Joss Tempat Wisata Kuliner Paling Dicari di Balikpapan

Balikpapan memang salah satu daerah yang menyediakan banyak hidangan enak dan populer. Jadi, wajar saja ketika banyak wisatawan yang datang hanya berniat menikmati kulinernya, kemudian berlanjut jalan-jalan. Selain menyajikan masakan dalam negeri, banyak tempat wisata kuliner di Balikpapan yang juga menyediakan masakan luar. Alhasil, banyak yang sudah menikmati makanan asing namun tidak perlu jauh-jauh datang ke luar negeri. Untuk itu, telah kami siapkan tempat wisata kuliner paling populer dan kekinian di Balikpapan.

Mungkin beberapa orang telah mendengar tentang sebuah resto terkenal di Balikpapan bernama Ocean's Resto Balikpapan. Tentunya, Resto ini bukanlah hanya menyediakan makanan saja, melainkan juga menyuguhkan pemandangan hebat yang super indah. Perut dan mata pun akan kenyang secara bersamaan. Berikut tempat wisata kuliner paling dicari di Balikpapan.

1. Kepiting Dandito
Kepiting Dandito
Kepiting Dandito via danditorestaurant.com
Tempat wisata kuliner paling dicari yang pertama adalah Kepiting Dandito. Restoran Dandito ini bisa terbilang cukup populer di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Tempat kuliner yang berada di Jl Marsma Iswahyudi No. 71, Sungai Nangka, Balikpapan ini menyediakan bermacam jenis masakan dari Kepiting. Ya, segala olahan kepiting yang lezat ada di sini.

Restoran Dandito memang yang paling dituju orang-orang ketika ingin menyantap aneka masakan kepiting.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa dewasa ini lebih banyak yang suka mengonsumsi sayuran dan masakan laut.

2. Ocean’s resto balikpapan
Ocean’s resto balikpapan
Ocean’s resto balikpapan via sepinggan-airpot.com
Yang kedua adalah Ocean's Resto kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang sudah sangat populer berkat sajian seafoodnya yang sangat lezat. Restoran ini merupakan satu dari banyak restoran yang berdiri di dekat pantai guna menarik banyak minat pengunjung untuk menyantap makanan sekaligus menikmati pemandangan indah.

Resto kekinian ini berlokasi di 
Dan kelebihannya adalah telah memakai nuansa mancanegara, jadi, jangan heran ketika setiap makanan di sana dibanderol dengan harga cukup mahal. Bayangkan saja, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk menikmati sebuah kuliner!

3. Rumah Makan Torani, Balikpapan
Rumah Makan Torani, Balikpapan
Rumah Makan Torani, Balikpapan via iniida.wordpress.com
Tempat kuliner Torani di Kota Balikpapan ini sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat berkumpul bersama teman atau keluarga. Kelezatan di Rumah Makan ini didapat dari banyaknya macam hidangan. Untuk mengunjunginya, Anda hanya perlu datang ke Jl Jenderal Sudirman, No 73, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Memilih tempat makan yang bersih sebagai area bertemu klien atau sahabat juga telah dilakukan oleh banyak orang. Mungkin mereka telah merasakan kenyamanan lebih saat memilih membicarakan pekerjaan sembari menyantap sebuah camilan.

4. Soto Banjar Kuin Abdhu
Soto Banjar Kuin Abdhu
Soto Banjar Kuin Abdhu via garnesia.com
Tempat nongkrong yang seru di Balikpapan juga bisa Anda temukan di Soto Banjar Kuin Abdhu yang terletak di Jl. A.Yani Balikpapan. Segala hidangan di sana juga tidak kalah lezat dan populer di Bandung Resto lainnya. Bahkan hidangan ala resto pun juga tersedia di sini. 

5. BCA Balikpapan
BCA Balikpapan
BCA Balikpapan via kompasiana.com
Jika Anda adalah orang yang tidak ingin menghabiskan kocek terlalu dalam hanya untuk membeli makanan, maka Gang BCA di Pasar Baru, Balikpapan ini adalah tujuan tepat bagi Anda. Meski lokasinya berada di gang sempit, tidak membuat warung kuliner ini sepi pelanggan. Bahkan yang lebih mengejutkan adalah para pelanggan rela antre untuk mencicipi sup konro di sini. Tempat kuliner ini berlokasi di Jl. Mulawarman, Klandasan Ilir, Balikpapan. Lebih tepatnya lagi di Gang BCA, Pasar Baru. Anda sudah bisa mengunjungi warung makan ini mulai dari Jam 10 pagi.

6. Depot Simpang Empat
Depot Simpang Empat
Depot Simpang Empat via titofebrian.com
Jika di Gang BCA ada kuliner termurah, di Depot Simpang Empat juga terdapat menu Chinese food dengan harga murah. Meski begitu, kuliner rasanya tidak kalah lezat dengan masakan luar negeri. Ada juga menu mantau dan sapi lada hitam yang populer dengan harga hanya Rp 17.000 saja, harga tersebut juga berlaku untuk Chinese food. Alamat Depot Simpang Empat ini di Jl. Letjen Soeprapto no. 06 RT: 30 Kebun Sayur, Balikpapan.

7. Warung Bali dan Burjo Bejo
Warung Bali dan Burjo Bejo
Warung Bali dan Burjo Bejo via tripjalanjalan.com
Di Balikpapan, memang terdapat banyak jenis kuliner. Bahkan kuliner khas Bali pun ada  di sana. Anda hanya perlu datang ke Warung Bali dan Burjo Bejo yang merupakan satu-satunya sebuah tempat makan sekaligus tongkrongan yang bernuansa khas Bali. Bukan hanya nuansanya saja, namun kuliner yang disediakan pun juga khas Bali, yaitu ayam betutu. Alamat dari tempat wisata kuliner ala Bali Indonesia ini di Jl. MT Haryono Ringroad, Balikpapan.

8. Beach House Batakan Balikpapan
Beach House Batakan Balikpapan
Beach House Batakan Balikpapan via livinginbalikpapan.blogspot.com
Wisata kuliner Balikpapan yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Beach House Batakan Balikpapan. Jika dilihat dari konsepnya yang begitu eksklusif, tidak mengherankan apabila harga untuk tiap makanannya juga disesuaikan. Bedanya dari yang lain adalah, Beach House memberikan kenyamanan ekstra layaknya hotel bintang lima. Wisata Kuliner super eksklusif ini berlokasi di Jl. Mulawarman No. 14, RT.53, Batakan, Kalimantan Timur.

9. Book cafe
Book cafe
Book cafe via anggirestianadewi.blogspot.com
Book Cafe sangat cocok sebagai tempat nongkrong khusus bagi Anda yang gemar membaca buku. Di sini, suasananya sangat nyaman dan tenang. Poin lebihnya terletak pada koleksi buku di tempat ini yang terbilang lengkap. Nah, jika Anda sudah mulai lapar, Anda bisa dengan segera memesan menu yang tersedia  . Bahkan Anda bisa membawa buku sendiri dari rumah. Tempat kuliner super unik ini terletak di Blok B No.4 Ruko Bandar, Jl. Jenderal Sudirman Surabaya.

10. Open house – hill cafe
Open house – hill cafe
Open house – hill cafe via tripjalanjalan.com
Di Hill Cafe Anda akan merasakan nuansa ketinggian dan bisa dengan leluasa mensyukuri keindahan alam secara luas, terlebih pemandangan citylights Kota Balikpapan saat malam hari. Cafe tersebut hampir sempurna dikelilingi oleh bermacam tumbuhan hijau yang kan menambah kesan asri. Anda bisa mengunjungi tempat kuliner ini untuk lebih merasakan sensasi lain selain memanjakan perut. Hill Cafe berlokasi  di Jl. Puncak Markoni Atas No. 87-89, Kota Balikpapan.

11. Sarapan Pagi di Depot Miki
Sarapan Pagi di Depot Miki
Sarapan Pagi di Depot Miki via travelingyuk.com
Alokasinya berada di pinggir Jl. Arteri Utama di Balikpapan. Lebih tepatnya, di Jl. Jenderal Sudirman sebarang Balikpapan Plaza, di sini sangat lengkap, Anda bisa mencicipi sarapan ala orang Kota Minyak. Depot Miki menyuguhkan banyak menu untuk para pengunjung, mulai dari menu sarapan berat hingga ringan. Di sana juga tersedia nasi kuning, bakmi ayam, Bubur ayam, lontong sayur, sate Banjar. Dan masih banyak lagi.

Bagi wisatawan yang tidak suka atau tidak ingin mengonsumsi makanan berkarbohidrat, maka di sini juga telah tersedia Cakwe, kue-kue basah, bakpao dan jenis kue kering lainnya. Yang paling nik dan wajib dicoba   adalah Nasi kuning dan bakpao Miki. Tentu nasi kuning ala orang Banjar sangat berbeda dengan nasi kuning seperti umumnya.

Jika umumnya nasi akan mudah terurai, maka ini tidak, nasinya sedikit lengket karena campuran dari beras ketan. Toppingnya pun sangat unik, yaitu mi kuning goreng, telur, ayam, serundeng atau ikan haruan masak merah.

Begitu pula dengan bakpao Miki yang sangat populer. Anda bisa dengan leluasa memilih berbagai isian bakpao, seperti coklat, ayam, kacang merah, kacang hijau, dan lain-lain. Dari itulah banyak wisatawan yang tidak rela pulang dengan tangan kosong, pastinya mereka akan membawakan bakpao spesial ini untuk dinikmati bersama keluarga.

12. Mantan dan Bakpao di Kedai Kopi Mantaw
Mantan dan Bakpao di Kedai Kopi Mantaw
Mantan dan Bakpao di Kedai Kopi Mantaw via tripadvisor.co.id
Jika Anda sudah berhasil ke sini, maka jangan heran jika semuanya terlihat enak dan lezat. Anda ingin sarapan apa saja, semua tersedia  . Lokasinya berada di sebelah Depot Miki, menunya pun juga beragam. Ada nasi kuning, Bubur, lontong Banjar, dan masih banyak lagi.

Nilai tambah dari kedai ini yang menjadikannya lebih keren dari yang lain adalah, Anda bisa menikmati Mantaw canton yang rasanya sangat enak. Jika belum tahu, Mantaw itu adalah roti yang digoreng dan biasa dimakan dengan daging sapi masak lada hitam atau daging rusa. Namun, di kedai ini hanya dijual mantaw-nya saja ya.

Ada juga menu unik lainnya seperti bubur ikan, nasi tim, kembang tahu jahe, dim sum sampai bebek Peking juga tersedia di sini. 

Memang jika sudah berniat berlibur ke tempat-tempat wisata kuliner, Anda harus menyiapkan kocek lebih, terlebih jika kita tujuannya adalah kota yang kaya akan kuliner. Di Balikpapan, Anda tidak hanya akan menjumpai restoran maupun Rumah Makan biasa, namun juga akan menemukan nuansa tempat makan yang benar-benar nyaman dan indah.