Ini Dia Tempat Wisata Terbaik di Padang Panjang Yang Wajib Anda Kunjungi

Padangpanjang adalah kota kecil di Sumatera Barat. Meskipun kota kecil, tetapi tak ada salahnya jika Anda memilih Padang panjang sebagai destinasi liburan Anda karena perjalanan yang Anda tempuh menuju kota ini tidak akan membuat Anda bosan dan dijamin tak kalah menarik dengan perjalanan wisata ke kota-kota besar. 

Kenapa? Karena sepanjang perjalanan, Anda akan ditemani rimbunan pohon nan hijau yang menyejukkan mata. Dan memang kota yang memiliki julukan kota bahagia ini nyatanya menyimpan beragam wisata alam yang yang indah dan pastinya tidak akan membuat Anda menyesal telah berkunjung ke sana. Nah, berikut 8 tempat wisata terbaik di Padangpanjang yang wajib dikunjungi saat sedang berkunjung ke sana.


1. Air Terjun Lembah Anai
Air Terjun Lembah Anai
Air Terjun Lembah Anai via indonesiakaya.com
Air terjun Lembah Anai adalah salah satu destinasi wisata andalan Sumater Barat. Jika berkunjung ke kota Padangpanjang, rasanya kurang afdol jika tidak berkunjung ke obyek wisata satu ini. Air terjun Lembah Anai ini terletak kurang lebih 66 kilo meter dari jalan Raya Padang Bukittinggi atau memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari sana.

Air terjun ini secara administratif sebenarnya masih masuk wilayah Kabupaten Tanah Datar dan sekaligus dijadikan kawasan cagar alam. Namun karena lokasinya yang berdekatan dengan kota Padangpanjang, tentu saja tidak ada salahnya untuk menyempatkan singgah ke air terjun ini.

Suasana khas alam akan langsung menyapa Anda begitu tiba di kawasan ini. Dan karena merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi, maka Anda bisa sepuasnya melihat pepohonan rindang dan satwa liar yang hidup di sekitar area Lembah Anai. Setibanya di air terjun, tentu saja Anda bisa bermain air sepuasnya. Bahkan, tak sedikit pengunjung yang mandi disana.

2. Minang Fantasi
Minang Fantasi
Minang Fantasi via juragangelang.com
Jika Anda bosan dengan wisata alam dan ingin menghabiskan liburan dengan berenang, Minang Fantasi atau Mifan bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang tidak kalah dengan wisata alam di Padangpanjang. Wahana air ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam air panas, cottage, area outbond, fish therapy, sauna bahkan cinema 4D.

Minang Fantasi sendiri letaknya cukup strategis yaitu berada di tengah-tengah provinsi Sumatra Barat, dekat Padang, Bukit Tinggi dan Payakumbuh. Sepanjang perjalanan menuju Minang Fantasi, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah, karena kawasan ini diapit oleh 3 gunung.

Wisata yang berdekatan dengan wisata alam Lembah Anai ini juga memiliki lembah yang tidak kalah cantiknya dengan Lembah Anai.Seperti halnya Lembah Anai, disini Anda juga bisa menjumpai berbagai satwa liar seperti monyet dan kijang.

3. Lubuk Mata Kucing
Lubuk Mata Kucing
Lubuk Mata Kucing via blog.unnes.ac.id
Lubuk Mata Kucing adalah salah satu tempat wisata alam yang bisa menjadi pilihan jika Anda ingin berlibur dengan suasana khas pedesaan. Obyek wisata yang terletak di Pasar Usang, Padangpanjang Barat ini menawarkan pemandian yang sumber airnya berasal dari mata air Gunung Singgalang.

Di Lubuk Mata Kucing ini, Anda bisa menikmati pemandangan alam tepat di bawah kaki Gunung Singgalang yang mempesona. Sawah dan sungai Batang Anai terbentang luas di depan mata Anda yangmenambah sejuk udara sekitar. 

Pemandian ini memiliki beberapa fasilitas yaitu kolam pemandian untuk dewasa dan kolam pemandian untuk anak-anak. Tidak sedikit wisatawan yang memilih pemandianLubuk Mata Kucing ini sebagai destinasi wisata mereka, baik wisatawan lokal maupun luar daerah. 

4. Air Terjun Tujuh Tingkat
Air Terjun Tujuh Tingkat
Air Terjun Tujuh Tingkat via lihat.co.id
Jika kota Padang memiliki obyek wisata Air Terjun Tiga Tingkat, Padangpanjang juga memiliki obyek wisata alam yang serupa bahkan lebih menantang yakni Air Terjun Tujuh Tingkat. Bagi Anda yang menyukai liburan diselingi tantangan, air terjun tujuh tingkat ini jadi pilihan yang tepat dan menarik untuk dikunjungi. 

Suasana yang menantang akan Anda rasakan sejak awal Anda berada kawasan ini. Betapa tidak, Anda harus melewati jalan setapak yang letaknya tepat di bawah Jembatan Tinggi Silaing Bawah. Tidak ada jalan yang mulus karena sepanjang jalan yang Anda lewati jalanannya cukup terjal dan penuh semak beluar. Jadi, jangan heran jika Anda bisa menghabiskan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai di air terjun tujuh tingkat ini. 

Namun, setibanya Anda di air terjun, rasa lelah yang Anda rasakan selama perjalanan 1 jam tersebut akan tergantikan dengan pemandangan air terjun yang memang sangat memukau. Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki 7 tingkatan dan tingkatan paling atas memiliki tinggi sekitar 20 meter. Menikmati pesona alam air terjun 7 tingkat akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi Anda.

5. Goa Batu Batirai
Goa Batu Batirai
Goa Batu Batirai via pariwisata.pandangpanjang.go.id
Goa Batu Batirai adalah obyek wisata Padangpanjang yang wajib Anda kunjungi, terutama bagi pecinta alam. Wisata ini terletak di Kampung Manggis, Padang Panjang Barat. 

Objek wisata satu ini menyuguhkan pemandangan alam khas goa pada umumnya, dengan keindahan stalaktit dan stalakmitnya. Disebut Batu Batirai, karena bagian dalam goa tersebut terdapat batu-batu yang menjuntai dan bentuknya terlihat seperti tirai. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi obyek wisata ini, jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikan keindahan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan di Goa Batu Batirai.

6. Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau 
Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau
Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau  via id.wikipedia.org
Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau atau biasa disingkat PDIKM ini terletak di kawasan Silaing Bawah, Padangpanjang.  Lokasinya berjarak sekitar 3 kilo meter dari pusat kota Padangpanjang atau memakan waktu sekitar 90 menit. 

Jika Anda ingin berlibur sambil belajar sejarah, sebaiknya Anda coba datang ke obyek wisata satu ini. PDIKM adalah museum yang menyimpan berbagai koleksi budaya Minangkabau baik dalam bentuk Audio maupun Visual.

Tak hanya itu, PDIKM juga dilengkapi dengan perpustakaan yang terletak di area nan asri. Di perpustakaan inilah Anda bisa menemukan berbagai barang kuno dan koleksi foto sejarah pada zaman dahulu. Sambil berkeliling mengeksplore seisi ruangan, Anda bisa menikmati pesona alam nan indah di sekitar bangunan yang membuat waktu belajar sejarah Anda terasa lebih nyaman.

7. Kereta Wisata Danau Singkarak
Kereta Wisata Danau Singkarak
Kereta Wisata Danau Singkarak via kaskus.co.id
Danau Singkarak yang terletak di antara Padangpanjang dan Solok ini memiliki luas sekitar 11.000 hektar dan kedalaman sekitar 260 meter. Untuk bisa melihat keindahan danau tersebut, Anda harus menempuh perjalanan menggunakan Kereta Wisata Danau Singkarak yang ada di stasiun Padangpanjang.

Stasiun Padangpanjang merupakan stasiun kereta api terbesar di Sumatera Barat. Kereta di stasiun ini dulunya digunakanuntuk mengangkut batubara dari Swahlunto. Namun sekarang, kereta disini digunakan sebagai kereta wisata dan mengangkut penumpang dengan berbagai jurusan.

Uniknya, di kereta ini Anda tidak perlu repot-repot mencari nomor kursi karena Anda dibebaskan untuk duduk di kursi yang mana saja tanpa ada aturan tertentu. Asalkan tetap menjaga ketertiban, ya! Sepanjang perjalanan, Anda bisa melihat hamparan padi dan petak-petak sawah dengan bukit-bukit hijau sebagai latarnya. Liburan Anda akan terasa nyaman dan menyenangkan.

8. Masjid Asasi Sigando
Masjid Asasi Sigando
Masjid Asasi Sigando via gpswisataindonesia.wordpress.com
Masjid Asasi Sigando atau juga dikenal dengan Masjid Asasi Nagari Gunung adalah masjid tertua yang ada di kota Padangpanjang, Sumatera Barat. Masjid ini terletak di kelurahan Sigando, Padangpanjang Timur, Padangpanjang, Sumatera Barat.

Sekitar lebih dari 200 tahun lalu, Masjid ini dibangun oleh seorang ulama tersohor di kota Padangpanjang yang juga ulama pertama yang menyebarkan agama Islam di kota ini. Masjid ini juga menjadi kebanggan masyarakat Sigando, yang kebanyakan merupakan keturunan dari ulama tersebut. 

Memasuki area dalam masjid, Anda akan menemukan Jorong Sigando dengan arsitektur khas Minangkabau.Dapat dilihat jika masjid yang menjadi salah satu cagar budaya di kota Padangpanjang ini terpelihara dengan sangat baik. 

Jika Anda ingin belajar sejarah perkembangan Islam di kota Padangpanjang, sebaiknya Anda berkunjung ke Masjid Asasi Sigando karena di masjid ini Anda bisa menemukan bukti dan nilai-nilai sejarah perkembangan Islam. 

Nah, itu tadi beberapa tempat wisata terbaik yang bisa Anda kunjungi di Padangpanjang. Semoga bisa menjadi daftar referensi liburan Anda. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan, agar liburan Anda bsa lebih maksimal. Dan jangan sampai meninggalkan jejak sampah di setiap tempat wisata yang Anda kunjungi, ya!