PLARIUSMODIFIKASI101

10 Tempat Wisata Kuliner Hits Hingga Legendaris di Bandung, Jawa Barat

Saturday, June 23, 2018
Bagi seorang wisatawan, memang sangat penting untuk mengorek informasi tentang tempat wisata kuliner yang tepat terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Meski bagaimana pun, mengisi perut agar tidak kelaparan adalah hal yang penting. Dan sumber lain kenyang, makanan yang dikonsumsi pun juga harus enak dab sesuai selera.

Di Bandung ternyata sudah banyak tempat wisata kuliner yang hits hingga legendaris. Maka jangan heran jika kota ini bisa disebut sebagai Surganya Kuliner.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari informasi tempat wisata kuliner recommended di Bandung, inilah beberapa tempat yang bisa Anda kunjung.

1. Batagor H. Isan
Batagor H. Isan
Batagor H. Isan via swa.co.id
Baiklah, kita dengan pembahasan tempat wisata kuliner di Bandung yang pertama ini dengan Batagor. Batagor merupakan makanan khas yang ternyata punya nama kepanjangan, yaitu Baso Tahu Goreng, disingkat menjadi Batagor. Baru tahu, ya? Hehe

Batagor di Bandung memang sangat enak karena diolah yang pas dari daging ikan , tahu dan sambalnya.

Maklum, di Bandung sendiri memang banyak produsen Batagor yang pintar dalam menciptakan batagor enak. Untuk pembuatan sambalnya pun tidak asal-asalan. Biasanya, sambal di sini akan berupa saus kacang yang dicampuri kecap manis. Harga yang dipatok oleh para pedagang Batagor di sana juga murah meriah hanya Rp 5.000 hingga Rp 8.500 saja.

Batagor H. Isan ini beralamat di Jl. Bojongloa No.38, Panjunan, Astanaanyar, Panjunan, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40242

2. Nasi Kalong
Nasi Kalong
Nasi Kalong via ksmtour.com
Yang kedua ini adalah tempat wisata kuliner di Bandung yang bernuansa bulan bintang, kok bisa? 
Karena bukanya hanya saat malam hari. Nasi Kalong ini beralamat di Jl. RE Martadinata yang buka ada jam 7 malam hingga dini hari. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang tiba-tiba merasakan lapar sebelum tidur, hehe.

Tempat ini sangat jauh dari sepi, bahkan terbilang ramai KH arena kulinernya yang begitu enak sehingga banyak yang rela mengantre.

Di Nasi Kalong, menu andalannya adalah nasi berwarna hitam yang ditemani oleh lebih dari 20 jenis lauk yang bisa Anda pilih sesuai hati. Ada ayam goreng madu, tumis buncis bakar, tahu goreng, dan masih banyak lagi. Harganya cukup Rp 15.000 hingga Rp 35.000, terbilang murah, bukan? 

Sedikit tentang nasi hitam, nasi hitam di sini sebenarnya adalah nasi merah yang dimasak bersama kluwek, bawang merah, cabai, daun salam, kelapa parut goreng, dan bumbu lain. Jika ada wisatawan yang tidak ingin makan nasi hitam ini, maka Nasi Kalong pun juga menyediakan nasi putih.

3. Paskal Food Market
Paskal Food Market
Paskal Food Market via anekatempatwisata.com
Paskal Food Market berlokasi di dekat stasiun Bandung dengan lebih dari 100 penjual Makanan. Makanan di sini amat-sangat bervariasi, mulai dari yang khas Bandung hingga makanan mancanegara seperti Jepang maupun Korea. Konsep yang diaplikasikan adakah terbuka sehingga akan memberikan suara sejuk dari kota Bandung.

Tidak mahal, modal yang perlu Anda keluarkan hanyalah Rp 10.000 dan Anda sudah bisa menikmati berbagai makanan enak di Paskal Food Market. Bahkan karena harga yang murah itu, banyak sekali anak mudah yang masih berstatus pelajar mampir dan makan di sana. Tidak berhenti di situ saja, di Paskal Food Market juga menyuguhkan Susana romantis dengan lampu maupun obor yang dibuat lebih kreatif.

4. Yoghurt Cisangkuy
Yoghurt Cisangkuy
Yoghurt Cisangkuy via dolandolen.com
Yoghut Cisangkuy yang beralamat di Jl. Cisangkuy, No 85 ini menyediakan menu Makanan yang sehat. Yoghut sendiri merupakan olahan susu fermentasi yang mengandung banyak manfaatnya untuk kesehatan. Bukan hanya itu, di tempat kuliner ini Anda bisa dengan santai nongkrong bersama teman dengan sangat nyaman.

Tidak seperti yoghurt biasanya, Yoghurt Cisangkuy ini hadir dengan rasa yang tidak asam, namun justru memiliki beberapa rasa yang enak. Tidak hanya itu-itu saja, yoghurt ini juga bisa disajikan bersama buah sesuai rasa yoghurt yang dipesan. Nah, jadi, jika Anda hendak memesan yoghurt rasa anggur, maka di dalamnya juga terdapat anggur.

Selain rasa anggur, yoghurt Cisangkuy juga menyediakan rasa lecci, strawberry, moka dan coklat dengan harga bersahabat. Bayangkan, hanya dengan Rp 9.500 Anda sudah bisa menikmati minuman fermentasi ini. Selain yoghurt, di sini juga ada beberapa snack hangat yang bisa Anda pesan, seperti sosis goreng, somay, kentang goreng, sate,  dan lain-lain.

Selain rasa strawberry, Yoghurt Cisangkuy juga menawarkan rasa lain seperti rasa moka, lecci, coklat, dan anggur dengan harga yang terjangkau alias murah meriah, hanya 9.500 Rupiah saja. Selain yoghurt, Anda juga dapat memesan beberapa jenis snack hangat seperti sosis goreng, kentang goreng, somay, batagor, sate, dan lain-lain.

5. Kupat Tahu Gempol, Pasar Gempol
Kupat Tahu Gempol, Pasar Gempol
Kupat Tahu Gempol, Pasar Gempol via tarakaisme.com
Jika berbicara tentang kuliner enak yang sudah tersebar di penjuru Bandung, maka kupat tahu adalah jawabannya. Seperti Kupat Tahu Gempol yang berada di Pasar Gempol Jl Gempol Wetan ini telah dilabeli sebagai tempat wisata kuliner yang menyediakan kupat tahu dengan saus kacang dan berkuah.

Saus kacang yang dibuat di sini bertekstur halus dan rasa Kacangnya sangat pekat dan kenyal. Semua itu dilengkapi juga dengan kerupuk pink yang garing dan renyah  sehingga sangat  sekali perpaduannya. Untuk 1 porsi tahu gempol dibanderol dengan harga Rp 15.000. Tempat kuliner ini buka dari pagi hingga jam 11 siang saja, ya.

6. Mie Kocok Pak Haji Endan
Mie Kocok Pak Haji Endan
Mie Kocok Pak Haji Endan via id.openrice.com
Mie Kocok Pak Haji Endan terdapat dua cabang, satu di depan rel kereta api menuju stasiun Hall Bandung, atau lebih jelasnya di sebelah Ruko Kartika Sari cabang Jukut. Sedangkan yang satunya lagi berada di Food Market d'Kios di Jl. Setia Budi, No 42, Dago 48 dan Braga 99.

Keunikan yang terdapat di Mie kocok ini adalah dari mie-nya yang tampak pipih dengan tekstur kenyal dan lembut. Kelezatan nya dari mie kocok ini tidak ahanya terletak pada mie-nya saja, namun juga pada kuahnya begitu menempel di lidah. Harga satu porsi dari mie kocok ini adalah Rp 15.000, jadi, tidak heran jika kuliner murah meriah dan enak ini menjadi tujuan wisata kuliner banyak orang di Bandung dan lainnya.

7. Lotek Macan
Lotek Macan
Lotek Macan via sebandung.com
Bagi Anda penggemar lotek, maka silakan datang ke Lotek Macan yang beralamat di Jl. Macam No 1, Daerah Lodaya, Bandung. Mesin menggunakan nama Lotek Macan, yang dijual di sini bukan hanya Lotek Macan ada juga es kolak yang rasanya sangat lezat, bahkan pembeli bisa memilih sendiri isi kolaknya. Tenang saja, harga maksimal yang Anda keluarkan tidak lebih dari Rp 25.000. 

8. Martabak Good
Martabak Good
Martabak Good via foody.id
Pada awal kedatangannya, kuliner khas Bandung ini  rasanya sangat enak dan murah serta isinya hanya gula dan kacang. Di luar Bandung, biasanya martabak ini dikenal dengan nama Martabak Bandung atau Martabak Terang Bulan. Namun untyj saat ini, sudah banyak variasi martabak Bandung mulai adonannya hingga isinya. Adonan yang dipakai saat ini ada yang dari bahan pandan, kopi, green tea dengan isisan Nutella, Toblerone, dan kitkat.

Nah, Martabak Good ini sangat mudah djangkau karena alokasinya yang berada di Jl. Cibadak No.150, Karanganyar, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40241.

9. Prasmanan Ceu’ Mar
Prasmanan Ceu’ Mar
Prasmanan Ceu’ Mar via blogunik.com
Tempat wisata kuliner yang selanjutnya di Bandung adalah Ceu' Mar. Ceu' Mar ini hpir mirip Nasi Kalong karena hanya buka pada malam hari. Tempat kuliner ini berada Jl. Banceuy tidak jauh dari alun-alun, yaitu di pinggir jalan sebelum belikan Braga, Bandung.

Warung ini mengusung tema prasmanan dan buka dari jam 9 malam hingga 4 subuh. Menu yang disediakan pun juga beragam, mulai dari makanan khas Sunda hingga khas rumahan. Harganya juga berbeda-beda sesuai porsi makanan yang dipesan.

10. Warung Bu Eha
Warung Bu Eha
Warung Bu Eha via destinasibandung.co.id
Warung Bu Eha menjadi tempat kuliner pilihan yang menyediakan makan enak dan murah di Bandung. Lokasinya berada di pinggir jalan besar dan terletak di pasar, lebih tepatnya di Jalan Cihapit No 8 A, Kota Bandung, patokan lokasinya tepat berada di dalam Pasar Cihapit, Kota Bandung. Karena tempat strategisnya inilah Warung Makan Bu Eha selalu ramai dan dipenuhi pengunjung.

Salah satu alasan para pengunjung suka makan di sini adalah karena keunikan yang terletak pada usia bangunannya, yaitu telah berdiri dari tahun 1947. Warung ini juga sering dikunjungi oleh para tentara Indonesia, sehingga banyak wisatawan yang semakin kagum dengan wisata kuliner yang satu Ini. Bahkan, Presiden Soekarno juga sering makan di sini.