Kunjungi Daerah Wisata Saat Kamu Lagi Di Lhokseumawe Aceh

Perlu diketahui, Lhokseumawe merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Nangro Aceh Darussalam. Selain dikenal sebagai serambi mekkah, daerah ini juga banyak memiliki obyek wisata menarik. Makanya tak heran jika kota ini, tiap harinya dikunjungi banyak wisatawan, baik dari dalam ataupun luar daerah. Bahkan dari luar negeri. Nah, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik di Lhokseumawe, Aceh yang sebaiknya anda kunjungi.

1. Islamic center lhokseumawe
Islamic center lhokseumawe
Islamic center lhokseumawe viashellarafiqah.blogspot.com
Rekomensi pertama adalah Islamic center atau pusat pengkajian dan pengembangan islam lhokseumawe. Islamic center Lhokseumawe ini bisa dibilang merupakan markas kegiatan islam terbesar di aceh. Islamic center awalnya dibangun tahun 2001 dibawah kepemilikan pemerintahan kabupaten aceh utara, tetapi pada tahun 2007 kepemilikan berpindah tangan kepada pemerintahan kota lhouksemawe, karena kabupaten aceh utara yang dulunya beribukota Lhoukseumawe berganti menjadi Lhouksukon.

Islamic center lhoukeumawe terletak di jantung kota Lhouksemawe, tepatnya berlokasi di  simpang empat, banda sakti, kota lheuksemawe, aceh . Sengaja dibangun untuk menghidupkan kembali iklim kejayaan islam aceh di masa silam. Islamic center merupakan sebuah ikon baru kerajaan samudera pasai sebagai pusat konsentrasi dalam terwujudnya kejaayaan islam dan peradaban islam yang tenggelam di aceh.

Bangunan islamic center ini, belum sepenuhnya selesai. Tahap pertama yang telah selesai adalah pembangunan masjid agung dengan susunan kubah yang megah.  Bangunan masjid agung ini terdiri dari tiga lantai, dua lantai digunakan sebagai area sholat dan satu lantai bassement.

Terdapat pula gedung perpustakaan sebagai sumber pengetahuan sekaligus sumber referensi bagi para peneliti dan intelektual.  Ada juga wisma tamu yang terdiri dari dua lantai dengan 10 kamar tidur berkapasitas 2 orang per kamar. Madrasah diniyah juga turut dibangun dengan 12 ruang belajar dilengkapi dengan 2 ruang laoratorium dan satu ruang pustaka. Jika anda ingin makan atau berbelanja , di komplek ini terdapat banyak gerai/kios yang menyediakan aneka makanan, serta  souvenir. Selain itu, juga terdapat musium di tempat ini, yang digunakan sebagai sarana penyimpanan benda budaya bernilai sejarah dan seni tinggi. 

2. Pulau seumadu
Pulau seumadu
Pulau seumadu via annedansena.worpress.com
Rekomendasi Tempat wisata terbaik di Lhokseumawe Aceh selanjutnya adalah pulau seumadu. Sayangnya, anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasi ini, karena tidak terdapat transportasi umum disana. 

Pulau ini dulunya dikenal dengan nama pantai rancong, namun kini lebih populer dengan sebutan seumadu. Jarak pulau seumadu dari pusat kota lhouksemawe sekitar dua belas kilometer. Untuk menuju lokasi ini, anda harus mengambil rute arah jalan banda aceh-medan. Setelah menemukan gerbang perumahan PT Arun anda mengambil arah kiri. Nah, tak jauh dari situ, anda akan melihat tulisan “Selamat datang di pulau seumadu” yang menandakan anda sudah sampai di lokasi.

Sesampainya di pulau seumadu, mata anda akan di sambut dengan hamparan pasir putih dan air laut biru yang begitu mempesona. Di pulau ini, anda bisa duduk santai sambil memancing, atau melakukan aktivitas pantai lainnya. Terdapat tempat khusus didepan warung yang digunakan untuk memancing. 

Untuk fasilitas penunjang, disini tersedia cukup lengkap, mulai dari rumah makan, tempat karaoke bagi anda yang suka bernyanyi, perahu bebek, toilet dan lainnya.

Untuk masuk lokasi wisata, anda hanya dikenakan biaya tiket masuk 5000 per kendaraan, kemudian untuk menuju lokasi, anda harus melewati jembatan yang dibagun warga dan anda diharuskan membayar lagi sebesar 2000/orang dan biaya parkir 5000 rupiah.

3. Waduk Jeulikat
Waduk Jeulikat
Waduk Jeulikat via youtube.com
Beralamatkan di Jeulikat Blang Mangat, kota Lhoksemawe aceh. Lokasi waduk jeulikat berjarak sekitar 5 meter dari pusat kota Lhekseumawe. Untuk sampai kesana, Anda bisa melalui jalan cunda kemudian tembus ke cot sabong. Bisa juga melalui simpang buloh atau simpang kandang. 

Keduanya terletak di jalan lintas sumatera yakni  jalan nasional banda aceh-medan. Setelah melewati jalan elak, anda ambil jalur kiri hingga sampai di datesemen brimob jeulikat. Dari situ, waduk jeulikat berjarak sekitar 1 kilometer lagi.

Di obyek wisata ini tersedia akses jalan yang cukup baik, tangga penyebrangan, dan pondok atau gazebo yang cukup nyaman. Pengunjung juga tidak khawatir kelaparan, karena banyak pedagang makanan dan minuman di sekitar lokasi wisata. Untuk bisa masuk ke kawasan waduk , anda hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja.

4. Taman Riyadhah
Taman Riyadhah
Taman Riyadhah via wisatadirektori.com
Taman ini merupakan taman kota satu-satunya yang berlokasi di pusat kota Lhokseumawe. Taman riyadhan ditumbuhi beragam pohon dengan diatur sedemikian rupa, sehingga hawanya sejuk dan pemandangannya enak dilihat. Di taman ini juga terdapat banyak penjual makanan, track untuk jogging, serta banyak bangku yang bisa digunakan untuk bersantai.

5. Goa Jepang
Goa Jepang
Goa Jepang via travel.kompas.com
Rekomensi Tempat wisata terbaik di Lhokseumawe Aceh berikutnya adalah goa jepang. Obyek wisata ini terletak persis di jalan lintas nasional medan-banda aceh. Ketika melewati desa blang payang atau taman makam pahlawan lhouksemawe, ambil kanan kemudian mendaki bukit kecil. Dipuncak bukit itulah goa itu berada.

Dari puncak bukit, terlihat pemandangan yang indah luar biasa. Jika menghadap selatan anda bisa menikmati rimbunya pohon sambil menikmati semilir angin. Jika ke utara, anda akan melihat pemandangan laut biru selatan. Jika melihat ke barat, akan terlihat kilang PT. Arun NGL lengkap dengan kapal tanker LGL.

Untuk memasuki obyek wisata itu, pengunjung hanya diwajibkan membayar tiket  5000rupiah saja. Goa ini dibangun di tahun 1942 yang merupakan benteng terakhir jepang sebelum soekarno mendeklarasikan kemerdekaan indonesia tahun 1945. 

Sumber menyebutkan, pada tahun 1965 goa itu sempat dijadikan tempat eksekusi bagi mereka yang tertuduh PKI. Kemudian ketika konflik aceh, yang melibatkan Gerakan Aceh Merdeka atau GAM, goa itu dijadikan tempat penampungan sementara mereka yang di cap GAM. Setelah di tampung di goa tersebut, mereka lalu menjalani proses hukum di polres Lhokseumawe. 

6. Pantai Ujong Blang
Pantai Ujong Blang
Pantai Ujong Blang via lintasnasional.com
 Pantai ini berjarak 3 km dari pusat kota Lhokseumawe. Untuk sampai disana, bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Daya tarik pantai ini terletak pada pemandangan sunrise nya yang terlihat sangat indah dan eksotis. Pantai ini secara resmi dibuka menjadi obyek wisata, pada tahun 2012 yang lalu, oleh kementrian pariwisata RI

Selain hamparan keindahan yang disuguhkan, disana juga tersedia berbagai makanan khas Sumatera serta makanan jenis lainnya. Jika anda hobi berenang, ketika sore hari anda bisa sepuasnya melakukan hobi tersebut.  Atau bisa juga, pengunjung menelusuri pantai dengan biaya hanya 30 ribu rupiah saja dengan menyewa ban karet atau banana boat .

7. Waduk Pusong
Waduk Pusong
Waduk Pusong via lihat.co.id
Pada awal pembangunan, waduk ini difungsikan sebagai pengendali banjir. Namun ketika kondisi waduk ini mulai tertata rapi, banyak warga yang menarik mengunjungi lokasi ini. Banyak juga traveler yang tertarik menikmati suasana romantis di waduk ini. Moment paling keren yang disuguhkan waduk ini adalah saat malam hari.  Selain itu, pemandangan indah nan eksotis juga akan anda lihat ketika sore hari menjelang matahari terbenam. Dengan banyaknya cahaya lampu di kota sekitar waduk, membuat suasananya semakin cantik.

Akses menuju lokasi ini tidaklah sulit. Waduk ini berjarak 2 km dari pusat kota. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk sampai kesana.

8. Taman Wisata Ngieh Jioeh
Taman Wisata Ngieh Jioeh
Taman Wisata Ngieh Jioeh via rsaumy.blogspot.com
Ditaman destinasi ini, tepatnya dibukit, tersedia bangku-bangku di taman yang menghadap langsung ke laut lepas, dengan begitu para pengunjung bisa sepuasnya menatap keindahan yang ada. 

Taman wisata ngieh jioeh ini terletak di desa blang panyang kecamatan muara dua kota Lheukseumawe. Pagi dan sore menjadi saat yang pas untuk mengunjungi taman ini. Semilir angin dari pepohonan, serta pemandangannya yang eksotis,  membuat pengunjung betah berlama-lama disana. 

9. Lapangan Hiraq Lhokseumawe
Lapangan Hiraq Lhokseumawe
Lapangan Hiraq Lhokseumawe via wisatalengkap.com
Berlokasi di jalan Balai Kota, Simpang Empat, Banda Sakti, Kota Lheukseumawe Aceh, lapangan ini awalnya difungsikan sebagai lapangan upacara. Seiring berjalanya waktu, sekarang lapangan ini bukan hanya sebagai sekedar lapangan upacara, dari subuh hingga malam lapangan ini tak pernah sepi pengujung dengan berbagai aktivitasnya. 

Di pagi hari, banyak warga melakukan jogging disini. Di sore hari, lapangan ini menjadi tempat hiburan bagi anak-anak, karena terdapat berbagai wahana permainan seperti komedi putar, mobil-mobilan, dan sebagainya.

Selain gratis, lapangan ini juga dirasa cukup nyaman bagi para pengunjungnya. Disekitar lapangan ini juga banyak yang menjual makanan ringan yang bisa dibeli dengan harga sangat terjangkau.

Nah , itu dia rekomendasi tempat wisata terbaik di Lhokseumawe Aceh yang bisa anda kunjung bersama keluarga tercinta. Selamat berwisata!