Inilah Tempat Wisata Terbaik di Tangerang Selatan Banten Untuk Liburan Kamu

Tangerang Selatan memiliki beragam tempat wisata yang cocok untuk di kunjungi bersama dengan keluarga, sahabat atau orang terkasih. Perlu diketahui, Kota Tangerang Selatan ini terletak di Tatar Pasundan Banten. Sekitar 30 km dari kota Jakarta. Nah, bagi Anda yang ingin menghabisakan waktu liburan di kota penuh pesona ini, sebaiknya simak rekomendasi obyek wisata terbaik di Tangerang selatan, yang telah kami rangkum berikut ini.

1. Taman Kota BSD City
Taman Kota BSD City
Taman Kota BSD City via youtube.com
Taman kota BSD City merupakan sebuah lahan terbuka yang luas, dengan suasana rindang serta teduh. Nama BSD sendiri memiliki kepanjangan yakni Bumi Serpong Damai. 

Anda dapat menikmati hijaunya lingkungan dan suasa yang masih asri di taman ini. Tentunya sangat cocok untuk melepas penat dan menghilangkan stress dari rutinitas Anda sehari-hari.

Luas taman kota ini sekitar 2,5 hektar dengan didalamnya terdapat sekitar 3 ribu pohon dan 60 jenis tanaman, mungkin lebih cocok dikaakan sebagai hutan kota. Disana terdapat berbagai pohon besar seperti pohon beringin, pohon meranti, pohon bintaro dan lainnya.

Tidak hanya keindahan alamnya saja yang dapat dinikmati, di taman ini juga memiliki area atau wahana bermain anak-anak. Untuk Anda yang suka berolahraga, di taman ini juga dilengkapi fasilitas jogging, yang mana terdapat track sepanjang 1 km. Cocok untuk berolahraga sore hari, maupun pagi hari. 

Taman kota BSD ini berlokasikan di jalan Letnan Sutopo, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Buka mulai jam 6 pagi hingga 6 sore. 

2. Keindahan Alam Situ Gintung
Keindahan Alam Situ Gintung
Keindahan Alam Situ Gintung via ryan-febrianti.blogspot.com
Situ Gintung merupakan tempat wisata berupa danau buatan yang awalnya digunakan sebagai penampung air hujan untuk mengairi ladang warga sekitar. Setelah mengalami perkembangan, akhirnya kawasan danau ini dijadikan sebagai objek wisata di Tangerang Selatan.

Danau ini terletak di Ciputat Timur di sebelah barat kota Jakarta dengan luas are wisata sekitar 21,4 hektar. Tempat ini menjadi objek wisata air dan wisata alam. 

Wahana yang terdapat di Situ Gintung antara lain kolam renang, taman, restoran, area outbond, dan wahana bermain lainnya. Anda dapat berenang dan berendam di kolam sambil menikmati pemandangan yang indah, terdapat pula gazebo-gazebo tempat bersantai di tepi kolam. 

Situ Gintung beralamat di jalan Kerta Mukti No. 20, Creundeu, Ciputat, Tangerang Selatan. Twmpat wisata ini buka setiap hari dengan harga tiket masuk mulai dari 35 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah per orang. 

3. Hutan Kota Jombang
Hutan Kota Jombang
Hutan Kota Jombang via pamoelangku.blogspot.com
Meskipun namanya hutan Kota Jombang, tempat wisata ini tidak terletak di Jombang Jawa Timur, tapi di Tangerang selatan. Tepatnya di jalan Merpati Raya, kelurahan Sawah Baru, desa Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan. Jadi nama Hutan Jombang ini diambil dari nama salah satu nam desa di Ciputat. 

Anda akan disambut dengan sejuk dan segarnya udara ketika mulai memasuki area hutan, rimbunana pepohonan yang besar-besar menambah kesan asri hutan kota ini. 

Fasilitas penunjang lokasi wisata ini anaara lain jogging track, tempat makan, tempat istirahat dan bersantai, toilet, mushola dan tentunya area parkir yang luas. 

4. Tanah Tingal
Tanah Tingal
Tanah Tingal via infobintaro.com
Banyak sekali destinasi wisata yang berada di wilayah Ciputat, salah satunya wisata Tanah Tingal. Empat wisata ini berlokasi di desa Baru, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan. 

Di lokasi wisata tersebut terdapat Rumah Tingal, dengan daya tarik berupa galeri foto hingga berkubang dalam lumpur, bangunan rumah dengan etnik jawa, kebun anggrek, kebun sayur, danau yang bisa Anda gunakan untuk bermain kano dan kawasan perairan berawa. 

Aktivitas yang dapat Anda lakukan antara lain seperti belajar cara berkebun anggrek, bermain kayak, panjat dinding dan aktivitas lainnya yang tak kalah menyenangkan.

Masih kurang puas? Anda bisa menyaksikan keelokan berbagai macam burung di alam terbuka. Pengunjung dapat melakukan aktivitas waching bird ini mulai dari jam setengah 6 pagi hingga jam 7 pagi. 

Tips berwisata ke Tanah Tingal adalah bawalah perbekalan makanan dan minuman yang cukup, karena lokasi wisata ini belum menyediakan tempat-tempat makan. Selain itu, Anda bisa membawa tikar untuk alas duduk bersanai menikmai indahnya alam hutan ini. 

5. Froggy Floating Castle
Froggy Floating Castle
Froggy Floating Castle via tempat.me
Froggy Floating Castle merupakan surganya tempat bermain anak-anak yang berada di wilayah BSD City. Alamat lengkapnya di jalan BSD Grand Boulevard, kecamatan Pagedangan, Tangerang Selatan Banten. 

Pendiri Froggy Floating Castle ini bernama Fernando Iskandar, Fernando terinspirasi oleh cerita anak Jack dan pohon Kacang ajaibnya. Tempat ini juga dijadikan sebagai lembaga pendidikan non formal yang diberi nama Froggy Edutography. 

Bangunan istana inidibangun menggunakan 66 lembar kaca dengan tinggi 10,8 meter dan lebar 1,9 meter. Untuk membuat kesan seolah-olah melayang, kaca dipasang menggantung atau dikenal dengan teknik suspend. 

Bangunan ini memiliki 10 lantai yang berisi program mimpi anak-anak dengan interior di dalam bangunan tersebut didesain benar-benar menyerupai istana, anak-anak yang berada di tempat ini juga di sebut King and Queen. Suasana seperti ini membuat anak betah berlama-lama di tempat ini. 

6. Kampung Dongeng Indonesia
Kampung Dongeng Indonesia
Kampung Dongeng Indonesia via serpong.global.islamic.com

Kampung ini didirikan oleh seorangb yang biasa dipanggil dengan Kak Awam. Kampung Dongeng ini sebenarnya merupakan sebuah yayasan bernama Kampung Dongeng Tunas Bangsa. Di tempat inilah Kak Awam memulia aktivitasnya yaitu mendongeng untuk anak-anak dan juga menciptakan generasi pendongeng baru. 

Yayasan ini diresmikan pada tahun 2009 yang berpusat di Tangerang Selatan. Kak Awam sendiri memiliki cita-cita yang begitu besar yaitu ingin mendirikan 1000 Kampung Dongeng di Indonesia. 

Berkat Kampung Dongeng ini banyak bermunculan pendongeng-pendongeng baru yang masing-masing memiliki kreativitas yang unik. Selain di wilayah Jabodetabek, para pendongeng ini sudah mulai tersebar di beberap provinsi di Indonesia. 

Anda dapat mengajak anak Anda untuk menghabiskan liburan yang bermanfaat di kampung dongeng ini. anak akan merasakan pengalaman baru dan lingkungan yang baru. Selain berwisata dan bermain, anak juga bisa memperkuat interksi sosialnya denagn bertemu teman baru di lingkungan yang baru pula. Acar mendongeng akan dimulai pada pukul 8 pagi hingga 11 siang setiap harinya. 

7. Ocean Park BSD City
Ocean Park BSD City
Ocean Park BSD City via jalanjalan.co
Tempat wisata yang ramah keluarga memang banyak terdapat di Tangerang Selaan. Salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan ketika libur sekolah tiba adalalah Ocean Park BSD City. Taman bermain ini memiliki banyak wahana yang seru dan menarik.

Flying Tower merupakan wahana seluncuran dengan tinggi sekitar 13 meter dengan 4 seluncuran yang bisa dipakai bersamaan. Paradise for kiddo merupakan wahana kolam renang dikhususkan untuk anak-anak berusia 2 hingga 7 tahun. Ada pula  Adrenalin Rush, wahana ini berupa slider spiral dengan tinggi 12 meter  dan panjang 60 meter. Selain itu masih banyak lagi wahana-wahan seru lainnya. 

8. Kandank Jurank Doank
Kandank Jurank Doank
Kandank Jurank Doank via jakarta.panduanwisata.id
Kandank Jurank Doank (KJD) merupakan sekolah alam yang dirintis oleh seniman bernama Dik Doank. Sekolah alam ini diperuntukkan untuk anak-anak kampung sekitar, agar anak-anak miskin bisa merasakan belajar yang sebenarnya. Dengan mengenal alam, anak-anak akan mengenali diri mereka sendiri dan potensi yang mereka miliki untuk dapat dikembangkan nantinya. 

Lambat laun, kandank jurank doank ini terbuka untuk umum, siapa saja bisa berkunjung ke tempat ini, mulai dari anak misikin, kaya, dan orang tua pun bisa. Suasana yang nyaman, udara sejuk, hamparan sawah dan asrinya lingkungan membuat anak-anak betah belajar di luar ruangan beralaskan rumput hijau dan beratapkan birunya langit.

Selain tempa belajarnya yang nyaman, di KDJ juga terdapat fasilitas olahraga yang lumayan lengkap. Ada lapangang bola, lapangan basket, wall climbing, dan fling fox. Bisa juga melakukan outbond di area yang telah disediakan. 

Terdapat panggung yang dapat dimanfaatkan untuk menari, menyanyi, dan pentas-pentas seni lainnya. Ada pula ruang multimedia, perpustakaan, kolam ikan, studio, dan area bermain. 

KDJ ini dibuka untuk umum dan gratis tiket masuknya, kecuali jika Anda ingin bermain flying fox atau outbond bersama rombongan Anda, akan dikenai biaya tertentu. Sekolah alam ini dibuka setiap hari Minggu jam 8 hingga 10 pagi. 

Nah, beragam tempat wisata terbaik di Tangerang selatan Banten. Banyak tempat-tempat wisata yang menarik bukan?  Tunggu apa lagi, ayo berkunjung ke Tangerang Selatan dan nikmati liburan Anda seru di sana.