Tempat Wisata Seputar Kota Salatiga Jawa Tengah Paling Oke

Sebagaimana yang kita tahu, provinsi Jawa Tengah terdiri dari banyak kabupaten dan kota, salah satunya adalah Salatiga. Kota Salatiga sendiri berbatasan dengan kabupaten Semarang. Kondisi geografi kota Salatiga berada pada ketinggian 750-850 mdpl, lebih tepatnya kota ini terletak di lereng timur Gunung Merbabu. Hal tersebutlah yang membuat daerah Salatiga terasa lebih sejuk.

Seperti halnya dengan kota atau kabupaten lainnya, Salatiga juga memiliki wisata dan tempat liburan yang tentunya mengagumkan, diantaranya wisata edukasi, wisata sejarah, wisata alam, water park buatan hingga wisata kuliner. 

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan di kota ini, berikut kami bagikan referensi obyek wisata terbaik di kota Salatiga yang wajib dikunjungi. Daftar Wisata Terbaik di Kota Salatiga

1. Taman Tingkir Salatiga
Taman Tingkir Salatiga
Taman Tingkir Salatiga via rynari.wordpress.com
Jika Anda ingin berwisata tetapi memiliki budget tipis, jangan khawatir Anda tetap bisa menikmati liburan bersama keluarga tercinta. Pasalnya, kota Salatiga memiliki taman yang menyenangkan untuk Anda kunjungi. Taman tersebut adalah Taman Tingkir Salatiga.

Dengan konsep green energy dangreen park, ruang terbuka hijau serta dilengkapi berbagai fasilitas yang cukup memadai demi kenyamanan pengunjung, taman ini menjadi salah satu tempat rekreasi murah meriah kebanggaan warga Salatiga.Selain itu, Taman Tingkir Salatiga memiliki beberapa fasilitas tambahan sepertiarena bermain untuk anak, arena olahraga, toilet umum, kolam serta mushala.

Taman yang berlokasi di Jalan Tritis Sari Nomor 17, Sidorejo Kidul, Tingkir ini juga memiliki fasilitas yang ramah bagi orang-orang yang berkebutuhan khusus serta para lansia. Anda yang datang berkunjung tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun karena pengunjung hanya akan ditarik uang parkir kendaraan saja, sedangkan untuk biaya masuk ke taman gratis.

2. Cagar Budaya Prasasti Plumpungan
Cagar Budaya Prasasti Plumpungan
Cagar Budaya Prasasti Plumpungan via nyero.id
Bagi Anda yang suka dengan wisata sejarah, Cagar Budaya Prasasti Plumpungan adalah salah satu tempat wisata yang dapat dikunjungi.Lokasinya berada diDukuh Plumpungan, kelurahan Kauman kidul, Kecamatan Sidorejo.Cagar Budaya ini selalu ramai dengan pengunjung pada hari biasa maupun hari liburan.

Prasasti Plumpungan  sendirimerupakan sejarah nyata tentang keberadaan kota Salatiga Jawa Tengah pada tahun 750 masehi. Hal ini dibuktikan dengan sebuah tulisan “Shir Astu Swasti Prajabyah” yang berarti semoga bahagia, selamatlah rakyat sekalian.Selain adanya prasasti, daerah di sekitar cagar ini juga dikenal sebagai pusat penghasil batik.Selain berwisata dan membeli batik, pengunjung bisa belajar membuat batik khas Plumpungan.Saat ini, Cagar Budaya Prasastii Plumpungan masih menjadi tempat wisata baru di Salatiga karena masih dalam tahap pengembangan untuk menjadi salah satu wisata sejarah yang indah serta mengedukasi.

3. Arrowhead Park
Arrowhead Park
Arrowhead Park via wisata-tanahair.com
Objek wisata selanjutnya yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan di Salatiga adalah Arrowhead Park.Lokasi yang terletak di pedesaaan Tegal Waton, Kecamatan Salatiga ini sangatlah cocok untuk dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati sejuknya suasanya pedesaan dengan segala macam pemandangan berupa alam pedesaan yang hijau, asri, rindang, serta bebas polusi, tidak seperti di kota besar yang sudah tercemar oleh asap dari kendaraan bermotor atau industri. Arrowhead Park sangat recommended untuk Anda jika ingin menghilangkan kepenatan setelah lama bekerja. Tak hanya itu, destinasi wisata ini juga menawarkan olahraga berkuda bagi Anda yang menyukai tantangan serta tempat penginapan jika ingin menghabiskan waktu lebih dari sehari.

4. Agrowisata Salib Putih
Agrowisata Salib Putih
Agrowisata Salib Putih via areawisatakeren.blogspot.com
Destinasi wisata di Salatiga selanjutnya adalah Agrowisata Salib Putih.Tempat yang beralamatkan di Jalan Hasanudin km 4, Salatiga-Kopengini adalah salah satu ecopark hotel yang sangat direkomendasikan. Hawa di tempat ini juga begitu segar.

Agrowisata Salib Putih memiliki beberapa fasilitas seperti taman bermain, outbond, area perkemahan, dan lain-lain. Selain itu, terdapat pula kolam renang dengan pemandangan indahnya malam yang berhias lampu-lampu dilihat dari ketinggian Kota Salatiga.Fasilitas yang lengkap dan mendukung tersebut, tentunya membuat pengunjung merasa nyaman berada di sini.

5. Kolam Renang Pemandian Kalitaman
Kolam Renang Pemandian Kalitaman
Kolam Renang Pemandian Kalitaman via festivaljalanjalan.com
Kolam Renang Pemandian Kalitaman ini berlokasi di Jalan Kalitaman, desa Kutowinangun Kidul, sekitar 200 meter dari Gedung Pertemuan Daerah Salatiga.Pemandian kolam renang yang jugadikenal dengannama Kolam Renang Kali Gedong adalah kolam renang yang paling tua di Salatiga.Airnya yang bersih berasal dari sumber alami merupakan keunggulan pemandian ini.Uniknya lagi, sumber air muncul dari beberapa lubang di dasar kolam sehingga airnya terasa sangat menyegarkan dan sejuk.

Tak hanya itu, terdapat taman bermain anak-anak untuk bermain dengan dinaungi pepohonan berdaun rindang sehingga anak bisa bermain dengan nyaman tanpa kepanasan.Yang menarik lagi,Kolam Renang Pemandian Kalitaman pernah dijadikan salah satu arena kejuaraan Pekan Olahraga Nasional di tahun 1948.Tak heran jika banyak keluarga yang memilih kolam renang yang satu ini untuk mengisi liburan atau saat akhir pekan.

6. Atlantic Dreamland
Atlantic Dreamland
Atlantic Dreamland via tipswisata.co
Atlantic Dreamland adalah dunia fantasinya kota Salatiga sama seperti yang ada di Jakarta.  Tempat wisata ini sangat terkenal dan menjadi destinasi wisata favorit di kotaSalatiga. Atlantic Dreamland tepatnya berada di Jl. Seokarno Hatta No. 303, Ise-Isep.Terletak di jalan negara yang menghubungkan Kota Semarang dan Surakarta, membuat akses ke Atlantic Dreamland sangat mudah dijangkau.

Taman bermain dengan luas area mencapai kurang lebih 3,5 hektar tersebut memiliki banyak wahana permainan yang akan menambah keseruan saat Anda mengunjungi tempat ini.Di sini, Anda bisa menemukan beraneka macam wahana permainan seperti waterboom, bombom car, watertoys, jet coaster, game center, balon loncat, water ball, mini coaster, kuda pony, flying fox, bioskop 4 dimensihingga penginapan.Untuk menikmati semua wahana permainan yang ada di sana, Anda cukup membeli tiket terusan seharga Rp55.000,-. Harga tersebut sudah termasuk dengan tiket masuk ke Atlantic Dreamland Salatiga.Bagi yang tidak ingin menggunakan tiket terusan, para pengunjung bisa membeli tiket masuk seharga Rp5.000,- dan jika ingin menikmati beberapa wahana didalamnya bisa membeli tiket lagi nantinya, yang harganya bermacam-macam antara Rp7.500 hingga Rp20.000,-. Bagi yang tidak membawa bekal makanan dari rumah, tidak perlu khawatir karena tersedia juga paket pilihan menu makan siang dengan kisaran harga antara Rp12.500,- dan Rp15.000,- . 

7. Desa Wisata Tingkir Lor
Desa Wisata Tingkir Lor
Desa Wisata Tingkir Lor via sharesalatiga.id
Anda tentu pernah mendengar mengenai salah satu cerita rakyat Jaka Tingkir.Ya, desa wisata ini menyimpan cerita sejarah Joko Tingkir yang melegenda dan pernah tinggal di desa ini.Tak hanya terkenal akan ceritanya yang sudah diceritakan secara turun temurun, desa yang bernama Tingkir Lor ini ternyata menyimpan cukup banyak potensi yang bisa digali. Salah satunya adalah wisata budaya.Wisata yang paling menonjol dan menjadi salah satu daya tarik dari desa ini adalah atraksi keseniannya.Atraksi tersebut berupa permainan music dengan menggunakan blekataukaleng bekas yang sering disebut Drumblek.Selain menjadi salah satu objek wisata yang sedang dikembangkan oleh pemerintah, desa yang berlokasi di kecamatan Tingkir Lor, menjadi salah satu wisata edukasi dan budaya.

Tak hanya itu, Anda bisa menikmati suasana pedesaan yang khas dengan berteduh ataupun bersantai di gazebo yang telah disediakan.Di tempat ini ada sebuah persawahan. Pengelola di sana telah menyediakan beragam paket kegiatan wisata di persawahan yang dapat Anda coba sehingga Anda mendapat pengalaman yang unik dan jarang ditemui. Kemudian Anda bisa melihat kumpulan ikan berukuran besar yang hidup alami di Sungai Cengek.Sungai ini berada di samping pintu utama.

Kemudian di desa ini, Anda bisa berbelanja produk konveksi seperti celana, sprei, baju, dan lain-lain dengan harga yang sangat terjangkau.Selain memproduksi produk konveksi, wargajuga memproduksi produk kuliner seperti sambal kacang, tempe kedelai, keripik tempe, bakpia pathuk, krecek kulit, dan lain-lain. Para pengunjung pun bisa melihat dan belajar proses pembuatan makanan tersebut untuk menambah pengetahuan dan pengalaman, sehingga destinasi wisata ini sangat cocok untuk liburan santai bersama keluarga.

8. Wisata Kuliner Salatiga
Wisata Kuliner Salatiga
Wisata Kuliner Salatiga via blog.redbus.id
Mengunjungi suatu kota tertentu belum lengkap rasanya jika belum merasakan makanan khasnya dan membeli oleh-oleh. Lokasi kuliner lezat di kota Salatiga ini bisa Anda jumpai di Jalan Fatmawati dan Jenderal Sudirman. Di sini terdapat banyak makanan mulai dari makanan ringan hingga berat serta makanan khas dari kota ini yang wajib untuk dicicipi. 

Jika Anda ingin mencoba makanan khas dari Salatiga, salah satu lokasi yang terkenal ada di Jalan Jenderal Sudirman.Makanan yang tersedia di sini banyak ragam, yang paling terkenal adalah sate kambing dan wedang ronde.Warung yang menyediakan wedang ronde yang paling terkenal di Salatiga adalah warung ronde Mak Pari serta Ronde Jago.  Warung yang buka mulai pukul dua siang ini berbeda dari warung ronde lainnya, karena warung ini memberikan tambahan bahan berupa pacar cina atau sagu mutiara, irisan manisan tangkeh (dari buah blingo), serta irisan kulit jeruk yang memberikan sensasi yang luar biasa di dalam mulut ketika Anda merasakan  perpaduan kuah jahe yang sedikit pedas dengan rasa masam dari kulit jeruk.

Sementara jika Anda ingin membeli oleh-oleh, Anda dapaat berkunjung di Jalan Fatmawati.Lokasi tersebut merupakan sentra dari oleh-oleh dan makanan ringan khas Salatiga.Beberapa makanan ringan khas Salatiga di antaranya adalahkue kering sagu, keripik paru, abon, dan kecap dendeng.

Demikian tadi, ulasan mengenai tempat-tempat wisata terbaik di Kota Salatiga Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi saat liburan akhir pekan atau libur panjang sekolah.