Friday, June 1, 2018

author photo
Bisa dibilang, Banjarbaru adalah kota dengan sejuta pesona alam yang tersembunyi di Selatan Kalimantan. Faktanya, memang keindahan alam Banjarbaru tidak begitu tereksplor, dan diketahui oleh banyak orang. Padahal disana, terdapat berbagai destinasi wisata mempesona yang beragam, mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, spot-spot foto indah, dan tentunya wisata alamnya yang cantik.

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Banjarbaru Kalimatan Selatan
Nah, berikut ini beberapa tempat wisata menarik yang bisa Anda datangi saat berkunjung ke kota Banjarbaru. 

1. Agrowisata Kebun Durian
Agrowisata Kebun Durian
Agrowisata Kebun Durian via banjarmasin.tribunnews.com
Makan durian yang dibeli dari toko buah atau supermarket ataupun dari para penjual di pinggiran jalan mungkin sudah biasa. Nah, bagaimana jika Anda dapat memilih, lalu memetik langsung durian yang Anda inginkan? Tentu beda sensasinya bukan? Selain masih fresh, mutu durian tentu saja juga terjamin. 

Anda dapat menikmati legitnya durian dari perkebunannya secara langsung di Agrowisata Kebun Durian atau Meek Farm yang terletak di jalan Guntung Manggis , Landasan Ulin, Banjar Baru, Kalimantan Selatan. 

Anda akan disuguhi hamparan lahan perkebunan durian dengan kuarang lebih 600 pohon durian dari bermacam jenis. Terdapat dua jenis durian lokal Kalimantan Selatan yaitu Japan dan Golden, selain itu ada durian montong, kani dan petruk. Perlu diketahui, cita rasa durian Japan, lebih manis dari durian montong dengan daging buah yang tebal.

Selain itu, ada beberapa fasilitas penunjang yang terdapat pada agrowisata ini, mulai dari tempat bermain anak, tempat outbond, dan rumah makan yang menyajikan kudapan khas Nusantara. Jika ingin mencicipi olahan durian, ada beberapa pilihan yang ditawarkan, ice cream, lampok, dan aneka jenis kue durian. Agrowisata Kebun durian ini buka dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Harga durian segar dibandrol mulai dari 30 ribu hingga 40 ribu per kilonya. 

2. Kebun Raya Banua
Kebun Raya Banua
Kebun Raya Banua via youtube.com
Kebun Raya Banua merupakan tempat konservasi berbagai jenis flora, selain itu juga digunakan sebagai kawasan pendidikan alam. Kebun ini terletak di jalan Aneka Tambang, Palam, Cempaka, Banjarbaru. 

Wisata lingkungan ini menjadi tempat konservasi berbagai tanaman lokal Kalimatan Selatan seperti kayu Ulin, pohon Kelangkala, Binjai, dan Kasturi, mulai dari penyelamatan, pengembangan hingga perlindungan untuk mencegah punahnya tanaman endemik ini. 

Koleksi tanaman yang dimiliki Kebun Raya Banua berjumlah sekitar 3000 tanaman dan pohon. Pengunjung dapat masuk melalui pintu masuk utara, di sana Anda akan disambut indahnya taman konservasi yang dilengkapi bangku dan meja dari semen. Di area ini terdapat ruangan paranet yang digunakan untuk pembiakan tanaman, terdapat pula 130 jenis tanaman anggrek termasuk anggrek langka. 

3. Museum Lambung Mangkurat
Museum Lambung Mangkurat
Museum Lambung Mangkurat via disporabudpar.banjarbarukota.go.id
Museum ini dulunya bernama Museum Borneo, pendirinya adalah pemerintah Belanda pada tahun 1907. Sehingga banyak benda peninggalan penjajahan Belanda yang tersimpan di museum ini. Selain itu terdapat pula benda bersejarah peninggalan kerajaan yang pernah berdiri di Kalimantan Selatan. 

Pengunjung dapat berkeliling museum melihat-lihat berbagai benda bersejarah. Di ruang pertama berisikan koleksi replika peninggalan agama Hindu seperti patung dan replika Lingga Yoni. Masuk ke bagian lain Anda akan menemukan beragam senjata yang digunakan masyarakat Banjar melawan penjajah Belanda. 

Ada juga koleksi beragam mata uang kuno berbagai bentuk dan ukuran. Kemudian ada juga benda peninggalan kerajaan-kerajaan terdahulu. Mulai dari kerajaan Banjar hingga Bugis. 

Museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.30-16.30. Untuk harga tiket masuknya sendiri beragam, untuk wisatawan lokal dewasa 2000 rupiah dan 1000 rupiah untuk anak-anak, sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan tarif 5000 rupiah. 

4. Danau Kota Citra
Danau Kota Citra
Danau Kota Citra via zainalhakimmsc.blogspot.com
Tempat wisata ini bisa dikatakan sebagai Singapuranya Kalimatan Selatan. Di danau ini terdapat paung singa yang memiliki badan ikan seperti yang ada di negara Singapura. Walaupun tak semegah seperti kepunyaan Singapura, namun hampir mirip bukan.

Daya tarik  tempat wisata ini adalah area danaunya yang tertata cantik dan rapi. Tanaman eceng gondok tumbuh indah di permukaan air danau. Terdapat jembatan besi sebagai sarana untuk dapat sampai di tempat patung singa berada. 

Banyak pengunjung terutama anak muda yang menggunakan patung singa ini sebagai background foto mereka. Keindahan danau pun tidak bisa dilewatkan untuk diabadikan dalam jepretan kamera. 

Tempat wisata ini tidak memungut tiket masuk, hanya saja pengunjung dikenai biaya parkir kendaraan sebesar 2000 rupiah. Lokasi danau ini terletak di lingkungan perumahan di jalan Ahmad Yani, Kayu Bawang, Gambut, Banjar, sehingga tidak ada kendaraan umum yang melintasi daerah ini. 

Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau memakai mobil taksi Hulu Sungai dengan jurusan Martapuraatau Banjarbaru, kemudian turub di depan perumahan Kota Citra Graha KM 18. Dari sini Anda bisa berjalan sejauh 1 km. Lokasi wisata ini beradadi sebelah kiri seberang TK. 

5. Kampung Pejabat
Kampung Pejabat
Kampung Pejabat via zainalhakimmsc.blogspot.com
Kampung Pejabat bukan berarti warga yang tinggal di kampung ini semua berprofesi sebagai pejabat Negara atau pendirinya adalah seorang pejabat. Nama Pejabat sendiri merupakan akronim dari Pengolah Jamu Loktabat. Dinamakan demikian karena sebagian besar warganya berprofesi sebagai pembuat dan penjual jamu.

Anda akan disuguhi pemandangan jejeran tanaman obat dalam pot yang diletakkan dihalam rumah warga saat memasuki perkampungan ini. Selain itu warna-warni cat dan lukisan menghiasi dinding-dinding rumah menahbah unik perkampungan satu ini. 

Banyak wisatawan yang kepo dengan Kampung Pejabat ini. Ada sekitar 25 pengunjung dalam satu harinya, ada yang hanya berfoto ada pula yang membeli jamu. Warga Kampung Pejabat ini kebanyakan orang pendatang dari Solo Jawa Tengah yang merantau ke Kalimantan Selatan. 

Terdapat berbagai produk jamu yang dijajakan di sini dengan harga sekitar 6.500-18.000 rupiah per botolnya atau 3.000 rupiah per gelasnya. 

6. Hutan Pinus
Hutan Pinus
Hutan Pinus via disporabudpar.banjarbarukota.go.id
Dulunya hutan ini hanyalah hutan biasa yang tidak memiliki fasilitas penunjang lain agar menarik para wisatawan. Namun sekarang seolah-olah telah disulap menjadi indeh dengan hiasan-hiasan balon dan payung yang diagntung. 

Hutan pinus ini terletak di jalan P Suriansyah Ujung, Kelurahan Komet, Banjar Baru. Hutan ini menjadi semakin hidup dengan adanya Feztivzl Pinus Merkusii yang diadakan oleh Disporabudpar Banjarbaru. Dalam festival ini terdapat beberapa hiburan dan kesenian seperti penampilan sanggar tari, komunitas cosplay, kampung purun, kampung pelangi, kampung pejabat, dan forum komunitas hijau. 

7. Kampung Pelangi
Kampung Pelangi
Kampung Pelangi via breakingnews.co.id
Tempat wisata terpopuler lainnya di Banjarbaru adalah kampung Pelangi yang terletak di jalan Kemuning, Guntung Paikat, Banjarbaru Selatan. Daya tarik yang dimiliki perkampungan ini adalah warna rumah warga yang di cat dengan warna-warna cerah menyerupai warna pelangi. 

Di tempat ini juga dilengkapi dengan jalur untuk pejalan kaki dan beberapa peralatan fitness. Banyak sekali spot-spot foto yang cantik dan tentunya instagramable.

Untuk bisa sampai di kampung Pelangi, hanya dibutuhkan sekitar 10 menit perjalanan dari pusat kota Banjarbaru menggunakan kendaraan. Anda akan dimanjakan dengan lukisan-lukisan yang unik dan kreatif di tembok-tembok bangunan. 

8. Embung Sidodadi
Embung Sidodadi
Embung Sidodadi via banjarmasin.tribunnews.com
Embung Sidodadi menjadi tempat wisata murah selanjutnya yang bisa Anda kunjungi. Anda bisa berenang dan memancing di tempat ini. Pemandangan anak-anak kecil bermain dan berenang di Embung Sidodadi ini adalah hal yang biasa dan akan sering Anda jumpai di sana. 

Aktivitas yang tidak bisa dilewatkan adalah memancing. Bagi para mancing mania, tampat ini merupakan destinasi yang wajib dicoba. Setiap sorenya kawasan ini akan ramai dengan para pemancing. 

Ikan-ikan yang ada di Embung ini adalah berasal darisebaran benih oleh Pemerintahan Kota Banjarbaru. Ikan itu sekarang telah tumbuh dan berkembang biak begitu banyak. 

Selain itu, tempat ini juga bisa Anda manfaakan sebagai lokasi Swafoto. Terdapat bangku cantik yang dihiasi dengan bunga-bunga yang terpasang melilit pada tiang-tiang bangku. Bangku ini berada di salah satu sisi Embung Sidodadi.

Kawasan wisata embung Sidodadi ini di support penuh oleh Disporabudpar Banjarbaru. Masayarakat dapat mengembangkan tempat ini sesuai dengan konsep yang mereka gagas. 

Jika Anda berminat mengunjungi tempat wisata ini, Embung Sidodadi terletak di jalan Sidodadi 2 No. 96, Loktabat Selaan, Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru. Tempat ini juga dilengkapi area parkir yang luas dan rumah makan yang menyajikan menu masakan Banjarbaru yang enak dengan harga terjangkau. 

Banyak sekali ya, ternyata tempat-tempat wisata yang unik dan menarik di Banjarbaru Kalimantan Selatan ini. Nah, segera tentukan destinasi wisata mana saja yang akan Anda kunjungi, saat berada disana. Selamat berlibur. 
Next article Next Post
Previous article Previous Post