PLARIUSMODIFIKASI101

Destinasi Wisata Gorontalo Yang Keindahannya Masih Sangat Asri

Saturday, July 14, 2018
Perlu diketahui, kota Gorontalo merupakan ibu kota Propinsi Gorontalo. Dimana kota ini merupakan daerah dataran rendah dan wilayah pinggir pantainya berupa perbukitan, tebing yang berbatu. Suhu di daerah tersebut lumayan hangat dan sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga saat musim liburan, apalagi pada musim panas atau kemarau. Nah, untuk anda yang tertarik berkunjung ke kota ini, berikut beberapa list tempat wisata terbaik di Gorontalo yang kami rekomendasikan. Deretan Wisata Terbaik di Gorontalo Propinsi Gorontalo

1. Bukit Layang Gorontalo
Bukit Layang Gorontalo
Bukit Layang Gorontalo via backpackerjakarta.com
Bukit layang gorontalo adalah objek wisata yang ada di perbukitan, berada di kelurahan Siendang Kecamatan Hulonthalangi. Karena di perbukitan anda apabila berkeinginan berkunjung kesini tentunya harus menyiapkan stamina yang lumayan dan bekal karena harus berjalan sedikit menanjak untuk menuju puncak bukit.

Pesona wisata Bukit Layang ini tak lain adalah pemandangan yang super indang, dari atas sini anda bisa melihat pemandangan kota Gorontalo dan sugai besar yang panjang yang membelah kota Gorontalo. Keindahan ini sungguh tiada duanya, selain itu anda juga bisa selfie dan melakukan sesi pemotretan karena di sediakan juga spot-spot untuk berfoto yang juga di buat berwarna-warni sehingga menambah tampilang bukit ini semakin cantik.

2. Wisata Pulau Diyonumo
Wisata Pulau Diyonumo
Wisata Pulau Diyonumo via indonesiakaya.com
Pulau Diyonumo merupakan pulau kecil yang masih dalam daerah gorontalo tepatnya di daerah Sumalata Timur, Gorontalo Utara. Jika anda hendak berkunjung ke pulau ini tentunya anda harus menyebrang laut terlebih dahulu, karena pulau ini termasuk objek wisata jadi sudah ada perahu nelayan yang disediakan khusus untuk pengujung objek wisata.

Pulau Dinomuyo adalah salah satu pulau yang belum terjamah penduduk, sehingga kondisi alam disini masih perawan alias masih sangat asri. Dipulau ini anda bisa mendapati pantai dengan pasir putih dan bersih, dan diperbukitan anda bisa melihat keindahan pemandangan di sekitar pulau tersebut. Namun karena pulau ini masih belum terjamah dan di jaga keasrianya tidak ada warung atau penjual makanan yang menjajakan jualanya disini sehigga anda perlu sedikit repot menyiapkan sebelum berangkat kesini. 

3. Masjid Walima Emas
Masjid Walima Emas
Masjid Walima Emas via sumber.com
Masjid Walima Emas di bangun di desa Bongo Kecamatan Batudai Pantai Kota Gorontalo. Akses kesini sangat bagus namun berada di perbukitan jadi perjalan anda nantinya akan sedikit menanjak.

Masjid Walima Emas ini di bangun di puncak bukit dengan view menghadap ke laut, dari sini anda bisa melihat pepohonan hijau yang ada disekitar bukit, birunya lautan dan pemandangat kepadatan kota Gorontalo. Masjid merupakan ikon wisata religi kota Gorontalo dan mempunya kubah berwarna keemasan yang di buat membentuk walimah. Masjid ini sering di gunakan untuk kegiatan masyarakat muslim sepeti kegiatan sholat berjamaah, doa bersama, pengajian dan bahkan sentra acara kebudayaan islam disini. Jika anda berkeinginan berkunjung kesini anda harus berjalan lumayan menanjak dari area parkir karean berada di area perbukitan akses jalanya belum bsa di lewati oleh kendaraan roda 4.

4. Pulau Cinta
Pulau Cinta
Pulau Cinta via youtube.com
Pantai pulau cinta terkenal dengan pemnadanganya yang romatis dan syahdu berlokasi di pulau cinta kabupaten Boalemo, Kota Gorontalo. Untuk menuju kesini anda harus menyebrang laut terlebih dahulu namun tenang segala agkutan sudah ada perahu nelayan untuk mengantarkan anda kesini.

Pulau Cinta ini sangat cocok untuk di datangi pengantin baru, karena pemandanganya yang lar biasa bagus menambah suasana semakin romantis. Air lautnya sangat jernih dan biru pasirnya juga putih, kemudian di sediakan juga cottege atau penginapaan yang di bangun di perairan laut dangkal di sini dengan arsitektur seperi rumah panggung disertai pula jembatan untuk menuju ke setiap cottage.

5. Wisata Religi Bongo
Wisata Religi Bongo
Wisata Religi Bongo via sportourism.id
Wisata Religi Bongo ini berada di Desa Bongo Kecamatan Batuda Pantai, Kota Gorontalo. Jika anda ingin berkunjung kesini anda harus menempuh perjalan kurang lebih 20 menit dari kota Gorontalo.

Destinasi Bongo ini merupakan salah satu wisata religi yang selalu ramai di kunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Kampung ini dianggap sangat bersejarah sehingga tepat sekali di kunjungi bagi anda yang tertarik dengan sejarah seputar gorontalo. Ada beberapa bangunan yang bentuknya cukup menarik disini berbahan dari kayu bambu dan beratapkan sesek atau jerami yang terlihat sangat klasik. Namun meskipun begitu, fasilitas di dalamnya tidak perlu diragukan lagi.

6. Air Terjun Hiyaliyo Da’a
Air Terjun Hiyaliyo Da’a
Air Terjun Hiyaliyo Da’a via matajurnal.com
Selanjutnya ada obyek wisata alam Air terjun Hiyaliyo Da’a. Destinasi ini  berada di Desa Didingga, Kecamatan Baiwu, Kota Gorontalo Utara. Tempat wisata ini berada di tengah hutan sehingga belum begitu di kunjungi banyak wisatawan. hal ini tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi anda yang sudah pernah mengunjunginya.

Air terjun Hiyaliyo ini memiliki tinggi mencapai 30 meter, airnya dingin dan sejuk. Jika anda dari kota Gorontalo Utara anda harus menempuh perjalan sekita 3 jam, setelah itu anda juga harus berjalan kurang lebih sejauh 3 Km untuk menuju ke lokasi air terjun. Namun jangan khawatir, meskipun lumayan jauh, dijamin perjuangan anda terbayar lunas setelah melihat keindahan alam yang disuguhkan.

7. Pantai Kurenai
Pantai Kurenai
Pantai Kurenai via sumber.com
Pantai Kurenai juga menjadi salah satu obyek wisata favorit warga kota Gonrontalo. Sebab, selain tempatnya yang tidak jauh dari kota,  pemandanganya memang sangat menarik dan memanjakan mata. Tempatnya sangat strategis, jadi mudah ditemukan meskipun bagi wisatawan yang baru pertama kali berkunjung.

Pantai Kurenai ini sangat dijaga kebersihanya, bibir pantai terdiri dari pasir putih dan bebatuan koral serta bebatuan hitam khas tebing. Pantai Kurenai ini merupakan salah satu spot diving yang ada di Gorontalo. Jadi, bagi anda yang memiliki hobby terhadap olahraga diving, memang tepat bila berkunjung ke pantai ini. Selain itu, pemandanganya juga tak kalah keren dari pantai-pantai yang ada di Bali.

8. Pantai Dunu
Pantai Dunu
Pantai Dunu via mbelarah.blogspot.com
Pantai Dunu Berada di Kecamatan Monano Kota Gorontalo Utara, memakan waktu sekitar 120 menit untuk menuju ke pantai ini apabila anda berada di di kota Gorontalo. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi roda 4 maupun roda 2 karena jika ingin berkunjung kesana, karena akses jalannya sudah bagus dan terawat.

Pantai Danu ini merupakan pantai yang sangat bagus, memiliki bibir pantai yang panjang, air laut yang jernih dan terlihat biru, serta di kelilingi tebing yang menjulang tinggi sehingga komposisi warna di pantai ini sangat pas dimata. Warna putih bersih dari butiran pasirnya yang halus, warna biru dari airnya yang sangat jenih, dan warna hijau dan coklat dari tebing yang di tumbuhi pepohonan, dan di seberang anda bisa melihat beberapa pulau kecil yang tidak kalah indahnya. Terlebih saat senja tiba, pesona yang disuguhkan benar-benar sangat keren. 

Namun sangat disayangkan, destinasi ini belum mendapatkan sentuhan yang serius dari pemda setempat. Sehingga fasilitas-fasilitas umum yang tersedia cukup minim. Belum ada ruang khusus untuk tempat ganti, toilet, mushollah serta tempat peristirahatan. Meski begitu, sekarang ini pemerintah daerah sudah berupaya melakukan pengembangan objek wisata ini.

9. Danau Limboto
Danau Limboto
Danau Limboto via anekawisatanusantara.blogspot.com
Danau limboto berlokasi di daerah kecamatan Limboto, Kota Gorontalo, Propinsi Gorontalo. Terletak di dekat Bandara Jalaluddin sehingga memudahkan wisatwan non lokal menemukan tempat wisata ini. Anda bisa kesini dengan menaiki kendaraan pribadi, taksi maupun angkutan umum karena akses jalan sangat bagus.

Danau Limboto ini memiliki luang kurang lebih 3000 meter dengan kedalaman hinggga 27 meter, permukaan danau ini banyak dihuni flora dan fauna. Fauna yang sering ada di sini yaitu bunga eceng gondok dan gelahah dan akan lebih indah lagi ketika musing bunga. Ikan air tawar juga banyak hidup disini sehingga banyak juga pengunjung yang membawa peralatan memancing, selain itu pengunjung juga bisa berkeling danau penggunakan perahu atau rakit yang telah disediakan warga setempat untuk disewakan. Waktu terbaik untuk berkunjung kesini yaitu waktu pagi dan senja karena pesona danau Limboto ini menjadi sangat cantik dan syahdu cocok sekali untuk di pamerkan di sosial media anda. 

Demikianlah deretan tempat wisata terbaik di Gorontalo yang keindahanya masih sangat asri dan tentunya sangat rekomended untuk dikunjungi.