parkirannya juga lumayan luas dan cukup mengeluarkan ongkos karcis sebesar Rp 5.000 saja. Untuk fasilitas live music sudah tersedia, namun belum digunakan. 

Itulah 10 Tempat Wisata Kuliner di Ambon Maluku yang recommended untuk dikunjungi.