PLARIUSMODIFIKASI101

Destinasi Tempat Wisata Tebaik di Kota Dumai Riau

Tuesday, July 17, 2018
Bagi anda yang belum tahu, Dumai merupakan suatu kota yang masuk dalam wilayah Propinsi Riau dan terletak di pesisir pantai sebelah timur pulau Sumatera. Sebagian daerah di Dumai masih di penuhi hutan dan pepohonan sehingga Dumai termasuk kota yang masih terjaga flora dan fauna di alam sekitarnya. 

Adapun ikon fauna kota Dumai adalah Harimau Sumatera yang keberadaanya sangat di lindungi karena jumlahnya sudah sangat sedikit sekarang ini. Nah, ada baiknya, sebelum berkunjung ke Kota Dumai, anda mengenal sedikit tentang asal muasal atau sejarah kota ini. 

Nama Dumai konon katanya berasal dari 2 kata yaitu lubuk dan umai (seperti landak), dulunya di kota Dumai ini banyak sekali hewan Umai yang tinggal di lubuk yang ada di sini sehingga penyebutan kedua kata ini lama kelamaan membentuk kata Dumai. Dan saat ini kota Dumai memiliki beberapa tempat wisata terbaik yang sangat rekomended untuk dikunjungi. Ingin tahu apa saja?

Obyek Wisata Tebaik di Kota Dumai Riau

1. Danau Bunga Tujuh
Danau Bunga Tujuh
Danau Bunga Tujuh via wisatalengkap.com
Danau Bunga Tujuh beralamatkan di Kelurahan Bukit Batrem, Dumai Timur, Kota Dumai, Propinsi Riau. Tepatnya sekitar 8 KM dari pusat kota Dumai dan sangat masih di dekat Bandara Pinang Kampai Riau.

Adapun fasilitas-fasilitas di objek wisata ini yaitu permainan rekreasi di air, gazebo atau pondokan-pondokan kecil yang bisa anda pakai untuk istirahat dan duduk-duduk bareng keluarga maupun otang terkasih. Selain itu juga anda bisa menikmati sejuknya suasana danau yang masih sangat terjaga keasrianya. Sebenarnya objek wisata ini masih akan di kembang untuk menjadi objek wisata modern, namun gak ada salahnya kan anda mengunjungi danau ini terlebih dahulu.

2. Goa Pelintung
Goa Pelintung
Goa Pelintung via situsbudaya.id
Masih mengenai wisata alam, selanjutnya adalah Goa pelintung. Goa eksotis ini berlokasi di kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Riau.

Seperti gua pada umumnya, goa ini dikenal memiliki sejarah yang pelik karena konon katanya dulu menjadi goa tempat penyimpanan harta karun sang bajak laut yang terkenal bengas dan kejam kepada warga sekitar. Gua ini juga biasa dikenal sebagai goa kerudung karena jika dilihat dari jauh terlihat seperti orang yang sedang memakai kerudung. Goa pelintung merupakan salah satu situs budaya yang di miliki kota Dumai, goa ini berada di area bukit kerudung lebih tepatnya adalah bukit buatan yang memang sengaja dibangun sang bajak laut untuk menyamarkan harta karun yang di sembunyikan. 

3. Hutan Wisata Dumai
Hutan Wisata Dumai
Hutan Wisata Dumai via putridumai.blogspot.com
Hutan Wisata Duma terletak 5 Km dari pusat kota Dumai, sangat mudah di temukan dan akses menujuhutan ini sangat mudah di karenakan masih di sekitar area kota.

Hutan wisata Dumai ini berada di dataran rendah dengan temepratur udara yang hangat, banyak di tumbuhi pohon pinus dan merupakan are rawa-rawa atau danau. Jika berkunjung ke hutan ini anda dan keluarga bisa menemukan hewan kera yang lumayan besar populasinya dan di kenal sangat jinak dan bersahabat, objek wisata ini berfokus pada wisata keluarga sehingga aman dan ramah untuk anak selain itu anda juga bisa lebih mengenalkan alam kepada anak anda.

4. Makam Pawang Leon
Makam Pawang Leon
Makam Pawang Leon via suaratrust.com
Makan Pawang Leon ini berada di perbatasan antara kota Dumai dan kota Pakning, dan kira-kira berjarak sekitar 25 Km dari pusat kota Dumai. Jika dari pusat kota Dumai anda akan memakan waktu perjalanan kurang lebih 15 menit, dan akses jalan cukup baik namun karena berada di perbukitan atau dataran tinggi perjalanan anda nantinya akan sedikit menanjak.

Objek wisata ini juga merupakan salah satu situs budaya yang dimiliki kota Dumai, dan hingga sekarang destinasi ini masih dalam tahap penelitian terkait sejarahnya. Dalam obyek wisata ini terdapat papan yang berisikan tentang bagaimana sejarah adanya maka datuk leon ini. Konon katanya, Datuk Leon adalah seseorang yang berasal dari Sumatera barat yang kala itu dalam kekuasaan Laksamana Raja Di Laut.

Datuk Leon sendiri merupakan kerabat Laksamana Raja Di Laut, namun  tidak menerima sedikitpun harta pusaka dari kerajaan tersebut. Hingga akhirnya, datuk Leon memutuskan berkelana, kemudian membuat perkampungan baru dengan diikuti keluarga dan pengikut setianya. Dan perkampungan yang dibangun itulah yang menjadi cikal bakal kota Dumai. 

5. Makam Putri Tujuh
Makam Putri Tujuh
Makam Putri Tujuh via putridumai.blogspot.com
Makam Putri Tujuh ini berada di Kelurahan Tj. Palas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Riau. Tepatnya berada di kawasan Pertamina UP II Dumai, yang menjadikan kawasan makan sangat di jaga karena tidak sembaranga pengunjung boleh masuk. 

Objek wisata ini juga termasuk situs yang di miliki kota Dumai, namun karena berada di kawasan Pertamina jadi seolah-olah situs ini milik perusahaan Pertamina. Pesona dari objek wisata ini terletak pada sejarah pelik awal di buatnya Makam Putri Tujuh ini. 

Konon katanya dahulu disebuah kerajaan ada 7 orang puteri yang termasyur kecantikanya. Hingga suatu hari ketujuh puteri berendam di sebuah sungai Umai dan ternyata ada seorang pangeran yang mengintip mereka yaitu pangeran Empang Kuala. Dari situ pangeran ternyata jatuh cinta dengan kecantikan Puteri Mayang (yang paling bungsu) hingga sang pangeran meminang puteri tersebut. Namun adat setempat tidak membolehkan karena saudara tertua puteri Mayang belum menikah, sehingga pinangan pangeran harus di tolak.

Hal tersebut membuat raja (ayah dari pangeran empang) marah besar dan memerintahkan untuk menyerang kerajaan 7 puteri tersebut. Peperangan berjalan lebih dari 3 bulan dan selama itu Ratu menyembunyikan ke tujuh puterinya di lubang yang beratapkan tanah di sebuah hutan.

Namun, setelah perang selesai dan Ratu bermaksud menjemput ke tujuh puterinya tersebut, tak disangkat ternyata semua anak-anaknya itu sudah dalam keadaan tidak bernyawa. Dan kemudian dilubang tersebutlah, ketujuh  puteri itu dimakamkan.

6. Makam Siti Laut
Makam Siti Laut
Makam Siti Laut via riaumagz.com
Makam Siti Laut ini berada di Jl. Teduh, masih disekitar pusat kota Dumai, berjarak kurang lebih sekitar 3 Km dan memakan waktu sekita 5 menit perjalanan dari kita Dumai.

Tak beda dengan obyek wisata sebelumnya, destinasi ini juga termasuk salah satu situs sejarah kota Dumai. Meski bentuk makamnya terkesan sangat biasa namun menyimpan sejarah besar terutama terkait kerajaan yang dulu nya berkuasa di kota ini. 

Menurut sejarah Siti Laut adalah anak perempun dari pemangku adat di daerah negeri Durian Bertakuk Raja. Kerajaan di sana di pimpim seorang Raja yang waktu itu sedang membuat perahu atau lancang, namun setelah perahu atau lancang tersebut jadi dan di bawa ke sungai, ternyata tidak mau bergerak.

Mengetahui hal tersebut dipanggillah ahli nujum. Yang kemudian ahli nujum mengatakan bahwa untuk menggerakkan lancang tersebut harus dicari  seorang galha lacang, yaitu seorang perempuan yang sedang hamil anak pertama. 

Yang kemudian pilihan jatuh pada Siti laut, dan selanjutnya Siti laut ditunjuk untuk berlayar di teluk binjai lalu berpindah ke perairan dumai dan lama kelamaan karena kepiawaianya suami Siti Laut diangkat menjadi Raja Kecik di daerha ini.

7. Masjid Agung Al-Manan
Masjid Agung Al-Manan
Masjid Agung Al-Manan via wisatalengkap.com
Masjid Agung Al-manan berada di Jl. Soekarno Hatta, kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, Kota Duma, Riau.

Masjid Agung Al-Manan merupakan salah satu ikon kebanggan dari kota Dumai, masjid ini menjadi pusat kegiatan keagamaan orang silam di kota tersebut.  

8. Pantai Teluk Makmur
Pantai Teluk Makmur
Pantai Teluk Makmur via riaudailyphoto.com
Pantai Teluk Makmur berlokasi di kecamatan Medang Kampai, tepatnya berada di utara pusat Kota Dumai.

Pantai Teluk Makmur ini memiliki pasir putih dan garis pantai yang lumayan panjang, namun karena kadang dihantam ombak besar dan ombak masuk ke daratan pada garis pantai di letakkan batu-batu penahan ombak. Pantai ini memiliki pondokan yang sengaja di bangun di tengah-tengah perairan, di buat layaknya rumah panggung dengan desain yang cukup sederhana namun aman di kunjungi. Akses menuju ke pondokan itu adalah jembatan kayu yang di bangun antara pantai dengan pondokan, jembatan juga sudah di lengkapi dengan pagar sehinggan aman untuk anak-anak. Selain itu, terdapat juga aliran air payau di pantai yang berasal dari aliran sugai yang memiliki ujung hingga ke laut.  

Demikian diatas beberapa list destinasi wisata terbaik di Dumai Riau. Menarik semua ya untuk dikunjungi.