Tempat Wisata Terbaik di Bontang Kalimantan Timur

Bontang merupakan salah satu kabupaten dengan hasil alam yang melimpah. Sebut saja batu bara, minyak, kelapa sawit, dan masih banyak lagi. Dengan potensi kekayaan alam yang dimiliki, tak heran bila Bontang menjadi salah satu kota di Kalimantan Timur yang banyak menarik tenaga  kerja, baik masyarakat lokal bahkan dari luar Kalimantan. Namun, bukan hanya kekayaan alamnya saja yang menarik dari kota ini, nyatanya potensi wisata di Bontang juga tak kalah dengan daerah lain. Nah, untuk anda yang saat ini sedang berkunjung ke daerah ini, berikut kami bagikan rekomendasi beberapa obyek wisata yang layak dikunjungi. Nah, penasaran apa saja kira-kira?

1. Pulau Beras Basah Bontang
Pulau Beras Basah Bontang
Pulau Beras Basah Bontang via vebma.com
Letak pulau kecil ini berada di timur Pulau Kalimantan yaitu di Selat Makassar. Dipulau ini pantainya memiliki pasir putih yang memukau, selain itu  pesona bawah lautnya juga sangat menakjubkan. Pulau ini berjarak sekitar 12 kilometer dari Kota Bontang.

Menurut kisah yang turun temurun dan banyak diyakini masyarakat setempat, konon istilah beras basah, yang menjadi nama pulau ini berasal dari kejadian zaman dulu, tepatnya saat Kesultanan Kutai masih berjaya. Dimana ada sebuah kapal bermuatan beras yang karam, sehingga semua berasnya tenggelam. 

Namun karena banyaknya beras yang ada dalam kapal tersebut, hingga akhirnya membentuk sebuah gundukan. Nah, hingga sekarang gundukan beras tersebut dipercaya sebagai asal mula pasir putih yang ada disana, serta menjadi asal usul nama pulau.

Di tempat wisata ini suasananya masih sangat asri dengan air laut yang jernih serta biota laut yang indah. Anda juga bisa sekaligus merasakan kejernihan air laut disini dengan melakukan penyelaman. Disana juga Anda akan menemukan sebuah mercusuar yang menjulang tinggi serta rimbunan pohon bakau berserta ekosistem lengkapnya. 

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini terbilang lengkap, mulai dari  mushola, toilet, warung-warung makanan dan minuman serta ada pula penyewaaan tenda. Untuk mencapai pulau ini dibutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Kota Samarinda ke Kota Bontang, lalu dilanjutkan lagi ke pelabuhan Tanjung Laut baru, setelah itu menuju Pulau Beras Basah dengan menyewa kapal menempuh perjalaan selama kurang lebih 45 menit. Sedangkan untuk harga sewa kapalnya sendiri, biasanya berkisar di harga 300 ribuan (untuk kapal kapasitas penumpang banyak).

2. Taman Nasional Kutai
Taman Nasional Kutai
Taman Nasional Kutai via radiowestsangatta.com
Taman Nasional Bontang ini merupakan tempat wisata yang menyajikan spot indah sekaligus juga merupakan tempat penelitian (edukasi) serta tempat perkemahan. Dan bukan itu saja, taman nasional Kutai ini juga menjadi tempat rehabilitasi Orang Utan yang saat ini sudah mulai langka. 

Taman ini terletak di kabupaten Kutai timur, dan sebagian wilayah lainnya masuk kota Bontang. Di taman nasional Kutai banyak ditumbuhi berbagai macam flora seperti tancang, bakau, meranti, cemara laut, bunga raflesia dan juga berbagai jenis anggrek hutan. 

Sedangkan untuk jenis faunanya lebih di dominasi oleh kerabat orang utan seperti bekantan, beruk, kera ekor panjang, owa kalimantan, ataupun kukang. 

Harga tiket masuk tempat wisata ini terbagi menjadi dua, yaitu untuk wisatawan lokal hari Senin s/d Kamis  Rp. 10.000,00 sedangkan hari Jumat s/d Sabtu sebesar Rp. 15.000,00.  Untuk wisatawan mancanegara di hari kerja sebesar Rp. 200.000,00 dan untuk hari libur Rp. 300.000,00.

Nah, untuk jam operasional, tempat ini dari Pukul 08.00 – 18.00 WITA untuk hari Senin s/d Kamis dan Pukul 14.00 – 18.00 WITA untuk hari Jumat sera untuk hari Sabtu Pukul 07.00 – 18.00 WITA.

3. Desa Selangan dan Tihi-Tihi
Desa Selangan dan Tihi-Tihi
Desa Selangan dan Tihi-Tihi via tempatwisataunik.com
Obyek wisata terbaik Bontang lainnya ada di desa Selangan dan Tihi-Tihi, yaitu berupa desa dengan daya tarik keramba.  Destinasi keramba ini berada disebelah selatan Kota Bontang dan berada di tengah-tengah Selat Makassar. Para warga desa ini berprofesi sebagai nelayan tradisional, mereka membudidayakan rumput laut lalu hasilnya dipasarkan kerberbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya serta mengekspornya ke luar negri seperti Jepang. 

Untuk mencapai desa Selangan dan Tihi-Tihi dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit menggunakan kapal. Untuk fasilitas, desa ini memiliki bergam fasilitas umum yang terbilang cukup lengkap. Walaupun berada diatas perairan namun juga tersedia toilet, jembatan, sekolah dan juga masjid.

4. Teluk Kaba
Teluk Kaba
Teluk Kaba via mahakamexplore.blogspot.com
Selanjutnya adalah Teluk Kaba. Destinasi alam ini beralamat di Sangkima Lama,  Desa Kandolo, Satta Selatan, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Perlu diketahui, teluk ini juga merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Kutai, jadi sangat pas untuk Anda pecinta wisata yang memacu adrenalin.

Tempat wisata ini menawarkan berbagai kegiatan outdoor yang sangat menarik diantaranya ada camping, mancing, snorkeling dan juga treking menjelajahi hutan. Obyek wisata teluk Kaba buka dari pukul 09.00 – 17.00 WITA. Oya, teluk Kaba ini juga memiliki pantai berpasir putih dan air laut hijau kebiruan yang sangat cantik dan pastinya sayang untuk dilewatkan. Perjalanan dari Kota Bontang untuk sampai ke Teluk Kaba menempuh waktu sekitar 45 menit. 

Selain menikmati pesona pantai yang mempesona, wisatawan  juga bisa melihat aktivitas para nelayan yang membudidayakan rumput laut. Biasanya  petani rumput laut disana akan panen tiap 2 bulan sekali. 

Untuk mencapai lokasi pantai dan hutan bakau, pengunjung harus menyewa kapal dengan biaya sekitar Rp. 100.000,00, hingga Rp. 150.000,00, dengan kapsitas 10 penumpang. Dan perjalanan ini menempuh waktu kurang lebih 10 menit. 

5. Taman Cibodas
Taman Cibodas
Taman Cibodas via pariwisatakaltim.com
Lokasi Taman Cibodas ini berada di Desa Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Kawasan taman Cibodas dikelola langsung oleh PT. Pupuk Kaltim (PKT). 

Di taman ini, selain dimanjakan dengan pemandangan alamnya, juga terdapat banyak fasilitas penunjang, mulai dari area bermain anak, cafe mini, tempat makan, tempat duduk, toilet umum dan banyak lagi lainnya. 

Seperti obyek wisata pada umumnya, saat musim liburan tiba, tempat ini sangat ramai, didatangi pengunjung dari berbagai daerah. Menariknya, tak dipungut biaya sepeserpun untuk masuk ke taman ini. Jadi, Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan ataupun minuman saja. 

6. Taman Tanjung Laut
Taman Tanjung Laut
Taman Tanjung Laut via wisatalengkap.com
Taman ini berlokasi di Jalan Jendral Soedirman No. 69, Tanjung Laut, Bontang Selatan, Kota Botong. Kawasan taman tanjung laut, terbuka untuk umum selama 24 jam dengan berbagai fasilitas menarik yang disediakan pihak pengeloloa. Misalnya seperti wahana permainan anak-anak, jogging track, gazebo untuk tempat istirahat, wifi gratis, toilet umum, mushola dan lain sebagainya.

Tujuan dari dibangunnya taman ini adalah untuk memberikan ruang kebersamaan serta agar Kota Bontang menjadi kota cerdas dengan berbagai fasilitas/teknologi terkini yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

7. Cafe Singapore
Cafe Singapore
Cafe Singapore via wisatabontang.com
Tempat ini merupakan destinasi yang sangat menarik. Pengunjung bisa menikmati aneka kuliner yang ada, sembari menikmati megahnya Patung Merlion, yang populer di Singapore. Lokasi obyek wisata ini ada di Jalan Tanjung Laut Ujung, Bontang Selatan, Bontang, Kalimantan Timur.

Disini Anda dapat menikmati makanan serta minuman, ditemani indahnya suasana pemandangan laut dan megahnya bangunan di PT. Badak NGL, yang memang tampak jelas dari kafe ini. Hal menarik lainnya, Anda bisa melakukan swafoto maupun selfie dengan pemandangan patung singapore.

Makanan dan minumannya mungkin cukup mahal bagi warga diluar Provinsi Kalimantan Timur, namun kalo sudah biasa tentunya wajar-wajar saja. Jam opersional kafe ini sendiri buka dari Pukul 10.00 – 22.00 WITA. Untuk biaya parkirnya sebesar Rp. 1.000,00 untuk motor dan Rp. 2.000,00 untuk mobil.

8. Bontang Kuala
Bontang Kuala
Bontang Kuala via jalansambiljajan.blogspot.com
Bontang Kuala merupakan wisata desa nelayan yang cukup terkenal di Kota Bontang. Tempatnya tertata apik dan rapih, yang pastinya membuat siapapun betah berlama-lama disini.

Bontang Kuala adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Bontang Utara. Untuk menuju ke lokasi wisata ini, kami sarankan memakai motor karena daerah ini tidak bisa dilalui mobil. Dan kalaupun menggunakan mobil Anda harus memarkirkannya ditempat yang sudah tersedia, yaitu di luar Gerbang masuk.

Anda bisa menyusuri kampung dengan berjalan kaki, sampai menuju spot tempat nongkrong yang memang dibuka saat sore hari. Di obyek wisata ini, Anda bisa menikmati suasana kampung yang masih sangat khas, yang berada diatas perairan, dengan dihiasai pohon bakau disepanjang pinggir jalan.

Disana juga tersedia berbagai fasilitas seperti masjid, toilet, spot foto, tempat makan atau rumah Makan Anjungan, tempat nongkrong serta juga toko oleh-oleh yang berada di sekitar tempat parkir mobil. 

Nah itulah diatas beberapa tempat wisata terbaik di Bontang Kalimantan Timur yang kami rekomendasikan untuk anda. Jadi, pastikan untuk tidak melewatkannya, saat berada di kota Bontang.