List Tempat Wisata Terbaik di Cirebon Jawa Barat Harus Disinggahi

Kota Cirebon di kenal banyak orang sebagai kota wali. Dan hal ini tidak mengherankan, karena ada beberapa list wisata religi yang bisa dikunjungi disana. Meski kota ini masuk wilayah Provinsi Jawa Barat, uniknya sebagian dari warga Cirebon menggunakan bahasa Ngapak sebagai bahasa keseharian mereka. Dan bicara mengenai obyek wisata terbaik di kota Cirebon Jawa barat, berikut kami bagikan beberapa referensi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

1. Keraton Kasepuhan Cirebon
keraton kasepuhan Cirebon
keraton kasepuhan Cirebon via baroezyjourney.com
Nama keraton kasepuhan Cirebon tentunya sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Lokasi ya berada di Jl. Kasepuhan No. 43 Desa Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Konon menurut sejarah Keraton Kasepuhan ini dibangun sekitar tahun 1529 dimana pada saat itu adalah masa penyebaran ajaran agama Islam dan tokoh yang mempelopori dibangunya keraton ini adalah Pangeran Cakrabuana.

Objek wisata ini sebenarnya berkonsep wisata edukasi tetang sejarah terbentuknya Kesultanan Cirebon dan awal mulanya Islam mulai masuk dan dianut oleh warga di kota ini. Ada beberapa bangunan istimewa yang berada dalam komplek area Keraton Kasepuhan ini yaitu Siti Hinggil, dan beberapa bangunan yang berada di dalam komplek Siti Hinggil yaitu Malang Semirang, Gapura, dan kemudian terdapat bangunan keraton Sengkuwung  yang merupakan bangunan paling tua di dalam komplek ini. 

Umumnya arsitektur bangunan keraton ini berkiblat pada arsitektur bangunan Kerajaan Majapahit yang kemudian di kembangkan sesuai dengan masanya. Objek wisata ini memamerkan beberapa barang-barang peninggalan Kesultanan Cirebon seperti kereta kuda dan benda-benda pusaka lain yang katanya menyimpan misteri dan kesaktian yang tidak bisa di nalar oleh orang awam. 

2. Keraton Kanoman Cirebon
Keraton Kanoman Cirebon
Keraton Kanoman Cirebon via radarcirebon.com
Selanjutnya adalah Keraton Kanoman Cirebon. Destinasi ini berlokasi di Jl. Winaon Kampung Kanoman, Kecamatan Lemah Wungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Nama keraton ini yaitu Kanoman diambil dari gelar pendiri bangunan keraton tersebut yaitu Pangeran Mohammad Badridin (Pangeran Kertawijaya) yang pada saat itu memiliki gelar sebagai Pangeran Anom I. Pembangunan keraton ini memiliki kerterkaitan dengan kegiatan penyiaran agama islam yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati atau biasa di kenal dengan nama Syarif Hidayatulloh.

Seperti keraton pada umumnya, pesona wisata Keraton Kanoman Cirebon ini juga terletak pada arsitektur bangunan dan barang-barang peninggalan dari Kesultanan Cirebon. Anda juga bisa mempelajari sejarah penyebaran agama islam yang dilakukan oleh sunan Gunung Jati di sini. Menurut sejarah Keraton Kanoman ini dulunya berfungsi sebagai pusat pemerintahan daerah yang dikuasai oleh Pangeran Anom I.

3. Ade Irma Suryani Waterland
Ade Irma Suryani Waterland
Ade Irma Suryani Waterland via youtube.com
Ade Irma Suryani Waterland berlokasi di Jl. Yos Sudarso No. 1 Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. 45111. Dulunya taman Ade Irma Suyani ini bernama Taman Traffic Garden Cirebon dan di ganti sejak Tahun 1966 kemudian di kembangkan menjadi waterland pada tahun 2014 oleh pemerintah Kota Cirebon waktu itu. 

Sesuai namanya Taman Ade Irma Suryani Waterland ini berfokus pada spot-spot wahana air seperti kolam renang dan segala macam wahana yang melekat pada kolam renang. selain itu ada juga beberapa cottage atau penginapan rumah apung yang di bangun dengan arsitektur yang sangat bagus dan menarik dan tentunya menjadi spot yang sangat instagramable, untuk penyewaanya pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 1,5 juta hingga 2,5 juta tergantung fasilitas view cottage. Ada juga yang tidak kalah instagramable yaitu restoran dengan bentuk bangunan yang menyerupai kapal menghadap ke laut dan masih berada dalam kawasan taman Ade Irma Suryani Waterland ini, makanan yang di suguhkan sangat cocok di nikmati setelah capek bermain air.

4. Danau Setu Patok
Danau Setu Patok
Danau Setu Patok via teluklove.com
Danau Setu Patok berlokasi di Desa Setupatok, Kecamatan Mundu, Kota Cirebon Jawa Barat. Nama danau tersebut di ambil sesuai dengan nama desa dimana danau tersebut berada. Apabila anda melakukan perjalanan ke danau ini dari Kota Cirebon anda harus menempuh waktu kurang lebih selama 20 menit.

Wisata Danau Setu Petok ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dengan latar belakang air danau yang tenang, bukit serta pepohonan yang berada di seberang danau, sehingga mampu memanjakan pandangan mata pengunjungnya. Meski danau ini terkenal aura mistisnya namun tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar Kota Cirebon.

5. Bukit Gronggong
Bukit Gronggong
Bukit Gronggong via wisatacirebon.org
Objek wisata Bukit Gonggong ini berlokasi di Papatan, Kecamatan Beber, Kota Cirebon, Jawa Barat 45172. Tepatnya bukit gronggong ini berada di jalan utama Cirebon-Kuningan.

Bukit Gronggong ini merupakan salah satu objek wisata di Kota Cirebon yang menyuguhkan pesona Romantis untuk pengunjungnya terutama pada waktu malam hari. Gemerlap lampu kota Cirebon dan sekitarnya yang bisa dilihat dari atas Bukit Gronggong ini menambah suasana disini menjadi lebih syahdu. Bukit ini sangat pas anda kunjungi bersama keluarga atau orang terkasih untuk sekedar jalan-jalan sore atau merayakan moment berharga anda dengan orang terkasih.

6. Pantai Kejawanan
Pantai Kejawanan
Pantai Kejawanan via travel.kompas.com
Pantai kejawanan ini berlokasi di Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon Jawa barat. Pantai kejawanan ini bertepatan di sekitar lokasi Pelabuhan Cirebon dan Taman Ade Irma Suryani Waterland dan bisa menjadi list tempat wisata yang wajib anda kunjungi setelah berkunjung di Taman Ade Irma Suryani Waterland.

Pantai Kejawanan ini memiliki pesona keindahan Sunset nya yang ketika Sunset matahari terlihat tepat berada di tengah landscape pemandangan laut. Selain itu pantai ini juga terkenal di masyarakat sebagai pantai pengobatan karena konon katanya jika berendam di pantai ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit baik yang berat maupun penyakit yang ringan. Selain itu juga terdapat nelayan yang akan menyewakan perahunya atau boat agar  pengunjung bisa menaikinya sekerdar untuk menikmati pesona pantai dan berkeliling. 

7. Wisata Keramat Plangon
Wisata Keramat Plangon
Wisata Keramat Plangon via sportourism.id
Wisata Keramat Plangon terletak di daerah Desa Babakan Kecamatan Sumber, Kota Cirebon Jawa Barat. terletak di sebuah bukit dan dikelilingi pepohonan hijau yang rimbun menjadikan suasana di wisata ini sangat sejuk. 

Wisata Keramat Plangon ini menyuguhkan pemandangan alam yang sejuk, terdapat 2 makan disini yang konon katanya di jaga oleh kera-kera penghuni bukit ini yaitu makan Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksaan yang dikenal sebagai leluhur desa Babakan  dan Plangon. Biasa ramai dikunjungi wisatawan pada tanggal 2 Syawal, 11 Dhulhijjah dan juga tanggal 27 Rajab untuk berziarah karena pada tanggal-tanggal tersebut diketahui sebagai tanggal wafatnya kedua Pangeran tersebut. 

8. Makan Sunan Gunung Jati
Makan Sunan Gunung Jati
Makan Sunan Gunung Jati via travel.kompas.com
Makan Sunan Gunung Jati berlokasi di Jl. Raya Gunung Jati, Kelurahan Gunung Jati, Kecamatan Astana, Kota Cirebon, Jawa Barat. Untuk menuju makam anda harus berjalan lumayan jauh dan menanjak dari area parkir karena makam terletak di bukit dan merupakan daerah dataran tinggi. 

Makan Sunan Gunung Jati ini merupakan salah satu objek wisata yang berkonsep religi di Cirebon Jawa Barat. Selalu ramai pengunjung di setiap harinya untuk berziarah dan mengenang jasa Sunan Gunung Jati atas jasanya menyebarkan ajaran agama islam di pulau jawa ini. Pesona objek wisata ini terletak pada keunikan arsitektur makam, di buat sangat rapi dan bagus khas perpaduan antara model arsitekrtur arab dan jawa pada waktu itu. 

9. Taman Sari Gua Sunyaragi
Taman Sari Gua Sunyaragi
Taman Sari Gua Sunyaragi via tribunnews.com
Berlokasi di Desa Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Citebon Jawa Barat. Taman sari Gua Sunyaragi ini masih berada didalam area keraton pakungwati atau Keraton Kasepuhan. Di sekitar Taman Sari Gua Sunyaragi ini dilalui jalan by pass Brigjen Dharsono.

Taman Sari Gua Sunyaragi ini memiliki arsitektur yang sangat unik yakni posturnya banguan yang menyerupai candi namun memiiliki bentuk seperti gua. Konon katanya gua ini dulunya berada di tengah-tengah danau sehingga di beri nama Taman Sari (taman air) Sunyaragi, Sunya yang berarti sepi dan ragi yang berarti Raga dulu di fungsikan sebagai tempat bertapa untuk Sultan Cirebon dan juga Prajurit.

Itu dia 9 list destinasi wisata terbaik di Cirebon Jawa barat. Lengkap dari bibir pantai utara hingga masuk ke hutan dan perbukitan. Nah, selamat berlibur.