PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Wisata Terbaik di Pasuruan Jawa Timur Yang Sedang Populer

Thursday, June 28, 2018
Selain Kota Surabaya dan Malang, Jawa Timur memiliki berbagai daerah lain dengan tempat wisata yang menarik, salah satunya adalah Kota Pasuruan. Kota kecil ini terletak sekitar 85 Km dari Surabaya dan termasuk kedalam lingkup wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di kota ini kita bisa menikmati berbagai tempat rekreasi mulai dari wisata alam hingga tempat wisata yang kekinian. Pensaran? Yuk kita simak satu persatu! Rekomendas  Wisata Terbaik di Pasuruan Jawa Timur 

1. Menikmati Indahnya Pagi Di Gunung Bromo
Menikmati Indahnya Pagi Di Gunung Bromo
Menikmati Indahnya Pagi Di Gunung Bromo via petaniadv.com
Siapapun pasti sulit menolak keindahan alam dari Gunung Bromo yang memiliki hamparan pasir seluas 10 KM ini. Terletak di ketinggian 2.329 meter dari permukaan air laut, Gunung Bromo merupakan tempat yang pas untuk melihat matahari terbit diufuk timur. 

Untuk sampai ke Penanjakan kita harus menempuh jarak sekitar 40 KM dari pusat Kota Pasuruan melewati Nankojajar dan Tosari. Jalur ini jalannya sudah beraspal halus dengan pepohonan di kanan dan kiri jalan sehingga bisa dengan mudah dilalui kendaraan. Akses lain dari Pasuruan adalah melalui Purwodadi melewati jalan disebelah Kebun Raya sehingga kita akan melintasi kebun buah strawberi, apel, kebun bunga krisan dan peternakan sapi milik warga sekitar.

Sesampainya disana kita akan disambut oleh kearifan lokal masyarakat Suku Tengger yang menjadi penduduk asli wilayah ini. Selain bisa melihat keindahan sunrise dipagi hari, Gunung Bromo juga memiliki wisata yang lain seperti Padang Rumput savana, bukit teletubies, pasir bersisik, serta Bromo Milky way yang hanya bisa dilakukan di malam hari. 

Fasilitas yang ada di Gunung Bromo memang tidak seperti wisata modern lainnya. Tapi tempat ini sudah dilengkapi dengan penginapan, homestay, persewaan kuda dan mobil jeep, serta sudah terdapat warung warung yang menjual makanan dan minuman.

2. Menyaksikan Pertemuan 2 Sungai Di Air Terjun Coban Baung
Menyaksikan Pertemuan 2 Sungai Di Air Terjun Coban Baung
Menyaksikan Pertemuan 2 Sungai Di Air Terjun Coban Baung via alamasedy.com
Memiliki luas area sekitar 195,5 hektar dan berada di dalam kawasan wisata alam Gunung Baung membuat Air Terjun Coban Baung layak untuk kita kunjungi. Terletak di Desa Cowek Kecamatan Purwodadi, Pasuruan, akses jalan menuju kesana cukup mudah karena berdekatan dengan Kebun Raya Purwodadi.

Air terjun ini merupakan tempat bertemunya 2 aliran sungai yaitu sungai beji dan sungai welang yang selalu mengalir sepanjang tahun. Jadi selain melihat pemandangan dan bermain air, disini pengunjung bisa melakukan rafting atau menyusuri sungai beji selama kurang lebih 3 jam untuk melihat lihat kawasan kawasan konservasi satwa liar disana. 

Selain itu pengelola tempat wisata ini juga menyediakan paket camping lengkap dengan kegiatan hiking, river board, air soft gun, fliying fox dan kegiatan outbound. Di kawasan Coban Baungpun sudah dibangun sarana penunjang lain yaitu tempat peristirahatan berupa saung kecil dan juga toilet.

3. Melihat Dari Dekat Satwa Liar Di Taman Safari Prigen
Melihat Dari Dekat Satwa Liar Di Taman Safari Prigen
Melihat Dari Dekat Satwa Liar Di Taman Safari Prigen via tribunwisata.com
Taman safari Prigen merupakan taman safari terbesar di Asia dan dijuluki sebagai taman safari indonesia kedua oleh wisatawan. Taman safari prigen memiliki berbagai satwa koleksi seperti banteng, gajah, harimau, zebra, hingga lumba lumba. Disini kita bisa melihat satwa liar berada di habitatnya serta menyaksikan atraksi dari beberapa satwa yang terlatih.

Terletak di desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen Kabupaten PAsuruan, Taman safari ini juga menawarkan banyak wahana seperti Safari Aquatic Land, Elepant Journey, Paintball War Game, Baby Zoo, Swimming With Dolphin, dan masih banyak kegiatan lain yang membuat kita merasa benar benar sedang berlibur.

Tiket untuk masuk ke Taman safari Prigen dibedakan menjadi tiga jenis yaitu Tiket Badak Unlimited dengan gelang berwarna hitam, Tiket Badak dengan gelang berwarna merah, dan Tiket Rusa atau Tiket reguler. Tentunya dengan fasilitas wahana yang berbeda beda pula.

4. Bermain Seru Di The Pines Taman Dayu
Bermain Seru Di The Pines Taman Dayu
Bermain Seru Di The Pines Taman Dayu via indonesia-tourism.com
Jika kamu suka berkemah di hutan pinus sambil menikmati serunya kegiatan outbound maka The Pines Taman dayu adalah jawabannya. Tempat wisata ini merupakan bagian dari kawasan wisata dan pusat bisnis Taman Dayu. Letaknya ada di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Disini disediakan paket camping dengan tiga jenis hunian yaitu rumah pohon, rumah kayu dan tenda di hutan pinus. Selain itu, The Pines Taman Dayu sudah dilengkapi dengan beraneka sarana dan prasarana seperti mushola dan tempat wudhu serta kamar mandi yang banyak, jadi tidak perlu khawatir mengantri ke toilet jika pengunjung sedang banyak. Fasilitas lainnya adalah flying fox, fun games dan paint ball yang menambah seru berwisata dan berkemah disini.

5. Melepas Lelah Sejenak Di Pemandian Banyu Biru
Melepas Lelah Sejenak Di Pemandian Banyu Biru
Melepas Lelah Sejenak Di Pemandian Banyu Biru via alampriangan.com
Pemandian alami yang terletak desa sumberejo, sekitar 15 Km dari pusat Kota Pasuruan ini merupakan tempat wisata yang dikenal sejak jaman Belanda. Tidak heran jika turis asing banyak yang berdatangan ke lokasi ini. 

Di Banyu biru kita bisa berendam, menikmati angin sepoi sepoi serta pemandangan yang hijau, bisa juga berenang dan bermain air dengan ikan ikan yang menghuni di kolam pemandian ini. Kita juga bisa berswafoto dengan berbagai arca peninggalan kerajaan Majapahit yang masih tersisa.

Dengan tiket sekitar 10.000 rupiah kita bisa mendapatkan fasilitas seperti kamar mandi, mushola, kamar ganti, tempat parkir yang luas serta stand makanan. Selain itu Banyu Biru juga dilengkapi dengan arena bermain, kolam ikan, persewaan alat alat berenang, serta lapangan tenis.

6. Memandang Indahnya Sunset Di Pantai Lekok
Memandang Indahnya Sunset Di Pantai Lekok
Memandang Indahnya Sunset Di Pantai Lekok via travelingyuk.com
Berwisata serasa kurang lengkap jika belum mengunjungi pantai untuk menikmati pasir putih dan deburan ombak yang nyaring. Untuk itulah, kota ini juga menawarkan keindahan matahari terbenam dari bibir pantai yang terletak di Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan.

Selain keindahan alam, di pantai ini kita juga bisa melihat pertunjukan budaya masyarakat sekitar yang unik dan menarik yaitu celot atau ski lot. Permainan ini digelar setiap tahun untuk merayakan hari raya idhul fitri. Selain ski lot atau berseluncur diatas lumpur, peserta juga diharuskan menangkap kepiting atau lele yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tentu saja, pagelaran ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun asing yang sedang berkunjung ke Pasuruan.

7. Berburu Aneka Kuliner Di Danau Ranu Grati
Berburu Aneka Kuliner Di Danau Ranu Grati
Berburu Aneka Kuliner Di Danau Ranu Grati via pasuruan-travel.com
Danau Ranu Grati adalah tempat wisata populer di daerah Pasuruan. Terletak diantara 3 desa yaitu Desa Sumberdaweari, Desa Gratitunon dan Desa Ranuklindungan, Kecamatan Grati, Pasuruan. Untuk menuju ke danau ini, dibutuhkan perjalanan selma 30 menit atau lebih dari pusat Kota Pasuruan.

Danau Ranu Grati merupakan danau alami yang meiliki luas sekitar 200 hektare. Berlatar belakang pegunungan Tengger yang berjajar menambah pesona keindahan danau ini. Kita bisa berfoto, memancing, bersepeda air, serta berlayar mengelilingi danau menggunakan perahu.

Di sekitar danau akab kita jumpai banyak sekali keramba apung untuk budidaya ikan air tawar. Sehingga tidak hanya menyediakan wisata alam, Danau Ranu Grati juga menyediakan kuliner dengan bahan utama ikan yang di kembang biakan disini. Kita juga bisa membeli dan membawa pulang ikan air tawar untuk oleh oleh seperti ikan wader, ikan nila, mujaer serta gurame.

8. Berkunjung Ke Saygon Waterpark Dan Saygon Nightpark
Berkunjung Ke Saygon Waterpark Dan Saygon Nightpark
Berkunjung Ke Saygon Waterpark Dan Saygon Nightpark via travelspromo.com
Setelah mengunjungi banyak tempat wisata alam di Pasuruan, tidak ada salahnya kita mampir dan menikmati berbagai wahana air dan permainan di Saygon waterpark dan Saygon Nightpark.  Lokasi taman ini berada di Desa sengon, Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan dengan akses jalan yang cukup mudah.

Saygon waterpark merupakan wisata air yang unik dan cocok dikunjungi bersama keluarga tercinta. Disini kita bisa mencoba berbagai wahana air seperti water slide, kolam arus, kolam ombak, serta kolam olympic. Permainan lain yang tak kalah seru adalah simulastor pesawat, simulator cock-pit, serta bioskop 6D.

Selain bisa bermain air disiang hari, kita juga bisa menjajal beragam wahana menarik saat malam di Saygon Nightpark. Wahana yang bisa kita pilih diantaranya thrampoline, ferish well, roller coster, bumper car, gyroscope, rodeo, flying chair serta wahana menantang lainnya untuk orang dewasa maupun anak anak.

Karena sudah berupa tempat wisata modern, saygon waterpark dan Nightpark sudah memiliki fasilitas yang lengkap seperti penginapan, meeting room, ruang medis, toilet, food court, mushola, hingga akses wifi.

Bagaimana? obyek wisata terbaik di Pasuruan yang kami sebutkan diatas, menarik semua bukan? Jangan lupa ajak teman ataupun sanak keluarga yah, saat kesana.