PLARIUSMODIFIKASI101

Destinasi Wisata Menarik di Subulussalam Aceh

Wednesday, July 4, 2018
Mungkin belum banyak yang tahu tentang kota yang terletak di perbatasan Aceh dengan Sumatera Utara ini. Kota Subulussalam namanya, Subulussalam resmi menjadi kota madaya pada tahun 2007 lalu. Meski tidak terlalu populer, namun kota ini memiliki beberapa destinasi wisata menarik yang banyak digemari wisatawan. Ada air terjun, sungai serta tempat-tempat menarik lainnya. Nah, berikut rekomendasi beberapa obyek wisata terbaik yang ada di kota Subulussalam.

1. Air Terjun SKPC
Air Terjun SKPC
Air Terjun SKPC via tempat.me
Tempat wisata air terjun SKPC terletak di desa Pununtungan, Lae Bersih, Penanggalan, kota Subulussalam Aceh. Lokasi air terjun ini dikelilingi oleh perkebunan sawit dan juga perkebunan salak pondok milik warga setempat. Untuk menjangkau destinasi ini, di butuhkan waktu perjalanan sekitar 20 menitan dari pusat kota Subulussalam.

Nama SKPC sendiri memiliki kepanjangan yaitu Satuan Kelompok Pemukiman Blog C kota Subussalam. Warga yang tinggal di pemukiman ini kebanyakan adalah para transmigrasi dari luar pulau. 

Ketika memasuki pintu gerbang wisata ini, Anda akan disuguhi pemandangan sungai yang jernih yang dikelilingi batuan besar hitam yang menambah pesona kecantikan sungai ini. Dan anda harus berjalan ke bawah menuruni anak tangga agar bisa sampai ke lokasi air terjun SKPC. 

Tinggi air terjun sekitar 20 meter dengan deburan air yang tampak begitu indah. Pengunjung bisa bermain air atau berenang di sana. Setelah puas bermain air dan menikmati indahnya pemandangan di sekitar air terjun, Anda dapat mencicipi manis dan legitnya salak pondoh yang ditanam warga. 

Jika Anda lapar, Anda juga bisa membeli makanan yang dijual para pedagang di sekitar pintu masuk air erjun. Untu tiket masuk wisata ini, Anda hanya harus membayar sebesar 5 ribu rupiah saja. Murah bukan.

2. Wisata Alam Penuntungan
Wisata Alam Penuntungan
Wisata Alam Penuntungan via acehtourismagency.blogspot.com
Wisata alam Penuntungan ini sangat cocok buat Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan akhir pekan dengan keluarga tercinta. Tempat wisata ini menyuguhkan keindahan alam, terdapat aliran sungai yang jernih dengan dikelilingi pepohonan hijau membuat suasan menjadi sejuk dan asri.

Di seberang sungai juga terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter. Anda dapat bermain air dengan menyewa ban yang dapat Anda gunakan untuk mengapung di atas air. Anda tinggal duduk santai di atas ban dan menikmati pemandangn sepanjang aliran sungai. Air sungai ini tidak terlalu dalam, jadi Anda bisa leluasa bermain air. 

Wisata ini terletak di ke camatan Penanggalan Subussalam. Ada dua rute yang bisa Anda lewati, jika Anda berangkat dari arah barat Subussalam seperti Tapaktuan dan Blang Pidie maka wisata ini terletak di sebelah kiri. Sebaliknya jika Anda datang dari arah timur Subussalam seperti Medan dan Sidikalang maka wisata ini terletak di sebelah kanan. 

3. Arung Jeram Lae Kombih
Arung Jeram Lae Kombih
Arung Jeram Lae Kombih via lae-kombih.blogspot.com
Jika Anda penyuka wisata yang menantang seperti arung jeram, maka destinasi wisata ini tidak bisa dilewatkan. Arung jeram Lae Kombih terletak di desa Sikelang, kecamatan Penanggalan, Subussalam. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang sekaligus bisa Anda gunakan sebagai arena arung jeram.

Sungai ini dulunya hanya digunakan warga setempat untuk mandi. Namun berkat ide dan usaha pemuda Lae Kombih, tempat ini disulap menjadi tempat wisata arum jeram yang menarik. 

Sebelum aktivitas arum jeram dilakukan, pengunjung harus berjalan melewati hutan kayu kapur selama 30 menit, pengunjung juga harus menuruni anak tangga di tebing bukit kedabuhan. Lokasi arum jeram berada tepat di bawah lokasi air terjun kedabuhan.

Arum jeram di sisni sudah terjamin keamanannya, pengunjung akan diberi arahan oleh pemandu dan tim rescue serta diperlengkapi dengan peralatan keselamatanselama arum jeram berlangsung. 

4. Air Terjun Kedabuhan 
Air Terjun Kedabuhan
Air Terjun Kedabuhan  via acehsingkil.info
Air terjun Kedabuhan memiliki ciri unik yaitu air terjung dengan  debit air yang banyak. Lokasi wisata ini terletak kurang lebih 15 km dari pusat kota Subussalam sekitar 30 menit perjalanan menggunkan kendaraan. Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda harus menuruni sebanyak 337 anak tangga. Kelelahan Anda akan terbayar dengan suasana alam yang indah. 

Anda dapat duduk bersantai sembari menikmati pemandangan sekitar dan merasakan dinginnya air terjun Kedabuhan. Tempat ini cocok untuk menghilangkan stress dari aktivitas keseharian Anda. 

Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan kebutuhan pribadi, karena di tempat wisata ini sangat minim fasilitas. Persiapan yang perlu dibawa antara lain bekal makanan dan minuman, obat-obatan pribadi, pakaian ganti dan sepatu atau sandal gunung. 

5. Irigasi Sungai Namo Buaya
Irigasi Sungai Namo Buaya
Irigasi Sungai Namo Buaya via nulis.co.id
Namo Buaya adalah nama sebuah desa di kecamatan Sultan Daulat kota Subulussalam. Jaraknya sekitar 15 km dari kota Subulussalam. Wisata yang terkenal di desa tersebut adalah tempat irigasinya. Masyarakat sekitar memberi nama Bahorok pada tempat irigasi tersebut. 

Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan keindahan sungai dengan pepohonan yang rimbun di sepanjang sungai ynag menambah kesejukan dan keasrian wisata alam tersebut. Terdapat pula satwa liar seperti monyet dan berbagai macam burung yang dapat Anda jumpai di sana. 

Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin menghilangkan rasa lelah dan penat dengan rutinitas harian Anda yang menjenuhkan. Dengan bersantai dan menikmati indahnya alam, pikiran Anda akan fresh kembali dan tubuh menjadi bersemangat untuk beraktivitas kembali. 

6. Lapangan Beringin Subulussalam
Lapangan Beringin Subulussalam
Lapangan Beringin Subulussalam via ibnutraveling.blogspot.com
Lapangan beringin Subulussalam terletak di jalan Teuku Umar, Simpang Kiri, Subulussalam. Lapangan ini terbuka untuk umum 24 jam. Lapangan beringin merupakan salah satu iconnya kota Subulussalam. 

Di lapangan ini terdapat sejumlah fasilitas pendukung seperti taman digital atau taman wifi gratis, cafe tempat nongkrong, beberapa mainanan anak-anak, banyak juga warung makan yang menyediakan berbagai menu khas dari Subulussalam. 

Taman digital dilapangan beringin ini dibangun pada tahun 2016 oleh Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Komunikasi dan Telematika Aceh serta Telkom Indonesia. Taman digital ini selain sebagai pusat hiburan warga sekitar juga merupakan pusat informasi dan komunikasi di kota Subulussalam. Diharapkan dengan adanya taman digital ini warga tidak lagi kurang update terhadap informasi dan berita yang terjadi di Indonesia. 

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, lapangan ini menjadi tempat wisata yang terjangkau bagi masyarakat sekitar. Pengunjung dapat duduk bersantai bersama kelurga dan teman sembari ngobrol dan ditemani segelas kopi panas. Anda juga bisa berwisata kuliner, menjajal berbagai macam olahan makanan dan minuman. 

7. Rangkang Kuphi
Rangkang Kuphi
Rangkang Kuphi via placesmap.net
Bagi Anda yang gemar minum kopi, ada satu tempat minum kopi atau cafe yang harus Anda datangi ketika berkunjung ke kota Subulusalam Aceh. Namanya adalah Rangkang Kuphi, di kedai kopi ini Anda dapat menikmati aneka jenis kopi Aceh yang nikmat. 

Suasana cafe yang nyaman dan unik menjadi daya tarik tersendiri untuk berkumpul bersama teman dan keluarga menikmati secangkirkopi khas Aceh yang enak. Selain kopi, tempat ini juga menyajikan beberapa menu makanan yang dapat Anda pesan, seperti berbagai varian mie aceh dan nasi goreng. 

Cafe ini juga dilengkapi dengan wifi gratis yang bisa Anda gunakan sembari mengopi di sini. Alamat lengkap Rangkang Kuphi berada di jalan Teuku Umar, desa Subulussalam, Simpang Kiri, Subulussalam Aceh. Buka setiap hari 24 jam. 

8. Wisata Kuliner di Garuda Duo
Wisata Kuliner di Garuda Duo
Wisata Kuliner di Garuda Duo via googlemap
Berwisata tidak lengkap rasanya jika belum mencoba makanan khas daerah tersebut. Jika Anda pergi ke Subulussalam Aceh, Anda dapat menyempatkan diri mampir ke rumah makan Garuda Duo. Rumah makan ini terletak di jalan Teuku Umar Simpang Kiri Subulussalam.

Di rumah makan ini disediakan berbagai menu masakan. Mulai dari masakan khas Subulussalam dan Aceh hingga masakan Padang juga tersedia di sini. Anda bisa mencoba nasi soto, nasi lontong, martabak mesir, dan menu-menu lainnya yang menggugah selera makan Anda.

Selain makanan yang sedap dan enak, rumah makan ini tempanya juga bersih, rapi, nyaman dan cukup luas, sehingga pengunjung tidak berdesakan ketika sedang ramai. Selain itu area parkir yang disediakan juga cukup luas, mampu menampung beberapa kendaraan. 

Rumah makan ini buka setiap hari Senin hingga Minggu. Jam operasional mulai dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore. 

Itulah ulasan singkat mengenai obyek wisata terbaik yang ada di Subulussalam. Nah, untuk anda yang sedang berlibur ke Aceh, pastikan untuk mampir ke kota ini.