Tuesday, June 5, 2018

author photo
Batam menduduki posisi ke tiga sebagai kota yang memiliki penduduk terbanyak di pulau Sumatera. Selain terkenal dengan sentra industrinya yang berkembang pesat, Batam juga menawarkan beragam destinasi wisata keren, yang tidak kalah menarik dengan daerah lain. Seperti yang kita ketahui, kota Batam terletak di kepulauan Riau, dan dikelilingi selat Singapura serta selat Malaka. Pesona alam yang ada, membuat banyak wisatawan begitu tertarik mengunjungi kota kecil ini. Nah, berikut adalah beberapa tempat wisata terbaik di Batam Kepri yang dapat Anda kunjungi saat disana.

1. Wisata Pantai Nongsa
Wisata Pantai Nongsa
Wisata Pantai Nongsa via thecrazytourits.com
Pantai Nongsa terletak di sambau, Batam Timur, Kepulauan Riau. Nongsa diambil dari kata Nong Isa yang merupakan nama penguasa pertama di kota Batam. Pantai ini berada dekat dengan pesisir Singapura, hanya butuh waktu 30 menit untuk dapat sampai di pantai Selatan Singapura menggunakan perahu motor. 

Anda bisa berenang di pantai ini atau bersnorkeling untuk dapat menyaksikan keindahan bawah laut. Selain itu terdapat pemukiman penduduk lokal asli masyarakat Melayu yang tinggal di sepanjang pesisir pantai. Anda dapat mengunjungi pemukiman warga melayu ini dan melihat aktivitas keseharian mereka.

Di pulau seberang pantai ini terdapat pulau yang terkenal dengan nama pulau Putri. Sebuah pulau kecil dan pulau terluar Batam yang berbatasan langsung dengan negara Singapura. Panjang pulai ini kira-kira 199 meter dengan diameter hampir mencapai 50 meter. Anda bisa menyewa kapal pancung dengan tarif 10 ribu untuk bisa ke pulau ini. 

Wisata pantai Nongsa dibuka 24 jam dengan tiket masuk sebesar 9500 rupiah. Anda harus menempuh perjalanan sekitar 40 menit dari pusat kota Batam menuju pantai Nongsa dengan berkendara. 

2. Tempat Wisata Ocarina Park
Tempat Wisata Ocarina Park
Tempat Wisata Ocarina Park via direktori.batam.go.id
Ocarina Park merupakan taman bermain dengan luas 40 ha yang berada tepat di pinggir pantai. Teman bermain ini diersmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008. 

Banyak wahana yang dapat Anda nikmati di taman bermain ini, mulai dari wahana anak-anak hingga orang dewasa pun tersedia. Terdapat wahana kolam renang, kolam bangau, water feature, giant wheel, flying fox, kiddy land, trampolin, 3D movie theater dan masih banyak wahana seru lainnya. 

Anda akan disambu dengan berbagai bentuk patung shio di pintu masuk, seperti shio kambing, kelinci, kerbau, naga, harinau, monyet dan ayam. Pada setiap patung shio terdapat penjelasan mengenai karakter masing-masing shio yang ditulis menggunakan bahasa Indonesia, Mandarin dan Inggris. 

Terdapat fasilitas penunjang seperti rumah makan yang menjual aneka olahan seafood dan juga ada tempat oleh-oleh dan souvenir yang dapat Anda kunjungi tentunya. 

Ocarina Park berlokasikan di jalan Bunga Raya, Sadai, Bengkong, 1 kilometer dari pelabuhan Batam Centre. Untuk tarif tiket masuk bagi orang dewasa adalah 10 ribu dan anak-anak 5 ribu, biaya retribusi parkir sebesar 5 ribu rupiah saja. 

3. Objek Wisata Kampung Vietnam di Batam
Objek Wisata Kampung Vietnam di Batam
Objek Wisata Kampung Vietnam di Batam via travel.tribunnews.com
Terdapat cerita menarik dibalik tempat wisata Kampung Vietnam di Batam ini. Pasalnya dulu banyak ratusan ribu warga Vietnam yang mengungsi ke Batam akibat perang yang terjadi di negaranya itu. Mereka mengarungi lautan luas hingga terdampar di suatu pulau bernama pulau Galang di Batam, oleh pemerintah Indonesia, mereka diberi fasilitas untuk dapat menunjang kehidupannya. 

Hingga akhirnya pada tahun 1996, pemerintah Indonesia melakukan upaya pemulangan warga Vietnam ini kembali ke negaranya. Setelah semua warga Vietnam bisa kembali ke negaranya, lahan bekas perkampungan ini menjadi lahan kosong. 

Lahan kosong inilah yang kemudian digunakan sebagai objek wisata Kampung Vietnam di batam. Di kampung ini terdapat beberapa peninggalan dari pengungsi Vietnam seperti tempat ibadah dan monumen perahu. 

Anda dapat berkeliling kampung ini dan melihat benda-benda peninggalan seperti patung kemanusiaan, kemudian lokasi pemakaman Ngha Trang Grave, tempa-tempat ibadah seperti Vihara Quan Am Tu, gereja katolik Nha To Duc Me Vo Nhiem, gereja protestan, dan mushola. 

Selain itu terdapat monumen 3 buah perahu yang digunakan pengungsiu Vietnam dan berhasil di tarik kedaratan oleh pemerintah Indonesia. Jarak Kampung Vietnam sekitar 50 km dari pusat kota Batam. 

4. Keindahan Bukit Senyum
Keindahan Bukit Senyum
Keindahan Bukit Senyum via hotnewsgarasi.com
Anda dapat menikmati indahnya pemandangan malam kota Batam dari ketinggian bukit ini. gemerlap lampu-lampu kota akan menambah suasana romantis nan menawan. Anda juga dapat melihat koa Singapura dari kejauhan.

Wisata bukit Senyum menjadi tempat istimewa dan favorit bagi warga Batam untuk merayakan momen pergantian tahun. Bahkan ada wisatawan luar daerah yang ingin menikmati momen pergantian tahun dari atas bukit ini. bukit ini terleak di Tj. Uncang, Batu Aji, Batam. 

5. Pantai Marina
Pantai Marina
Pantai Marina via obyekwisata.info
Pantai Marina terletak di kawasan resort mewah di Batam, yaitu Marina Water Front City. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan air yang tenang dan jernih. Anda bisa mnikmati berbagai permainan dan peralatan olahraga yang telah disediakan. 

Di sepanjang kawasan pantai, banyak warung makan yang menjual berbagai olahan seafood segar yang siap memanjakan lidah Anda. Pasir pantai yang putih dan bersih dapat Anda gunakan sebagai alas duduk bersantai atau bisa juga digunakan anak-anak untuk bermain. 

Lokasi pantai ini berada di jalan KH Ahmad Dahlan, Tanjung Riau, Sekupang. Untuk bisa menikmati keindahan pantai Marina, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 6 ribu per orang dan biaya parkir mobil 5 ribu, sedangkan motor cukup seribu rupiah. Sangat murah kan. 

6. Rumah Kopi Fatmawati
Rumah Kopi Fatmawati
Rumah Kopi Fatmawati via kabarwisata.com
Jika Anda ingin menyeruput kopi dengan suasana yang berbeda, Anda bisa mengunjungi rumah kopi Fatmawati yang berada di kawasan mega wisata Ocarina Batanm Center. 

Ada beberapa jenis kopi yang bisa Anda pesan antara lain espresso, macchiato, americano, minty latte, dan vanilla. Menikmati secangkir kopi panas ditemani deburan ombak pantai dan pemandangan pantai yang langsung di depan mata menambah kenikmatan tersendiri. 

Di tempa ini juga menyediakan menu makanan pendamping kopi seperti pisang keju, colenak, tahu isi, burger, chicken stick dan masih banyak makan ringan lainnya. Jika Anda tidak bisa minum kopi, Anda bisa mancicipi aneka minuman teh, es krim dan berbagai rasa milkshake yang menyegarkan. Ruamh kopi ini buka mulai pukul 10 pagi hingga 11 malam. 

7. Hutan Wisata Mata Kucing 
Hutan Wisata Mata Kucing
Hutan Wisata Mata Kucing  via selvy-erline.blogspot.com
Hutan Wisata Mata Kucing berlokasi di jalan Letjen R. Soeprapto sekitar 10 menit dari Sekupang International Ferry Terminal. Hutan wisata ini memiliki beberapa koleksi hewan seperti beruk, siamang, monyet ular, kura-kura, buaya, burung elang dan bangau. Terdapat kolam ikan besar yang berisikan puluhan ikan arwana, lele jumbo, dan ikan Arapaima Gigas. 

Pengunjung dapat mencoba flying fox dan olahraga hiking di tempat yang telah disediakan. Selain itu terdapat pula beebrapa gazebo untuk tempat bersantai. Anda juga bisa berenang di kolam renang yang terdapat di kawasan hutan. 

Anda dapat mengunjungi hutan wisata ini seiap hari pada jam 08.30 hingga 18.30. untuk tiket masuknya, orang dewasa dikenai tarif 10 ribu rupiah dan untuk anak-anak cukup membayar 5 ribu saja. 

8. Pasir Putih Pantai Mirota
Pasir Putih Pantai Mirota
Pasir Putih Pantai Mirota via selvy-erline.blogspot.com
Wisata pantai memang tidak ada habisnya di Batam Kepulauan Riau. Banyak sekali pantai indah yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah pantai Mirota. Anda dapat menuju pantai ini dengan menempuh perjalanan melewati jembatan Balerang dari pusat kota Batam. 

Panta ini terletak di desa Sijantung pulau Galang Batam. Kedaan pantai yang terawat ini membuat banyak wisatawan yang datang berkunjung setiap harinya. Hamparan pasir putih yang terbentang sepanjang pantai dengan air yang biru jernih menambah daya tarik tempat ini. 

Tersedia fasilitas pondokan yang dapat Anda gunakan untuk bersanai, Anda dapat menyewa pondokan ini seharga 50 ribu per jam. Jika Anda lapar dan haus, jangan khawatir karena tempat ini juga menyediakan rumah makan dan cafe. Kuliner yang wajib Anda coba adalah makanan khas melayunya yang dijamin nampol. 

Tips jika Anda ingin berlibur ke pantai Mirota adalah siapkan bekal uang saku yang banyak ya, agar Anda bisa mencoba berbagai fasilitas yang disediakan di tempat ini. jika ingin bermalam, Anda bisa menyewa penginapan atau villa. 

Pantai Mirota buka setiap hari 24 jam. Dengan tiket masuk cukup membayar 10 ribu rupiah saja. 
Itulah beberapa obyek wisata menarik yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Batam Kepulauan Riau. Semoga bermanfaat. 
Next article Next Post
Previous article Previous Post