PLARIUSMODIFIKASI101

Daftar Tempat Wisata Terbaik di Sukabumi Jawa Barat

Thursday, June 7, 2018
Terdapat banyak sekali tempat wisata yang unik dan menarik yang dapat Anda kunjugni di daerah Sukabumi Jawa Barat. Meski Sukabumi merupakan kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat, namun nyatanya daya tarik wisatanya banyak  digandrungi masyarakat, bahkan dari luar daerah. Nah, jika Anda berniat mengunjungi Sukabumi sebagai tujuan berlibur Anda, maka ada baiknya simak rekomendasi beberapa obyek wisata terbaik di Sukabumi Jawa Barat, berikut ini. Penasaran? Daftar Obyek Wisata Terbaik di Sukabumi Jawa Barat

1. Bukit Karang Para
Bukit Karang Para
Bukit Karang Para via basabasi.co
Bagi Anda yang menyukai tempat wisata dengan view yang keren untuk berfoto, maka pilihan yang tepat bila berkunjung ke Bukit Karang Para. Bukit ini memiliki keindahan bebatuan karang yang indah dengan suasana hijaunya alam dan serta perkampungan yang masih sangat tradisional. 

Tempat selfie yang paling banyak di sukai pengunjung adalah sebuah platform kecil yang ternbua dari bambu yang diapit dua batu karang cantik. Tapi Anda harus ekstra sabar karena spot ini selalu ramai, jadi Anda harus mengantri. 

Pemandangan sunset di bukit ini juga menjadi primadona. Pasalnya nuansa sore yang indah dilengkapi dengan warna kuning orange pada langit sore hari menambah pesona tempat ini. Apa lagi jika diabadikan dengan jepretan kamera. Wah tentu hasilnya akan menawan bukan. 

Bukit ini berlokasikan di desa Kebun Mangu, Gunung Guruh, Sukabumi. Untuk tiket masuk, pengunjung harus membayar 2 ribu per orang dan biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah saja. 

2. Danau Bacan
Danau Bacan
Danau Bacan via blog,reservasi.com
Danau ini berasal dari lubang bekas galian tambang warga sekitar yang kemudian terisi oleh air hujan. Danau ini berwarna kehijauan, warna hijau sendiri berasal dari bebatuan yang berada di dasar danau. 

Ukuran danau ini relatif kecil, namun karena keunikan warna danau ini, membuat banyak pengunjung yang ingin berfoto dilokasi danau wisata ini. rangkaina batuan yang berjajar dan tersusun rapi mengalilingi danau menambah kesan eksotis kawasan ini. 

Anda dapat duduk di tepi danau sembari menikmati indahnya pemandangan atau sekedar berpose untuk foto terbaik yang akan menambah koleksi foto kece di instagram Anda. 

Danau ini terletak di desa Bojong, kecamatan Cikembar, Sukabumi. Tiket masuk danau ini gratis, pengunjung hanya dikenai biaya parkir sebesar 5 ribu untuk mobil dan 2 ribu untuk motor. 

3. Gua Buniayu
Gua Buniayu
Gua Buniayu via superadventure.co.id
Gua Buniayu merupakan gua yang memiliki sistem terbaik di seluruh gua di wilayah Asia Tenggara. Gua ini dilengkapi dengan berbagai peralatan keamanan dan keselamatan yang bertaraf internasional dengan pemand-pemandu yang terlatih pula.

Di tempat wisata ini terdapat 3 gua, namun hanya 2 buah gua saja yang dapat Anda jelajahi. Gua yang ketiga yaitu gua Kerek hanya diperuntukkan untuk profesional saja dan keperluan penelitian. 

Gua ini menyuguhkan indahnya beragam ornamen geologi yang terbentuk secara alami dengan proses beribu-ribu tahun lamanya. Anda dapat menyusuri gua hingga bagian paling dalam yang boleh dijangkau. Jika Anda ingin merasakan nuansa asli gua ini, coba matikan alat penerangan Anda. Gua menjadi gelap gulita tanpa seberkas cahaya pun yang dapat menembus dinding gua. 

Anda dapat melihat keindahan sungai bawah tanah dan air terjun jika mau turun hingga kedalaman 18 meter di bawah permukaan air laut. Terdapat danau dan juga fosl batu di tempat ini. 

Alama lengkap gua batu ini adalah di desa Kerta Angsana,  kecamatan Nyalindung, Sukabumi. Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar 15 ribu per orang, buka setiap hari mulai pukul 08.00-22.00. 

4. Kampung Ciptagelar
Kampung Ciptagelar
Kampung Ciptagelar via phinemo.com
Kampung Ciptagelar merupakan sebuah perkampungan adat yang ada di Sukabumi. Kehidupan di kampung ini persis dengan suasana jaman dahulu, kecuali sudah terdapat fasilitas listrik. 

Rumah-rumah yang terbangun di wilayah ini masih sangat tradisionla jauh dari perkembangan jaman sekarang. Letak kampung yang berada di dataran tinggi membuat udaranya yang sejuk dan segar.

Anda akan merasakan kearifan lokal masyarakat setempat, dengan aktivitas penduduknya yang menjaga nilai leluhur mereka. Keramah tamahan penduduk juga membuat pengunjung betah berlama-lama di kampung ini. 

Kampung ini berada di kampung Sukamulya desa Sirnaresmi, Cisolok Sukabumi. Anda tidak dipungut biaya tike masuk sepeserpun karena gratis. Yang perlu Anda ingat adalah jangan merusak atau berlaku tidak sopan selama di lokasi perkampungan. Ada baiknya jika Anda membawa perbekalan sendiri, seperti makanan dan minuman serta pastikan BBM terisi full karena lokasi kampung yang jauh di pelosok. 

5. Gunung Halimun
Gunung Halimun
Gunung Halimun via gunung-kita.blogspot.com
Gunung Halimun memiliki sebutan sebagai mutiara hijau yang menghiasi pulau Jawa. Hal ini dikarenakan keadaan hutan yang masih sangat rindang dan keindahan panorama alam yang disuguhkan. 

Gunung Halimun memberikan banyak tempat menarik yang bisa Anda jelajahi seperti kawasan suaka alam, luasnya hamparan kebun teh yang cantik, keindahan sawah terasering, dan sensasi berkendara di bebatuan dan sungai yang bisa Anda nikmati. 

Jika ingin bermalam, Anda bisa menginap di rumah penduduk atau homestay yang telah disediakan. Bisa juga mendirikan tenda di area camping ground. Banyak spot-spot indah yang dapat Anda kunjungi di wilayah Gunung Halimun ini.

Jika Anda berminat untuk melakukan trip ke Gunung Halimun, ada baiknya untuk membooking agent-agent tour yang banyak menawarkan jasanya. 

6. Kawah Ratu
Kawah Ratu
Kawah Ratu via sportourism.id
Kawah ini merupakan surganya bagi pecinta trekking. Terdapat tiga jalur trek yang bisa Anda lalui. Pertama Anda bisa memilih rute gunung Bunder melaui Pasir Rengit dengan jarak sekitar 3,5 kilometer, sekitar 2,5 jam perjalanan. Kedua, masih melalui rute gunung Bunder namun via Curug Seribu dengan jarak trekking sekitar 5 kilometer, sekitar 4 hingga 5 jam perjalanan. 

Untuk jalur yang ketiga, Anda bisa lewat bumi perkemahan Cidahu-Sukabumi, jarak tempuhnya sekitar 4,5 kilometer. Dijalur-jalur trekking banyak patokan panduan arah yang bisa Anda gunakan ketika tersesat. Atau jika ingin lebih aman lagi, Anda bisa menyewa guide yang telah berpengalaman. 

Sepanjang trekking Anda dapat menikmati indahnya pemandangan Kawah Ratu. Terdapat pula beberapa spot yang terdapat lapisan belerang. Untuk memasuki kawah Ratu, Anda akan dikenai tiket masuk sebesar 7500 rupiah per orang. 

7. Santasea Water Park
Santasea Water Park
Santasea Water Park via 
Wahan permainan ini baru dibuka pada tahun 2016. Santasea Water Park termasuk tempat wisata yang unik karena memanfaatkan sumber air panas menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan. Seperti namnya, taman bermain air ini bertemakan bajak laut. 

Banyak wahana yang bisa Anda coba di tempat ini seperti seluncuran air, niagara waterfall buatan, kolam arus Amazon river, kolam ombak hingga area kabun binatang mini.

Jika Anda ingin menikmati pemandian air panas, wahana yang satu ini cocok Anda coba, Japanese Hot Spring. Anda dapat berendam dan bersantai di kolam air panas yang telah disediakan. 

Lokasi Santasea Water Park berada di jalan Pramuka, Citamiang, kota Sukabumi, Jawa Barat. Tepatnya di belakang terminal Baru Sukabumi. 

Untuk tiket masuk terdapat dua tarif yaitu 40 ribu rupiah untuk hari Senin hingga Jumat dan 70 ribu rupiah pada hari Sabtu, Minggu dan hari-hari libur lainnya. Cukup terjangkau bukan dengan semua fasilitas yang diberikan. 

8. Bravo Adventure
Bravo Adventure
Bravo Adventure via frajianar.wordpress.com
Ada beberapa petualang yang suka dengan aktivitas berkemah mulai dari cara membangun tempat berteduh hingga cara mencari dan memasak makanan yang serba tradisional dan manual. Tetapi ada juga orang-orang yang tidak mau ribet dan inginmenikmati petualangan yang nyaman tanpa harus bersusah payah mendirikan tenda sendiri. 

Anda dapat mencoba glamping atau glamourus camping dan rafting yang ditawarkan oleh Bravo Adventure. Bravo adventure terletak di kampung Batarselang, kecamatan Cikidang, kabupaten Sukabumi, Jawa barat. Di tempat ini Anda bisa merasakan berkemah mewah yang segala sesuatunya telah dipersiapkan. 

Anda hanya perlu menikmatinya saja, jangan salah, aktivitas ini tetap seru kok, karena disekitar lokasi merupakan area persawahan dan hutan. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap seperti tenda yang telah terpasang, makanan, peneyjuk udara, dan kamar mandi. 

Anda juga bisa bermain paintball atau rafting dengan menyusuru sungai Citarik. Anda akan ditemani dan dipandu oleh instruktur yang telah berpengalaman. 

Biaya yang dikeluarkan untuk paket berkemah dan outbond dibandrol mulai dari 500 ribuan. Cukup terjangkau bukan, dengan harga tersebut Anda sudah bisa menikamati berbagai fasilias yang ada. 
Itulah rangkuman yang bisa kami bagikan terkait rekomendasi obyek wisata terbaik di Sukabumi Jawa Barat. Semoga informasi di atas bermanfaat.