Tempat Wisata Terbaik di Tanjung Pinang Kepulauan Riau

Tanjung Pinang merupakan tempat yang dianugerahi dengan keindahan alam dan tempat-tempat wisata yang menarik. Tanjung Pinang menawarkan banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kota yang merupakan Ibu Kota Kepulauan Riau ini juga menjadi tempat bersejarah, tempat lahirnya cikal bakal bahasa Indonesia yaitu Bahasa Melayu. Nah, penasaran apa saja tempat wisata menarik di Tanjung Pinang, kepulauan Riau ini? Daftar Obyek Wisata Terbaik di Tanjung Pinang Kepulauan Riau

1. Pantai Trikora
Pantai Trikora
Pantai Trikora via travelingyuk.com
Pantai Trikora merupakan pantai dengan pemandangan alam yang indah yang terdapat di pulau Bintan. Pantai ini berada di desa Malang Rapat, Gunung Kijang, Pulau Bintan. 

Konon, nama Trikora sendiri berasal dari istilah yang disematkan wisatawan asing ketika menyebut pantai ini yaitu Three Corral, namun ada versi lain yang menyangkutkan nama panta ini dengan Tri Komando Rakyat. 

Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini antara lain berenang, bersrorkeling melihat keindahan bawah laut, atau bisa juga memancing di bebatuan besar di bibir pantai ini. Ada pula pondokan yang bisa Anda sewa seharga 30 ribuan yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai sembari menikmati bekal makanan yang dibawa.

2. Danau Biru Bintan, Icelandnya Indonesia
Danau Biru Bintan, Icelandnya Indonesia
Danau Biru Bintan, Icelandnya Indonesia via limakaki.com
Tempat wisata danau Biru di pulau Bintan ini menjadi tujuan wisata populer, danau ini awalnya merupakan lubang bekas galian tambang yang terisi air hujan dan lama kelamaan menjadi sebuah danau. 

Air danau ini berwarna biru jernih layaknya perairan lautan. Lokasi danau ini berada di desa Kuala Sempang, Seri Kuala Lobam, Bintan kepulauanriau. Sekitar 63 km dari Tanjung Pinang. 

Di sekeliling danau masih banyak dijumpai gundukan-gundukan pasir tambang warga, Anda bisa memanfaatkannya untuk menikmati keindahan air danau, sembari duduk di atas gundukan tersebut. 

Deretan poho-pohon yang tumbuh berjajar di sekeliling danau menambah kesan asri dan sejuk lokasi wisata ini. Tempat ini juga cocok bagi Anda yang suka berburu spot-spot foto yang unik dan indah. Untuk dapat memasuki area danau ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah. 

3. Bukit Panglong
Bukit Panglong
Bukit Panglong via wisatalengkap.com
Kawasan wisata Bukit Panglong ini dulunya juga merupakan area bekas tambang yang berubah menjadi tempat wisata yang cantik. Area bukit ini dijadikan lokasi pertambangan karena memiliki kandungan batu granit yang banya. Karena aktivitas pengerukan yang dilakukan terus-menerus bukit tersebut berubah menjadi kawah sedalam 50 meter. 

Air danau tersebut berasal dari air hujan dan juga sumber air tanah. Air di danau ini berwarna biru dan jernih, menambah daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. 

Pemandanagn yang indah di sekitar srea danau merupakan spot terbaik untuk mengabadikan momen melalui jepretan kamera Anda saat berkunjung di bukit ini. 

4. Pulau Penyengat
Pulau Penyengat
Pulau Penyengat via traveler.id
Pulau Penyengat merupakan pulau kecil yang berada di wilayah Tanjung Pinang, kira-kira hanya 2 km dari pusat kota. Pulau ini memiliki panjang sekitar 2000 meter dengan lebar 850 meter. Dari Tanjung Pinang Anda bisa menyebrangi laut penyengat sekitar 15 menit menggunakan kapal mesin. Kemudian dilanjutkan berjalan kaki sekitar 200 meter hingga ke pintu gerbang pulau Penyengat.

Pulau ini banyak menyimpan sejarah kerajaan-kerajaan Riau terdahulu. Di tempat ini terdapat 5 tujuan wisata yang bisa Anda datangi antara lain masjid Sultan Riau, Gedung Mesiu, kompleks makam raja Abdurrahman, kompleks makam raja Ali Haji, dan istana Kantor. 

Anda juga bisa merasakan lezatnya hidangan khas pulau Penyengat yang dimasak langsung oleh warga sekitar. Biasanya untuk bisa merasakan pengalaman ini Anda harus memesan terlebih dahulu melalui jasa-jasa agen tour yang banyak tersedia. Menyantap kudapan asli daerah yang dimsak langsung oleh ahlinya pasti sangat nikmat. 

Sebelum kembali ke Tanjung Pinang, Anda bisa mampir ke Masjid Raya Sultan Riau. Bangunan masjid yang besar dan megah dengan warna khas yang terang membuat hati terasa adem dan tenang. Masjid ini berada tepat diseberang pelabuhan. 

Sembari menunggu waktu sholat tiba, Anda bisa melihat-lihat isi masjid dan mengagumi  keindahan interiornya. 

5. Masjid Pink Pulau Bintan
Masjid Pink Pulau Bintan
Masjid Pink Pulau Bintan via hisfarsikepri.org
Tempat wisata religi yang wajib Anda kunjungi di Tanjung Pinang salah satunya adalah Masjid Pink. Masjid ini memiliki nama asli Masjid An-Nur Kawal namun karena seluruh bangunan bagian luar masjid berwarna pink, maka Masjid ini lebih dikenal dengan sebutan Masjid Pink. 

Bangunan Masjid ini dan gaya arsitekturnya sekilas jika dilihat mirip dengan Taj Mahal yang berada di India. Keunikan ini yang menjadi daya tarik wisatawan yang haus akan wisata religi untuk berkunjung ke tempat ini. 

Jarak Masjid ini cukup dekat dengan Tanjung Pinang sekitar 24 km. Alamat tepatnya yaitu di desa Kawal, kecamatan Gunung Kijang, Bintan Kepulauan Riau. 

Meskipun masih dalam tahap pembangunan, masjid ini sudah ramai di kunjungi warga sekitar maupun wisatawan luar pulau. Kemegahan masjid membuat pengunjung merasakan keagungan Tuhan. Ditambah dengan desain interior masjid yang indah dengan ukiran-ukiran kaligrafi pada dinding masjid. 

6. Vihara Seribu Wajah
Vihara Seribu Wajah
Vihara Seribu Wajah via dananwahyu.com
Vihara yang memiliki nama Ksitigarbha Bodhisatvva ini lebih dikenal dengan julukan vihara seribu wajah atau seribu patung. Vihara ini berlokasikan di jalan Nusantara, KM 14, Tanjung Pinang. Vihara ini merupakan tempat beribadah umat Buddha yang juga merupakan destinasi wisata religi.

Vihara ini merupakan vihara terbesar nomor dua setelah Cina di Asia Tenggara. Jumlah patungnya sendiri ada sekitar 500 patung Lohan dengan berbagai wajah dan 40 an patung dewa-dewa Buddha. 

Patung ini berjajar rapi dengan warna yang sama yaitu putih keabu-abuan. Saat memasuki wilayah vihara ini Anda akan disambut pintu gerbang yang menyerupai gerbang kota Cina zaman dahulu dengan banyak batu-batuan yang katanya didatangkan langsung dari Cina.

Selain menikmati uniknya patung-patung ini, Anda juga bisa berfoto di lokasi-lokasi yang menarik. Tinggi patung di sini mencapai 2 meter dengan patung terpendek 1,7 meter. Vihara ini buka setiap hari kecuali hari Rabu yang merupakan waktu umat Buddha untuk beribadah. Jam buka mulai dari jam 9 pagi hingga 5 sore. Anda hanya akan dipungut biaya parkir kendaraan. 

7. Masjid Raya Sultan Riau
Masjid Raya Sultan Riau
Masjid Raya Sultan Riau via ksmtour.com
Tanjung Pinang memang tempatnya wisata religi, karena banyaknya bangunan-bangunan tempat beribadah mulai dari masjid hingga vihara. Masjid terkenal di Tanjung Pinang salah satunya yaitu Masjid Raya Sultan Riau yang berada di pulau Penyengat, Tanjung Pinang. 

Yang unik dari bangunan Masjid ini adalah bahan yang digunakan sebagai campurannya bukanlah semen, akan tetapi campuran putih telur, kapur dan tanah liat yang berfungsi sebagai pelekat pengganti semen. 

Warna khas yang tidak pernah berubah meskipun bangunan masjid telah bebrapa kali dipugar adalah warna kuning dan hijau. Warna ini memiliki makna masing-masing, warna kuning menggambarkan kerajaas sedangkan warna hijau melambangkan Islam. 

Kubah masjid ini berjumlah 17 buah yang melambangkan jumlah rekaat sholat dalam satu hari. Anda dapat berkeliling masjid dan melihat koleksi yang ada di perpustakaan, kitab-kitab zaman dahulu dan Al-Quran yang ditulis tangan. Masjid ini mampu mengundang banyak wisatawan yang ingin menikmati indahnya bangunan masjid dan sejarah dari bangunan itu sendiri. 

8. Masjid Raya Dompak
Masjid Raya Dompak
Masjid Raya Dompak via tapakrantau.com
Masjid Raya Dompak yang berada di kepulauan Riau ini memiliki keindahan arsitektur dan ornamen masjid yang bergaya Melayu. Masjid ini berlokasi di kecamatan Bukit Besar Tanjung Pinang. 

Selain keindahan ornamennya, masjid ini juga memiliki menara yang cukup menarik. Pemandangan yang disuguhkan dari atas menara inilah yang menjadi daya tarik tersendiri masjid ini. Dari atas  menara Anda dapat melihat dan menikmati pemandangan hutan bakau yang terlihat sangat jelas. 

Jika Anda penyuka dan penikmat tempat-tempat wisata religi, Masjid Raya Dompak merupakan destinasi wajib yang harus Anda kunjungi ketika berada di Tanjung Pinang. Masjid ini selalu ramai 24 jam mulai pagi kingga malam hari, jadi Anda bisa berkunjung kapan pun. 

Jika bulan Ramadhan tiba, lingkungan masjid akan semakin ramai dengan suasana kerukunan yang indah. Apa lagi saat malam bulan Ramadhan, banyak aktivitas religi yang biasa dilakukan masyarakat setempat seperti tadarus Al-Quran dan buka bersama.

Itulah beberapa tempat wisata terbaik di Tanjung Pinang Kepulauan Riau yang bisa Anda kunjungi. Semoga ulasan di atas dapat memberikan manfaat bagi Anda. Selamat berlibur.