PLARIUSMODIFIKASI101

Ini Dia 10 Tips Wisata Murah dan Hemat yang Perlu Kamu Tahu

Sunday, July 1, 2018
Tips wisata murah dan hemat perlu kalian ketahui sebelum meluncur ke lokasi liburan yang diinginkan. Dengan menerapkan tips tersebut maka selepas berwisata kita akan tetap bisa mendapatkan apa yang kita inginkan sekaligus secara keuangan tetap aman. Jangan sampai saat Anda sedang berwisata Anda tidak melakukan kontrol keuangan sehingga sepulang dari destinasi wisata itu yang Anda rasakan adalah “pusing 7 keliling” dan bukannya happy atau fresh. Dampak buruk tersebut hanya akan kita rasakan ketika kita tidak menerapkan tips wisata murah dan hemat. Namun jika kita sudah mengetahui tips tersebut sebelumnya dan kita pun menerapkannya dengan sangat baik maka dijamin akan puas selama liburan tanpa takut kanker alias kantong kering.

Perlu diketahui bahwa tujuan berwisata itu bukan sekedar menghambur-hamburkan uang, lho!. Berwisata identik dengan mengisi momen liburan yang senantiasa ditunggu-tunggu. Di tengah jadwal pekerjaan yang padat, kita bisa break sejenak dengan memanfaatkan momen liburan ini. Kelelahan akibat berbagai macam aktivitas berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Untuk itu, di tengah kepadatan jadwal, luangkan waktu bagi diri dan otak Anda untuk break dari semua aktivitas itu. Liburan akan membantu kita merasakan beberapa manfaat berikut ini.

Potensi hidup lebih lama
Potensi hidup lebih lama
Potensi hidup lebih lama via vebma.com
Riset membuktikan bahwa laki-laki yang menggunakan waktu liburannya untuk refreshing dalam 5 tahun terakhir akan berkurang tingkat kematianny sebanyak 20 persen. Risiko mereka untuk terkena penyakit jantung pun 30 persen lebih rendah dari pada yang fokus memforsir diri dan otaknya tanpa istirahat sama sekali termasuk pada waktu liburan.

Meningkatkan kesehatan dan kebugaran Mental
Meningkatkan kesehatan dan kebugaran Mental
Meningkatkan kesehatan dan kebugaran Mental via solusisehatku.com
Secara psikis, seseorang yang gemar berlibur akan lebih tidak berisiko terhadap berbagai tekanan dan tidak mudah stres.

Bekerja Menjadi Lebih Baik
Bekerja Menjadi Lebih Baik
Bekerja Menjadi Lebih Baik via astralife.co.id
Dengan kondisi fisik dan psikis yang kembali fresh, seseorang akan merasa jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Kondisi ini akan membawa pribadi tersebut lebih siap dalam menghadapi pekerjaannya selepas liburan.

Lebih mudah menemukan ide baru
Lebih mudah menemukan ide baru
Lebih mudah menemukan ide baru via bisnisukm.com
Pikiran yang fresh dan jauh dari kata tertekan akan lebih mudah dalam mengeksplor gagasan yang tertanam dalam pikirannya. Gagasan baru itu bisa diterapkan dalam lingkungan atau komunitas masing-masing tempatnya bekerja.

Relasi dengan keluarga terjaga
Relasi dengan keluarga terjaga
Relasi dengan keluarga terjaga via hellosehat.com
Liburan adalah saat dimana seseorang bisa meluangkan waktu bersama sanak keluarganya. Ini adalah momen kebersamaan yang paling ditunggu untuk membayar quality time bersama keluarga yang habis di meja kerja.

Nah, sudah jelas ‘kan betapa berlibur itu penting. Karena liburan itu penting maka kita harus mengisi waktu liburan dengan aktivitas yang tepat. Agar liburan Anda lebih seru tanpa disertai rasa was-was atas berapa banyak pengularan yang akan Anda habiskan. Berikut tips wisata murah dan hemat yang harus Anda coba.


Lakukan observasi
Lakukan observasi
Lakukan observasi via karyatulisku.com
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan survey atau observasi tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi. Jika Anda akan pergi berwisata bersama keluarga besar, Anda bisa melakukan meeting sejenak bersama mereka untuk memutuskan lokasi wisata yang ingin dikunjungi, apakah mereka ingin mengunjungi lokasi wisata alami ataukah tempat wisata buatan. Setelah sepakat atas jenis tempat wisata tertentu yang akan didatangi, lakukan survey mendalam melalui internet, brosur, agen wisata, buku-buku referensi tempat wisata, serta teman dan kerabat. Pilihan tempat wisata yang akan dikunjungi akan membantu Anda memperkirakan berapa dana yang akan Anda keluarkan.

Booking jauh-jauh hari
Booking jauh-jauh hari
Booking jauh-jauh hari via bp-guide.id
Anda bisa melakukan pemesanan atas tiket, penginapan, dan juga tiket tempat wisata beberapa hari sebelum keberangkatan. Biasanya, melakukan booking jauh-jauh hari akan mendapatkan harga yang lebih murah daripada jika Anda memesan secara mendadak. Memesan secara mendadak umumnya akan dimanfaatkan oleh para penyedia jasa tersebut untuk memperoleh keuntungan lebih besar.

Berwisata tidak pada hari libur
Berwisata tidak pada hari libur
Berwisata tidak pada hari libur via ilmuwisata.web.id
Anda bisa bayangkan betapa padatnya wisatawan yang mengunjungi tempat wisata tertentu saat musim liburan telah tiba. Kondisi ini akan dimanfaatkan oleh para penyedia jasa untuk  menaikkan tarif baik untuk penginapan, transportasi maupun untuk tiket wisata yang harus Anda bayar. Jika Anda berlibur sebelum atau setelahnya, maka besar kemungkinan Anda akan mendapatkan tarif yang jauh lebih murah.

Kenyamanan dulu baru kemewahan
Kenyamanan dulu baru kemewahan
Kenyamanan dulu baru kemewahan via lifestyle.okezone.com
Mewah identik dengan mahal dan berkelas. Namun nyaman tidak demikian halnya. Anda bisa memilih fasilitas yang menurut Anda nyaman dipakai dan tidak perlu mewah jika ingin berhemat. Selama Anda sudah merasa nyaman, maka fasilitas tersebut sudahlah cukup bagi Anda. Namun jika Anda bisa mendapatkan kenyamanan dan keamanan dengan harga hemat sekaligus, Anda akan mendapatkan 3 hal yang Anda inginkan dalam waktu bersamaan.

Membawa uang cash
Membawa uang cash
Membawa uang cash via blog2.jelaja.com
Ini adalah trik berwisata hemat yang perlu Anda contoh. Membawa uang cash akan membuat Anda lebih tahu berapa sisa uang yang sedang Anda bawa. Alhasil, Anda akan lebih jeli dalam mengatur pengeluaran. Meski begitu, bawalah kartu kredit dan juga kartu debit untuk jaga-jaga jika ada kebutuhan mendadak. Sekali lagi, uang tunai tersebut tidaklah dipakai untuk berfoya-foya melainkan sebagai tips bagi Anda untuk lebih hemat saat liburan.

Mencatat pengeluaran
Mencatat pengeluaran
Mencatat pengeluaran via cermati.com
Saat liburan,bawalah buku saku kecil dan juga bolpoin. Letakkan kedua benda tersebut di tas kecil yang Anda bawa salama liburan. Saat akan mengeluarkan uang tunai, catatlah sekecil apapun pengeluaran yang akan Anda belanjakan. Ini akan membuatmu tahu kemana aliran uang tunai itu dan juga membuatmu lebih jeli dalam membelanjakan uang. Semakin jeli mencatat, maka potensi liburan hemat yang Anda lakukan akan lebih besar.

Berbelanja di Pasar Tradisional
Berbelanja di Pasar Tradisional
Berbelanja di Pasar Tradisional via liburanberdua.com
Belanja oleh-oleh merupakan aktivitas yang seringkali dilakukan dalam setiap kali momen liburan. Oleh-oleh tersebut biasanya akan diberikan kepada sanak kerabat atau teman dekat dan juga dipasang sendiri di rumah sebagai cindera mata. Belanja bagi sebagian orang yang tidak mengkalkulasi pengeluarannya selama liburan akan sangat besar porsi budgetnya. Namun jika Anda tetap fokus pada liburan hemat maka pilihlah tempat belanja murah meriah dengan kualitas yang bagus seperti pada pasar tradisional.

Gunakan transportasi umum
Gunakan transportasi umum
Gunakan transportasi umum via google.com
Jika Anda ingin lebih menghemat pengeluaran, Anda bisa menggunakan transportasi umum daripada transportasi pribadi. Angkutan umum juga mampu menjangkau tempat-tempat wisata yang sulit terjangkau tanpa harus memikirkan kendaraan pribadi Anda.

Hindari liburan dengan paket wisata
Hindari liburan dengan paket wisata
Hindari liburan dengan paket wisata via osiaeirinigr.blogspot.com
Berlibur dengan paket wisata terkadang akan membuat perjalanan Anda jauh lebih melelahkan. Ini karena jika Anda menggunakan jasa paket wisata maka Anda harus patuh pada schedule yang telah ditentukan. Alhasil, perjalanan Andapun akan terkesan terburu-buru dan Andapun belum puas menikmati setiap momen yang Anda miliki selama liburan.

Jalan kaki jika memungkinkan
Jalan kaki jika memungkinkan
Jalan kaki jika memungkinkan via klikdokter.com
Untuk lebih menghemat pengeluaran, Anda bisa berjalan kaki untuk berpindah dari satu obyek wisata ke obyek wisata lain yang secara radius masih tergolong dekat. Ini akan menghemat biaya transportasi Anda.

Kesepuluh tips tersebut bisa Anda terapkan sebelum berwisata. Liburan akan menjadi menyenangkan tanpa menguras kantong hanya jika Anda menerapkan tips wisata murah dan hemat diatas.