PLARIUSMODIFIKASI101

List Wisata Kuliner Banjar, Jawa Barat Paling Populer

Friday, June 22, 2018
Kota Banjar, Jawa Timur merupakan salah satu kota dengan perkembangan wisata kuliner yang juga pesat. Kota ini merupakan pemekaran dari kabupaten Ciamis yang memang telah benar-benar mampu memberikan hidangan kuliner yang menggugah selera.

Kota di Jawa Barat ini terletak di perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Jadi, jangan heran jika tempat ini sering dijadikan jalur mudik yang mengarah ke Timur Jawa. Nah, karena dijadikan jalur mudik, maka tidak jarang pula para pemudik yang ingin mencari kuliner di wilayah ini, atau bahkan ada wisatawan yang sengaja ke sini untuk mencicipi berbagai Makanan khas Banjar.

Berikut ini adakah 10 tempat wisata kuliner di Banjar yang sudah populer dengan harga miring dan sangat direkomendasikan untuk Anda.

1. Rest Tempat Banjar Atas Parungsari
Rest Tempat Banjar Atas Parungsari
Rest Tempat Banjar Atas Parungsari via nyero.id
Wisata kuliner ini awalnya hanya beberapa saja yang meramaikannya, kaerena memang hanya beberapa penjual di sana. Namun kini justru mencapai lebih dari 200 kios, sehingga apa pun yang Anda cari kemungkinan ada di sana. Periode perkembangan pasar kuliner ini bisa dibilang pesat, bahkan kini telah tercatat sebagai wisata kuliner favorit di kotanya.

Lokasi dari tempat wisata kuliner ini pun bisa dikatakan strategis karena berada di kawasan hutan milik Perhutani, yaitu di sebuah perlintasan trayek Selatan yang mengarah ke kawasan wisata Pangandaran. Macam kuliner yang bisa Anda temukan di sini antar lain adalah es kelapa muda yang bisa Anda nikmati di bawah pohon rindang. Harga per porsinya hanya Rp 5000 saja, juga ada varian jus, gorengan dan bakso. Bahkan soto Betawi pun ada di sana. Jadi, tidak heran jika kawasan ini disebut sebagai Rumah Makan lesehan khas sunda.

Seperti umumnya tempat wisata, lonjakan pengunjung di sini menungkat pada saat memasuki waktu musik lebaran, bahkan lonjakan tersebut mencapai hampir 3x liat dari hari biasa, bahkan bisa mencapai 4x lipat.

2. Rumah Makan Beti
Rumah Makan Beti
Rumah Makan Beti via bunda-fathiya.blogspot.com
Hunian makanan Rumah Makan Beti ini terletak di Jl. Brigjen M. Isa, Cipandung Kota Banjar. Menu yang dijual di sini adalah sidat dan pepes lubang, keduanya merupakan jenis belut yang dalam bahasa setempat. Kemudian belut ini dijadikan bahan pepes nan lezat yang beraroma kemangi, seledri, daun bawang dengan tekstur daging yang amat kembut dan gurih di lidah. 

Ada juga menu lain seperti Goreng Manuk. Jenis burung yang digunakan adalah burung Pela yang dimasak dengan cara diungkep hingga dagingnya empuk, lalu digoreng sampai renyah. Biasanya, burung goreng ini akan dihidangkan bersama lalapan dan sambal terasi.

Rumah Makan dengan nuansa bambu ini buka dari jam 07.00 hingga jam 23.00 WIB.

3. Rumah Makan Primarasa
Rumah Makan Primarasa
Rumah Makan Primarasa via bappeda.banjarkota.go.id
Wisata kuliner di Kota Banjar, Jawa Barat yang Selanjutnya ini adalah tempat yang sangat cocok untuk di kunjungi dan terletak di Bantaran Sungai Citanduy. Lebih tepatnya, RM ini beralamat di Jl. Hussein, Kertasaita, No 62, Banjar. Tempat makan Ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga dengan hidangan sate dan Makanan khas sunda, juga jajanan lainnya.

RM ini buka dari pupuk 07.00 hingga 21.00 dengan Menu andalan ikan cobek karuhun yang merupakan ikan gurame atau UI kan mas bakar yang dicampuri bumbu karuhan. Bumbu ini diracik diuleni secara kasar. Kombinasi di dalamnya berupa jahe, kencur, cabai rawit, bawang putih, bawang merah  kacang tanah yang sudah digoreng, dan kecombrang. Persatuan dari bumbu ini menghasilkan rasa yang pedas dan lezat, jadi, sangat cocok bagi Anda yang suka masakan pedas.

Tidak hanya ini saja, bagi Anda yang tidak suka makanan pedas, bisa mencoba menu soto Banjar yang tentunya beda dari soto Banjarmasin atau Banjarnegara. Soto di daerah ini punya warna Kuah yang kuning dengan daging  atau ayam sebagai bahan utamanya, lalu ditambahi bihun, seledri, bawang goreng dan taoge sebagai pelengkap. RM ini bisa dibilang lengkap karena juga menyediakan banyak menu lainnya.

4. Rajawali Seafood & Mie Baso Banjar
Rajawali Seafood & Mie Baso Banjar
Rajawali Seafood & Mie Baso Banjar via rajawaliseafood.blogspot.com
Rumah Makan ini beralamat di Jl BKR No. 62, Kita Banjar, Jawa Barat yang telah populer di daerahnya. RM ini juga pantas direkomendasikan bagi para pengunjung yang hendak mudik. Rumah Makan ini mampu bersaing karena menu utama yang enak dan lezat, yaitu Seafood dan bermacam jus segar ada di sini. Mungkin selain lezat, para pengunjung suka datang ke sini karena faktor nilai gizi dari setiap hidangannya pula. Satu minuman yang paling dipuji kelezatannya di sini adalah Jus Sirsak Rajawali yang super segar.

5. Acip Lama Banjar
Acip Lama Banjar
Acip Lama Banjar via letaemor.worpress.com
Banyak warga Banjar yang mengatakan bahwa Rumah Makan Acip Lama Banjar yang bermukim di Jl. Letjend Suwarto No 32, Banjar Patroman ini sangat pantas untuk dikunjungi bagi wisatawan. Bahkan, menurut komentar beberapa orang yang pernah singgah di sini, cita rasa dari bakso dan pangsitnya sangat enak sekali.

6. RM SARI RASA
RM SARI RASA
RM SARI RASA via bappeda.banjarkota.go.id
Jika Anda mencari kuliner di Banjar yang harganya relatif murah dan rasanya enak, maka Anda patut mencoba menu di RM SARI Rasa yang terletak di Jl. Gudang, Banjar. 

Memang benar sekali bahwa tempat wisata kuliner ini menghadirkan banyak sekali jenis menu yang murah dan enak. Namun, pastikan Anda datang pada jam 11.30 – 12.30 saat hari kerja, ya. Karena jika Anda datang saat jam makan siang, maka Anda harus bersiap untuk mengatur panjang. Dengan menu yang enak dan beragam namun stoknya tidak banyak, sangat wajar sekali jika banyak pengunjung yang harus kecewa karena kehabisan makanan.

7. Sate Nikmat Putra
Sate Nikmat Putra
Sate Nikmat Putra via foursquare.com
Bagi Anda penggemar sate, maka kawasan Banjar merupakan salah satu yang tepat untuk Anda sambangi, bahkan bisa dibilang sebagai juaranya. 

Sate Nikmat Putra berada di Jl Raya Cikadu, Banjar yang merupakan paling enak dan ramai dikunjungi orang. Bahkan di sini juga banyak pembeli yang rela mengantre panjang sekali demi mencicipi menu sate yang amat lezat.

Yang paling populer adalah sate gulai kambingnya sangat lezat dengan banyak keunikan di dalamnya, mulai dari rasa hingga hidangannya.

8. Mie Ayam OSIS Kenanga
Mie Ayam OSIS Kenanga
Mie Ayam OSIS Kenanga via googlemap
Disebut OSIS karena dahulunya memang sering dikunjungi oleh para pelajar, terutama pelajar SMA, sehingga si pemilik tempat makan ini tertarik memberi nama tersebut. 

Mie Ayam OSIS Kenanga berada di Jl. Jakarta Efendi( Jalan Gudang) tepatnya di sebelah kanan ex Bioskop Kenanga yang kini telah menjadi Baninza Cineplex ( Toserba Samudera).

Hingga saat ini, meski pengunjungnya sudah bervariasi dari segala kalangan, namun nama OSIS masih melekat.

Bukan hanya karena namanya yang unik, namun juga karena rasanya yang lezat sehingga banyak sejak pengunjung yang mampir ke sini. Karena sangat ramai pengunjung, warung ini bisa buka hingga menjelang Maghrib, dan buka pada jam 07:00 pagi.

9. Rumah Makan Mergosari
Rumah Makan Mergosari
Rumah Makan Mergosari via rons-ara.blogspot.com
Banyak yang berkata bahwa ayam goreng serundeng Mergosari sangatlah enak dan lezat. Tempat makan ini buka selama 24 jam, sehingga akan membebaskan siapa saja untuk berkunjung dan memanjakan perut.

Rumah Makan Mergosari ini bernuansa hijau, sehingga sangat nyaman berkat view-nya yang bermacam-macam. Halamannya juga sangat luas dan biasa digunakan untuk berbagai acara, bahkan ada juga ruang meeting nya.

Menu olahan ayam di sini menggunakan ayam kampung, bukan ayam negeri, sehingga banyak sekali penggemarnya. Rumah Makan Mergosari ini beralamat di Jl. Brigjen M. Isha No. 73, Purwaharja, Karangpanimbal, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat 46332.

10. Tungku Coffe & Resto
Tungku Coffe & Resto
Tungku Coffe & Resto via tungkucafe.blogspot.com
Lokasi dari Tungku Coffe & Resto ini sangat strategis, yaitu berada di pinggir jalan provinsi kota Banjar dan di seberang rest area Banjar Atas. Tempat kuliner ini sangat nyaman dijadikan tempat nongkrong sambil minum kopi dan makan sesuatu. Sehingga banyak yang sudah menjadi pelanggan tetap di sini.

Itulah beberapa referensi yang berhasil saya kumpulan tentang tempat wisata kuliner di Banjar, Jawa Timur yang murah dan recommended bagi Anda pencinta kuliner. Sebagai wisatawan baru, memang sangat penting untuk mengetahui letak di mana saja Rumah Makan yang enak dan mudah dijangkau.