PLARIUSMODIFIKASI101

Ngga Ke Jakarta Namanya Tanpa Kunjungi Tempat Wisata Terbaik di Jakarta Pusat Ini

Tuesday, June 12, 2018
Sebagai Ibu Kota Negara Indonesia, tentu saja Jakarta pusat menjadi kota tersibuk, kota dimana pusat pemerintahan dan pusat roda ekonomi berada. Selain menjadi pusat ekonomi dan pemerintahan, nyatanya Jakarta juga termasuk kota paling bersejarah dan menjadi saksi bisu perjuangan memperebutkan kemerdekaan indonesia. Sehingga tak heran bila disana terdapat beragam bangunan tua, monumen bersejarah, museum-museum dan sejenisnya, yang dijadikan sebagai objek wisata. Nah, diantara pilihan yang ada, berikut adalah daftar obyek wisata terbaik Jakarta Pusat yang kami rekomendasikan untuk anda. Penasaran?

1. Monumen Nasional (MONAS)
Monumen Nasional (MONAS)
Monumen Nasional (MONAS) via 17sekians.com
Monumen Nasional (MONAS) berlokasi di pusat kota tepatnya di Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Monas berada di sekitaran Istana Merdeka, Masjid Istiqlal, sehingga wajar bila setiap harinya selalu ramai pengunjung.

Monumen Nasional atau monas ini, selain menjadi salah satu obyek wisata, juga sering dipergunakan sebagai  tempat untuk acara kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Monas di bangun dengan bangunan yang memiliki tinggi 32 Meter dan jika di hitung hingga puncaknya kurang lebih sekitar 115 meter dengan luas 80 x 80 meter. Pada puncak MONAS terdapat simbol lidah api yang di lapisi emas, terdapat juga ruang pameran sejarah di lantai dasar dan ada disediakan lift bagi pengunjung yang ingin naik ke puncak monas. 

Dari puncak monas pengaunjung bisa melihat hiruk pikut kota Jakarta dan pemandangan perumahan, dan ribuan gedung-gedung bertingkat. Jam operasional destinasi ini, mulai jam 8 pagi hingga jam 3 sore setiap harinya kecuali pada hari senin di pekan terakhir. 

Harga tiket untuk dewasa di banderol 5 ribu saja, mahasiswa 3 ribu dan untuk naik lift pengunjung di kenakan biaya dewasa 10 ribu dan mahasiswa 5 ribu. Monas di bangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dengan tujuan untuk mengenang perjuangan dan jasa pahlawan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

2. Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal via pojoknyantai.online
Masih di area yang tak jauh dari monas, terdapat masjid Istiqlal. Dimana lokasi tepatnya berada  di Jl. Taman Wijaya Kusumo, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. 

Masjid Istiqlal ini di bangun sebagai simbol kemerdekaan, yang sekaligus sebagai objek wisata religi. Setiap harinya selalu ramai di kunjungi orang untuk melakukan kegiatan keagamaan atau hanya sekedar berkunjung. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1978 yang di prakarsai oleh Presiden Indonesia yang waktu itu adalah Presiden Soekarno. 

Desain bangunan masjid ini di buat oelh arsitek Frederich Silaban seorang Kristen Protestan. Gaya arsitekturnya berkonsep modern memakai lantai berlapis marmer dan dihiasi dengan ornamen geometrik dari baja antikarat. Masjid ini mampu memuat kurang lebih 200 ribu jamaah, memiliki 5 lantai yang kesemua lantainya bisa dimanfaat untuk kegiatan keagamaan.   

3. Museum Nasional Indonesia
Museum Nasional Indonesia
Museum Nasional Indonesia via detak.co
Museum Nasional Indonesia terletak di Jl. Merdeka Barat No. 12, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 

Museum Nasional didirikan pada tanggal 24 April 1778 yang dulunya merupakan gedung pembentukan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetemschappen. J.C.M. Radermacher. Bangunan museum ini di bangun dengan konsep gaya Klasisisme yang di pengaruhi oeh gaya Eropa pada waktu itu. 

Beberapa gedung yang ada dalam komplek museum diantaranya,  Monumen Gajah, Gedung Gajah, Gedung Arca, dan koleksi yang di pamerkan yaitu Arca Adityawarman (benda bersejarah pada masa kerajaan Hindu-Budha), Prasasti dari Singosari, dan masih banyak lagi tentunya yang masih berhubungan dengan benda-benda sejarah  dan budaya.adapun kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan di museum yaitu kegiatan membatik, kegiatan belajar tari-tarian, pentas tradisional, pentas Dongeng dan Teater Koma. 

4. Museum Sumpah Pemuda
Museum Sumpah Pemuda
Museum Sumpah Pemuda via wikipedia.org
Obyek wisata terbaik berikutnya yang ada di Jakarta pusat adalah Museum Sumpah Pemuda. Museum ini beralamatkan di Jl. Kramat Raya No. 106, Kwitang, Senen, Rt/Rw 02/09 Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Museum Sumpah Pemuda didirikan pada tanggal 20 Mei 1974, barang-barang koleksi yang di pamerkan di museum ini adalah benda-benda sejarah yang berhubungan dengan peritiwa Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober tahun 1928 dan kegiatan-kegiatan Pergerakan Nasional Kepemudaan Indonesia. Dulunya gedung ini merupakan tempat tinggal beberapa tokoh-tokoh pergerakan pemuda seperti Moh. Yamin, Aboe Hanifah, Amir Sjarifuddin, Soegondo Djojopoespita, Setiawan, Soejadi Mangaradja Pintor, dan masih banyak lagi serta dair suku yang beragam. 
   
5. Taman Ismail Marzuki
Taman Ismail Marzuki
Taman Ismail Marzuki via putrisoekarno.com
Taman Ismail Marzuki beralamatkan di Jl. Cikini Raya No. 73 Rt/Rw 08/02 Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. 

Taman ini merupakan wadah atau tempat diselengarakanya kegiatan-kegiatan seni dan budaya, sehingga bagi anda yang tertarik atau bahkan suka dengan kegiatan seni budaya objek wisata yang satu ini wajib banget anda kunjungi. Taman Ismail Marzuki ini juga merupakan salah satu objek wisata terfavorit karena selalu banyak pengunjung. 

Nama Ismail Marzuki yang di pakai untuk nama taman ini di ambil dari nama komponis terkenal asal jakarta, selain kegiatan-kegiatan seni dan budaya ada beberapa tempat yang juga di komersilkan disana. Diantaranya :

Cinema XXI
Toko Buku
Gedung untuk event atau pertunjukan
Planetarium
Teater
Perpustakaan Daerah DKI
Art Gallery/ Pameran Seni rupa
Wisata Kuliner
Dan akses lain seperti toiet dan musholla

6. Tugu Proklamasi atau Tugu Petir
Tugu Proklamasi atau Tugu Petir
Tugu Proklamasi atau Tugu Petir via situsbudaya.id
Tugu Proklamasi atau Tugu Petir beralamatkan di Jl. Proklamasi Jakarta pusat, tepatnya di tempat dimana dulu Soekarno di culik oleh kelompok pemuda untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Tugu Proklamasi ini berbentuk petir dan di area sekitar objek wisata ini di bangun pula patung Soekarno Hatta dengan ukuran besar yang saling berdampingan dan di tengah kedua patung tersebut ada patung naskah prokalamasi yang di buat dari lempengan batu marmer hitam. 
  
7. Museum Taman Prasasti
Museum Taman Prasasti
Museum Taman Prasasti via indonesia-feature.blogspot.com
Selanjutnya adalah Museum Taman Prasasti. Obyek wisata ini beralamatkan di Jl. Tanah Abang I No. 1, Rt/Rw 11/8 Petojo Selatan, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Museum Taman Prasasti ini merupakan museum peninggalan bangsa belanda yang sempat memegang pemerintahan di Hindia Belanda. Museum ini berisikan model-model prasati kuno yang di ambil dari 27 propinsi yang ada di indonesia lengkap dengan kerea jenazah antik. Sebenarnya tujuan di pamerkanya prasati nisan kuno ini juga untuk menunjukkan karya-karya pematung, pemahat, pembuat kaligrafi dan sastrawan jaman dahulu yang di ketahui memiliki bentuk yang sangat indah dan sudah sangat canggih pada masa itu. 

Museum ini memiliki luas sekitar 1,2 hektar dan termasuk dalam kategori museum outdor atau museum terbuka. Prasasti, Nisan dan Makan kuno yang berada di museum ini berjumlah kurang lebih 1.372 yang kebanyakan terbuat dari batu marmer, batu alam dan perunggu.

8. Pecenongan
Pecenongan
Pecenongan via kota.tokopedia.com
Pecenongan berlokasi di Jl. Pecenongan Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat. Pecenongan merupakan tempat wisata kuliner, setiap harinya selalu ramai di datangi pengunjung. Banyak toko-toko, warung-warung atau bahkan gerobak yang menjual dan menjajakan makan mulai dari yang ringan hingga berat. Pecenongan biasa mulai rame dari jam 6 sore hingga jam 2 dinihari. Makanan yang banyak diminati disini adalah makanan laut, daging babi dan martabak. Namun selain itu masakan lain seperti nasi goreng, bakso, mie ayam, semua jenis masakan ayam, semua jenis masakan daging, minuman dingnin atau minuman panas tidak kalah enaknya dan semuanya selalu laris manis habis di serbu para wisatawan lokal maupun non lokal.

Bagi anda yang hobi makan atau suka penasaran dengan rasa masakan baru ini merupkan tempat yang tepat dan wajib untuk anda kunjungi di jamin lidah dan perut anda akan merasa sangat di manjakan disini namun bagi anda sedang melakukan diet harap bersabar dan lebih jangan berkunjung kesini dulu  di takutkan nati anda khilaf dan gagal diet.

Hiruk pikuk kota jakarta memang kadang membuat frustasi, namun siapa tau jakarta juga memiliki banyak obyek wisata menarik yang sangat rekomended untuk dijadikan tujuan berlibur keluarga.
Nah itulah beberapa tempat wisata terbaik di Jakarta pusat yang wajib hukumnya untuk anda kunjungi saat sedang berada di sana.