PLARIUSMODIFIKASI101

Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Mataram Nusa Tenggara Barat

Monday, June 25, 2018
Sebagaimana yang kita tahu, Mataram merupakan ibukota nusa tenggara barat yang sekaligus juga kaya akan potensi wisatanya. Bahkan saat ini, di bidang wisata, Mataram terus berbenah agar bisa menyaingi pulau Bali. Nah, penasaran apa saja kira-kira obyek wisata yang dapat ditemukan di mataram ini? Langsung saja. berikut beberapa rekomendasi yang sebaiknya Anda pertimbangkan. Deretan Tempat Wisata Terbaik di Mataram Nusa Tenggara Barat

1. Masjid Islamic Center
Masjid Islamic Center
Masjid Islamic Center via apwtour.com
Berlokasi di jalan langko, kota mataram, Islamic center mulai dibangun sejak kepemimpinan M. Zainul Majdi, terealisasi pada tahun 2011 dan diresmikan pada 15 desember 2013. Bangunan islamic center dilengkapi dengan menara dengan tinggi 99 meter sesuai dengan 99 asmaul khusna. Menara ini dibangun sebagai objek wisata untuk melihat mataram dari ketinggian. 

Islamic center ini juga berfungsi sebagai pusat kebudayaan, religi , pasar seni dan lainya. Masjid islamic center merupakan ikon nusa tenggara barat dan salah satu masjid terbesar dan termegah yang keberadaanya telah ditetapkan sebagai objek wisata syariah.

2. Pantai Kuta-Lombok
Pantai Kuta-Lombok
Pantai Kuta-Lombok via paketliburanlombok.com
Pantai kuta lombok memiliki hamparan pasir putih yang indah dan bersih. Pantai ini berlokasi di desa kuta, kecamatan pujut kabupaten lombok tengah. Dari mataram,pantai ini berjarak sekitar 72 kilometer ke arah tenggara dan bisa ditempuh selama 95 menit perjalanan. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum tidak tersedia atau sangat jarang.

Di sebelah barat pantai, terdapat bukit Mandalika. Bukit tersebut menjadi tempat yang paling cocok untuk menikmati pemandangan pantai kuta. Sebelum sampai ke pantai ini, anda akan melewati desa sade. Desa sade merupakan desa penduduk asli  pulau lombok yakni suku sasak. Di desa ini, masyarakat susu sasak merupakan pembuat kain tenun tradisional. jika ingin melihat proses penenunan secara tradisonal pastikan anda mampir sebentar ke desa ini.

Setelah anda sampai pantai, banyak aktivitas yang dapat anda lakukan disini seperti berselancar, snorkling, atau menanti sunset yang indah datang. Pantai ini sudah cukup terkenal di masyarakat indonesia. jika ingin menginap, banyak penginapan dan hotel tersedia tak jauh dari pantai.  Terdapat pula rumah makan, toko souvenir dan persewaan selancar.

Jika anda ingin berkunjung kesini dengan tujuan berselancar, datanglah pada bulan juli-agustus. Karena pada bulan tersebut, gelombang laut sangat ideal.

3. Pantai Batu Payung
Pantai Batu Payung
Pantai Batu Payung via guidelombok.com
Penamaan batu payung didapat dari salah satu batu besar yang berada pada kawasan ini. Bahkan saking besarnya, bayangan batu  ini bisa memayungi siapapun yang ingin terhindar dari panas matahari. Pantai ini berjarak sekitar 65 kilometer dari ibukota mataram dan dari sana bisa ditempuh perjalanan sekitar 1 jam

Pantai batu payung terletak di kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah bagian selatan. Lokasinya terletak bersebalahan dengan pantai tanjung aan. Pantai ini merupakan pantai yang unik dan berbeda dari yang lain. Keunikanya ialah ia tidak memiliki hamparan pasir putih maupun hitam, di sisi-sisi pantai hanya rerdapat bebatuan besar yang salah satunya yang mirip dengan payung.

Dari pantai Aan menuju pantai Batu payung, anda harus berjalan kaki melintasi pantai dan menyusuri tepian tebing dengan waktu sekitar satu jam. Apabila anda malas jalan, anda bisa menggunakan jasa perahu nelayan yang banyak disewakan.

4. Pura Taman Air Mayura
Pura Taman Air Mayura
Pura Taman Air Mayura via wacana.co
Taman ini dibangun  di tahun 1744 oleh Anak Agung Ngurah Karangasem .Taman air ini terletak di kecamatan Cakranegara, Kota Mataram. Diberi nama mayura yang memiliki arti burung merak dalam bahasa sansekerta. Kenapa dinamakan burung merak? Karena dahulu kala taman  ini terdapat banyak sekali ular, sehingga didatangkan burung-burung merak untuk mengusir supaya warga bisa berdoa dengan tenang.

Suasana yang ditawarkan tempat ini menarik karena anda akan merasakan keindahan alam yang asri , religius dan bersejarah. Anda akan disajikan pemandangan taman yang elok dan tertata rapi. Di taman air anda akan mendapati kolam yang ditengahnya terdapat bangunan atau disebut gili. 

Di ujung, anda bisa menemui 4 pura utama yaitu pura gunung rinjani, pura padmasana, pra ngelurah dan pura gedok atau pura jagad rana.  Pura ini terbuka untuk umum kecuali pada perayaan hari raya umat hindu. 

5. Taman Udayana
Taman Udayana
Taman Udayana via gayamamahmuda.top
Taman ini menjadi pusat rekreasi dan olahraga di tengah kota karena tersedia fasilitas jogging track, beberapa alat olahraga kebugaran , tempat latihan skate board dan juga lapangan basket. Terdapat juga area parkir yang luas dan mushola. Kuliner juga dijajakan di sepanjang jalan.

Tanaman yang ada dipenuhi bunga-bunga yang semakin menambah keindahan. Rindangnya dan rimbunya pepohonan juga membuat udara sekitar semakin segar untuk dinikmati. Khusus hari minggu pagi pukul 06.00-09.00 di sepanjang jalan udayana diterapkan car free day. Hari minggu merupakan waktu yang tepat untuk anda sekedar bersantai atau berolahraga disini, karena pada hari ini para pedagang dari mulai makanan, baju, buah, permainan anak menggelar daganganya disini.

Bagi anda yang mengunjungi mataram, taman udayana merupakan tempat wisata terbaik di mataram nusa tenggara barat yang  bisa menjadi pilihan tempat bersantai dan berolahraga anda.

6. Museum Negeri Nusa Tenggara Barat
Museum Negeri Nusa Tenggara Barat
Museum Negeri Nusa Tenggara Barat via triptrus.com
Tidak hanya menyimpan koleksi benda bersejarah, benda yang dipercaya memiliki kekuatan gaib seperti penolak roh halus, pengusir roh jahat, dan penangkal petir juga bisa anda lihat dalam daftar koleksi museum ini.

Di sisi depan museum, terdapat buaya yang diawetkan yang memiliki panjang 4 meter. Ketika hidup buaya tersebut membuat kehebohan warga karena pernah memakan warga setempat.  Buaya tersebut kemudian ditangkap dan diawetkan di museum negri.

Museum ini berlokasi di tengah kota mataram, lombok, NTB tepatnya di Jalan Panji Tilar Negara no.6. Museum Negeri Nusa Nenggara Barat ini memiliki koleksi sebanyak 7000 buah yang berupa koleksi sejarah, biologi, geologi arkeologi, budaya dan keramik. Museum ini merupakan museum terlengkap di NTB.

Bagi anda yang menyukai sejarah dan cerita dibaliknya, museum ini menjadi tempat wisata terbaik di mataram nusa tenggara barat yang bisa anda kunjungi. 

7. Kawasan Kota Tua Ampenan
Kawasan Kota Tua Ampenan
Kawasan Kota Tua Ampenan via batampos.co.id
Kota tua merupakan wilayah yang bersejarah di lombok. Kota ini berisi bangunan peninggalan masyarakat lokal yang unik dan artistik. Berdasarkan cerita , kota ini mayoritas dihuni oleh warga tionghoa pada zaman penjajahan belanda. Tersimpan didalamnya peninggalan berupa harta benda dari mereka yang kabarnya telah merantau ke kota-kota besar di indonesia.

Biasaya , kota tua ramai dikunjungi pada pagi dan sore hari untuk menghindari sinar matahari yang terik. Didekat kota tua ampenan terdapat pantai yang menyediakan berbagai jajanan kuliner, kafe dan warung makan juga banyak dijumpai disini.

8. Taman Sangkareang
Taman Sangkareang
Taman Sangkareang via youtube.com
Taman ini berlokasi di Jalan Pejanggik. Taman ini seringkali dijadikan tempat digelarnya berbagai event. Tepatnya pada area lapangan luas, mulai dari pameran, pentas musik, atau panggung sepeda santai diadakan disini. Jika sedang tidak ada event, ketika sore hari akan ramai dikunjungi anak-anak dan orang dewasa yang bermain sepakbola.

Fasilias bermain anak juga tersedia seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan sebagainya. Taman ini juga cocok sebagai tempat nongkrong dan ngobrol-ngobrol. Dipinggir jalan, banyak makanan dijajakan.

9. Makam Loang Baloq
Makam Loang Baloq
Makam Loang Baloq via wisatadilombok.com
Kompleks pemakaman long baloq biasanya ramai dikunjungi ketika lebaran idhul fitri dan perayaan maulid nabi Muhammad. Selain berziarah, anda juga bisa sekaligus berefreshing ke pantai tanjung karang yang  letaknya di seberang jalan raya.

Jika anda ingin berwisata religi, makam long baloq merupakan tempat wisata terbaik di mataram nusa tenggara barat yang patut anda sambangi. Makam loang baloq beasal dari bahasa suku sasak yang artinya lubang buaya.  

Area ini memang ditumbuhi pohon beringin yang memiliki lubang tempat bersemayamnya buaya yang konon katanya berumur ratusan tahun. Keunikan kompleks makam long baloq  ini adalah terdapat 3 makam yang diistimewakan oleh warga setempat yakni makam ulama Syekg Gaus Abdurrazak, makam anak yatim dan makam datuk laut.

Syekh Abdurrazak merupakan seorang ulama yang berasal dari Baghdad Irak yang menyebarkan agama islam di palembang kemudian singgah di lombok.  Tidak hanya ingin berziarah, pengunjung yang datang ke komplek ini biasanya melakukan ritual seperti potong rambut bagi anak balita yang disebut ngurisang oleh suku sasak, ada juga yang menyampaikan nazar dan berdoa di makam.

Kompleks pemakaman long baloq biasanya ramai dikunjungi ketika lebaran idhul fitri dan perayaan maulid nabi Muhammad. Selain berziarah, anda juga bisa sekaligus berefreshing ke pantai tanjung karang yang  letaknya di seberang jalan raya.

Nah itu dia rekomendasi tempat wisata terbaik di Mataram Nusa Tenggara Barat yang bisa anda kunjungi, untuk melepas jenuh serta merefresh pikiran anda.