PLARIUSMODIFIKASI101

Daerah Wisata Terbaik di Lubuklinggau Sumatera Selatan

Friday, July 27, 2018
Tidak kalah dengan propinsi lainnya, propinsi Sumatera Selatan juga memiliki banyak spot menarik atau obyek wisata keren yang layak dijadikan tujuan berlibur. Hampir disemua wilayah yang ada di propinsi tersebut menawarkan beragam destinasi menarik. Salah satunya di Lubuklinggau. Ada beberapa tempat wisata keren di lubuklinggau, Sumatera selatan yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi. Nah, diantaranya adalah: Deretan Tempat Wisata Terbaik di Lubuklinggau Sumatera Selatan

1. Bukit Sulap Lubuklinggau
Bukit Sulap Lubuklinggau
Bukit Sulap Lubuklinggau via fbrs14.com
Diantara benyaknya obyek wisata yang ada, salah satunya yang sangat kami rekomendasikan untuk dikunjungi adalah obyek wisata bukit sulap ini.  Bukit sulap merupakan bagian dari taman nasional kerinci sablat. Bukit ini terletak di ketinggian 700 meter diatas permukaan laut. Tepatnya terletak di Jalan Bengawan Solo, Kelurahan Ulak Surung, kecamatan Lubuklinggau utara, kota Lubuklinggau. Bukit sulap menyediakan tempat yang nyaman dan sejuk karena terdapat banyak pepohonan yang memberikan nuansa damai dan alami.

Bukit ini berjarak 2,1 kilometer yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Lubuklinggau.  Dinamakan bukit sulap karena bukit ini memiliki bentuk yang berbeda-beda jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Bahkan bukit ini seolah-olah menghilang di pagi hari dan muncul kembali pada siang harinya. Ini dikarenakan pada pagi hari terdapat kabut tebal yang menutupi bukit ini sehingga seolah-olah seperti menghilang. Inilah mengapa orang menyebutnya bukit sulap.

Keunikan di bukit sulap yang bisa anda jumpai antara lain di lereng bukit ini terdapat aliran sungai yang airnya sangat jernih yang berasal dari sumber mata air pengunungan yang rasanya segar sekali. Di lereng bukit sulap terdapat situs sejarah berupa makam yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar.

Di bukit sulap juga terdapat inclinator. Inclinator merupakan sarana transportasi yang biasa digunakan di area yang mempunyai kemiringan yang ekstrim (Sekitar 45 derajat). Orang biasanya menyebut inclinator ini dengan kereta gantung. Kereta mimring memberi sensasi berbeda yakni  berjalan ke atas sesuai kemiringan medan yang dilalui. Trek kereta miring mempunyai panjang sekitar 600 meter. Anda akan disuguhkan keelokan lubuklinggau di lihat dari atas.

2. Masjid Agung As-Salam Lubuklinggau
Masjid Agung As-Salam Lubuklinggau
Masjid Agung As-Salam Lubuklinggau via linggaupos.co.id
Untuk anda yang ingin menikmati wisata religus, anda wajib menunjungi masjid ini. Masjid ini terletak di jalan garuda, pasar permiri, lubuklinggau barat II kota lubuklinggau. Pemerintah kota lubuklinggau menetapkan masjid agung assalam sebagai salah satu wisata religi unggulan.

Fasilitas lainya di masjid ini adalah taman kurma yang di lengkapi air mancur, yang akan tersembur tiap adzan berkumandang. Arsitektur masjid ini mengadopsi gaya arsitektur masjid nabawi. Terdapat pula perpustaakaan sebagai sumber ilmu pengetahuan dan referensi  bagi ilmuwan atau akademisi.

Masjid ini dilengkapi tower yang berfungsi sekaligus sebagai menara masjid setinggi 50 meter. Tower ini dilengkapi dengan lift untuk naik keatas melihat pemandangan kota lubuklinggau dari atas. Ketika malam hari, masjid ini terlihat sangat megah karena perpaduan  lampu yang ada.

3. Arung Jeram Sungai Kelingi
Arung Jeram Sungai Kelingi
Arung Jeram Sungai Kelingi via metrosumatera.com
Terdapat  cara untuk meikmati arus deras sungai kelingi yang disediakan oleh tim ayo kelingi rafting dengan berbagai paket pilihan rafting. Untuk paket fun rafting yang durasinya 10km/2 jam dikenakan tarif 200 ribu per orang. Party rafting dengan durasi 15km/jam dikenakan biaya 250 per orang. 

Ada juga paket full day rafting yang konsepnya adventure dengan lama 2 hari dan biaya 1 jutaan pe orang, ada juga paket river boarding yang melintasi sungai sepanjang 300 meter dengan biaya 60 ribu per orang. Teredia juga paket outbond dan team building karakter. Untuk paket fun day rafting dan party rafting, peserta mendapatkan fasilitasperlengkapan, arung jeram, tim rercue, guide, transportasi lokal, asuransi dan dokumentasi.

Anda akan menikmati bentangan alam yang mempesona karena di samping kanan dan kiri terdapat hutan yang sangat indah . Untuk sekali rafting, jumlah peserta minimal 12 orang. Obyek wisata ini beralamatkan di tapak lebar, lubuk linggau barat II,kota lubuklinggau. 

4. Air Terjun Temam
Air Terjun Temam
Air Terjun Temam via tribunnews.com
Terletak di kelurahan rahma kecamatan lubuklinggau selatan I,kota Lubuklinggau. Air terjun temam juga dikenal dengan sebutan niagara mini. Lokasi air terjun ini sekitar 11 kilometer dari pusat kota lubuklinggau yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit.

Jika ingin melihat keindahan air terjun dari bawah, anda bisa menuruni tangga menuju bibir sungai. Anda juga bisa menikmati air terjun dari atas dan dari seberang melalui jembatan gantung yang terbentang diatas air terjun ini.

Air terjun Teman di lengkapi dengan fasilitas waterpark yang menarik bagi pengunjung yang datang untuk berekreasi air.

5. Bendungan Watervang
Bendungan Watervang
Bendungan Watervang via latifahsyakura.blogspot.com
Watervang merupakan bendungan peninggalan jepang. Didirikan ketika jaman penjajahan jepang, tahun 1942. Difungsikan untuk mengatur debit air sungai kelingi yang ketika dahulu menjadi urat nadi perekonomian masyarakat. Bendungan ini menjadi sumber irigasi utama untuk mengairi  ribuan hektar sawah dan kolam milik petani, meskipun saat musim kemarau berlangsung.

Obyek wisata ini sudah luas dikenal masyarakat kabupaten musi rawas kota lubuklinggau sumatera selatan. Keindahan akan terlihat di lokasi ini ketika anda bersantai. Disamping fungsi utama sebagai pengairan irigasi, juga sebagai obyek wisata. Disini anda akan menikmati iklim yang berbeda dan khas karena bendungan ini menyerupai air terjun. Obyek wisata ini terletak sekitar 5 kilometer  dari pusat kota, bisa ditempuh dalam waktu 15 menit saja.

6. Air Terjun Sando
Air Terjun Sando
Air Terjun Sando via yandika7.blogspot.com
Air terjun ini berada di kelurahan kayu ara, kecamatan lubuklinggau barat i. Pengunjung bisa mandi dibawah air terjun langsung dengan suasana yang masih segar dan alami. Untuk memasuki obyek wisata ini, pengunjung perlu mambayar 5000 rupiah untuk dua orang.

Suasana alami dari air terjun yang jatuh ke bawah membuat anda merasa relaks dan nyaman. Ditambah keindahan sekitar air terjun yang begitu indah dan memukau. Air terjun sindo dapat ditempuh dengan jarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota lubuklinggau. Tapi trek meuju lokasi ini cukup ekstrim , anda perlu ekstra hati-hati. Tapi perjalanan yang menantang akan segera terbayar setelah melihat keindahan air terjun ini.

7. Gua  Batu Lero
Gua  Batu Lero
Gua  Batu Lero via kordanews.com
Destinasi ini terletak RT 7 Kelurahan Taba Jemekeh, kecamatan Lubuklinggau Timur I, tepatnya di pinggir sungai lero, lubuklinggau I. Dapat diempuh dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota Lubuklinggau. Gua batu ini merupakan peninggalan sejarah pada masa penjajahan belanda.

Sejarah mengatakan bahwa tempat itu dulunya dijadikan tempat persembunyian masyarakat ketika melawan tentara kolonial belanda. Dan menurut masyarakat sekitar, di dalam gua batu ini terdapat makam pangeran madi dan istrinya. Konon katanya juga, gua tersebut bisa tembus ke palembang. Serta masih banyak lagi cerita mistis bersejarah lainnya yang menyertai keberadaan gua batu lero ini.

8. Museum Sriwijaya Subkoss Garuda
Museum Sriwijaya Subkoss Garuda
Museum Sriwijaya Subkoss Garuda via silamparitv.co.id

Bagi anda yang ingin berwisata sejarah, rekomendasi tempat wisata lainnya yang cocok untuk dikunjungi adalah museum sriwijaya subkoss garuda. Museum ini didirikan untuk mengenang  dan melestarikan nilai-nilai perjuangan yang dilakukan rakyat sumatera selatan. 

Di museum ini terdapat koleksi kurang lebih 184 barang-barang bersejarah yang dipergunakan para perjuang kemerdekaan untuk melawan penjajah. Koleksi museum ini antara lain senjata perang,  ada juga sarana transportasi seperti mobil jeep dan lokomotif kereta api, STD, ada juga beragam senjata seperti tombak,  senjata api, dan lain sebagainya

Museum ini berlokasi di kalan Garuda no. 1 Bandung Kanan, Lubuklinggau Barat II , Kota Lubuklinggau. Letaknya berada di tepat jantung kota Lubuklinggau atau disebelah utara lapangan merdeka.

Museum Sriwijaya berdiri di atas lahan seluas 1700 meter persegi dimana dulunya merupakan bangunan dinas bupati kabupaten musi rawas karena kota lubuklinggau merupakan salah satu daerah pemekaran dari musi rawas.  Di depan musium ini  terlihat patung burung garuda yang dikenal dengan monumen subkoss garuda sriwijaya.

Nah, itu dia beberapa referensi tempat wisata terbaik di Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Dijamin anda dan keluarga akan menemui banyak pengalaman wisata menarik dan tak terlupakan, saat mengunjungi satu persatu obyek wisata diatas.